Latihan Soal Lengkap untuk UN SMA Fisika

UN SMA tinggal sebentar lagi ya. Untuk Fisika, lo udah siap atau belum? 🙂

Kalau lo ngerasa belum siap, jangan panik, karena panik itu nggak akan nyelesein masalah. Sekarang coba jawab pertanyaan gue dulu: Berapa jam dalam sehari lo belajar materi Fisika? Kalau emang sedikit, berarti nggak heran kan kalau sampai sekarang lo belum siap juga.

un sma fisika 1

Artinya, sekarang lo harus tingkatin alokasi waktu lo untuk belajar Fisika supaya jadi siap. Kalau lo ngerasa udah siap, nah itu bagus. Tapi siap beneran ya. Bukan cuma ngerasa siap, tapi padahal belum. Okay, untuk mastiin apakah lo bener-bener udah siap, saran gue sih, coba ikutin langkah ini deh:

1. Lihat materi-materi yang diujikan di UN Fisika tahun sebelumnya

Udah tau kan kalau UN itu ada kisi-kisinya. Nama kisi-kisi itu SKL (Standar Kompetensi Lulusan). Dan menurut peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 97 Tahun 2013, kisi-kisi UN tahun ini ditetapkan sama dengan kisi-kisi UN 2013. Jadi soal UN 2014 ini nggak akan jauh beda sih dengan soal UN 2013 lalu. Kalau lo mau lihat seberapa siap lo menghadapi UN Fisika 2014, ya coba uji aja dengan soal-soal UN Fisika 2013.

2. Cek, apakah lo udah paham dengan konsepnya?

Kalau lo ngerasa udah paham dengan konsep-konsep yang diujikan di soal-soal itu, yaudah, lo bisa lanjut ke soal-soal berikutnya. Tapi kalau belum, yaudah lo pelajarin lagi aja sampe bener-bener paham sama materinya.

***

Nah, di sini udah gue bikinin daftar apa aja yang harus lo pelajarin. Semua soal-soal di sini gue ambil dari soal-soal yang ada di UN Fisika 2013, dan gue klasifikasikan berdasarkan bab yang perlu lo pelajarin. So… langsung cek aja yah:

1. Besaran, satuan, dan vektor

besar satuan vektor

Yang kiri, itu soal UN Fisika 2013 nomor 1. Yang kanan, soal UN Fisika 2012. Mirip banget nggak sih? Yang ditanya emang nggak pernah jauh-jauh dari itu sih. Paling pastiin aja kalau lo udah ngerti gimana cara mengukur menggunakan jangka sorong dan  mikrometer sekrup. Berikutnya soal tentang vektor:

soal vektor

Dasar teori dari kedua soal di atas ada di besaran, satuan, dan vektor (<- klik link ini untuk nonton teori dan latihan soal besaran, satuan dan vektor). Coba lo tonton deh kalau masih belum ngerti.

 

2. Mekanika

Mekanika itu luas banget yah. Cakupannya mulai dari Kinematika, Dinamika Newton, Usaha dan Energi, sampai Momentum dan Impuls. Di bawah ini gue ambil soal-soal Mekanika yang ada di UN Fisika 2013. Cek aja.

Kinematika

Kinematika

 

 

 

 

 

Dinamika Newton

Dinamika Newton   Dinamika Newton 2

Usaha dan energi

Usaha dan Energi

Impuls

Impuls

Momentum

Momentum

Nah, kalau lo masih ngerasa lemah di situ, berarti lo perlu asah lagi kemampuan mekanika lo. Di zenius.net udah ada sih rangkumannya untuk Mekanika.

 

3. Gerak melingkar

Bagian ini sebenernya masih termasuk Mekanika juga, tapi khusus untuk Gerak Melingkar. Lihat contoh soalnya yah.

Gerak Melingkar

 

 

 

 

 

 

 

Soal di atas itu tentang Gerak Melingkar Beraturan. Tentang hubungan antara kecepatan sudut (anguler), kecepatan linier, dan jari-jari.

Gerak Melingkar beraturan

Nah, kalau yang ini tentang Dinamika Rotasi. Coba aja lo pelajarin tentang Momen Inersia. Gimana kalau bendanya bisa dianggap benda titik, gimana kalau bendanya itu benda tegar (bola pejal/berongga, silinder pejal/berongga, batang),

. Dinamika rotasi

Untuk yang di atas itu tentang Kesetimbangan Benda Tegar. Ini tentang Torsi yang persamaannya  \tau = r \times F . Perhatiin kalau itu persamaan vektor. Gimana kalau dia membentuk sudut 30^{\circ}? Kalau 90^{\circ}? Kalau 0^{\circ}? Dan gimana caranya supaya \Sigma \tau = 0 di sistem di atas?

 

4. Elastisitas pegas

Untuk yang ini, materinya nggak banyak. Tentang Hukum Hooke aja, hubungan antara gaya yang diberikan kepada pegas dan pertambahan panjangnya. Persamaannya  F = k \Delta{x} . Di soal ini, lo tinggal lihat grafiknya aja untuk nentuin grafik mana yang nilai  k -nya paling kecil.

elastisitas pegas

Teori tentang Hukum Hooke bisa lo lihat di video terakhir di link ini.

 

5. Fluida dinamis

Kalau ngomongin fluida dinamis sih, yang paling penting adalah lo ngerti persamaan Bernoulli. Karena semua yang dibahas di Fluida Dinamis itu merupakan turunan dari persamaan Bernoulli tadi. Masih inget gimana persamaannya? Yang gini loh:  P_0 + \rho g h + \frac{1}{2}\rho v^2 = konstan Persamaan itu dipakai di mana-mana. Untuk soal nomor 15 misalnya nih:

fluida dinamis

Dari persamaan Bernoulli tadi, bisa nggak lo turunin jadi  v = \sqrt{2 g \Delta{h}} ? Kalau udah bisa sih, tinggal dikerjain aja yah. Terus untuk soal nomor 14 ini, yang ditanya konsepnya aja sih.

fluida dinamis 2

Bisa? Nah, kalau lo belum ngerti tentang persamaan Bernoulli, coba tonton teorinya di sini.

 

6. Suhu dan kalor

Materi di sini juga nggak banyak sih. Pertama, tentang

Asas Black

suhu dan kalor 1

Pemuaian

suhu dan kalor 2

Dua-duanya ada di Bab Suhu dan Kalor. Pastiin kalau lo udah ngerti konsep muai panjang, mulai luas, dan muai volume. Terus pastiin juga kalau lo udah ngerti asas black (kalor yang dilepas = kalor yang diterima).

 

7. Termodinamika

Dasar dari Termodinamika itu ada di Teori Kinetik Gas. Pastiin kalau lo udah ngerti konsep TKG sebelum masuk ke Termodinamika. Berikutnya, ini ada pertanyaan singkat untuk menguji apakah lo udah ngerti konsep Termodinamika:

  • Gimana persamaan Hukum Termodinamika I? Bisa jelasin nggak persamaan  \Delta{U} = Q - W itu maksudnya gimana?
  • Gimana mencari Usaha Gas dari Grafik P (tekanan) dan V (volume)?
  • Apa itu isobarik, isokhorik, isothermal, dan adiabatik? Bagaimana sifat-sifatnya?
  • Bagaimana prinsip kerja Mesin Carnot?

termodinamika

Kalau lo masih ngerasa belum ngerti konsep-konsep di atas, tonton dulu konsepnya di sini: Termodinamika.

 

8. Gelombang mekanik

Kalau lo perhatiin, soal-soal di atas semuanya diambil dari materi Kelas 10 dan Kelas 11. Di sini kita baru masuk nih ke materi kelas 12. Masih inget nggak di awal-awal masuk kelas 12 lo belajar bab ini di fisika:

gelombang mekanik

Yup. Itu tentang Gelombang Mekanik. Pastiin lo ngerti tentang istilah-istilah ini: Frekuensi dan Periode Gelombang, Amplitudo Gelombang, Cepat Rambat Gelombang, Kecepatan Sudut, dan Panjang Gelombang. Pastiin juga lo bisa menuliskan persamaan gelombang transversal kalau diketahui variabel-variabel itu. Konsepnya bisa lo tonton lagi di sini.

 

9. Gelombang Elektromagnetik

Untuk yang satu ini, pastiin aja kalau lo udah ngerti konsep Frekuensi dan Panjang Gelombang Elektromagnetik. Quick check:

  • Coba lo urutin jenis-jenis GEM dari Frekuensi paling rendah sampai Frekuensi paling tinggi.
  • Apa aja kegunaan dari masing-masing GEM tersebut?
  • Gimana hubungan antara kecepatan, panjang gelombang, dan frekuensi GEM?

Ini contoh soalnya:

Gelombang Elektromagnetik

Kalau lo masih belum bisa jawab pertanyaan-pertanyaan itu, berarti lo harus nonton konsepnya di sini: Gelombang Elektromagnetik.

 

10. Optik

Untuk Optik itu terbagi dua. Yang pertama, Optika Geometri, yaitu tentang cermin, lensa, dan alat-alat optik. Pastiin aja kalau lo udah ngerti tentang cara kerja cermin, lensa, dan alat-alat optik seperti mikroskop, teropong bumi, dan teropong bintang. Coba cek, lo bisa nggak ngerjain soal ini:

Optik Geometri

Kedua, Optika Fisis, contohnya soal tentang Kisi Difraksi berikut ini:

Optik Fisis

 

11. Bunyi

Bab Bunyi ini lo pelajarin di awal-awal kelas 12. Pastin kalau lo ngerti hubungan  v = \lambda f (hubungan antara kecepatan, panjang gelombang, dan frekuensi bunyi), konsep efek dopler, pelayangan bunyi, pipa organa dan dawai, intensitas bunyi, dan taraf intensitas.

Efek Dopler

Efek Dopler

Taraf intensitas

Taraf Intensitas

Kalau lo masih ngerasa belum ngerti, tonton teorinya di sini: Bunyi.

 

12. Listrik dan magnet

Nah, listrik dan magnet ini rada luas. Mulai dari listrik statis, listrik arus searah (DC), kemagnetan, induktansi, kapasitansi, sampai listrik bolak-balik (AC).

Soal nomor 26, 27, dan 28 di UN 2013 ini semuanya tentang

Listrik Statis

Listrik Statis 1

Listrik Statis 2

 

Listrik Dinamis Arus Searah

Listrik Dinamis Searah

Untuk ngerjain soal di atas sih nggak terlalu susah ya karena cuma ada satu loop. Tapi kalau loop-nya lebih dari satu, lo harus bener-bener paham hukum kirchoff.

Energi pada Kapasitor

Energi pada Kapasitor

Magnet

Magnet

Gaya Lorentz

Gaya Lorentz

Nah, semua konsep di atas itu udah ada rangkumannya di Listrik dan Magnet.

GGL imbas dan transormator

GGL

Pembahasan bisa dilihat di video zenius.net tentang GGL imbas dan Transormator (video terakhir)

Arus Bolak-balik (AC)

Arus Bolak-balik AC

Pembahasan bisa dilihat di video zenius.net tentang Arus Bolak-balik (AC)

 

13. Fisika modern

Fisika modern juga lumayan luas. Mulai dari Relativitas Khususnya Einstein, Model Atom, Efek Fotolistrik, Reaksi Fusi/Fisi, sampai Radioisotop. Ini contoh-contohnya:

Efek fotolistrik

Efek Foto Listrik

Model atom

Model Atom

Relativitas khusus

Relativitas Khusus

Reaksi fusi/fisi

Rekasi Fusi

Radioisotop

Radioisotop

Itu semua udah ada rangkumannya di Teori Fisika Modern di zenius.net. Jadi, kalau lo masih ngerasa belum paham di soal-soal itu, mending lo tonton deh teorinya itu.

*  *  *

Nah… beres deh. Berhubung semua soal di atas itu diambil dari UN Fisika 2013, berarti lo bisa lihat semua pembahasan soal itu di  Video Pembahasan Soal UN Fisika 2013. Lo bisa cek hasil jawaban lo di video itu.

Sebagai penutup, gue mau kasih pesan sedikit tentang UN yang bakalan lo hadapin (cieh). Nilai UN yang lo dapet nanti bisa jadi nggak terlalu penting buat lo (seriously). Katanya sih nilai rata-rata UN sekolah memang berpengaruh di kuota Perguruan Tinggi Negeri, tapi nilai pribadi lo kan nggak ngaruh. Lo juga nggak berencana jalan-jalan sambil pamer berapa nilai UN lo kan. Atau berencana deketin calon pacar sambil bilang “Rata-rata nilai UN gue 9 loh!” 🙂

Kalau gitu, ngapain dong gue belajar UN kalau nilai akhirnya nggak penting? Ya, lo belajar bukan buat nilainya. Hasil UN ini mungkin nggak terlalu berpengaruh dalam hidup lo. Tapi proses belajar yang lo laluin dari kemarin-kemarin, sekarang, dan sampai nanti itu akan berpengaruh banget dalam hidup lo. Seperti kata Om Ralph Waldo Emerson

"Learning is a journey not a destination" - Ralph Waldo Emerson

 

[Catatan Editor : Kalo ada yang mau nanya-nanya seputar Fisika ke Wisnu bisa langsung tinggalin aja comment di bawah artikel ini. Pastiin lo dapetin voucher zenius.net buat bisa akses seluruh video materi dan pembahasan soal UN SMA Fisika maupun SBMPTN Fisika tahun-tahun lalu ! ]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • khalishaputeri

    Thanks bgt kak buat semuanya!

  • Dane

    Ini yang ditunggu-tunggu, fisikaaa..... Thankyou kak 🙂

  • Ade Kurnia

    ditunggu segera bagian berikutnya 🙂

  • lisnawati

    akhirnya fisika muncul juga..secepatnya yah ka yang part 2 nya :))

  • adit

    tapi tetetp aja masih takut ni..

  • Guest

    wah mantap nih. kira2 kalo kuasain nih materi berapa persen soal bakalan terjawab? ditunggu part 2 nya secepatnya

  • Guest

    eh sori gk liat kalo yang dibahas no 1-20 jadinya 50% yang kejawab ya