Contoh Soal Ekonomi Simak UI

Contoh Soal Ekonomi SIMAK UI

Sobat Zenius, udah sejauh mana persiapan elo buat ikutan ujian masuk perguruan tinggi? Tenang, masih ada waktu buat belajar lebih maksimal lagi kok! 

Seperti yang udah elo tau nih, perguruan tinggi di Indonesia biasanya akan membuka tiga jalur seleksi masuk dalam jangka waktu berbeda dan bisa elo ikuti semuanya. Jalur apa aja ya? Ada SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI (jalur mandiri UI).

Khusus untuk SNMPTN udah elo lalui pasti beberapa bulan yang lalu. Sedangkan SBMPTN dan SIMAK UI biasanya punya jeda waktu yang gak jauh beda. 

Nah, kalau elo emang menargetkan untuk masuk Universitas Indonesia, elo wajib banget ikut SIMAK UI yang diadakan sebelum SBMPTN.

Di SIMAK UI, sistem ujiannya gak jauh beda sama SBMPTN. Elo akan disuguhi beberapa ujian dengan materi yang beda-beda. Selengkapnya bisa elo simak di sini.

  1. TKD atau Tes Kemampuan Dasar. Di tes ini, elo akan diuji beberapa materi mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. 
  2. TKA atau Tes Kemampuan IPA (Saintek). Materi yang akan diujikan yaitu Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan juga Biologi.
  3. TKS atau Tes Kemampuan Sosial. Materi yang akan diujikan yaitu Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan juga Sosiologi.

Buat elo yang ambil jurusan IPS, nantinya elo akan diuji dengan dua tes, yaitu TKD dan TKS. Sama halnya ketika elo memilih jurusan IPA, elo wajib ikut TKD dan TKA. 

Kalau mau milih keduanya, jumlah ujian pun akan bertambah satu. Elo akan diuji tiga tes, yaitu TKD, TKA, dan TKS. 

Setelah udah tau tes yang bakal elo hadapi nanti, sekarang gue mau bantu elo dengan kasih tau materi-materi apa aja yang bakal keluar di SIMAK UI. Khusus buat elo yang mau ambil jurusan IPS, simak yuk informasi tentang contoh soal Ekonomi SIMAK UI di bawah ini!

Kenalan dengan Ekonomi SIMAK UI

Ekonomi bisa dibilang ilmu yang sangat berkaitan erat dengan uang. Dengan mempelajari ekonomi, elo bakal tau gimana caranya menghitung suku bunga, mengaplikasikan akuntansi, cara berdagang, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya apa sih ekonomi itu? Nah, ini merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara kita sebagai manusia menggunakan sumber daya alam yang terbatas supaya bisa memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Itulah kenapa di dalam ilmu ekonomi ada banyak aturan atau kebijakan yang berlaku.

Ilmu ekonomi juga punya cabang, lho. Yup, ada ilmu ekonomi moneter, ilmu ekonomi publik, ilmu ekonomi internasional, ilmu ekonomi sumber daya manusia, dan masih banyak lagi.

Kalau gitu, SIMAK UI untuk mata pelajaran ekonomi bakal ngeluarin materi apa aja ya? Beberapa materi yang akan diujikan adalah:

  1. Lembaga jasa keuangan
  2. Akuntansi perusahaan jasa
  3. Penawaran dan permintaan
  4. Inflasi dan faktor pembentuknya
  5. Pasar modal
  6. Perpajakan
  7. Perdagangan internasional
  8. Koperasi

Supaya elo lebih mantap lagi memahami materi-materi di atas, sekarang gue bakal kasih beberapa contoh soal Ekonomi di SIMAK UI yang pernah muncul tahun 2018-2019 beserta pembahasannya. Disimak, ya!

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Topik: Lembaga Jasa Keuangan

  1. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah salah satu lembaga independen yang ada di negara ini untuk membantu pemerintah dalam hal?

A. Mengatur keuangan negara
B. Mengendalikan jumlah uang yang beredar
C. Melakukan pengawasan terhadap sektor jasa keuangan
D. Mengendalikan bunga kredit
E. Mengendalikan inflasi

Lembaga Jasa Keuangan
Lembaga Jasa Keuangan (Sumber: Arsip Zenius)

Jawaban: D

Pembahasan: 

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memiliki tugas untuk melakukan pengaturan dan juga pengawasan terhadap semua kegiatan yang berkaitan dengan jasa keuangan, baik itu di sektor perbankan, sektor pasar, dan juga di sektor IKNB. 

Topik: Akuntansi Perusahaan Jasa

  1. Toko laundry Wangi membeli beberapa perlengkapan mencuci, seperti sabun cuci sebanyak Rp. 300.000,00, cairan pelicin pakaian sebanyak Rp. 250.000,00, dan juga cairan pengharum pakaian sebanyak Rp. 250.000,00. Pemakaian perlengkapan mencuci tadi akan mengakibatkan akun?

A. Perlengkapan bertambah
B. Persediaan berkurang
C. Beban perlengkapan bertambah
D. Harga pokok penjualan bertambah
E. Aset toko berkurang

Alt text:  Rumus
Rumus Dasar Akuntansi (Sumber: Arsip Zenius)

Jawaban: C

Pembahasan:

Di dalam akuntansi, sabun cuci, cairan pelicin pakaian, dan cairan pengharum pakaian disebut juga perlengkapan. Perlengkapan ini mengkategorikan barang-barang yang dibeli namun cepat habis. Toko laundry di atas membeli barang-barang yang termasuk pada kategori perlengkapan.

Yang ditanyakan pada soal ini adalah pemakaian bahan-bahan yang dibeli tersebut. Saat bahan-bahan yang dibeli tersebut habis karena terpakai, maka artinya harta berkurang atau turun. Pemakaian harta atau perlengkapan akan bersandingan dengan beban, yaitu beban perlengkapan.

Jadi, jika perlengkapan terpakai, maka harta turun, dan mengakibatkan beban perlengkapan bertambah.

Baca Juga: Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI dari Zenius Education

Topik: Penawaran

  1. Berdasarkan beberapa pernyataan di bawah ini, manakah yang dapat menggeser kurva penawaran suatu barang ke kanan?
  1. Harga suatu produk mengalami kenaikan
  2. Jumlah produsen meningkat
  3. Naiknya upah minimum provinsi
  4. Teknologi yang berkembang pesat

A. (1), (2), dan (3) benar
B. (1) dan (3) benar
C. (2) dan (4) benar
D. Jika hanya  (4) yang benar
E. Jika semuanya benar

Kurva Penawaran
Kurva Penawaran (Sumber: Arsip Zenius)

Jawaban: C

Pembahasan:

Yang ditanyakan pada soal diatas adalah apa yang menjadi penyebab kurva penawaran bergeser ke kanan? Yuk, kita bahas satu-satu pernyataannya

  1. Kalau harga produk naik, otomatis tidak akan menggeser kurva barang ke sebelah kanan. Jika harga barang naik, maka yang berubah adalah jumlah barang yang ditawarkan saja. 
  2. Bertambahnya produsen bisa meningkatkan jumlah produksi suatu barang, yang mana artinya kurva penawaran suatu barang juga akan ikut bergeser. 
  3. Meningkatnya upah minimum di suatu daerah tidak membuat kurva penawaran bergeser ke kanan. Hal ini karena jika upah minimum salah satu faktor produksi meningkat, maka penawaran barang akan cenderung bergeser ke sebelah kiri.
  4. Peningkatan teknologi bisa menyebabkan kurva menggeser kurva penawaran ke kanan. Kenapa? Karena pada saat suatu produksi memiliki teknologi yang lebih canggih, maka akan terjadi peningkatan quantity barang atau jumlah barang yang dihasilkan.

Topik: Inflasi dan Indikator Pembentuknya

  1. Apakah Indikator pada ekonomi makro yang dapat digunakan untuk menghitung laju inflasi?

A. Penerimaan Pajak
B. PNB (Produk Nasional Bruto)
C. Tabungan nasional
D. Tingkat pengangguran terbuka
E. Indeks harga konsumen

Indeks Harga Konsumen
Ilustrasi Indeks Harga Konsumen (Sumber: Arsip Zenius)

Jawaban: E

Pembahasan: 

Untuk mengetahui sebuah inflasi,cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghitung indeks harga konsumen. 

Dengan cara menghitung IHK ini, akan terlihat bagaimana b=perubahan harga dari barang dan jasa yang dikonsumsi oleh setiap rumah tangga setiap tahunnya. Yuk, lihat rumus IHK nya!

Selain menghitung IHK ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui inflasi, yaitu dengan menghitung GDP dan juga PDB Deflator. 

Topik: Pasar Modal 

  1. Keputusan investasi tidak akan terpengaruh karena adanya suku bunga riil

SEBAB

Semakin tinggi tingkat suku bunga rill, maka akan banyak lagi yang tertarik dengan investasi tersebut

Jawaban: E

Pembahasan:

Bunga sangat mempengaruhi investasi. Jika suku bunga tinggi maka nilai investasi juga akan berkurang. Apa penyebabnya? Ini dikarenakan banyaknya jumlah orang yang ikut berinvestasi dan juga melakukan kegiatan bisnis yang sumber modalnya berasal dari perbankan. Sementara itu, jika bank menetapkan suku bunga yang tinggi maka bebean yang ditanggung oleh investor pun akan meningkat untuk membayar suku bunga.

Oleh karena itu, peningkatan nilai suku bunga akan menyebabkan beban bunga yang semakin besar untuk investor dan pastinya akan berpengaruh pada nilai investasi. 

Baca Juga: Jalur Seleksi & Info Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Topik: Elastisitas Permintaan

  1. Konsep elastisitas harga permintaan berguna untuk mengukur suatu?

A. Sensitivitas jumlah permintaan akibat perubahan harga
B. Perubahan barang
C. Jumlah konsumen di pasar
D. Miringnya kurva permintaan
E. Jarak pergeseran kurva akibat perubahan harga

Jawaban: A

Pembahasan:

Elastisitas akan berhubungan erat dengan sensitivitas. Maksudnya, elastisitas harga permintaan dapat mengukur atau menggambarkan sensitivitas perubahan jumlah kuantitas barang yang diminta yang berakibat juga pada perubahan harga barang tersebut. Perhitungan elastisitas harga permintaan ini bisa dilakukan dengan cara membagi persentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase dari harga barang. 

Topik: Akuntansi Perusahaan Jasa

  1. Di tahun 2020 kemarin, salon Rudy mengalami kenaikan aktiva hingga Rp. 30.000.000,00 dan kewajiban bertambah sebanyak Rp. 18.000.000,00. Berapa Besar modal yang salon Rudy pada tahun 2020 kemarin?

A. Bertambah sebanyak Rp. 12.000.000,00
B. Bertambah sebanyak Rp. 24.000.000,00
C. Berkurang sebanyak Rp. 24.000.000,00
D. Berkurang sebanyak Rp. 12.000.000,00
E. Semua jawaban salah

Jawaban: A

Pembahasan: 

Aktiva merupakan nama lain dari harta atau aset. Untuk menghitung berapa banyak modal yang salon Rudy pada tahun tersebut bisa menggunakan rumus harta. Bagaimana rumusnya?

Harta = Utang + Modal

Harta: perubahan harta

Utang: perubahan utang

Modal: perubahan modal

Jika harta / aset diketahui 30.000.000,00 dan utang sebanyak Rp. 18.000.000,00. Maka berapa modalnya?

Harta = Utang + Modal

30.000.000 = 18.000.000 + Modal

30.000.000 – 18.000.000 = Modal

12.000.000 = Modal

Maka modal bertambah sebanyak Rp. 12.000.000,00.

Topik: Perpajakan

  1. Di bawah ini yang merupakan pajak daerah adalah…
ABC
Pajak RestoranPBBPajak Penghasilan
PPNPPhPajak Hotel
Bea MateraiPajak ReklamePPnBM

A. A1, B2, dan C3
B. A2, B2, dan C2
C. A3, B1, dan C1
D. A1, B2, dan C3
E. A2, B3, dan C2

Jawaban: A

Pembahasan: 

ABC
Pajak Restoran : pajak daerahPBB : pajak pusatPajak Penghasilan : pajak langsung
PPN : pajak pusatPPh : pajak penghasilanPajak Hotel : pajak daerah
Bea Materai : pajak pusatPajak Reklame : pajak daerahPPnBM: pajak pusat

Topik: Perdagangan Internasional

  1. Jika A menjual tas lebih murah di negara B dibandingkan dengan di negara sendiri. Maka kebijakan yang dibuat oleh negara A yaitu…

A. Kebijakan Dumping
B. Menurunkan tarif bea ekspor
C. Menerapkan kebijakan kuota impor
D. Menaikan tarif bea impor
E. Kebijakan produksi

Jawaban: A

Pembahasan: 

Dumping merupakan salah satu kebijakan dalam ekonomi yang mana berang diekspor dan dijual ke luar negeri dengan harga yang lebih murah. Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk menguasai pasar negara tersebut.

Baca Juga: Gagal SBMPTN & SIMAK UI, Gimana Dong?

Topik: Koperasi

  1. Koperasi Masyarakat Terpadu mencatat bahwa pendapatan anggotanya ada sebanyak Rp. 6.000.000,00, pendapatan bukan anggotanya sebanyak Rp. 4.000.000,00, sementara beban operasional koperasi tersebut sebanyak Rp. 2.5000.000,00. SHU dibagikan berdasarkan rapat para anggota yang meliputi dana cadangan sebesar 25%, jasa anggota 35%, jasa simpanan 30%, dan jasa lain-lain sebanyak 15%. Jika beban alokasi beban anggota tadi diganti menjadi 70% dan beban bukan anggota menjadi 30%, berapa besar jasa anggota yang didapatkan?

A. Rp. 2.134.000,00
B. Rp. 1.567.000,00
C. Rp. 1.487.000,00
D. Rp. 1.382.000,00
E. Rp. 1.200.000,00

Jawaban: C

Pembahasan:

Pendapatan yang didapat koperasi dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pendapatan anggota : Rp. 6.000.000
  2. Pendapatan non-anggota : Rp. 4.000.000

Sementara itu, beban operasional: Rp. 2.500.000

Jika alokasi beban anggota 70% dan bukan anggota 30%, berapa SHU untuk jasa anggota?

Pertama, kita hitung alokasi beban dari anggota dan non anggota, yaitu:

  1. Anggota = 70% x 2.500.000

= Rp. 1.750.000

  1. Non-anggota = 30% x 2.500.000

= Rp. 750.000

Bagaimana cara membagi SHU nya? Pembagian SHU itu berasal dari profit koperasi. Profit koperasi Masyarakat Terpadu bisa dihitung dengan mengurangi pendapatan anggota dengan beban operasional anggota, yaitu:

Profit = Pendapatan anggota – Beban operasional anggota

= Rp. 6.000.000 – Rp. 1.750.000

= Rp. 4.250.000

Profit atau SHU inilah yang akan di bagikanke anggota. Berapa SHU yang akan didapatkan untuk jasa anggota? 

SHU jasa anggota = 35% x Rp. 4.250.000

= Rp. 1487.500

Nah, itu dia sedikit contoh soal mata pelajaran ekonomi di SIMAK UI. Sekarang mau menguji kemampuan elo dalam ngerjain soal ekonomi SIMAK UI? Tenang, elo bisa coba ikutan Try Out dari Zenius! Yuk, langsung aja klik banner yang ada di bawah ini.

Contoh Soal Ekonomi SIMAK UI 9

Referensi:

Materi Belajar Ekonomi – Zenius

Soal Ekonomi SIMAK UI – Zenius (2017) 

Perpajakan – Hipajak (2021)

Pengertian Politik Dumping – OCBC (2022)

Free Persiapan UTBK – Ekonomi

Bagikan Artikel Ini!