Informasi UTUL UGM 2022 – Syarat dan Cara Daftar Terlengkap

Informasi UTUL UGM 2022 – Syarat, Cara Daftar dan Jenis UM UGM Lainnya

Halo, Sobat Zenius! di artikel kali ini gue akan membahas mengenai UTUL UGM, lengkap dengan cara daftar dan syarat masuk UGM lewat jalur ini. 

Kalo elo merupakan satu dari sekian banyak orang yang PTN impiannya Universitas Gadjah Mada (UGM), artikel ini bakal pas banget buat elo karena gue akan fokus membahas tes mandiri UGM yang bisa elo tempuh di luar jalur SNMPTN (undangan) dan UTBK SBMPTN (jalur tes).

Meskipun UGM termasuk universitas favorit, menurut laporan Kompas.com, UGM membuka 32 jurusan dengan kuota banyak di SBMPTN 2021. 

Nah, di tahun 2022 ini juga tidak jauh berbeda dan itu artinya meskipun demand di UGM tinggi, tapi kesempatan untuk jadi Gadjah Mada Muda (Gamada) juga masih terbuka lebar kok.

Dengan besarnya kuota penerimaan yang dibuka oleh UGM tentu saja berdampak pada jumlah kuota penerimaan lewat jalur UTUL UGM setiap tahunnya. 

Gak bisa dipungkiri bahwa UTUL UGM menjadi alternatif bagi calon mahasiswa baru yang mengincar salah satu kampus favorit di Indonesia ini. Dan tentunya, perlu persiapan matang dong buat lolos seleksi masuk UGM 2022 mendatang. 

Tapi elo tau gak sih apa itu UTUL UGM sebenarnya?

Jadi kalau secara bahasa, UTUL UGM adalah singkatan dari Ujian Tulis UGM. Ini adalah jenis ujian mandiri (saat itu masih sistem tulis menggunakan kertas) di UGM. 

Nah, kalo berdasarkan website resmi UGM nih, nama UTUL UGM udah diubah mengikuti sistem seleksinya yang udah gak pake kertas dan pensil (tulis) lagi. 

UTUL UGM tetap menjadi tes mandiri UGM dengan nama baru Computer Based Test (CBT)-UM UGM. 

Seperti nama barunya UTUL UGM bertransformasi menjadi salah satu jalur masuk UGM yang menerapkan sistem komputer dalam tes. 

Dan perlu elo ingat, UTUL UGM versi komputer ini sistem penilaiannya dilihat dari nilai/skor CBT-UM UGM Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SBMPTN Tahun 2022.

Artinya kalo elo mau ikut UTUL UGM versi terbaru, elo juga harus daftar UTBK dengan kelompok soal yang sama. 

Gimana tuh maksudnya?

Iya, jadi gini pada UTUL UGM versi terbaru alias Computer Based Test (CBT)-UM UGM ini terdapat 3 (tiga) jenis kelompok ujian yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek);
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum);
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta hanya dapat mengikuti salah satu kelompok ujian, yaitu: Saintek atau Soshum atau Campuran.Nah, karena skor UTUL UGM versi terbaru dilihat dari nilai UTBK SBMPTN dan hasil tes ujian mandiri UGM maka elo harus memilih kelompok ujian yang sama baik saat UTBK maupun saat memilih kelompok ujian di UTUL UGM.

Ikut UM UGM 2021 untuk jadi bagian salah satu kampus favorit di Indonesia.
Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada saat Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) pada 2018. (Dok: ugm.ac.id)

Oh iya, sebelum gue lanjut ke informasi syarat daftar UTUL UGM 2022, elo harus tahu bahwa pembukaan jalur masuk UGM yang satu ini berdekatan dengan UTBK SBMPTN dan seleksi mandiri dari PTN lainnya. 

Kalo elo ngerasa bingung mau mulai belajar materi UTBK SBMPTN dan tes mandiri UGM dari mana. Elo bisa banget ngegunain Zenius untuk mengasah kemampuan elo menjawab soal SBMPTN dan memahami materi tes mandiri. Gak hanya dari UGM tapi juga dari berbagai PTN di Indonesia. 

Kalo mau tau lebih lanjut mengenai kumpulan materi UTBK dan mandiri terlengkap, tinggal download Zenius dengan klik di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Syarat Daftar UTUL UGM

Nah, informasi mengenai syarat masuk lewat jalur UTUL UGM 2022 kali ini akan merujuk pada pendaftaran tahun 2021 kemarin.

Syarat lulusan untuk mendaftar UTUL UGM:

  • Lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat tahun 2022, 2021 dan 2020 untuk mengikuti seleksi.

Syarat pemilihan program studi dalam UTUL UGM:

  • Masing-masing peserta hanya boleh memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Program Sarjana Terapan (D4/D3). 

Dan mengenai link pendaftaran UTUL UGM versi komputer, elo bisa langsung mengakses link um UGM ac id mandiri berikut. 

Nah, supaya elo bisa dapet gambaran mengenai cara daftar UTUL UGM dan kehidupan kampus di UGM, elo bisa langsung nonton obrolan tim Zenius dengan salah satu alumni Zenius, Bella.

Bella berhasil diterima sebagai Gamada lewat jalur ujian mandiri atau UTUL UGM lho. Saat ini dia juga sedang menempuh pendidikan di Sekolah Vokasi – Departemen Ekonomika dan Bisnis. 

Itu tadi syarat daftar UTUL UGM yang mungkin bisa menjadi salah satu jalur masuk elo diterima di kampus almamater Presiden Joko Widodo ini. 

Tapi, selain UTUL UGM, elo tau gak sih UGM juga punya seleksi mandiri jalur prestasi lho. Dan jenis dari jalur ini juga ada beberapa macam. 

Nah, dari pada penasaran langsung simak aja jalur masuk UGM lewat beberapa seleksi mandiri UGM jalur prestasi berikut ini. 

Daftar Mandiri UGM Jalur Prestasi

Selain UTUL UGM atau CBT-UTUL seleksi Mandiri UGM 2022 juga membuka daftar mandiri UGM jalur Prestasi. Ada empat program yang tersedia lewat jalur ini, berikut daftarnya:

Jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Daftar mandiri UGM dari jalur prestasi yang pertama adalah seleksi mandiri BPUK. 

Jalur ini yang ditujukan bagi siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2021/2022 (lulus pada 2022). 

Calon mahasiswa dari program ini diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang menjalin kerja sama/mitra dengan UGM. 

Dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat daftar mandiri UGM jalur prestasi PBUK adalah sebagai berikut:

  • Siswa wajib melampirkan nilai rapor (semester 1-5 untuk jenjang SMA/MA dan semester 1-7 untuk jenjang SMK).
  • Siswa wajib menyertakan surat rekomendasi dari kepala sekolah tempatnya bersekolah.
  • Siswa wajib menyertakan surat rekomendasi dari mitra (ditunjukkan dengan adanya Nota Kesepahaman (MoU) atau surat perjanjian). 
  • Membuat surat kesanggupan membayar biaya pendidikan dari mitra.
  • Mencantumkan sertifikat kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional atau yang setara sebagai bukti prestasi.
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Meskipun seleksi Mandiri biasanya terkenal dengan biaya yang selangit, tapi ternyata elo bisa ikut daftar mandiri UGM jalur prestasi lewat jalur PBUTM yang dikhususkan untuk siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat dengan kondisi keuangan yang kurang beruntung.

Kalo elo diterima lewat jalur PBUTM, maka pihak kampus akan meringankan biaya perkuliahan elo hingga lulus. 

Dan kalo tertarik dan ingin daftar mandiri UGM lewat jalur prestasi yang satu ini, berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi para siswa: 

  1. Siswa/siswi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; atau
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal Rp4.000.000 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 per bulannya; dan
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya Sarjana (S1) atau Sarjana Terapan (D4);

Kalo pendaftar sudah bisa memenuhi syarat jalur PBUTM, selanjutnya pendaftar berhak memilih dua (2) Program Studi. Masing-masing satu Program Sarjana (S1) dan/atau satu Program Sarjana Terapan (D4). 

Dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat masuk UM UGM 2022 lewat jalur PBUTM: 

  • Siswa wajib melampirkan nilai rapor (semester 1-5 untuk jenjang SMA/MA dan semester 1-7 untuk jenjang SMK).
  • Siswa wajib menyertakan surat rekomendasi dari kepala sekolah tempatnya bersekolah.
  • Mencantumkan sertifikat kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional atau yang setara sebagai bukti prestasi. 
  • Melampirkan surat keterangan penghasilan kedua orang tua/wali penanggung biaya terbaru. 
  • Melampirkan Kartu Keluarga (atau Kartu Keluarga Sejahtera KKS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Peserta KIP-K.

Jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) 

PBUB adalah program UM UGM 2022 yang ditujukan khusus bagi siswa yang berhasil menjadi pemenang/juara lomba di bidang Olahraga, Seni, dan IPTEK baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau yang setara.

Untuk bisa daftar mandiri UGM lewat jalur prestasi PBUB ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dari jalur yang lain. 

Yang membedakan adalah pendaftar seleksi mandiri untuk klaster IPTEK merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2021/2022 (lulus pada 2022). 

Sedangkan pendaftar untuk klaster Olahraga dan Seni merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2021/2022 (lulus pada 2022) dan namun bisa juga lulusan tahun 2021.

Berikut ini adalah daftar perlombaaan dari masing-masing kluster yang bisa digunakan sebagai syarat masuk UGM lewat jalur PBUB:

Daftar Perlombaan yang Diperhitungkan dalam seleksi mandiri BPUB UGM (Arsip Zenius)
Daftar Perlombaan yang Diperhitungkan dalam seleksi mandiri BPUB UGM (Arsip Zenius)

Sedangkan dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat masuk UGM lewat jalur PBUB adalah sebagai berikut: 

  • Siswa wajib melampirkan nilai rapor (semester 1-5 untuk jenjang SMA/MA dan semester 1-7 untuk jenjang SMK).
  • Siswa wajib menyertakan surat rekomendasi dari kepala sekolah tempatnya bersekolah.
  • Siswa wajib menyertakan surat kesanggupan pembiayaan selama berkuliah di UGM.
  • Siswa wajib menulis surat kesanggupan aktif di UKM saat kuliah. 
  • Dan khusus pendaftar klaster Olahraga dan Seni harus membuat portofolio sesuai keahlian masing-masing.

Berdasarkan jadwal seleksi dari website resmi UGM, pendaftaran PBUB  dilakukan secara online dan mulai dibuka pada akhir bulan Maret hingga awal April (tepatnya 31 Maret  – 13 April 2022). 

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi pada 28 April 2022, Tes Keterampilan bagi Pendaftar yang Lulus Seleksi Administrasi (khusus klaster Olahraga dan Seni) pada 12, 13, dan 14 Mei 2022.

Dan pengumuman Hasil Penelusuran Bibit Unggul (PBUB) serempak pada 19 Mei 2022.

Jalur Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUBSMAK) khusus Sarjana Terapan Sekolah Vokasi

Daftar mandiri UGM dari jalur prestasi yang terakhir adalah pendaftaran seleksi jalur PBUBSMAK yang dikhususkan bagi elo yang tertarik berkuliah di jurusan D3 atau D4 UGM. 

Syarat masuk UGM lewat jalur ini adalah siswa/siswi SMA merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh).

Dan bagi SMK 4 (empat) tahun; atau 50% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat).

Sedangkan dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat UM UGM 2022 lewat jalur PBUBSMAK adalah sebagai berikut: 

  • Siswa wajib melampirkan nilai rapor (semester 1-5 untuk jenjang SMA/MA dan semester 1-7 untuk jenjang SMK).
  • Siswa wajib mencantumkan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Mencantumkan Surat Kesanggupan Pembiayaan kuliah.
  • Melampirkan Surat keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi.

Kalo elo tertarik dan sudah memenuhi syarat masuk UGM lewat pendaftaran PBUK, PBUTM, atau PBUB, elo berhak berhak memilih dua (2) Program Studi. Masing-masing satu Program Sarjana (S1) dan/atau satu Program Sarjana Terapan (D4).

Khusus PBUBSMAK dua (2) Program Studi hanya boleh Program Sarjana Terapan (D4) dan/atau Program Vokasi (D3). 

Meskipun UGM secara resmi belum memberikan jadwal dan syarat masuk lewat jalur PBUK, PBUTM maupun PBUSBSMAK untuk tahun 2022. Tetapi menggunakan informasi syarat masuk UGM dari keempat jalur ini sebagai gambaran adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan. 

Karena tidak ada salahnya untuk mencari informasi berbagai jenis jalur masuk UGM dan pelaksanaannya, sehingga elo bisa mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu sebelum pendaftaran resmi dibuka.

Selain UTUL UGM dan jalur prestasi, gue juga punya info mengenai tips supaya bisa masuk lewat jalur mandiri ke universitas top di Indonesia lainnya. Nah buat elo yang mau mempersiapkan diri untuk seleksi PTN nanti, lo bisa klik banner di bawah ini.

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Langsung baca di sini ya:

Persiapan Menghadapi UTUL atau UM UGM

UM UNAIR 2022: Informasi Pendaftaran dan Jadwal Terlengkap

SIMAK UI 2022: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Originally published: April 26, 2021 
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!