Panduan Belajar SBMPTN Sejarah

Panduan Belajar SBMPTN Sejarah

Halo rekan-rekan muda nan imut-imut sekalian! Gimana suasana hati? Beres? Makin deg-degan ga enam bulan menjelang SBMPTN? Yaah.. Berbahagialah jika elo-elo semua makin deg-degan, karena deg-degan itu pertanda elo niat banget jadi anak kuliahan di tempat yang elo suka. Nah, pada kesempatan kali ini gua mau berbagi tips untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, khususnya pelajaran Sejarah.

Okay, sekarang kalo gua tanya biasanya apa sih kendala utama dalam persiapan belajar SBMPTN Sejarah?

"Gue bingung dah mulai dari mana belajarnya. Timeline sejarah itu kan panjang bingit. Beneran harus gue jajalin semua satu per satu semua bab? Emang sempet gitu?"

Yep, tepat sekali. Buang deh jauh-jauh pemikiran kalo lo bakal bisa jawab semua soal sejarah dengan lancar dan benar. Hehehe.. Ini bukannya sok-sokan nganggep sejarah susah atau mau sok-sokan nakut-nakutin elo. Tapi gini, coba deh bayangin: Subjek pelajaran sekolah di SMA kan rentang waktunya bisa nyampe 5000 tahun tuh, bahkan jika ditambah yang prasejarah, bisa ratusan ribu atau malah jutaan tahun! Dari linimasa yang segitu panjangnya, di SBMPTN cuma muncul 15 soal. Apakah lo yakin, bisa jawab dengan lancar 15 soal dengan bahan materi sejarah ribuan tahun?

Dalam hal ini, mungkin target ngerjain 15 nomor bener semua dalam SBMPTN adalah target yang rada gak realistis, tapi bukan berarti lo harus pesimis yah. Justru dengan mengetahui battlefield begini, lo harus bisa nentuin yang namanya PRIORITAS! Naah, melalui tulisan ini gue akan bantuin elo-elo pada buat menyusun prioritas dan fokus dalam belajar Sejarah SBMPTN. Melalui artikel ini, gua akan bantu lo mengenal battlefield Sejarah lebih detil dan ngasih sedikit tips yang membuat lo enak belajar Sejarah.

Persebaran soal-soal SBMPTN Sejarah selama 6 tahun terakhir

Sebelum masuk ke trik-trik canggih cara jawab soal Sejarah, gue pingin ngasi tau informasi tentang persebaran soal-soal Sejarah dari mulai SNMPTN 2011 - SBMPTN 2016. Gunanya apa? Ya itu tadi, biar lo tau lo bisa fokus ke bab mana belajar sejarahnya. Biar lo tau, lo harus mantepinnya di bagian mana. Buat lebih lengkapnya, lo bisa liat diagram di bawah ini:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Orde Baru dan Reformasi23003210
Kerajaan Islam1122028
Politik Etis dan Pergerakan nasional1112218
Hindu-Buddha1111217
Prasejarah2101116
Peradaban Kuno1111116
Organisasi Internasional3110016
Revolusi Kemerdekaan Indonesia1202106
Kependudukan Jepang0021025
PD I dan II0011125
Metode dan Ilmu Sejarah1100114
Nasionalisme di Asia dan Dunia1030004
Hindia Belanda1011003
Renaissance dan Revolutie0101103
Demokrasi Liberal0012003
Perubahan Politik Dunia 1970 - 19990110002
Demokrasi Liberal0000011
Kependudukan Belanda - VOC0100001
Perang Dingin0000101
Demokrasi Terpimpin0000101

Intinya, dari sekian ribu tahun yang gue kemukain di atas, lebih dari 50% soal SBMPTN Sejarah materinya tentang:

Jadi, yaah praktisnya lo bisa fokus mengalokasikan waktu lo untuk mempelajari materi yang gua sebutin di atas. Sementara, sisa waktu belajar bisa lo manfaatin buat ngejar bab-bab lain yang persentasenya di bawah bab utama yang gue bilang barusan. Itulah yang gua maksud dengan yang namanya nentuin PRIORITAS!

Oke, buat lo yang mungkin bingung nyari bahan materi untuk belajar SBMPTN Sejarah, untungnya zenius.net udah menyediakan semua pembahasan topik materi SBMPTN Sejarah, coba deh cek di link berikut ini. untuk Nah sekarang yuk kita coba ambil 1 soal dari SBMPTN Sejarah 2014 kemarin tentang Kemerdekaan. Ayo coba dites pemahaman sejarah lo udah siap belum.

kemerdekaan
Sejarah SBMPTN 2014, soal nomor 10

Gimana? Bisa? Lo bisa lihat pembahasannya di video di bawah ini.

Apakah strategi ini aman? Gue ngga bisa menjamin strategi ini bisa mengamankan nilai Sejarah SBMPTN lo, tapi gue duga sih statistik beberapa taun terakhir ini trennya ngga berubah. Tapiii.. Klo emang lo ngerasa ngga aman belajar kaya gitu, ya bagus berarti. Mempelajari sebuah subjek secara menyeluruh sampe memahami fondasi dasarnya emang penting, ga terkecuali buat belajar Sejarah. Karena efeknya, tentu aja bukan hanya positip buat nilai SBMPTN lo, tapi yakin deh, lo bisa tergila-gila mantengin cerita sejarah. Nah, dari sini, gue akan masuk ngasih lo tips buat ngebantu lo merasa asik mempelajari sejarah.

Mengenai tips belajar sejarah di zenius.net, ada baiknya juga klo lo buka-buka lagi video-video yang untuk SMA dari kelas X sampe XII. Karena mungkin banget ada detil-detil yang beda yang bisa memperkaya pemahaman lo sama materi.

Gimana sih biar bisa belajar sejarah yang enak?

Sebelumnya, gue pernah nulis tentang cara belajar sejarah yang asik di sini. Kemudian, Marcel juga pernah nulis artikel tentang apa sih pentingnya belajar sejarah? Gue saranin lo baca 2 artikel itu dulu karena penting banget buat mengubah mindset lo dalam belajar sejarah, dari yang sinis sampe benci sama pelajaran Sejarah, jadi keasikan sendiri untuk terus ngulik pelajaran.

Nah, selain rekomendasi 2 artikel di atas tadi, berikut adalah beberapa tips supaya lo bisa belajar Sejarah dengan lebih enjoy:

1. Pastiin lo liat foto atau gambar dari orang-orang yang disebutin di materi

Kayak misalnya Sukarno, Sudirman, Van Den Bosch, Raffles, gitu-gitu. Kenapa emangnya? Ya coba deh bayangin kalo bisa ngevisualisasiin adegan ketika tokoh-tokoh itu mencetak sejarah. Bakal lebih gampang ga sih? Lo ngebayangin pas Sukarno lagi ditangkep ke Rengasdengklok rame-rame sama geng pemuda. Lo ngebayangin pas Raffles lagi dapet perintah dari Lord Minto dari India untuk merintah Hindia Timur (Indonesia). Keren kan! Serasa nonton film, tapi ini semua cuma ada di otak lo.

2. Biasakan belajar dengan timeline yang terstruktur

Usahakan lo belajar dengan memahami linimasa atau timeline sejarahnya, jadi lebih gampang kebayang sama lo. Jangan sampai lo bingung mana yang lebih dulu, zaman kerajaan Islam atau Hindu Buddha, zaman kedatangan VOC dengan Kerajaan Islam, Era Pergerakan Nasional dengan Perang Dingin, dll. Dengan lo membuat timeline sejarah yang terstruktur, pemahaman lo tentang runutan sebab-akibat dalam sejarah juga akan jauh lebih kebayang dan semuanya jadi masuk akal.

3. Latihan soal terus menerus.

Saran yang terakhir emang paling standard nih ya. Tapi, emang ngga terelakkan lagi, supaya tau medan pertempuran, lo harus sering latihan soal dan langsung lo evaluasi sendiri hasilnya. Untungnya, di zenius.net udah disediakan semua latihan soal untuk persiapan SBMPTN Sejarah, berikut link-nya di bawah ini:

Selain latihan soal per bab di atas, lo juga bisa lihat pembahasan soal-soal SBMPTN Sejarah dari tahun 1998-2016

****

Singkat kata singkat cerita, begitulah kira-kira tips yang bisa gue kasih ke elo-elo semua nan manis dan imut. Mudah-mudahan bisa mempermudah lo untuk persiapan SBMPTN Sejarahnya. Sukses yeh SBMPTN-nya! HIDUP MAHASISWA!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Faisal tentang persiapan SBMPTN Sejarah, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Buat lo yang mau fokusin belajar SBMPTN Sejarah, berikut ini adalah beberapa link yang hukumnya wajib banget lo intip:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Faisal Aslim adalah kontributor Zenius Bog. Faisal mengambil gelar Pascasarjana di Jurusan Psikologi Klinis - Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Faisal at @ularnegeri

  • makasih, bang! terutama buat data statistiknya, ngebantu banget. 😉

    • Faisal Aslim

      Yoih sama2! Sukses yeh Vin

  • Anonymous

    Bang, nguasain bab sampe "bisa", bisanya sampe gimana? Apakah kalo udah bisa jawab soal-soal latihan udah dianggap bisa? Ataukah harus inget semua aspek yang disebutin di teori?

  • Indra D. Herdiana

    Bang mau sedikit ralat. Soal Sejarah di SBMPTN itu 15 soal, bukan 20. CMIIW.

  • Mufliih Ramadhan

    Assalamualaikum bang prof . KIra2 kalau gue ngejar SBMPTN di waktu minim sekarang ini . Masih bisa nggak ? Mohn solusinya bang .

  • Fawcet Makay Ryuzaki

    Sekarang udah banyak siswa yang mau menghadapi SBMPTN pake Zenius.
    Wew.. Berarti strateginya harus diubah.
    Seberapa hebatnya kita mengatur waktu.
    Seberapa jauh kita menguasai konsep. :3
    Keras, men.

  • Mufliih Ramadhan

    bang prof saya dari kelas ips pengen ngambil jurusan IPA . tetap bisa ?

  • Aries Yuangga

    thanks ya sal tips nya haha

  • Amalia Lestari

    makasih kak atas tipsnya..

  • Vania W

    bang, mau sebaran geografi juga dong. bahan geografinya kurang nih, gw suka hectic kalo ngerjain geo

  • situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungan balik blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,,

  • kunjungi blog saya yach teman2 di http://chaniaj.blogspot.com
    banyak artikel yang bisa anda baca,kunjungi juga situs kami http://www.oliviaclub.com
    poker indonesia, poker terpercaya, situs poker, poker terbesar, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia,
    poker online, turnover poker.
    https://www.facebook.com/oliviaclubpk?ref=hl
    https://www.youtube.com/watch?v=nZeVknRm8fQ&feature=youtu.be ( OLIVIA)

    diharapkan kunjungan baliknya yach,,makacih...

  • Thariq Nabiel

    yang orde lama, revolusi nasional, sama pergerakan nasional itu bab-bab nya yang mana aja sih bang yang ada di teori/konsep soshum sejarah zenius? kalau berkenan tolong kasih detilnya ya bang. Makasih :))

  • nabilah

    ohh berarti yang kita fokuskan untuk persiapan di sbmptn untuk sejarah orba dan orla ?? dan sejarah indonesia??
    karena soal yang sering keluar kebanyakan sejarah indonesia??
    atau gimana?

  • Natalia Wang

    BERGABUNGLAH DENGAN INDOMONOPOLY YANG MERUPAKAN SATU SATUNYA SITUS MONOPOLY DIINDONESIA

    YANG BISA DIUANGKAN KEMBALI BILA ANDA MENANG.SEGERA DAFTARKAN ID ANDA UNTUK UNTUK MENDAPAT

    PROMO FREECHIPS Rp.50.000 SECARA CUMA CUMA.DAN KUNJUNGI WEBSITE KAMI DI

    http://WWW.INDOMONOPOLY.COM.UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI LIVECHAT KAMI YANG BERSEDIA

    MEMBANTU ANDA 24 JAM.

  • Sulaiman

    gue mau nanya di contoh soal yg diatas, alasannya kan Proklamasi Indonesia dibacakan Soekarno dan Muhammad Hatta* setelah blablabla, Pertanyaan gue; emg yg ngebacain tuh Soekarno dan Hatta ya? bukannye Soekarno doang? *gue jadi ngebayangin klo yg ngebacin itu mereka berdua barengan kaya mc-mc acara gitu. Atau gue gagal paham dengan konteks alasan itu atu gmn sih?

    • Mikirnya jangan terlalu literal kayak gitu. Walaupun yang membacakan adalah Sukarno, tapi secara yuridis tertulis, Proklamasi ditetapkan oleh Sukarno & Hatta.

  • Aldy

    Bang, mau nanya kira2 zenius punya pembahasan soal simak ga? khususnya yg kki?

    • ada kok, pembahasan soal simak UI nyelip2 di antara latihan soal SBMPTN

  • Firman

    mau nanya kak, kalo buat SIMAK UI mending belajar langsung soalnya dari zenius, atau dari teori dulu yang ada di zenius juga biar lebih efektif??

    • pahami dulu materi teorinya, baru masuk ke latihan soal

    • pahami dulu materi teorinya, baru masuk ke latihan soal

  • KKDA

    bang! materi zaman logam ko ga ada yaaa

  • Imad

    memang, gue suka yang ngebayangin videonya.....
    kalo susah ngebayangin biasanya gue liat2 fotonya dulu di internet. wakakakak
    btw, kak UNTAET itu didirikan kapan sih? aq liat di wiki kok 1999. padahal divideo 1976.
    mohon penjelasannya, trims... 🙂

  • brils

    Bang, lagi asik2 belajar SBMPTN Sejarah yang bab 20, kok Politik Luar Negeri konfrontasi bagian 2 gak ada ya? Trus yang Percobaan Kudeta G30S itu cuma bab bagian 2 aja, nggak ada bagian 1nya. Materinya jadi loncat loncat gini, bingung

  • Si Git

    makasih buat pencerahannya.. mau nanya kak untuk bab renaissance and revolutie itu klo di zenius di bagian bab apa ya?? makasih.plis dijaawab!!!

  • Si Git

    kak mau nanya untuk materi RENAISSANCE AND REVOLUTIE itu klo di video sbmptn sejarah di bagian BAB apa ya? mohon dijawab!!

  • Yosua Andika

    Bang soal sbmptn sejarah 2016 ITU mode naskah bro ?

  • Yosua Andika

    Bang mau Tanya soal sbmptn sejarah 2016 kode naskah nya brp ya ? BTW makasih statistiknya

  • Yosua Andika

    Bang tolongin gw. Soal soal sbm yg sebab akibat gimana ya konsep gampangnya. Gw udah keren keren bisa jawab pernyataan sama akibatnya, eh tapi malah salah grgr gak tau ITU hubungan sebab akibat bukan. Alhasil gw gak pernah bener jawab soal kaya gitu. Tolong sarannya ya bang. Salam sejarah !

  • Imad

    Bang, 8 jalur pembangunan itu dibuat ketika PELITA 1 atau 3?