Ruang Lingkup Fisika Kelas 10, Belajar Apa sih di Fisika?

Ruang Lingkup Fisika (Arsip Zenius)

Hai Sobat Zenius, di kesempatan kali ini gue akan membahas ruang lingkup fisika kelas 10. Mulai dari pengertian fisika, hal-hal apa yang akan dipelajari di fisika dan kenapa fisika penting untuk dipelajari, temukan semuanya di sini!

Apa yang terlintas dalam benak elo ketika mendengar atau membaca kata “Fisika”? Terbayang rumus-rumus yang kompleks, pelajarannya yang susah dipahami, itungannya kadang gak terpakai di kehidupan sehari-hari, dan bayangan negatif lainnya.

Tapi, gak sedikit juga kok yang suka dan tertarik sama pelajaran yang satu ini. Nah, kalau menurut elo gimana?

ruang lingkup fisika zenius
dok. giphy

Lo termasuk golongan yang mana nih?

View Results

Loading ... Loading ...

Kita udah belajar materi fisika sejak SD, sadar gak? Tapi, memang materinya digabung sama biologi dan kimia di mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Nah, kalau kita amati, fisika itu termasuk ilmu yang dekat dengan kita lho. Ada banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya cara kerja penghapus dan prinsip kerja bluetooth yang juga pakai ilmu fisika. 

Dengan begitu, ada banyak hal yang bisa elo pelajari di fisika, termasuk membentuk pola pikir dan logika elo supaya bisa lebih mudah dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Untuk bisa menjelaskan ruang lingkup fisika, elo perlu paham pengertiannya dulu nih. Baca berikut ini ya!

Fisika Itu Apa sih?

Untuk mendefinisikannya, kita bisa lihat dari arti fisika itu sendiri. Fisika berasal dari bahasa Yunani “physikos” yang berarti alamiah, berkaitan dengan semua aspek alam, baik pada tingkat makroskopik maupun submikroskopik. Kalau kita uraikan, fisika adalah cabang ilmu sains yang mempelajari struktur materi dan interaksi antar unsur-unsur dasar alam semesta yang masih dapat diamati. Ruang lingkup fisika luas, seperti materi, energi, fenomena alam, dan perubahannya.

Fisika termasuk ilmu sains dasar. Seiring berjalannya waktu, banyak sekali perkembangan yang terjadi dalam ilmu ini. Awal mulanya hanya berfokus pada astronomi, seiring perkembangannya dengan banyak spesialisasi bidang lain, seperti biofisika, mekanika kuantum, geofisika, dan psikofisika.

Nah, jadi kalau ketemu soal kayak gini “jelaskan ruang lingkup fisika dan kaitannya dengan ilmu lain!” elo bisa lihat contoh di atas ya. Masih banyak juga lho bidang-bidang ilmu lain yang juga berhubungan dengan fisika. Tulis di komen ya yang elo ketahui!

Sebenarnya apa sih tujuan dari fisika ini? Tujuan utamanya adalah memahami bagaimana sih alam semesta bekerja. Dengan mempelajari ilmu fisika, kita menjadi tau cara kerja alam semesta. 

Dengan ilmu fisika juga kita tau kalau ternyata perputaran bumi ada revolusi dan rotasi, ada planet lain di luar bumi, semua benda bisa diukur dengan satuan yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Sebelum lanjut masuk ke pembahasan ruang lingkup fisika, yuk didownload dulu aplikasi Zenius di gadget elo. Nikmati akses gratisnya ke fitur menarik yang menunjang proses belajar elo. Cobain download dulu deh!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Apa Sih yang Akan Dipelajari di Fisika?

Selama belajar fisika, kira-kira apa sih yang akan kita pelajari? Berikut ruang lingkup fisika adalah materi-materi di bawah ini!

materi ruang lingkup fisika kelas 10 zenius
Ruang Lingkup Fisika Kelas 10
  1. Mekanika
    Di dalam mekanika ada cabang kinematika dan dinamika. Apa sih perbedaannya? Kinematika akan membahas tentang gerak tanpa memperhatikan penyebab geraknya. Dinamika juga membahas gerak, tapi penyebab geraknya juga diperhatikan.
  2. Gelombang Mekanik
    Di gelombang mekanik, kita akan belajar tentang gelombang yang merambat pada suatu medium. Elo akan belajar tentang periode, frekuensi, panjang gelombang, dan efek dopler di sini.
  3. Elektromagnetik
    Di awal gue udah sedikit menyinggung tentang prinsip kerja bluetooth yang menggunakan ilmu fisika. Nah, prinsip tersebut bisa elo pelajari pada materi elektromagnetik. Di sini apa sih yang akan elo pelajari? Sesuai namanya, elo gak akan jauh-jauh dari belajar listrik dan magnet.
  4. Termodinamika
    Materi ini berhubungan erat dengan perubahan atau pergerakan energi panas. Elo akan belajar tentang kalor di sini, dan akan bertemu juga dengan istilah eksotermik dan endotermik. Penasaran? Yuk, semangat belajar fisikanya!
  5. Optik
    Loh, di fisika juga belajar optik? Yap, tentu saja. Masih ingat kan kalau fisika itu membahas tentang alam dari yang makroskopis sampai submikroskopik. Tentu saja mata penting untuk kita bahas di fisika. Pokoknya di sini elo akan belajar tentang optical seperti bagian-bagian mata, penyakitnya, dan alat bantu optik. Nanti elo bakal belajar tentang teropong juga, seru kan?
  6. Fisika inti
    Di sini elo akan belajar tentang partikel-partikel pembentuk inti atom, yaitu proton dan neutron. Ada materi perhitungan atom dan penyusunan atom juga yang akan elo pelajari.
  7. Teori Kuantum
    Cabang yang satu ini akan menjelaskan tentang sistem atom dan subatom. Ada banyak teori yang akan elo pelajari di sini, termasuk model atom, bilangan kuantum, konfigurasi elektron, dll. Jangan takut dulu, belajar kuantum juga seru kok.
  8. Relativitas
    Pencetus teori relativitas yang terkenal adalah Albert Einstein, wah udah gak asing lagi kan elo sama namanya. Di sini elo akan belajar mengenai ruang dan waktu.

Secara general, delapan cabang di atas akan elo pelajari selama belajar fisika. Setelah tau ruang lingkup fisika mengenai apa aja yang akan elo pelajari, kira-kira bikin nambah semangat atau jadi down nih?

Kenapa Fisika Penting Dipelajari?

Elo tau kan kalau ruang lingkup fisika itu banyak, nah supaya gak bingung dan terarah, elo harus tau juga alasan pentingnya belajar fisika. Fisika sangat penting kita pelajari karena ia mengatur kehidupan kita sehari-hari. Bisa dibilang sebagai part of our world deh, mulai dari kegiatan sehari-hari, berhubungan dengan nyawa manusia, dan alam semesta. Lho maksudnya gimana?

  1. Memasak menggunakan prinsip fisika
    Hal pertama yang perlu elo amati adalah saat memasak. Coba elo perhatikan saat ibu atau elo sendiri memasak. Makanan yang elo goreng dalam wajan, kenapa kok bisa matang? Karena, ada aliran kalor dari api ke wajan tersebut. Di mana wajan adalah bahan konduktor atau yang bisa menghantarkan panas dengan baik. Sekarang, coba elo perhatikan gagang spatula atau gagang wajan, misalnya pakai bahan kayu. Di mana kayu adalah bahan yang buruk dalam menghantarkan panas atau disebut isolator, hal itu dilakukan supaya saat menggoreng, tangan kita gak terkena panas. Nah, pemilihan bahan saat memasak itu menggunakan prinsip fisika.
  2. Pisau dan alat tajam lainnya
    Pasti elo memperhatikan bagian pisau yang digunakan untuk memotong kan? Yap, bentuknya menipis ke ujung. Kenapa kok dibuat seperti itu? Tentu saja supaya bisa memotong daging atau sayuran. Hal itu juga menggunakan prinsip fisika, ketika luas penampang dibuat kecil, maka tekanan yang akan diberikan akan semakin besar. Sehingga bisa untuk memotong. Berlaku juga dengan alat tajam lainnya.
  3. Fisika untuk menyelamatkan nyawa manusia
    Kebayang gak sama poin yang satu ini, kira-kira bagaimana penerapannya? Kalau udah berhubungan sama menyelamatkan manusia, pasti ada hubungannya sama kedokteran, iya kan? Nah, kita ambil contoh penggunaan Gamma Knife. Bukan, bukan seperti pisau pada umumnya. Alat ini menggunakan sinar gamma yang tinggi untuk menghancurkan sel kanker.

Di artikel kali ini, gue hanya menguraikan tiga contoh penerapan dalam fisika. Masih banyak lagi penerapan lainnya yang menggunakan prinsip fisika. Nah, dari ketiga uraian di atas, elo udah bisa menilai kan sepenting apa sih belajar ruang lingkup fisika?

Oke, segitu dulu uraian mengenai ruang lingkup fisika. Semoga dengan uraian yang singkat ini tetap bisa memberikan semangat untuk elo belajar fisika lebih jauh lagi. 

Kalau elo tipe orang yang lebih suka belajar dari video daripada tulisan, elo bisa tonton materi ruang lingkup fisika di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini ya!

Ruang Lingkup Fisika Kelas 10, Belajar Apa sih di Fisika? 17
Yuk belajar lagi!

Jangan cuma belajar satu materi dong, pelajari juga banyak video pembelajar premium, Live Class hingga tryout ujian sekolah dengan berlangganan paket belajar Zenius. Yuk klik di bawah ini dan simak informasi selengkapnya!

Ruang Lingkup Fisika Kelas 10, Belajar Apa sih di Fisika? 18
Klik untuk info lengkapnya!
ruang lingkup fisika
Cuplikan video belajar Zenius tentang ruang lingkup fisika

Baca Juga Artikel Lainnya

Materi Lengkap Besaran dan Satuan Fisika

Materi Fisika SMA: Usaha dan Energi

Pembahasan Materi Dinamika Partikel dan Hukum Newton

Originally published: October 27, 2021 
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!