Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian

Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian 49

Halo, Sobat Zenius! 

Elo pasti pernah lihat pelangi yang muncul setelah turun hujan, kan? Pelangi ternyata adalah contoh peranan fisika dalam keseharian. Menurut elo, apa lagi peranan fisika dalam hidup sehari-hari? Yuk, cari tahu bersama!

Peranan Fisika dalam Keseharian

Sebelum kita masuk ke materi peranan fisika dalam keseharian, gue mau jelasin dulu tentang pelangi. Menurut elo, kenapa pelangi bisa terjadi setelah hujan? 

Pelangi merupakan fenomena optik yang muncul saat cahaya memasuki tetesan air hujan. Cahaya dibiaskan saat bergerak dari udara ke air. Cahaya yang terpantul pun diuraikan menjadi masing-masing panjang gelombang yang terdiri dari tujuh warna spektrum. Makanya kita melihat pelangi itu seringnya  setelah hujan dan terdiri dari 7 macam warna. 

Nah, pelangi adalah implementasi dari konsep fisika pembiasan cahaya. Tentunya, ada banyak konsep fisika lain yang secara nggak sadar kita aplikasikan dalam banyak aspek di keseharian kita. Apakah elo tau contoh lain dari peranan fisika dalam keseharian kita?

Oke, oke! Mendingan kita bahas bareng-bareng aja deh tentang peranan fisika dalam keseharian. Setelah ini, kita akan membahas peranan fisika di bidang teknologi, transportasi, dan kedokteran yang sering kita temukan. Simak, ya!

Baca Juga

Ruang Lingkup Fisika

Peranan Fisika Bidang Teknologi

Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian 50
Peranan Fisika Bidang Teknologi Pendeteksi Bahan dengan Sonar (Arsip Zenius)

Smartphone Layar Sentuh

Salah satu peranan fisika dalam keseharian yang paling sering kita temui adalah ponsel genggam alias smartphone. Nah, elo pernah coba menyentuh layar saat menggunakan sarung tangan, nggak? Atau nggak sengaja menggunakan kuku saat pencet layar? Apa yang terjadi?

Yup, nggak akan terjadi apa-apa alias nggak bisa, guys, touch the screen pake sarung tangan ataupun kuku. Kenapa begitu?

Jawabannya adalah arus ionik. Ketika jari kita menyentuh layar ponsel, elektron yang ada di ujung jari menghilangkan elektron yang bermuatan sama di layar ponsel. Hasilnya, sirkuit listrik terbuka dan sensor yang telah diprogram sesuai dengan kode pada ponsel dapat melakukan tindakan yang diinginkan. 

Pendeteksi Bahan dengan Sonar

Elo pernah lihat kapal pengeboran di laut lepas atau di tempat pertambangan? Kok bisa ya mereka tahu kalau ada material atau sumber daya alam di bawah laut?

Ternyata, mereka mendeteksi material di bawah laut dengan sonar. Sonar adalah sistem penginderaan jauh yang mendeteksi suara frekuensi tinggi (ultrasonik) umumnya di rentang 50 KHz. 

Cara kerja sonar adalah echosounder atau mengemisikan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Gelombang suara ini merambat di air hingga mengenai objek. Ketika gelombang suara mengenai objek, gelombang suara akan terpantul dan diterima, lalu ditampilkan dengan menggambarkan karakteristik objek di bawah air.

Gelombang sonar juga bisa digunakan untuk mengetahui lokasi dari material bawah air. Caranya adalah dengan menghitung data waktu yang dibutuhkan gelombang suara serta panjang gelombang suara hingga mengenai objek.

Panel Surya

Peranan fisika dalam keseharian yang selanjutnya adalah panel surya. Panel surya sudah banyak digunakan di jalan raya, perumahan, perkantoran, dan sebagainya. Panel surya bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Ketika sel surya menyerap cahaya, terdapat pergerakan antara elektron di sisi positif dan negatif. Adanya pergerakan ini menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan energi.

Peranan Fisika Bidang Transportasi

Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian 51
Peranan Fisika bidang Transportasi (Arsip Zenius)

Gaya Angkat Pesawat

Sekarang kita mau membahas peranan fisika dalam keseharian, khususnya di bidang transportasi. Nah, transportasi udara yang paling umum adalah pesawat terbang. Elo pernah nggak kepikiran apa yang membuat pesawat bisa terbang?

Pesawat bisa terbang karena adanya gaya angkat sayap pesawat. Sesuai dengan Prinsip Bernoulli pada sayap pesawat terbang, peningkatan kecepatan fluida akan menyebabkan penurunan tekanan pada aliran tersebut.

Prinsip Bernoulli diterapkan pada bentuk sayap pesawat terbang. Ketika udara yang dilewati  memiliki kecepatan yang tinggi, maka akan menghasilkan tekanan di atas sayap pesawat lebih kecil daripada tekanan di bagian bawah sayap pesawat. Perbedaan tekanan di bagian atas dan bawah yang menyebabkan gaya angkat sehingga pesawat dapat terbang.

Kereta Magnetic Levitation

Salah satu kereta tercepat di dunia yaitu kereta maglev (magnetic levitation). Kereta ini tampak berjalan di atas rel, tapi sebenarnya kereta ini melayang dan meluncur di atas rel. Kok bisa, ya? 

Elo inget cara kerja magnet, kan? Jika kutub magnet yang berbeda saling bertemu, maka mereka akan saling tolak menolak. Nah, ini prinsipnya sama dengan prinsip kereta maglev dengan relnya. Gaya magnet yang saling tolak-menolak ini menyebabkan kereta tidak menempel pada permukaan rel dan membuat gaya levitasi atau mengapung.

Oke, sampe di situ udah paham. Tapi, kok bisa kereta tetap berada di dalam jalurnya?

Ternyata, konstruksi rel yang dibuat berbeda dari rel kereta lain. Rel kereta maglev memiliki dinding beton di setiap sisinya. Dinding tersebut dibuat berisi kumparan yang dialiri listrik yang menyebabkan adanya medan magnet. Medan magnet inilah yang menjaga kestabilan kereta.

Kemudian, mengapa kereta ini dapat bergerak lebih cepat dibandingkan kereta biasanya?

Ternyata karena adanya polaritas kereta dengan dinding di depannya sehingga kereta akan tertarik ke depan. Polaritas di bagian belakang kereta dengan polaritas dinding di sebelahnya juga menyebabkan gaya tolak menolak sehingga mempercepat laju kereta. Mekanisme ini dilakukan terus menerus dengan mengganti polaritas magnet dinding melalui arus listrik.

Kereta juga tidak menyentuh rel sehingga tidak ada gaya gesek antara rel dan kereta maupun dinding dan kereta. Selain itu, bentuk kereta yang aerodinamis juga dapat memperkecil gaya gesek dengan udara. Dengan demikian, kereta ini dapat melaju sangat cepat.

Peranan Fisika Bidang Kedokteran

Penggunaan Sinar X 

Elo pernah nggak sih lagi periksa, kemudian dokter minta elo untuk melakukan x-ray? Hasilnya, adalah seperti gambar ini di bawah ini, kan, guys?

Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian 52
Sinar x untuk melihat kondisi tulang (Arsip Zenius)

Dengan pencitraan sinar x, kita bisa menangkap gambar tulang yang ada di tubuh. Terus cara kerjanya gimana, sih? Ternyata, sinar diserap oleh setiap bagian tubuh secara berbeda-beda berdasarkan kepadatannya. Nah, partikel x-ray ini tidak bisa menembus bagian tubuh yang padat dalam hal ini tulang, sehingga tulang akan berwarna putih pada hasil foto.

Selain tulang, sinar x dapat mendeteksi adanya tumor, logam, benda asing yang ada di dalam tubuh. Alat ini sangat berguna untuk para tenaga medis, ya!

Oke, sampai sini pembahasan peranan fisika dalam kehidupan keseharian. Kalau elo mau tau lebih jauh tentang materi ini, elo bisa nonton video materinya dengan klik banner ini ya!

Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian 53

Nah, supaya pemahaman elo makin dalam, di Zenius nggak hanya review materi lho, juga ada latihan soal buat ngukur seberapa paham dengan materi pelajaran. Ada berbagai paket yang bisa elo beli sesuai kebutuhan elo. Klik banner di bawah ini untuk info selengkapnya!

Contoh Peranan Fisika dalam Keseharian 54

Penulis : Ainun Jariah Syafril

Bagikan Artikel Ini!