gagal utbk sbmptn

Nggak Lolos SNMPTN, SBMPTN, & Ujian Mandiri, What Should I Do?

Hi, Sobat Zenius! Apabila elo tidak lulus SBMPTN, SNMPTN, maupun Ujian Mandiri jangan berkecil hati terlebih dahulu! Gue mau ngasih tahu elo sesuatu yang spesial lewat artikel ini supaya elo makin mantap dalam membuat keputusan.

Nggak kerasa semua pengumuman seleksi masuk universitas di tahun 2022/2023 sudah ada hasilnya, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga UM.

Buat elo yang udah lolos, selamat ya! Semangat menjalani kehidupan baru sebagai mahasiswa.

Nah, bagi Sobat Zenius yang belum lolos, nggak perlu khawatir! Elo masih bisa gap year kok. Gap year juga bukan suatu hal yang memalukan buat diri elo sendiri.

Siapa tahu gap year bisa membantu elo buat menemukan jati diri elo dan mendapatkan pilihan yang terbaik di tahun depan.

Selain itu, mungkin beberapa di antara Sobat Zenius juga merasa salah pilih jurusan di tahun ini dan ingin mengikuti SBMPTN maupun UM di tahun depan.

Kalau memang elo termasuk dalam kedua golongan di atas, gue mau ngasih tahu elo, nih, bahayanya ketika salah memilih jurusan. 

Kemudian, gue juga mau ngasih tips persiapan UTBK ataupun persiapan ujian mandiri jika elo emang udah bertekad buat memutuskan gap year.

Simak selengkapnya di artikel ini sampai habis, ya!

Gua Sebetulnya Keterima Kuliah sih, Tapi…

gagal sbmptn
Ilustrasi orang menentukan pilihan (Dok. Zenius)

Nah, buat elo yang sebetulnya sekarang ini udah keterima di salah satu universitas, tapi mungkin masih ada yang ngeganjel di dalam hati.. Elo wajib pikir-pikir dulu nih sebelum terlambat dan menyesal di kemudian hari. 

Kenapa? Karena sebetulnya kalau elo emang udah keterima di universitas-jurusan yang elo inginkan, nggak akan mungkin lagi ada kata “TAPI” di dalam hati elo. 

Kalau elo diem-diem masih kepikiran tapi, apa sebenarnya gue beneran yakin mau kuliah di sini?berarti emang ada baiknya elo jangan gegabah.

Pikirkan lagi mateng-mateng baik-buruknya, kesempatan dan konsekuensinya – terlepas dari apapun yang akan jadi keputusan elo.

Bahayanya Asal Milih Jurusan Untuk ‘Sekadar’ Kuliah

Biasanya anak kelas 12 SMA/SMK yang baru lulus SMA, mikirnya next step dalam kehidupan itu cuma ada satu opsi doang, yaitu kuliah, entah itu lewat penerimaan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, atau gimana kek yang penting kuliah. 

Kalo nggak diterima di universitas atau jurusan yang sesuai minat, yaudah gapapa keterima di jurusan yang nggak sesuai minat, seenggaknya kan keterima kuliah, jalanin aja.

kalau nggak kuliah ya mau ngapain lagi, masa iya nganggur. Mungkin emang udah takdirnya seperti itu?

Nih ya guys, gue kasih tau aja elo dari sekarang. Selama gue kerja di Zenius, gue ngeliat ada satu kesalahan fatal dari kakak-kakak angkatan elo yang terus-terusan membudaya di setiap angkatan, yaitu maksain kuliah di jurusan yang nggak sesuai sama minat! 

Kalau elo mau tau yah guys, selama gue kerja di Zenius, gue udah nerima ratusan curhatan entah dari sosmed atau ke email pribadi dari kakak-kakak angkatan elo yang ngerasa nyesel maksain kuliah yang bukan jadi minat mereka. 

Kalau nggak percaya silakan elo langsung lihat saja isi curhatan mereka di comment section artikel lama gue yang nulis tentang:

Terlanjur Salah Milih Jurusan, Mending Ngulang atau Terusin aja?

Sobat Zenius bisa lihat di comment section artikel gue itu, ada ratusan siswa yang curhat panjang lebar tentang penderitaan mereka yang harus menjalani perkuliahan dengan penuh keterpaksaan dan rasa tersiksa karena nggak sreg sama kampus maupun jurusannya. 

Sooo… please guys, mumpung masih belum terlanjur seperti mereka. Pikir-pikir dulu deh sebelum elo memutuskan untuk masuk kuliah di universitas atau jurusan yang belum sreg sama hati elo. 

Asal milih jurusan supaya bisa sekedar kuliah itu bahaya banget! Karena konsekuensi yang akan elo dapetin kalau elo maksain diri akan jauh lebih mengerikan lagi ke depannya. 

So please think again, tidak diterima kuliah di mana mana bukan berarti buruk, ya! Lebih baik elo fokus untuk mengejar jurusan yang emang elo minatin daripada mikirnya yang penting kuliah dulu, tetapi malah nggak niat menjalaninya karena jurusannya nggak sesuai.

ortu-png
kompilasi curhat beberapa Zenius user yang salah jurusan karena dipaksa oleh orangtua (Dok. Zenius)

Buat elo yang punya kesulitan meyakinkan orangtua/keluarga kalo elo nggak mau dipaksa kuliah di jurusan pilihan mereka, coba elo luangkan waktu 10 menit untuk baca artikel ini Bagaimana cara yang paling tepat memotivasi seorang pembelajar?

Sebetulnya Gua Pengen Nunda kuliah untuk Ngulang SBMPTN & UM sih, Tapi…

Mungkin beberapa di antara Sobat Zenius ada yang memang sempet kepikiran untuk menunda kuliah dan mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk persiapan UTBK dan Ujian Mandiri tahun depan.

Cuma niat itu masih setengah-setengah dan elo masih perlu mempertimbangkan beberapa hal. 

Okay, emang nggak ada salahnya elo mempertimbangkan memilih opsi yang mana.

Masalahnya, pertimbangan itu ada yang emang bener-bener mateng, ada yang pertimbangannya cetek. Misalnya pertimbangan yang matang itu gini:

“Sebetulnya gua pengen masuk kedokteran UI sih, tapi gagal dan akhirnya masuk kedokteran Unpad. Emang sih gua tadinya pengen bisa masuk UI, tapi setelah gua pikir-pikir kedokteran Unpad juga udah tergolong bagus banget. Rasanya sayang banget kalo gua ngulang setahun cuma buat ngejar FKUI yang persentase keterimanya cuma 1%-3%, belum tentu juga setahun gua bisa nembus FKUI, jangan-jangan gua nanti malah gagal lolos FK Unpad juga. Lagian rasanya gua bisa kok berkarya jadi dokter yang hebat dengan memulai studi gua di Unpad. Gua memilih lanjut kuliah di FK Unpad dan gak nunda kuliah”

Widih, kalau elo mikirnya kayak ilustrasi gue di atas gini sih, gue yakin emang pertimbangan elo udah mateng. 

Terus pertimbangan yang nggak matang itu kayak gimana? Misalnya pertimbangan yang cetek itu kayak gini:

“Sebetulnya gua pengen banget menekuni Teknik Elektro, rasanya emang jiwa gua dari kecil suka ngebengkel dan gemes pengen berkarya dalam dunia teknologi. Tapi gua gagal dan masuk ke pilihan tiga (misalnya) Ilmu Hukum yang sebetulnya bukan minat gua. Tapi daripada gak kuliah, kayaknya gua jalanin aja deh. Rasanya malu aja kalo gua sampai gak kuliah, lagian sayang waktu setahun juga gua bingung mau ngapain. Rasanya males juga belajar lagi buat nempuh UTBK dan Ujian Mandiri tahun depan. Gua coba paksa jalanin aja deh, daripada gak kuliah kan malu. Mungkin emang udah takdir gua bukan jadi engineer tapi jadi pengacara.”

Nah, yang kayak gini ini nih, calon-calon mahasiswa yang mikirnya pendek.

Terus, nantinya uring-uringan pas kuliah karena ngerasa salah jurusan. Biasanya ada aja sih siswa yang ngerasa belajar itu ibarat balapan, kalau teman-teman seangkatan udah pada kuliah, ya berarti gue harus kuliah juga. 

Masalah salah jurusan itu gimana nanti, yang penting kuliah dulu. Ya mungkin memang kalo dari pandangan anak SMA yang selama ini proses belajarnya selalu ngurut dari SD-SMA, rasanya kalo nunda kuliah itu ibarat nggak naik kelas. 

Padahal kalo udah di dunia kuliah apalagi dunia kerja, rugi umur 1-2 tahun itu sangat nggak signifikan dalam proses belajar, karir, pencapaian prestasi, dsb. 

Apalagi kalau elo mengorbankan 1-2 tahun untuk merenung dan atur strategi supaya langkah elo ke depan lebih terarah. Learning is a journey, not a race!

Jadi, sebelum elo ngerasa salah jurusan terus akhirnya sering bolos kuliah, IPK ancur-ancuran, dan malah menghancurkan masa depan elo hanya karena alasan “yang penting kuliah dulu deh” atau “sayang waktu nganggur setahun”, elo sebaiknya sadar dari sekarang bahwa konsekuensi yang elo harus hadapi kalo elo salah jurusan itu jauh bisa jadi lebih fatal. 

Karena biar bagaimanapun juga, dunia perkuliahan itu jauh lebih berat daripada waktu SMA.

Apalagi kalau elo sebagai mahasiswa nggak benar-benar menjalani kuliah dengan segenap kegigihan, serta rasa kecintaan terhadap disiplin ilmu yang sedang elo tekuni. 

Akan ada begitu banyak materi kuliah, tugas kelompok, ujian praktek, ujian tengah semester, ujian akhir semester, laporan praktikum, kerja lapangan, seminar, skripsi, sidang akhir, yang nuntut dedikasi, dan kedisiplinan elo secara konsisten selama kurang lebih 4 tahun. 

Siapkah elo menghadapi semua itu? Apakah elo berpikir kalo misalnya elo asal kuliah dulu terus nanti dengan mudahnya elo bisa coba curi-curi waktu buat belajar UTBK dan Ujian Mandiri sambil jalanin kuliah? 

I don’t think so guys, so please think again, karena kalo elo salah langkah sekarang, elo akan jauh lebih buang-buang waktu, buang-buang uang, energi, dan yang paling penting elo buang-buang kesempatan hidup elo.

Jadi, kalau elo bertanya-tanya, “kalau tidak lulus sbmptn bagaimana”, jangan putus asa terlebih dahulu. Masih ada jalur mandiri yang menanti.

Akan tetapi, kalau emang jalur mandiri juga masih lulus, mending pertimbangkan lagi buat masuk kuliah di tahun ini. Daripada salah jurusan, lebih baik elo mengatur strategi lagi buat persiapan ujian mandiri tahun depan.

Keuntungan Jadi Gap Year

Okay, kalau emang sekarang elo beneran udah mutusin buat nunda kuliah atau gap year dan fokus mempersiapkan diri lebih baik untuk persiapan UTBK dan Ujian Mandiri tahun depan, apa aja nih langkah-langkah yang harus elo lakukan? 

Nah, pertama-tama yang harus Sobat Zenius sadari adalah elo punya keuntungan yang sangat besar dibandingkan para pesaing yang lain. Apa aja sih keuntungan elo?

  1. Elo udah punya pengalaman lebih karena udah ngalamin sendiri UTBK dan Ujian Mandiri. Dari pengalaman ini, elo pasti akan jauh lebih tau taktik belajar yang tepat dan lebih rileks secara mental dibandingkan pesaing elo yang lain.
  2. Elo bisa analisis ulang apa sih sebetulnya hal yang bikin elo gagal masuk kuliah, dan tentunya juga elo bisa punya banyak waktu untuk kembali atur strategi supaya persiapan lebih matang.
  3. Elo punya waktu untuk merenung dan merefleksi diri lagi, sebetulnya bidang apa sih yang bener-bener ingin elo tekuni.
  4. Elo punya waktu untuk memperdalam kualitas diri, dari mulai yang sifatnya akademis sampai hal-hal yang lebih personal.

Nah untuk keempat point di atas, mungkin yang mau sedikit gue bahas di artikel ini adalah poin kedua, tepatnya: Apa sih yang bikin elo gagal masuk kuliah?

Tebakan gue yang pertama adalah karena sebagian besar dari elo terlalu ngandelin jalur SNMPTN. 

Kenapa tebakan gue pertama ke arah situ? Karena dari hasil survey Zenius (responden >1.000 orang). Gue bisa ngeliat behavior dari orang yang gagal keterima SBMPTN itu baru mulai belajar untuk UTBK setelah dapat pengumuman kalau dia nggak lolos SNMPTN.

“Ah tapi gue udah belajar dari jauh-jauh hari, kak. Sampe begadang juga. Tapi tetap ga lolos. Mungkin gue emang bodoh.”

Duh, salah satu kesalahan umum pelajar zaman sekarang adalah belum apa-apa udah menghakimi diri sendiri kayak begitu. 

Karena sebetulnya kalau dari pengalaman gue ngeliat siswa yang gagal UTBK atau SBMPTN dari tahun ke tahun, kebanyakan mereka yang gagal bukan karena nggak pintar, melainkan karena usaha elo selama ini kemungkinan besar kurang tepat sasaran. 

Kurang tepat sasaran itu gimana maksudnya? Nah, gue bakal menjelaskannya di pembahasan berikut.

Tips Menghadapi Persiapan UTBK dan Ujian Mandiri PTN 2023

Jika Sobat Zenius gagal SBMPTN dan Ujian Mandiri di tahun ini, bukan berarti dunia berakhir, ya!

Seperti yang udah gue sebutkan di atas, elo masih bisa memutuskan untuk gap year dan mengatur strategi yang lebih baik lagi di tahun depan!

Nah, kira-kira bagaimana, ya, strateginya?

1. Persiapkan strategi dalam menghadapi medan tempur UTBK

UTBK atau SBMPTN sudah pasti sangat berbeda dengan ujian-ujian sekolah pada umumnya, ya!

Elo perlu mempelajari medan tempur UTBK dengan baik supaya mampu mengatur strategi belajar yang maksimal.

Perbanyak ikut ujian try out untuk mengetahui nilai passing grade elo, belajar dengan serius dari akarnya, hingga sering bertanya kepada para ahlinya jadi strategi belajar yang bisa elo lakukan dari sekarang.

Tenang saja, elo bisa, kok, ikut ujian try out buat persiapan menghadapi UTBK lewat paket Zenius Ultima.

Lewat paket tersebut, elo juga akan dibimbing untuk konsultasi jurusan serta mendapatkan ribuan akses video premium buat belajar persiapan UTBK dan Ujian Mandiri.

2. Jangan menunda belajar, apalagi malas-malasan

Mungkin, sebagian besar dari Sobat Zenius sudah berpikir bahwa intensitas belajarnya sudah pas. Padahal, hal tersebut membuat kita jadi malas-malasan sehingga nggak mau belajar lebih dalam lagi.

Ingat, saingan kita di UTBK dan Ujian Mandiri itu sampai ribuan siswa! Jadi, maksimalkan belajar elo. Jangan sampai menunda apalagi sampai malas-malasan.

Bisa saja siswa-siswa di luar sana sudah memahami materi A-Z, sedangkan elo baru materi A saja. Dengan begitu, ada kemungkinan elo bakal mengalami kebuntuan saat mengerjakan soal UTBK dan Ujian Mandiri.

3. Atur jadwal belajar yang nyaman

Saat tidak lulus SBMPTN di tahun ini, itu artinya elo memutuskan gap year. Nah, salah satu keuntungan dari gap year adalah elo punya waktu yang banyak buat menghadapi ujian masuk PTN di tahun depan.

Atur jadwal belajar elo dengan baik. Misalnya, elo merasa nyaman belajar di pagi hari, maka sisihkan beberapa jam di pagi hari buat belajar materi-materi UTBK dan Ujian Mandiri.

Lakukan hal tersebut secara rutin. Dengan demikian, maka persiapan UTBK elo jadi makin maksimal.

Akan tetapi, perlu diingat, ya! Meski elo punya waktu banyak buat belajar, jangan sampai menunda-nunda belajar!

4. Sering latihan soal ujian masuk PTN

Strategi belajar menghadapi ujian masuk PTN persiapan Ujian Mandiri tidak melulu soal belajar materinya saja.

Sobat Zenius juga perlu melatih otak dengan mengerjakan contoh soal ujian masuk PTN, baik itu UTBK maupun Ujian Mandiri.

Dengan melakukan hal tersebut, maka elo jadi terbiasa dalam menghadapi jenis soal ujian masuk.

5. Buat jadwal bimbingan belajar

Supaya semakin memantapkan diri elo dalam belajar, jangan ragu untuk meminta bimbingan belajar kepada orang lain.

Nah, lewat paket Zenius Ultima, elo akan dibimbing secara langsung untuk persiapan menghadapi UTBK nantinya.

Selain dibimbing, elo juga akan diberikan materi-materi penunjang. Hal ini tentu akan memaksimalkan elo dalam belajar.

Selain tips-tips di atas, Zenius juga punya senjata rahasia buat elo, nih!

Yap, elo bisa baca catatan perjuangan dari Jennyfer Febryna Widjaya yang berhasil lolos SBMPTN FK UI di tahun 2022 setelah mengalami masa gap year di tahun lalu.

Klik link di bawah ini, ya, buat baca cerita lengkap perjuangannya bareng Zenius Ultima!

Cara Lulus SBMPTN FK UI ala Jennyfer Febryna Widjaya

Paket Zenius Ultima Bantu Sobat Zenius buat Lolos Ujian Masuk PTN 2023

Pada dasarnya, paket Zenius Ultima membantu elo untuk belajar lebih efektif lagi dalam menghadapi ujian masuk PTN 2023.

Sudah banyak sekali alumni-alumni Zenius yang sangat terbantu dengan adanya paket yang satu ini.

Jadi, buat elo yang ragu untuk segera berlangganan paket ini, elo bisa lihat terlebih dahulu kesaksian dari para alumni lewat link di bawah ini, ya:

Nah, demikian artikel dari gue tentang tips persiapan UTBK dan Ujian Mandiri PTN tahun 2023.

Buat elo yang saat ini sedang menghadapi masa gap year, jangan buang waktu elo sia-sia, ya!

Gali potensi diri elo lebih dalam lagi dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. 

Elo bisa langsung belajar dari sekarang dengan berlangganan paket Zenius Ultima! Seperti yang udah gue bilang, paket ini akan membantu elo untuk belajar lebih efektif lagi.

Di sisi lain, paket ini juga akan memberikan elo konsultasi jurusan impian sehingga elo bisa menentukan pilihan dengan matang ke depannya.

Yuk, berlangganan dari sekarang!

Nggak Lolos SNMPTN, SBMPTN, & Ujian Mandiri, What Should I Do? 9
Bagikan Artikel Ini!