contoh aturan menjaga kebersihan rumah

Ajak Anak Menerapkan 4 Aturan Menjaga Kebersihan Ini

Hai, ZenParents! Berikut ini adalah aturan menjaga kebersihan rumah yang perlu diterapkan oleh anak. Simak penjelasan selengkapnya, ya.

Pandemi Covid-19 telah mengajarkan kita tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan. Entah itu kebersihan diri sendiri atau kebersihan lingkungan sekitar.

Contohnya, membiasakan diri mencuci tangan setelah melakukan aktivitas yang merupakan bagian dari menjaga kebersihan diri sendiri. Selain itu menjaga kebersihan rumah, merupakan usaha untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Oleh karena itu, kalau kita membicarakan tentang aturan menjaga kebersihan, hal ini mencakup kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Dalam menerapkan aturan menjaga kebersihan rumah, ZenKids pun perlu diberikan penjelasan tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan. ZenParents dapat memulainya dengan mengajarkan anak tentang menjaga kebersihan diri sendiri, sebelum menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kalau begitu, sebenarnya kenapa ZenParents perlu memperhatikan pentingnya kebersihan untuk ZenKids?

Mengapa Menjaga Kebersihan Penting untuk Anak?

Anak-anak perlu diajarkan kebersihan diri, supaya mereka tetap sehat dan merasa nyaman dengan diri sendiri. Selain itu, menjaga kebersihan diri juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.

Aturan menjaga kebersihan di lingkungan rumah.
Ilustrasi Aturan dalam Menjaga Kebersihan Rumah. (Arsip Zenius)

Berikut ini adalah cara menjaga kebersihan diri sendiri yang dapat ZenParents terapkan ke anak.

Baca Juga: Apa Itu Belajar Daring (Live Class) dan Pentingnya untuk Anak SD

Mencuci Tangan

Kuman dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Sebagian besar kuman menyebar melalui kontak tangan. Oleh karena itu, mencuci tangan secara teratur dapat mencegah ZenParents dan ZenKids dari sakit.

Kalau begitu, kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

  1. Ketika tangan terlihat kotor.
  2. Sebelum dan setelah makan.
  3. Setelah menyentuh daging mentah.
  4. Setelah menyentuh cairan tubuh, seperti urin, darah, dan muntahan.
  5. Setelah menyentuh binatang.
  6. Setelah bersin atau batuk.
  7. Setelah ke toilet.

Selain mencuci tangan secara teratur, ZenKids juga perlu diajarkan untuk mandi secara teratur. Karena kuman tidak hanya terdapat di tangan, tetapi juga seluruh tubuh.

Mandi Secara Teratur

Mandi adalah sebuah rutinitas yang dapat ZenParents ajarkan kepada ZenKids. Bukan hanya mengajarkan mandi secara teratur, tetapi ZenParents juga dapat mengajarkan anak bahwa mandi merupakan rutinitas yang dapat dilakukan sebelum tidur.

Ketika mandi, ZenParents perlu memastikan bahwa anak membasuh seluruh tubuhnya dan anak harus mengeringkan tubuhnya sebelum menyelesaikan mandi dan memakai pakaian.

Memperhatikan Sandang

Membersihkan ZenKids membutuhkan pakaian yang segar setiap hari, meskipun pakaian yang lama tidak berbau. Selain itu, membersihkan pakaian dalam setiap hari juga sangat penting untuk anak.

Setelah memperhatikan pentingnya kebersihan diri sendiri, ZenKids juga perlu diajarkan tentang pentingnya kebersihan lingkungan sekitar, contohnya rumah.

Baca Juga: 4 Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Belajar di Rumah 

Aturan Menjaga Kebersihan Rumah

Berikut ini adalah contoh-contoh aturan menjaga kebersihan rumah yang dapat diterapkan oleh ZenKids.

Contoh aturan menjaga kebersihan rumah.
Contoh Aturan Menjaga Kebersihan di Rumah. (Arsip Zenius)

1. Membersihkan Tempat Tidur setelah Bangun Tidur

Kebersihan rumah akan tetap terjaga, salah satunya dengan cara rutin membersihkan tempat tidur setelah bangun tidur. Kasur yang bersih dan rapi akan membuat ZenKids merasa nyaman dengan dirinya dan menjaga kebersihan anak.

Kasur perlu dibersihkan dan dirapikan sesaat setelah anak bangun tidur. Oleh karena itu, ZenParents perlu membiasakan aktivitas ini ke ZenKids.

Setelah membersihkan dan merapikan tempat tidur, ZenParents perlu mengajarkan anak untuk membuka jendela kamar tidur. Hal ini penting dilakukan agar udara segar dan cahaya matahari masuk ke dalam kamar dan menjaga kamar agar tidak lembap.

2. Melepaskan Alas Kaki Ketika Masuk ke Dalam Rumah

Sepatu atau sandal yang digunakan oleh Zenkids akan membawa berbagai kotoran dari luar rumah. Selain itu, ZenParents dan ZenKids mungkin tidak sadar ketika menginjak kotoran di luar rumah.

Oleh karena itu, alas kaki tidak boleh dipakai ketika berada di dalam rumah. Kuman yang ada pada alas kaki tersebut tidak hanya menempel pada alas kaki yang terlihat kotor, tetapi juga pada sandal atau sepatu yang terlihat bersih.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

ZenParents dapat membiasakan ZenKids untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Beri penjelasan pada ZenKids bahwa sampah yang berserakan di dalam rumah akan mengundang berbagai penyakit dan mengganggu pemandangan.

Oleh karena itu, setiap anggota di keluarga perlu membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini termasuk membersihkan rumah dari sampah-sampah yang tergeletak di dalam rumah.

4. Menjadwalkan Pembersihan Rumah secara Menyeluruh

Membuat jadwal membersihkan rumah, bukan hanya untuk mengajarkan ZenKids tentang pentingnya kebersihan. Selain itu, momen ini bisa ZenParents gunakan agar lebih dekat dengan si Kecil.

Meskipun ZenKids tidak dapat membantu banyak hal ketika membersihkan keseluruhan rumah, tetapi yang terpenting dari aktivitas ini terhadap ZenKids, adalah menumbuhkan kesadaran akan kebersihan rumah.

Baca Juga: 4 Contoh Sikap Rendah Hati yang Bisa Diterapkan Anak


Setelah mengetahui berbagai aturan menjaga kebersihan rumah yang dapat diterapkan oleh ZenParents, tentunya hanya banyak aturan-aturan lainnya yang akan membantu ZenKids dalam belajar pentingnya kebersihan. 

4 cara tersebut merupakan contoh-contoh yang dapat diterapkan sehingga ZenParents mungkin memiliki aturan lain yang tidak disebutkan dalam contoh di atas. Oleh karena itu, contoh-contoh aturan menjaga kebersihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan ZenParents di rumah.

ZenParents tentu ingin ZenKids mempelajari berbagai hal dalam hidupnya, tidak hanya belajar tentang pentingnya menjaga kebersihkan. Oleh karena itu, ZenParents membutuhkan tempat belajar bagi ZenKids yang dapat mengajarkan berbagai materi pelajaran yang akan berguna untuk ZenKids.

Di ZeniusLand, terdapat berbagai materi pelajaran yang diajarkan dengan menyenangkan untuk ZenKids. Selain itu, ZenParents dapat memberikan momen belajar yang menyenangkan untuk anak lewat ZeniusLand, melalui karakter Disney kesukaan ZenKids dan petualangan Tiga Sekawan yang akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk ZenKids.

Keseruan dari belajar di ZeniusLand dapat dilihat melalui banner di bawah ini.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

Ajak Anak Menerapkan 4 Aturan Menjaga Kebersihan Ini 17
Ajak Anak Menerapkan 4 Aturan Menjaga Kebersihan Ini 18

ZenParents, semoga artikel tentang aturan menjaga kebersihan Ini berguna untuk keluarga ya, terutama untuk ZenKids.

Bagikan Artikel Ini!