Kupas Tuntas Fakultas Teknik UGM

Artikel ini membahas lengkap tentang Fakultas Teknik di UGM, serta penjelasan singkat dunia perkuliahan UGM.

Hai Zenius fellows, khususnya kelas 12 atau Alumni, sekarang pasti makin kotar-katir ya menghadapi tes masuk PTN. Udah mantep belum dengan pilihan jurusan dan universitasnya? Untuk ngebantu lu nimbang-nimbang mau masuk universitas mana, sebelumnya Zenius Blog udah sempat mengulas dunia perkuliahan di Universitas Indonesia dan kampus ITB. Nah, gue jadi tertarik buat mengulas perkuliahan di kampus gue dulu, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM).

Perkenalan dulu deh ya. Nama gue Peter Lunando, dipanggil Peter. Gue merupakan lulusan Teknik Elektro, UGM. Sekarang gue aktif di Zenius sebagai Zenius Club Tutor. Kalo lo biasa nongkrong di Zenius Club, mungkin lo udah sering liat gue jawabin pertanyaan di forum Fisika dan Matematika.

Oke, sedikit pengantar dulu ya tentang UGM. Mungkin udah pada tau, UGM merupakan universitas yang berlokasi di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar. Sehebat apa sih UGM sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia? Ya bisa dilihat dari lulusan-lulusan UGM yang hebat. Siapa aja? Presiden RI sekarang, Jokowi, adalah alumni Fakultas Kehutanan. Anies Baswedan (Gubernur Jakarta sekarang) dan Boediono (mantan wakil presiden kemarin) itu alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Tau Sultan Yogyakarta yang sekarang? Beliau juga alumni UGM. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga alumni UGM. Menteri juga udah banyak banget yang almamaternya UGM.

Gimana dengan peringkat universitas? UGM bersama UI dan ITB suka ganti-gantian jadi universitas peringkat satu nasional.

alumni ugm
Jokowi muda, aktif jadi anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Silvagama Fakultas Kehutanan UGM. Anies Baswedan muda, jadi Ketua Senat Mahasiswa UGM 92/93

 

Apa sih yang Unik dari UGM?

UGM itu terkenal dengan sebutan kampus kerakyatan. Kok bisa?

Alasan pertama itu karena keberagamannya. Di UGM, lu bisa nemuin mahasiswa yang asalnya dari Sabang sampai Merauke. Tiap angkatan pasti ada anak yang dateng jauh-jauh dari ujung Indonesia buat menuntut ilmu di UGM. Selain mahasiswanya beragam, fakultas dan jurusannya banyak banget. Gue udah kuliah hampir 4 tahun aja belum bisa nyebutin langsung seluruh fakultas dan jurusan di UGM.

Alasan kedua itu karena jas almamaternya. Pernah liat almamater dari UI, ITB, ITS, dan lainnya? Mentereng dan keren banget kan, apa lagi UI (yellow jacket cuy). Tapi kalo UGM warnanya aneh sendiri. Konon katanya warna almamater UGM itu adalah warna karung goni (coklat-coklat butek gitu). Terus modelnya juga itu-itu melulu, kaya jas biasa, ngga modis banget.  Kenapa sih warnanya kaya gitu? Konon katanya, warna karung goni mencerminkan perjuangan rakyat Indonesia, yang dulu saat dijajah Jepang rakyat Indonesia hanya mampu membuat pakaian dari karung goni. Jadi, mahasiswa-mahasiswa UGM itu akan selalu ingat dengan perjuangan Indonesia.

karung goni

 

Sejarah UGM

Tau ngga kalau UGM itu merupakan universitas pertama di Indonesia? Awalnya sebelum menjadi Universitas, UGM terdiri dari beberapa perguruan tinggi yang pada akhirnya tanggal 19 Desember 1949 ditetapkan menjadi Universitas. Awalnya, fakultasnya baru ada 6, meliputi Teknik, Kedokteran, Pertanian, Kedokteran Hewan, Hukum, sama Sastra dan Filsafat. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Rektor pertamanya adalah Prof. Dr. M. Sardjito, yang namanya menjadi nama rumah sakit di Yogya. Luas wilayah UGM mencapai  183,36 hektar.

Peta UGM

Visi:

Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi:

Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Fakultas dan Jurusan di UGM

Buat fakultas dan jurusannya, gue batesin untuk program sarjana aja ya. Kalo mau tau yang lain-lainnya cek di sini aja um.ugm.ac.id. Total fakultasnya sekarang udah ada 18. Jurusannya kalo gue ga salah itung itu ada 67. Ini listnya:

  • Fakultas Biologi
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis
    • Jurusan Ilmu Ekonomi
    • Jurusan Manajemen
    • Jurusan Akuntansi
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Geografi
    • Jurusan Geografi dan Ilmu Lingkungan
    • Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh
    • Jurusan Pembangunan Wilayah
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
    • Jurusan Pariwisata
    • Jurusan Antropologi
    • Jurusan Arkeologi
    • Jurusan Sastra Asia Barat
    • Jurusan Ilmu Sejarah
    • Jurusan Sastra Indonesia
    • Jurusan Sastra Inggris
    • Jurusan Sastra Jepang
    • Jurusan Bahasa Korea
    • Jurusan Sastra Nusantara
    • Jurusan Sastra Prancis
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Jurusan Politik dan Pemerintahan (sebelum tahun 2010 bernama Jurusan Ilmu Pemerintahan)
    • Jurusan Hubungan Internasional
    • Jurusan Manajemen & Kebijakan Publik (sebelum tahun 2010 bernama Jurusan Ilmu Administrasi Negara)
    • Jurusan Komunikasi
    • Jurusan Sosiologi
    • Jurusan Pembangunan Sosial & Kesejahteraan (sebelum tahun 2010 bernama Jurusan Sosiatri)
  • Fakultas Kedokteran
    • Jurusan Pendidikan Dokter
    • Jurusan Ilmu Keperawatan
    • Jurusan Gizi Kesehatan
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kehutanan
    • Jurusan Manajemen Hutan
    • Jurusan Budidaya Hutan
    • Jurusan Teknologi Hasil Hutan
    • Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan
  • Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
    • Jurusan Fisika
    • Jurusan Kimia
    • Jurusan Matematika
    • Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika
  • Fakultas Pertanian
    • Jurusan Budidaya Pertanian
    • Jurusan Perlindungan Tanaman
    • Jurusan Tanah
    • Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
    • Jurusan Mikrobiologi Pertanian
    • Jurusan Perikanan
  • Fakultas Peternakan
    • Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak
    • Jurusan Produksi Ternak
    • Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan
    • Jurusan Teknologi Hasil Ternak
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Teknik
    • Jurusan Arsitektur
    • Jurusan Teknik Fisika
    • Jurusan Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    • Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
    • Jurusan Teknik Geologi
    • Jurusan Teknik Mesin
    • Jurusan Teknik Nuklir
    • Jurusan Teknik Industri
    • Jurusan Teknik Kimia
    • Jurusan Teknik Sipil
  • Fakultas Teknologi Pertanian
    • Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian
    • Jurusan Teknik Pertanian
    • Jurusan Teknologi Industri Pertanian

 

Lebih dalam tentang Fakultas Teknik UGM

Karena fakultas dan jurusannya banyak banget, kali ini gue mau ngebahas tentang Fakultas Teknik aja ya berhubung gue dulu emang kuliah bernaung di bawah FT UGM. Teknik UGM itu fakultas yang menerima paling banyak mahasiswa baru per angkatannya loh, bisa mencapai 1500 mahasiswa per tahunnya. Macam-macem jurusannya tinggal liat diatas ya. Kalu masuk ke kampus teknik yang pertama kali keliatan pasti tugu teknik yang bentuknya kubus.

tugu teknik

 

1. Jurusan Arsitektur dan Perencanaan

Arsitektur adlaah jurusan yang paling “nyeni” atau artistik di teknik. Liat aja di kampusnya, ada taman yang bagus dan rapi. Biasanya, di teknik terkenal kalau cewenya sedikit, kalo jurusan Arsitektur, cewenya banyak kok, tenang aja. Sesuai namanya, jurusan Arsiteksur dan Perencanaan memiliki 2 program studinya, yaitu Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota (PWK). Kalo arsitektur tau dong, kerjaannya merancang bangunan, gedung, dan sebagainya. Kalo PWK lingkupnya lebih luas, seperti merancang real-estate, kota, atau wilayah (memperhitungkan letak atau lokasi dengan memperhatikan aspek kependudukan dan sosial-ekonomi juga).

http://archiplan.ugm.ac.id/

arsi ugm

 

2. Jurusan Teknik Kimia

Nah, ini jurusan yang sering kali dibingungin antara Kimia Murni dan Teknik Kimia. Mudahnya gini, Kimia Murni fokusnya menemukan sesuatu yang baru (discover), seperti mencari material baru atau pemrosesan yang baru. Sedang untuk Teknik Kimia, fokusnya adalah memanfaatkan material baru tersebut atau mengefisienkan pemrosesan sesuatu. Jurusan ini merupakan jurusan teknik di UGM yang pertama kali menerima akreditasi international dari Institution of Chemical Engineering (IChemE), lembaga akreditasi untuk teknik kimia yang pusatnya di London.

http://chemeng.ugm.ac.id/

 

3. Jurusan Teknik Fisika dan Nuklir

fisika ugmTeknik Fisika dan Teknik Nuklir bertempat di gedung yang sama, walau jurusannya berbeda. Teknik Fisika itu cabang ilmu yang menjembatani fisika murni dan teknik. Kalo fisika murni, lu bakal lebih banyak belajar konsep, kalo Teknik fisika lo bakal fokus ke bagian fisika yang lebih aplikatif. Kalau di UGM, Teknik Fisika bakal belajar banyak tentang kontrol, sensor, dan otomasi. Buat Teknik Nuklir jelas dong bakal belajar apa aja. Intinya tentang reaksi nuklir dan radiasi. Di Indonesia, pendidikan teknik nuklir di tingkat sarjana hanya ada di UGM loh. Isu-isunya di dekat kampus Teknik Fisika dan Nuklir ada hewan mutan hehehe…

http://tf.ugm.ac.id/

 

4. Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI)

Jurusan ini terdiri dari dua prodi, yaitu Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Untuk sekarang, JTETI sedang kebingungan karena jumlah mahasiswa dan karyawan yang tinggi tidak didukung dengan fasilitas gedung yang memadai. Jadi, saat ini beberapa kelas masih numpang dengan gedung MM UGM (Magister Manejemen). Tapi hal ini enggak membuat mahasiswanya putus asa, tetap banyak prestasi-prestasi yang diperoleh, dari lomba PLC (programmable logic controller), robot, dan IT. Untuk prodi Elektro terbagi atas dua konsentrasi yang dipilih saat semester 4, yaitu Arus Kuat dan Arus Lemah. Arus Kuat lebih fokus ke transmisi dan distribusi listrik. Untuk Arus Lemah, nanti terbagi lagi menjadi elektronika, kontrol, telekomunikasi dan pengolahan isyarat. Kalo untuk teknologi informasinya konsentrasinya ditentukan dengan mata kuliah pilihan yang diambil.

http://te.ugm.ac.id/

 

5. Jurusan Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi didirikan pada Agustus 1959 yang merupakan gabungan antara geodesi dan geologi. Mahasiswa Teknik Geologi akan fokus mempelajari bumi, mulai dari berbagai jenis batuan di bumi, lipatan bumi, hingga fosil untuk menentukan suatu wilayah itu dulunya mengandung potensi sumber daya alam apa aja. Makanya Teknik Geologi lekat banget sama minyak dan pertambangan sehingga prospek kerja dari jurusan ini bergengsi tinggi. Teknik Geologi UGM akan terbagi atas tiga konsentrasi, yaitu Geologi Sumberdaya Mineral, Geologi Sumberdaya Energi, dan Geologi Lingkungan. Teknik Geologi isinya anak lapangan semua nih, ya gimana mau mempelajari bumi kalo ngga liat langsung. Banyak nih anak geologi yang pas masuk gendut, setelah kuliah beberapa tahun jadi kurus hehehe..

http://geologi.ugm.ac.id/

 

6. Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI)

arjunaJurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri adalah dua program studi yang beda banget orang-orangnya, tapi satu gedung. Yang satu (Teknik Mesin) isinya cowo semua, yang satu lagi (Teknik Industri) julukannya “jurusan IPA tapi lebih banyak mata kuliah IPS”. Walaupun begitu, keduanya erat banget dengan urusan perbengkelan otomotif. Teknik Mesin jauh lebih dalam mendalami konsep matematika dan fisika yang kaitannya dengan permesinan. Di sisi lain, Teknik Industri banyak matkul berbau entrepreneur. Anak industri tidak hanya diajarkan sisi teknis, tapi juga bagaimana bisa membuat segala sesuatu dengan lebih efisien, baik dari segi sistem, biaya, waktu, dsb, sehingga bisa memberi keuntungan lebih dan menekan biaya yang dibutuhkan. Nah, kedua jurusan ini sering berkolaborasi yang terkenal menghasilkan mobil-mobil yang sering menang lomba. Tiga yang terkenal adalah Arjuna, Bimasakti, dan Semar. Arjuna (yang ada di gambar) sering mengikuti lomba yang berhubungan dengan mobil listrik, Bimasakti bermain di kecepatan dan endurance, sedangkan Semar berprestasi dalam efisiensi bahan bakar. Jadi kalau elu mau berkontribusi dalam salah satu tiga tim tersebut, jangan ragu-ragu masuk JTMI :).

http://pstm.ft.ugm.ac.id/ dan http://psti.ft.ugm.ac.id/

 

7. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil paling keliatan sibuk kalo elu ke kampus Teknik. Nemuin anak-anak sipil gampang banget, di selasar teknik pasti ada anak sipil yang lagi sibuk gambar-gambar atau ngukur-ngukur. Mereka ke mana-mana pasti bawa tabung gambar. Kalau anak arsitektur kerjaannya nge-desain gedung, anak sipil kerjaannya lebih ke perencanaan pembangunannya, seperti bahan apa yang dibutuhkan, harganya, cara konstruksi, dan sebagainya. Di Fakultas Teknik UGM, ada kantin pusat yang letaknya di tengah-tengah FT tapi setiap jurusan biasanya memiliki kantin juga. Nah, kantin sipil merupakan kantin yang paling bagus diantara kantin-kantin jurusan lainnya, jadi nutrisi anak-anak sipil terjaga nih :p.

http://tsipil.ugm.ac.id/

teknik sipil ugm

 

8. Jurusan Teknik Geodesi

geodesiDulu, Teknik Geodesi merupakan bagian dari prodi Teknik Geologi. Lalu, pada tahun 1962 cerai menjadi dua jurusan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0214/U/1979. Anak-anak Geodesi juga gampang nih ditemuin di teknik, sama seperti anak sipil. Kerjaannya buat pemetaan bumi. Kalo elu masuk ke FT UGM, hati-hati deh di sekitar jalanan banyak anak geodesi dengan theodolite-nya. Theodolite adalah alat yang digunakan untuk mengukur sudut pada bidang horisontal dan bidang vertikal yang nantinya data-datanya digunakan untuk pembuatan peta. Jadi, anak geodesi ngga mungkin deh lepas sama peta-peta bumi.

 

KKN di UGM

Ok terakhir nih, salah satu yang menarik dari kuliah di Jogja, khususnya UGM, adalah adanya KKN atau Kuliah Kerja Nyata. KKN itu gampangnya begini, kita sebagai mahasiswa Indonesia, rasanya bakal lebih keren kalo bisa terjun ke desa-desa sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat. Nah, KKN memberi kesempatan pada para mahasiswa untuk menerapkan ilmu-ilmu yang udah dipelajari pas kuliah. Sekitar 30 mahasiswa dari berbagai macam fakultas dan jurusan membentuk sebuah kelompok. Dengan bantuan dosen pembimbing lapangan dan UGM, mereka memilih satu tempat untuk berkarya. Pemilihan tempatnya bisa dipilihkan oleh kampus, atau miliih sendiri. Ada loh yang KKN sampai ke Papua. KKN kemarin, gue mengunjungi desa Kulur, kecamatan Temon, Kulon Progo, DIY. Selama KKN, gue dan teman-teman membantu pembangunan jembatan dan penerangan jalan di desa tersebut.

kknugm

****

Oke, itu tadi cerita gue tentang UGM. Semoga dengan ulasan gue barusan, lu makin semangat buat kuliah di UGM, khususnya di Fakultas Tekniknya, dan merasakan suasana kerakyatan di kota pelajar. Sebagai penutup, gue mau kasih liat video dokumentasi kegiatan PPSMB PALAPA UGM, yaitu rangkaian kegiatan ospek yang bakal lu ikutin kalo jebol masuk jadi mahasiswa baru UGM. Semangat yah 🙂

 

Referensi
sumber gambar
jokowi: http://kabar24.bisnis.com/read/20131026/77/183059/jokowi-ternyata-jago-naik-gunung-saat-kuliah-di-kehutanan-ugm
anies: https://twitter.com/bemkmugm/status/501564689260617728
peta kampus: http://www.ugm.ac.id/id/tentang-ugm/1494-peta.kampus
tugu teknik: http://www.panoramio.com/user/1282774/tags/UGM
arsi: https://asanggiasari.wordpress.com/tag/postaweek2011/
fisika: https://nukers2002.wordpress.com/2007/12/17/sejarah-teknik-nuklir-ugm/
arjuna: http://pstm.ft.ugm.ac.id/update/Arjuna.html
sipil: https://sipilugm.wordpress.com/gallery/
geodesi: http://madengurah.blogspot.com/2014/03/mengenai-teknik-geodesi-dan-geomatika.html

 

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau nanya lebih lanjut sama Peter tentang dunia perkuliahan UGM, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.