About Hilman Luthfi

Here are my most recent posts

Panduan Belajar Soal HOTS Sejarah

Artikel ini membahas soal HOTS Sejarah, mulai dari definisinya, strategi belajar menghadapi soal HOTS Sejarah, hingga contoh soalnya di SBMPTN. Piye kabare? Ketemu lagi nih sama gue, Hilman. Kali ini gue mau ngajak lo ngobrol tentang isu hot buat para pejuang PTN yaitu soal HOTS; khususnya di pelajaran sejarah. Di artikel blog Zenius sebelumnya, kita udah bahas tentang soal HOTS di beberapa mata pelajaran, nah, sekarang giliran Sejarah nih. Kalo kita ngomongin soal …

Di Jurusan Ilmu Politik Itu Belajar Apa, Sih?

Artikel ini membahas tentang jurusan Ilmu Politik; apa saja kajiannya, ruang lingkup belajarnya, hingga peluang kariernya. Halo semua, balik lagi nih sama gue, Hilman. Buat lo yang lagi cari-cari mau kuliah di jurusan apa, gue akan berbagi cerita tentang “belajar apa aja waktu dulu gue kuliah” dan apakah lo bakal sesuai dengan jurusan ini. Kali ini gue mau ngomongin teentang jurusan Ilmu Politik. Berhubung artikel gue yang sebelumnya membahas tentang …

Mengenal Pemilu di Indonesia

Artikel ini membahas tentang apa saja pemilu yang ada di Indonesia. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Hilman. Kali ini gue pengen bahas sebuah topik yang belakangan ini (dan hingga beberapa waktu ke depan) anget banget, yaitu tentang pemilihan umum. Apaan sih, Man. Gak asik banget ngomongin politik. Gak penting juga. Toh pemilu itu gak ada pengaruhnya dalam hidup gue Nah, pasti di antara lo ada yang mikir kayak gitu. Meski sebagian dari lo udah atau akan memiliki hak untuk nyoblos alias ikut pemilihan umum, ternyata gue …

Kisah Lintas Zaman Kegunaan Jalan Tol

Artikel ini mengupas manfaat jalan tol, dari segi militer, politik, dan ekonomi, dengan menelusuri sejarah Romawi Kuno, Nazi Jerman, dan Amerika Serikat di bawah pimpinan Eisenhower. Di mana-mana lagi banyak banget ya proyek jalan tol. Apalagi mendekati momen mudik seperti sekarang. Tapi di tengah gencarnya pembangunan jalan tol, ada pihak yang meragukan manfaat dari jalan tol. “Negara kita berutang banyak demi bangun jalan tol. Tapi palingan yang ngerasain manfaatnya cuma …