Hindari 5 Kesalahan Penyebab Gagal SNBT 9

Hindari 5 Kesalahan Penyebab Gagal SNBT

Hi, Sobat Zenius! Sudah menyusun strategi SNBT belum? Tahu nggak apa penyebab gagal SNBT? Buat yang belum atau yang lagi melakukan persiapan biar mantep, pantengin tulisan ini ya karena gue mau bahas keuntungan lulus SNBT beserta penyebab gagalnya, nih.

Tapi sebelumnya, ada yang sudah tau apa aja keuntungan lulus SNBT yang bisa elo dapetin? Ternyata banyak, lho. Keuntungan-keuntungan ini wajib kamu inget biar makin semangat dalam melakukan persiapan dan biar gak ada lagi tuh mindset kalau ‘SNBT susah’.

Keuntungan Lulus SNBT

Sobat Zenius, sebelum gue spill penyebab gagal SNBT alangkah lebih baik gue jabarin beberapa keuntungannya dulu kan? Nanti itu gue bicarain di akhir aja. Yuk, lanjut gue mau kasih tau keuntungannya.

Kebanggaan untuk Diri Sendiri

Keuntungan lulus SNBT yang pertama dan utama ialah perasaan bangga atas diri sendiri. Ya, tentunya orang tua, kerabat, guru, teman-teman elo akan turut bangga. Terutama guru elo di sekolah deh, mereka pasti akan merasa berhasil banget nih. 

Eits… Tapi bangga aja ya Sobat Zenius, bukan untuk disombongkan. Lo pasti bangga dengan diri sendiri, diterima melalui jalur nasional. Semua itu karena jerih payah dan kesabaran lo belajar selama ini.

Hemat Biaya

Keuntungan selanjutnya, ialah lebih menghemat biaya pendidikan. Tidak perlu keluar biaya untuk mengikuti berbagai tes saringan masuk secara mandiri, biaya kuliah di PTN juga biasanya lebih terjangkau karena sudah dapat subsidi dari pemerintah. Ini sepertinya masih berkaitan dengan keuntungan pertama, kalau biaya kuliah lo lebih hemat, orang tua pasti bangga karena lo turut membantu meringankan expenses mereka.

Waktu Luang yang Banyak

Karena penyaringan masuk PTN-nya lebih awal dari jalur mandiri tentu saja dapat bikin lo bernapas dengan lega kalau berhasil lolos ke PTN lewat SNBT. Sisa waktu yang lo miliki sebelum mulai kuliah cukup lama nih, sehingga lo masih ada waktu senggang untuk lepas penat sebentar. Bisa pergi liburan, main game, atau lo bisa banget ambil kursus yang selama ini belum sempat kalian lakukan, coba buka ZenPro deh. Hehehe…

Dapat Persiapkan Kuliah Lebih Dini

Lulus SNBT pastinya membuat waktu luang lo lebih lapang. Lo dapat pergunakan waktu ini untuk melengkapi persyaratan dokumen untuk registrasi ulang ke PTN impian lo. Hal lain yang dapat lo lakukan adalah persiapkan keperluan pribadi sebagai calon mahasiswa baru nih. Yang dapat lo persiapkan antara lain: mengakomodasikan keperluan hidup lo jika akan jadi anak rantau, bisa dengan cari kost dekat kampus. Atau buat anggaran biaya untuk ongkos kuliah.

Target Hari Depan Lebih Terarah

Lo akan merasa sedikit lebih lega ketika sudah dinyatakan lulus SNBT. Langkah lo akan lebih ringan menuju cita-cita. Meskipun misalnya lo dapat di jurusan yang bukan menjadi prioritas, tetap aja seenggaknya lo udah berada di posisi yang cukup aman.

Nah gimana caranya untuk menentukan jurusan SNBT? Gue ada nih artikelnya, pada artikel itu ada simulasi untuk menempatkan jurusan, serta Tips Lolos SNBT. Kayanya lo butuh cek deh. Coba klik ini ya!

Penyebab Gagal SNBT

Nah, di atas tadi keuntungan lulus SNBT. Lo masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri, otak, dan juga mental untuk menghadapi pertempuran yang sesungguhnya di bulan Juli nanti. Oke sekarang, gue mau langsung bahas aja, apa sih sebenernya yang jadi penyebab gagal SNBT?

Penyebab Gagal SNBT 1: Terlalu Berharap

Buat yang kelas 12 dan alumni tentunya SNBT udah ga relevan. Tapi buat yang duduk di kelas 10 dan 11, lo jadi tahu lebih dulu kalau lo ga boleh terlalu mengharapkan lolos PTN lewat SNBT. Terlalu berharap ke SNMPTN bisa bikin lo jadi kendor belajarnya. Apalagi kalau nilai rapor lo bagus pakai banget.

Jadi, buat yang masih duduk di kelas 10 dan 11, camkan baik-baik ke diri lo buat ga terlalu berharap ke SNBT. Meski ga terlalu berharap, bukan berarti lo bisa belajar asal-asalan. Justru lo masih punya waktu buat bagusin nilai rapor lo buat modal SNBT nanti. Tetap mencoba meski engga berharap gitu.

Dalam waktu 3 bulan setelah terlalu berharap pada SNBP, pikiran selanjutnya ialah lolos SNBT atau gak? Mungkin bisa jadi adalah masalah terbesar dan paling berat yang harus lo hadepin dalam hidup lo, mikirin keuntungan lulus sbmptn yang akan lo dapatkan. Mungkin juga hal ini bahkan udah terus menghantui pikiran lo dari awal tahun ajaran. 

Oke first of all, sebenernya stress itu bagus-bagus aja kalo lo jadiin stress itu pemicu supaya bisa menyelesaikan masalah. Yang bahaya itu kalo sampe lo larut dalam stress tapi nggak mulai bertindak strategis buat menghadapinya. 

Nah sekarang, kunci dari nyelesain masalah apapun yang pertama adalah identifikasi dulu masalahnya. Sekarang gue coba tanya deh.. sejauh mana sih lo udah explore dan mengenal masalah yang yang akan lo hadepin buat nembus SNBT? Sekarang, coba jawab jujur empat pertanyaan gue ini ke diri lo sendiri aja:

  1. Sejauh ini seberapa besar lo tau tentang tingkat kesulitan soal-soal SNBT?
  2. Sejauh mana lo tau kondisi persaingan yang akan lo hadepin buat bisa tembus di PTN atau jurusan yang lo inginkan?
  3. Sejauh mana lo tau seberapa banyak bahan/materi yang perlu lo pelajari sampe lo bener-bener siap tempur buat SNBT?
  4. Seberapa banyak waktu yang tersisa dan sejauh mana rencana lo untuk mengisi waktu itu buat belajar?

Kalo ada di antara lo yang masih bingung buat ngejawab 4 pertanyaan gue di atas, berarti lo layak buat mulai khawatir karena lo sampe sekarang belum bener-bener tau kondisi battlefield yang akan dihadepin. Oke, buat lo yang belum terlalu paham battlefield yang akan dihadepin, gue bantu buat kupas satu per satu.

Penyebab Gagal SNBT 2: SNBT Susah

“Sejauh Mana Tingkat Kesulitan Soal SNBT?”

Oke, gue nggak akan berpanjang-panjang di sini. Penyebab gagal SNBT selanjutnya adalah anggapan kalo SNBT susah! Jadi, gue langsung aja kasih bocoran kalo tingkat kesulitan soal SNBT itu cenderung jauh lebih sulit daripada apa yang akan lo hadepin di ujiannsekolah. 

Kok bisa lebih sulit? Sebelum ngejawab pertanyaan itu, lo harus paham dulu kalo ujian sekolah dan SNBT sangat berbeda. Ujian sekolah digunakan untuk menguji dan mengevaluasi, yang tujuannya adalah mengevaluasi sejauh mana lo menguasai materi pelajaran SMA sehingga layak lulus dari jenjang pendidikan SMA. Sedangkan SNBT adalah ujian seleksi, yang tugasnya adalah menyeleksi calon mahasiswa mana yang layak buat berkuliah di perguruan tinggi tersebut. 

Nah dari sini, jelas banget kalo universitas berkepentingan untuk menyaring calon mahasiswa dari sekian puluh ribu peminat menjadi hanya beberapa ratus orang yang diterima di jurusan universitas yang bersangkutan. Ribuan peminat Sobat Zenius, itu jumlah pesaing lo.

Penyebab Gagal SNBT 3: Gak Tau Kondisi Persaingan Jurusan

“Sejauh Mana Lo Tau Tentang Kondisi Persaingan yang Akan Lo Hadapi?”

Oke, setelah lo memahami bahwa kualitas soal SNBT ini cenderung lebih sulit daripada UN dulu, apalagi soal ulangan harian karena memang tujuannya untuk menyaring calon mahasiswa yang layak buat masuk PTN – artinya lo akan dihadapkan pada kondisi persaingan yang cukup ketat dengan seluruh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. 

Nah, sekarang pertanyaannya – sejauh mana kondisi persaingannya? Jawabannya tergantung dua hal. Pertama jurusan apa dulu nih yang lo pilih? Peminat setiap jurusan di universitas kan beragam, artinya persentase lo buat masuk juga beda. Kedua, adalah seberapa siap lo buat bersaing dengan calon mahasiswa lain. Gue kasih beberapa contoh aja yah kondisi persaingan SNBT berdasarkan informasi dari penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia.

penyebab gagal SBMPTN
penyebab gagal SBMPTN

Nah, sekarang kebayang kan gimana ketatnya buat tembus SNBT. Buat yang penasaran sama kondisi persaingan buat masuk UI, lo bisa cek website resmi UI, di situ ada pemetaan lengkap kondisi persaingan seluruh jalur masuk pada setiap jurusan di Universitas Indonesia.

Gue saranin banget lo juga coba explore pemetaan persaingan di PTN lain yang lo minati. Nggak susah kok kalo lo coba niat nyari dengan google. Dengan lo tau kondisi persaingan yang sebenernya, lo bisa lebih bijak buat menentukan pemilihan jurusan yang sesuai dengan kesiapan lo. 

Tapi ini bukan berarti gue ngajarin lo buat masuk jurusan non-favorit yah.. Biar gimana, lo tetep harus nyoba ke jurusan yang emang bener jadi minat lo buat belajar di sana, terlepas itu jurusan favorit atau bukan.

Penyebab Gagal SNBT 4: Gak Paham Materi UTBK

“Seberapa Banyak Bahan/Materi yang Perlu Lo Pelajari Sampe Lo Bener-Bener Siap Tempur Buat UTBK?”

Akibat adanya pendemi COVID-19, panitia UTBK (LTMPT) melakukan perubahan nih dalam pelaksanaan UTBK. Selain tanggalnya diundur jadi pertengahan Mei, materi yang diujikan pun mengalami perubahan. Jika di tahun-tahun sebelumnya lo bakal nemuin TPS (dulu disebut TPA) dan TPA (mata pelajaran jurusan), tahun ini yang diujikan ‘cuma’ TPS. Jadwalnya pastinya memang belum dirilis. Tapi tenang aja Sobat Zenius, gue akan selalu update ke lo.

Seriously, banyak peserta UTBK yang mungkin masih ngeremehin materi TPS alias belajarnya cuma setengah-setengah (bahkan ada juga yang gak belajar sama sekali), terus akhirnya nyesel karena point mereka justru ancur berantakan di materi yang harusnya bisa jadi ‘lumbung nilai’. Selama menunggu jadwal diperbarui, lo bisa latihan soal dulu di Zenius.

Masalahnya, banyak peserta UTBK yang ngeremehin TPS & jarang latihan soal/try out. Akibatnya waktu ujian hari-H: banyak kena jebakan soal, gak teliti baca soal, gak taktis waktu jawab soal, kelamaan ngulik soal tanpa nyadar kalo waktu yang dikasih dikit banget, banyak soal yang gampang tapi gak kesentuh karena udah waktunya keburu udah selesai, dsb. 

Okay, intinya sih jangan sampai lo kepeleset di materi yang harusnya bisa jadi kesempatan bagus buat lo untuk mendulang point sebanyak-banyaknya. Sekarang belajar bahan TPS dari mana? Tenang, kita udah sediain komplit bahan belajar buat lo semuanya, tinggal tengok aja link di bawah ini:

Nah, di setiap text di atas, sengaja gue kasih link ke video di zenius.net yang bahas tentang materi setiap mata pelajaran. Di situ lo cobain aja explore sendiri kira-kira sebanyak apa sih video yang perlu lo tonton buat siap secara konsep dan teori (belum lagi sama latihan soal lho..). Oke, hal berikutnya yang perlu lo perhatiin adalah waktu yang tersisa.

Penyebab Gagal SNBT 5: Gak Belajar dari Jauh Hari

“Seberapa Banyak Waktu Yang Tersisa & Sejauh Mana Rencana Lo Untuk Mengisi Waktu Itu Buat Belajar?”

Oke, setelah gue bahas tentang seberapa banyak bahan materi yang perlu lo pelajari,  pertama-tama sebelum lo mulai belajar, lo harus sadari dulu seberapa banyak waktu yang lo punya buat ngejar bahan materi SBMPTN. Agar lo dapat semua keuntungan lulus SBMPTN.

Emang UTBK tahun ini masih lama banget terutama setelah diundur sama panitia, tapi lo harus sadar juga – seberapa banyak bahan yang perlu lo pelajari seperti yang gue bahas di atas. Lo pikir bahan buat belajar UTBK dengan bahan sebanyak itu dan persaingan seketat itu bisa lo kejar apa dalam waktu 3-4 bulan doank?

Nah sekarang nih, buat lo semua yang baca tulisan ini dan buat lo yang masih punya kesulitan buat manfaatin waktu dengan efektif, coba lo baca juga tulisan gue sebelumnya tentang gimana cara manfaatin waktu secara optimal.

***

Sedikit tips dari gue aja, SNBT susah? Enggak kalau lo udah berusaha berjuang. Tapi khusus buat lo yang ambis buat bisa bersaing masuk universitas impian lo, ada back up plan, yaitu: UTBK, SIMAK UI, UTUL UGM, dan Ujian Mandiri lainnya… gue saranin manfaatin waktu yang panjang ini buat mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Yup, serius deh.. Gue bener-bener saranin supaya lo manfaatin keadaan saat ini buat mempersiapkan diri ngadepin UTBK. Lo punya kelebihan yang ga dipunyai sama senior-senior lo terdahulu. Di tahun-tahun sebelumnya, biasanya lo bakal cuma punya waktu sekitar 2 atau 3 minggu buat persiapan UTBK setelah beres UN. Tahun ini beda. 

Lo ga ketemu UN dan punya waktu banyak banget buat nyiapin diri. Terlebih lagi materi tahun ini yang diujikan TPS tanpa TPA. Lo jadi bisa lebih fokus sama satu materi itu aja. Ya sesekali santai bolehlah tapi jangan sampai jadi lengah yaa.

So, kalau gagal di sini, sedih sebentar, segera bangkit, belajar lagi, ikutin semua Ujian Mandiri. Semangat Sobat Zenius, gue yakin lo bisa!

Bagikan Artikel Ini!