Apa Sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?

Apa Sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?

Nggak kerasa yah sebentar lagi semester ganjil berakhir dan nggak lama lagi udah liburan akhir tahun. Buat sebagian besar dari lo, pastinya baru aja beres bertempur menghadapi UAS Semester Ganjil. Oke, apa pun hasilnya, gua harap semua perjuangan lo belajar nggak sia-sia deh.

Nah, di blog zenius kali ini, gua akan bahas topik yang lumayan seru, terutama buat lo yang lagi duduk di bangku kelas 12 dan alumni yang mau ikut ujian SBMPTN tahun depan. Buat yang lagi di kelas 10 dan 11 juga boleh nyimak, karena menurut gua bahasan artikel kali ini penting banget.

Oke, buat yang lagi kelas 12, gua paham banget deh kekhawatiran lo yang lagi pada galau mikirin masa depan, ce'ilee~ Dari mulai pusing ngambil kuliah dimana lah, ambil jurusan apa, belum lagi stress mikirin UN, dsb... tapi dari sekian banyak masalah, gua punya dugaan kuat kalo momok yang sebenernya paling menghantui lo adalah kegagalan kalo sampe ga bisa masuk Universitas yang lo inginkan, iya ga? ngaku deh! 😛

SBMPTN

Nah, dari semua skenario buat bisa masuk universitas, sekarang ini lo dihadapkan pada beberapa pilihan, ada yang kepikiran buat masuk lewat jalur SNMPTN, ikut Ujian Mandiri, dan ada juga yang milih buat bertempur di SBMPTN. Dari semua jalur yang ada, tulisan gua kali ini akan berfokus buat ngebahas tentang strategi buat bertempur di Ujian SBMPTN. Gua sengaja bahas topik ini jauh-jauh hari di bulan Desember sekarang, supaya lo masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri, otak, dan juga mental lo untuk menghadapi pertempuran yang sesungguhnya di bulan Juni nanti.

Oke sekarang, kita langsung bahas aja, apa sih sebenernya yang jadi penyebab seseorang tuh bisa gagal lolos tembus SBMPTN.

 

TERLALU BERHARAP SAMA JALUR SNMPTN

ngarep snmptnPenyebab yang pertama yang bisa jadi paling fatal adalah karena lo sekarang ini lagi niat gak niat belajarnya karena sedikit banyak naro harapan buat dapetin kursi di PTN melalui jalur SNMPTN. Dari pengalaman gua di tahun lalu, ada buaaanyak banget siswa yang terlalu pede mentang-mentang nilai rapornya bagus dan bersekolah di SMA favorit, terus baru kaget setengah mati waktu lihat hasil pengumuman bahwa dia nggak masuk yang terpilih di jalur SNMPTN. Udah gitu, panik terus baru sadar kalo SBMPTN tinggal bentar lagi dengan kondisi belum siap tempur. Akhirnya, mereka yang ngandelin jalur SNMPTN gagal bersaing juga di SBMPTN dari temen-temennya yang nilai akademisnya selama ini biasa-biasa aja.

Nah, buat lo yang sekarang ini bener-bener berharap cuma mengandalkan di jalur SNMPTN doang sebagai satu-satunya peluang buat masuk PTN, gua saranin mending buang deh pikiran itu jauh-jauh. Serius deh, jangan sampe lo gagal buat kuliah di PTN Favorit lo hanya karena lo salah strategi kayak gini. Karena sebenernya nih, udah bukan saatnya lagi lo yang di kelas 12 mikirin buat dapet SNMPTN, kenapa? Karena seharusnya SNMPTN itu adalah hal yang lo pikirin dan perjuangkan dari kelas 10 dan 11. Jadi, buat lo yang udah di kelas 12, gua saranin banget mending lo anggep SNMPTN ini sebagai "Bonus" yang bisa jadi lo dapetin tapi bisa juga nggak ; dan akan jauh lebih aman kalo lo berasumsi nggak dapet SNMPTN dan prepare for the worst untuk ikut sama-sama nyiapin diri buat nempuh SBMPTN.

Ngomong-ngomong soal peluang, berikut di bawah ini adalah persentase kelulusan SNMPTN skala nasional dari tahun 2013-2015

Tahun Jumlah Peserta Peserta Yang Lolos Persentase Penerimaan
2015 852.093 137.005 16,07%
2014 777.536 125.406 16,13%
2013 765.531 133.604 17.45%

persentase kelulusan

Nah, itu tadi di atas data statistik dari SNMPTN 2013-2015, gimana dengan SNMPTN 2016 yang lalu? Pada SNMPTN tahun 2016 yang lalu juga ga berbeda jauh, cuma 17,85% dari total peserta 645.202 siswa. Artinya ada 530.024 peserta yang GAK LOLOS SNMPTN. Kebayang gak sih lo betapa paniknya setengah juta manusia itu kalo waktu pengumuman SNMPTN mereka belum mempersiapkan apa-apa untuk ujian SBMPTN? Jangan sampai lo menjadi salah satu di antara mereka yang gak lolos SNMPTN terus amit-amit persiapannya gak mateng untuk siap tempur di saringan SBMPTN.

LO GAK TAU MASALAH/TANTANGAN APA YANG SEBENERNYA LAGI LO HADAPI

Dalam waktu 6 bulan ke depan, tembus/nggaknya lo di SBMPTN mungkin bisa jadi adalah masalah terbesar dan (mungkin) yang paling berat yang harus lo hadepin dalam hidup lo - dan mungkin hal ini bahkan udah terus menghantui pikiran lo dari awal tahun ajaran.

Oke first of all, sebenernya stress itu bagus-bagus aja kalo lo jadiin stress itu pemicu supaya lo bisa menyelesaikan masalah lo, yang jadi masalah itu kalo sampe lo larut dalam stress tapi nggak mulai bertindak strategis buat menghadapinya. Nah sekarang, kunci dari nyelesain masalah apapun yang pertama adalah identifikasi dulu masalahnya. Sekarang gua coba tanya deh.. sejauh mana sih lo udah explore dan mengenal masalah yang yang akan lo hadepin buat nembus SBMPTN. Sekarang, coba  jawab jujur empat pertanyaan gua ini ke diri lo sendiri aja :

  1. Sejauh ini seberapa besar lo tau tentang tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN?

  2. Sejauh mana lo tau kondisi persaingan yang akan lo hadepin buat bisa tembus di PTN atau jurusan yang lo inginkan?

  3. Sejauh mana lo tau seberapa banyak bahan/materi yang perlu lo pelajari sampe lo bener-bener siap tempur buat SBMPTN?

  4. Seberapa banyak waktu yang tersisa dan sejauh mana rencana lo untuk mengisi waktu itu buat belajar?

Kalo ada di antara lo yang masih bingung buat ngejawab 4 pertanyaan gua di atas, berarti lo layak buat mulai khawatir karena lo sampe sekarang belum bener-bener tau kondisi battlefield yang akan lo hadepin. Oke, buat lo yang belum terlalu paham battlefield yang akan lo hadepin, gua bantu buat kupas satu per satu.

"Sejauh Mana Tingkat Kesulitan Soal SBMPTN?"

Oke, gua nggak akan berpanjang-panjang di sini; jadi, gua langsung aja kasih bocoran kalo tingkat kesulitan soal SBMPTN itu cenderung jauh lebih sulit daripada apa yang akan lo hadepin di Ujian Nasional.

Kok bisa lebih sulit? Sebelum ngejawab pertanyaan itu, lo harus paham dulu kalo UN dan SBMPTN adalah 2 ujian yang sangat berbeda. UN adalah ujian yang bersifat evaluasi, yang tujuannya adalah mengevaluasi sejauh mana lo menguasai materi pelajaran SMA sehingga layak lulus dari jenjang pendidikan SMA. Sedangkan SBMPTN adalah ujian seleksi, yang tugasnya adalah menyeleksi calon mahasiswa mana yang layak buat berkuliah di perguruan tinggi tersebut.

Nah dari sini, jelas banget kalo universitas berkepentingan untuk menyaring calon mahasiswa dari sekian puluh ribu peminat menjadi hanya beberapa ratus orang yang diterima di jurusan universitas yang bersangkutan.

So, buat lo yang mungkin masih bingung ngebagi waktu belajar buat UN sama belajar buat SBMPTN, gua saranin banget lo sekarang fokus aja buat SBMPTN deh. Lha terus UN-nya gimana? Nih yah, kalo lo udah bener-bener persiapin diri dengan mateng mulai dari awal buat latihan soal dengan kualitas soal SBMPTN, gua berani jamin otomatis lo udah jauh lebih siap buat ngerjain soal UN.

Kalo lo iseng nyari datanya di google, lo bisa liat kalo persentase yang siswa SMA lolos Ujian Nasional SMA dari tahun ketahun itu mencapai 98% - 99%!! Nah coba lo bandingin sama jumlah calon mahasiswa yang coba daftar SBMPTN?

persentase-sbmptn

Gua harap data simple kayak gitu lumayan ngebuka mata lo sama kondisi persaingan yang lo akan hadapi. Artinya, peluang lo sebetulnya keciil bangeet untuk bisa sampe gak lulus UN SMA atau UN SMK. Sementara, peluang lo lumayan gede untuk bisa sampai gak lolos SBMPTN, apalagi kalo persiapan lo gak mateng.

"Sejauh Mana Lo Tau Tentang Kondisi Persaingan yang Akan Lo Hadapi?"

Oke, setelah lo memahami bahwa kualitas soal SBMPTN ini cenderung lebih sulit daripada UN karena memang tujuannya untuk menyaring calon mahasiswa yang layak buat masuk PTN - artinya lo akan dihadapkan pada kondisi persaingan yang cukup ketat dengan seluruh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Nah, sekarang pertanyaannya - sejauh mana kondisi persaingannya? Jawabannya tergantung dua hal. Pertama jurusan apa dulu nih yang lo pilih? Peminat setiap jurusan di universitas kan beragam, artinya persentase lo buat masuk juga beda. Kedua, adalah seberapa siap lo buat bersaing dengan calon mahasiswa lain.

Gua kasih beberapa contoh aja yah kondisi persaingan SBMPTN berdasarkan data yang gua dapetin..

  • Untuk Jurusan Pendidikan Dokter UI ada 2.452 peminat pada tahun 2012 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2013) sebanyak 45 kursi. Jadi persentase penerimaan adalah 1,83%
  • Untuk Jurusan Ekonomi Manajemen UI ada 2.607 peminat pada tahun 2012 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2013) sebanyak 48 kursi. Jadi persentase penerimaan adalah 1,84%
  • Untuk Jurusan Ilmu Komunikasi UI ada 2.480 peminat pada tahun 2012 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2013) sebanyak 32 kursi. Jadi persentase penerimaan adalah  1,29%

Nah, sekarang kebayang kan gimana ketatnya buat tembus SBMPTN. Buat yang penasaran sama kondisi persaingan buat masuk UI, lo bisa cek website resmi UI, disitu ada pemetaan lengkap kondisi persaingan seluruh jalur masuk pada setiap jurusan di Universitas Indonesia.

Nah, gua saranin banget lo juga coba explore pemetaan persaingan di PTN lain yang lo minati. Nggak susah kok kalo lo coba niat nyari dengan google. Dengan lo tau kondisi persaingan yang sebenernya, lo bisa lebih bijak buat menentukan pemilihan jurusan yang sesuai dengan kesiapan lo. Tapi ini bukan berarti gua ngajarin lo buat masuk jurusan non-favorit yah.. Biar gimana, lo tetep harus nyoba ke jurusan yang emang bener jadi minat lo buat belajar disana, terlepas itu jurusan favorit atau bukan.

"Seberapa Banyak Bahan/Materi Yang Perlu Lo Pelajari Sampe Lo Bener-Bener Siap Tempur Buat Sbmptn?"

Oke, sekarang saatnya kita bahas dikit deh tentang bahan materi yang perlu lo pelajari. Buat yang belom tau, nantinya lo kemungkinan besar akan menempuh ujian SBMPTN selama 1 hari. Kira-kira ini adalah rundown pertempuran yang akan lo hadapi:

rundown H SBMPTN

Nah lho, kebayang gak nih sekarang sama lo pertempuran sengit yang akan lo hadapi dalam waktu sehari? Lo perlu pantengin terus deh rundown ini terus-menerus kalo perlu sampe lo bosen karena inilah hari besar yang akan sangat menentukan masa depan lo. Nah, sekarang kita coba telaah satu persatu materinya yak, dari mulai TKPA yang mencakup TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

TES BIDANG STUDI DASAR TKPA

Seriously, banyak peserta SBMPTN yang ngeremehin materi TKPA alias belajarnya cuma setengah-setengah (bahkan ada juga yang gak belajar sama sekali), terus akhirnya nyesel karena point mereka justru ancur berantakan di materi yang harusnya bisa jadi 'lumbung nilai'. Masalahnya, banyak peserta SBMPTN yang ngeremehin TKPA & jarang latihan soal/try out. Akibatnya waktu ujian hari-H : banyak kena jebakan soal, gak teliti baca soal, gak taktis waktu jawab soal, kelamaan ngulik soal tanpa nyadar kalo waktu yang dikasih dikit banget, banyak soal yang gampang tapi gak kesentuh karena udah waktunya keburu udah selesai, dsb. Okay, intinya sih jangan sampai lo kepeleset di materi yang harusnya bisa jadi kesempatan bagus buat lo untuk mendulang point sebanyak-banyak. Sekarang belajar bahan TKPA dari mana? Tenang, kita udah sedian komplit bahan belajar lo semuanya, tinggal tengok aja link di bawah ini:

1. TPA / Tes Potensi Akademik

2. Matematika Dasar

3. Bahasa Indonesia

4. Bahasa Inggris

 

TES BIDANG SAINTEK (IPA)

 

TES BIDANG SOSHUM (IPS)

Nah, di setiap text di atas, sengaja gua kasih link ke video di zenius.net yang bahas tentang materi setiap mata pelajaran. Di situ lo cobain aja explore sendiri kira-kira sebanyak apa sih video yang perlu lo tonton buat siap secara konsep dan teori (belum lagi sama latihan soal lho..). Oke, hal berikutnya yang perlu lo perhatiin adalah waktu yang tersisa..

"Seberapa Banyak Waktu Yang Tersisa &  Sejauh Mana Rencana Lo Untuk Mengisi Waktu Itu Buat Belajar?"

Oke, setelah gua bahas tentang seberapa banyak bahan materi yang perlu lo pelajari,  pertama-tama sebelum lo mulai belajar, lo harus sadari dulu seberapa banyak waktu yang lo punya buat ngejar bahan materi SBMPTN.

Sampai dengan saat ini emang pemerintah belom menentukan tanggal pasti kapan SBMPTN dilaksanakan. Di website resmi pemerintah saat ini, kita baru bisa mengetahui kalo pelaksanaan SBMPTN itu biasanya jatuh pada akhir minggu pertama bulan Juni 2017.

Pertengahan bulan Juni?? Ah, masih lama donk...masih enam bulan lagi coy! Eit tunggu dulu.. emang SBMPTN ini terkesan lama banget, tapi lo harus sadar juga - seberapa banyak bahan yang perlu lo pelajari seperti yang gua bahas di atas. Lo pikir bahan buat belajar SBMPTN dengan bahan sebanyak itu dan persaingan seketat itu bisa lo kejar apa dalam waktu 3-4 bulan doank?

Selain itu, buat lo yang masih di kelas 12 juga masih harus mikirin kegiatan akademis lo di sekolah, dari mulai ulangan, kuis, PR, tugas... Belum lagi males-malesannya, lagi galau-galau sama cinta-cintaan lah, ada game keren baru keluar, dan hal-hal eksternal lain yang berpotensi mengganggu waktu belajar lo (baca : menghadang lo kuliah di PTN impian lo).

Satu hal penting lagi yang lo harus pikirin adalah kesiapan lo. Maksudnya, buat lo yang berminat crossing path dari jurusan IPA buat kuliah di penjurusan IPS, dan sebaliknya jurusan IPS yang mau ambil kuliah untuk penjurusan IPA. Artinya, lo harus belajar lebih keras lagi karena lo harus mempelajari sesuatu yang selama ini gak familiar lo tekuni, dan mau gak mau lo harus bersaing sama calon mahasiswa lain yang emang konsisten antara peminatan dengan jurusan yang dia tekuni waktu SMA.

Nah sekarang nih, buat lo semua yang baca tulisan ini di bulan Desember 2015, artinya lo masih punya cukup waktu untuk berpikir, menentukan, dan juga memperjuangkan masa depan dunia perkuliahan lo 4 tahun ke depan. So, syukurilah waktu yang tersisa dan manfaatkan itu dengan baik. Buat lo yang masih punya kesulitan buat manfaatin waktu dengan efektif, coba lo baca juga tulisan gua sebelumnya tentang gimana cara manfaatin waktu secara optimal.

***

Oke, gua coba rangkum dikit dari apa yang gua tulis di atas yah..

  1. Pertama lo jangan lagi ngandelin jalur SNMPTN doang,
  2. Kedua lo harus tau battleground yang akan lo hadapi,
  3. Ketiga ketahui tingkat kesulitan soal SBMPTN dari awal,
  4. Keempat kenali iklim persaingan yang mau lo hadapi
  5. Kelima  coba lo explore sebanyak apa bahan materi yang perlu lo pelajari
  6. Keenam, sadari seberapa banyak waktu yang tersisa dan coba mulai buat time-management sehingga materi yang lo perlu pelajari itu bisa sempet lo pelajarin semua dengan waktu yang tersisa.

Sedikit tips dari gua aja, khusus buat lo yang bertekad buat bisa bersaing masuk universitas impian lo, entah itu SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, dan Ujian Mandiri lainnya... gua saranin mending lo manfaatin waktu liburan Natal dan Tahun Baru ini buat belajar deh.. itung-itung lo nyuri start belajar lebih awal dari para pesaing lo yang lain.

Hah?!  Masa liburan Natal dan Tahun Baru malah belajar??

But-why-meme

Yup, serius deh.. Gua bener-bener saranin supaya liburan kali ini lo isi waktu buat ngejar bahan SBMPTN. Kenapa? karena setelah liburan ini, lo udah gak punya banyak waktu luang yang kosong buat bener-bener konsen ngejar materi SBMPTN. Lo akan mulai sibuk lagi dengan kegiatan akademis sekolah, pr dari guru yang setumpuk, tugas sekolah,Try Out UN, dsb.. Jadi liburan Natal dan Tahun Baru ini bisa jadi momentum buat lo buat curi-curi start duluan dibandingkan para pesaing kamu. Sedangkan kalo lo memutuskan sebaliknya, bisa jadi para pesaing lo yang lain memutuskan buat belajar waktu liburan ini dan belum apa-apa lo udah ketinggalan duluan sama mereka.

Last but not least, gua harap moment SBMPTN ini jangan lo jadiin semacam beban luar biasa yang menghantui lo sepanjang waktu. Gua justru berharap lo bisa memandang SBMPTN ini sebagai kesempatan dimana lo untuk bisa menggali kembali pengetahuan yang selama ini lo udah pelajari sekaligus mengembangkan intelektualitas diri lo semaksimal mungkin sebelum akhirnya masuk universitas.

Oke, panjang juga yah artikel ini...moga-moga bermanfaat yah. Buat lo semua yang mau nempuh SBMPTN 2017, gua ucapkan selamat berjuang buat masa depan lo!

====CATATAN EDITOR====

Kalo ada yang mau nanya, komentar, atau ngobrol sama Glenn. Bisa langsung tinggalin comment aja di bawah artikel ini. Buat lo yang mau serius belajar untuk SBMPTN, gua saranin untuk baca beberapa artikel zenius lain berikut ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Hendra Bani

    buset keren banget bro! apalagi gambar kartunnya ahahah 😀

    • Glenn Ardi

      Thanks lho Hen !

  • vima hidayat

    mantap kak glen 😀 bagus bnget!
    dengan begini smoga saya bisa mmpersiapkan diri dari kelas 10 skrang.
    trkdang kak, ganggungan blajar sya itu trgntung dari mood
    kdang mood sya baik saya sriusan blajarnya tp trkdang sbaliknya, nah tuh gmna kak ngatasinnya? (bnyak gak moodnya kak)

    • Glenn Ardi

      Widiih... masih kelas 10 tapi udah semangat yah. Buat masalah mood, Wisnu pernah nulis satu artikel yang menarik banget tentang apa sih yang bikin lo termotivasi. Itu bukan tulisan buat bikin lo termotivasi sih, tapi justru disitu wisnu ngebahas kenapa orang bisa termotivasi dan sebaliknya. Moga-moga bermanfaat yah

      • Vima

        iya kak glen trimakasih bnyak 😀
        terus update ya kak!

    • Tiara Dewangga

      Halo Vima ^^ salam kenal.. aku juga skrg masih kls 10 & udh mulai ngubek2 info ttg SBMPTN ^^
      rencananya Vima mau ambil jurusan apa & di PTN apa?

      oya, makasi juga buat Kak Glen ^^ infonya bermanfaat banget ^^

      • a_n

        Banyak juga yg masih kelas 10 udh nyiapin SBMPTN :3

        Ayoooo... yg kelas 10, belajar bareeeengg... :v

      • Rizkal Muharram

        Aku juga masih kelas 10 udh niat mulai belajar sbmptn.
        Karena SNMPTN udh gk begitu berharap.
        Sepertinya aku prioritasnya di SBMPTN...

        • M.Hajjrol Dava

          Gua juga udh siap dengan xped alumni :v, pdhl masih kelas 10 SMA , goo ptn impian

  • Hendra Bani

    ka glen gw mau nanya nih tentang ada event2 TO.. menurut lu sebaiknya ikut gituan gak sih? masalahnya kalau ikut gituan menurut gw beban.. nanti malah cuma hafal soal trus salah cara belajarnya (gak sistematis) tapi kalau gak hajar ke soal2 sbmptn nanti gak menang event TO.. menurutlu mending ikut atau hindari aja?

    • Glenn Ardi

      Gini sih Hen, menurut gua event2 TO itu bisa jadi penting tapi bisa juga nggak, tergantung gimana sikap dan pandangan lo ttg TO.

      Menurut gua, TO itu berguna kalo lo pandang itu sbg moment utk evaluasi proses belajar, pematangan konsep, dan drill latihan soal yang udah lo jalanin selama beberapa bulan. Jadi TO itu sifatnya cuma lebih kayak tolak ukur udah sampe sejauh mana kesiapan lo.

      Yang jauuh lebih penting daripada ikut TO ya itu adalah dalemin materi/konsep dan latihan soal yang banyak.

      Kalo lo perhatiin di zenius module, disitu ada ribuan latihan soal buat SBMPTN yang standard kualitasnya bagus banget.. dari situ, lo gak mungkin bisa nyelesaiin dengan ngehafalin type soal. Jadi emang mau gak mau lo harus ngerti dulu konsepnya, baru udah gitu latihan soal buat memperlancar pemahaman lo.

      Kalo udah cukup mateng, boleh deh lo iseng2 cobain ikut TO.

      • Hendra Bani

        ya kalau ada event2 gitu gw tergiur banget sama hadiahnya 😀 jadi pengenya juara ahaha.. tapi ternyata yang paling penting harus siap dulu yah? yauda makasih masukanya 😀 bikin gw "oooooooOoooo" moment banget! moga-moga ada saat gw bisa menangin event dalam perjuangan gw.. dan kalau orang-orang nanya gw tinggal bilang "gw pake zenius!" pasti serem tuh! ahaha 😀 jiah gw ngayal 😀

  • Ence Selamat Eldian

    bang glen.. coba tambahin TPA nya tentang pengetahuan Umum dong.. kemaren saya Ujian mandiri TPA nya ada Ilmu Pengetahuan Umum,, jadi klepek-klepek.. Lebay -_-

    • Glenn Ardi

      Wah, kalo pengetahuan umum sih setau gue jarang banget yah ditanyain di TPA SBMPTN.. tapi emang gak ada salahnya sih kalo lo mau nambahin pengetahuan lo.

      Buat nambahin pengetahuan, emang kuncinya cuma tiga menurut gue : sering baca buku/artikel, sering nonton film dokumenter, dan sering diskusi. hehe..

      • Ence Selamat Eldian

        oke deh Thank you

  • santi puspita ayu

    Baaaaaaaanngg, thanks a lof for information. Klo blh share emg gw blm siap mateng dari segi materi sbmptn. Upadte terus ya bang ttg sbmptn biar kite2 mkin smangaat tempur 2014 😀

    • Glenn Ardi

      Yow, sama-sama Santi. pantengin terus aja yah blog dan website zenius.

  • elenha

    ka mau minta saran dong,tp ga terlalu berhubungan sm artikel diatas sih.
    jd kan akutuh pgn bgt masuk kedokteran gt,tp nilai to aku tuh jelek jelek terus gt kalo dibadingin sm yang lain padahal udh belajar jg, eh skng malah jd minder gt.jd kalo misalkan kayak gini,mendingan ikutin kemampuan aja atau tetep ngejar minat?suka bingung gt antara harus ngerti kemampuan kita atau tetep ngejar minat kita yg pgnnya kuliah disitu..

    • Glenn Ardi

      Halo Elenha.. ini pertanyaan agak dilematis sebenernya, karena keputusan lo adalah keputusan lo. Gua gak mungkin bisa mewakili lo buat ngambil keputusan untuk masa depan lo.

      Masalah antara keep being idealist or be realistic emang agak susah sebenernya. Tapi kalo menurut gua sih lo coba pikirin lagi kenapa lo berminat sama kedokteran, apakah lo ada minat lain selain bidang itu? Terus kenapa nilai lo masih jelek padahal udah belajar, mungkin ada yang salah dengan cara belajarnya, apa betul selama ini lo udah mengupayakan yang optimal dalam belajar?

      Kebingungan kayak gini sih emang wajar kok, tapi menurut gua.. yang paling harus lo pikirin adalah ngilangin minder-nya itu dulu. Setelah itu baru lo bisa berpikir dgn jernih dan mengambil keputusan yang tepat

  • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

    Mau tanya dong. . Saya dari jurusan IPA yg skg udh alumni, Apa saya ambil IPA atau harus IPC unk sbmptn nnti ? ? Tlng pencerahannya.

    • Glenn Ardi

      Tergantung peminatan beroo.. Kalo lo mau ambil semua peminatan lo di jurusan kuliah IPA kayak kedokteran, MIPA, dan teknik.. ya lo cuma perlu ambil test IPA doank.

      Tapi kalo salah satu dari list lo ada jurusan IPS, misalnya ada Ekonomi Manajemen. Ya lo harus ambil IPC

      • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

        sy sih rencana mau masuk kuliah jrsn IPA n skg sy kuliah jrsn akuntansi, n mo keluar dr kuliah jrsn akuntansi. Jd, sy hrs ikut IPC ??

  • Fawcet Makay Ryuzaki

    [ASK]..
    Apa betul .. Nilai rapor harus grafik naik agar bisa keterima jalur undangan??..
    ..

    • Nggak tau juga sih nilai rapor harus gimana. Info2 kayak gitu sumbernya dari mana? Kalau cuma kata-kata orang sih, abaikan aja. Kecuali kalau ada statement resmi dari penyelenggara.

      • t_cornelia

        itu bener. Jadi yang nilai semester 1= 90, terus semester 2= 87 {nilainya turun}, atau yang nilainya turun naik dari kelas 10 sampe 12 biarpun ttp bagus susah tembus undangan. Kaka kelasku yang nilainya biasa aja tapi naik kaya kelas 10=75, kelas 11 80, kelas 12=85 justru masuk, ngalahin yang nilainya bisa 90 tapi naik turun 🙂

        • Shalahuddin Al Ayyubi

          untuk jurusan dan ptn yang sama apa engga? kalau beda ga bisa dibandingin. tiap PTN kebijakannya beda-beda

      • Fawcet Makay Ryuzaki

        Jadi fokus belajar aja buat SBMPTN nanti yah kak ..
        OKokok ..

    • Gina Mirta Wahyuni

      Katanya seperti itu, tapi yang penting konstan kalo turun pun turun nya ga terlalu drastis 🙂

    • dinda

      Ga juga, karena kita gatau mekanisme pemilihan siswanya tuh gimana. Yg tau cuma pihak intern nya aja. Kakak kelas saya ada yg nilai fisika nya pernah turun dr 88 ke 83. Lumayan jauh dan kalo dibulatkan pun beda. Tp diterima di FTSL ITB. Undangan penuh kejutan deh pokoknya

  • andisyafrianda

    mau tanya nih kk
    berapa kali atau berapa tahun sekarang kita bisa ikut SBMPTN

    soalnya saya masih ragu sama jurusan
    saya tinggal di kota kecil agak jauh dari ibukota
    apalagi saya anak rumahan

    • Glenn Ardi

      maksud pertanyaan kamu " berapa lama batas waktu sampai seorang alumni tetap boleh menempuh sbmptn? "

      Kalo itu pertanyaan kamu, biasanya 2 tahun, tahun ke 3 nggak boleh lagi. Tapi untuk lebih pastinya coba aja kamu cek di website resmi pemerintah. Takutnya peraturannya udah berubah

      • andisyafrianda

        makasih kk 🙂

  • aldeafebryan

    bang glen, boleh nanya-nanya tentang info di luar konteks postingan ini??
    kebetulan bang glen alumnus UNPAR ya? boleh ngasih pandangan tentang univ itu? mau ambil arsitektur nih...
    Thankyou 🙂

    • Glenn Ardi

      Waktu jaman gua sih dulu claim-nya arsitektur Unpar adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Entahlah kalo sekarang yah, haha... harusnya sih masih bagus.

      Secara overall, keunggulan Unpar yang paling keren dari kampus lainnya adalah lingkungan pergaulan mahasiswanya yang plural dan gak mengenal batas agama dan suku. Disana lo bisa dengan nyaman bergaul dengan mahasiswa dari latar belakang budaya dan agama apapun.

      Hal seperti itu, tidak banyak bisa lo dapatkan di universitas lain.

      • aldeafebryan

        itu kira-kira kalo ikut USM 1 susah nggak ya masuknya?
        niat banget ambil unpar / itb arsitektur...
        tapi ini mau ngisi form bingung bang, nulis uang sumbangannya -_________- ngaruh banget nggk sih itu?

        2013/12/19 Disqus

        • Glenn Ardi

          Waktu jaman gua dulu sih bisa dibilang cukup susah juga masuk Unpar, entahlah kalo sekarang yah. Sampe ada 3 USM saking banyak peminatnya.

          Nulis sumbangan? wah, dulu gua sih ngisi yang minimum paling kecil aja 500,000 rupiah doank, hehe...

  • tuti yulianaa

    bang glen,aku kebingungan nih,aku mau ikut SBMPTN tpi aku gak tau ap yang harus aku persiapin buat ujiannya,aku masih kurang paham apa2 aj yang d bahas/soal yang keluar saat SBMPTN,jrusan aku IPS d SMA,trus musti ambil IPC atau IPS,masih banyak ragunya bang,,

    • Glenn Ardi

      Sebelum lo larut bingung mau ambil IPC atau IPS, mending lo tentuin dulu minat lo mau masuk jurusan mana.. Kalo pertimbangan dan keputusan lo udah mateng, baru deh lo bisa fokus belajarnya.

      di zenius.net itu lo bisa dapetin seluruh teori, latihan soal, dan pembahasan soal-soal sbmptn dari 12 tahun terakhir kok. Cobain aja dulu lo tonton video zenius learning & xpedia guide di zenius.net

  • Fadhilatul Aulia

    Bener banget kata kakak, aku lulusan tahun ini. Tapi belum kuliah. Soalnya terlalu ngarep sama yang namanya SNMPTN undangan. Sedih banget rasanya. :'( Curhat dikit gak papa kan kak ?
    To the point aja ya kak ? Kalo Bidik Misi bertahan 5 tahun kan kak ?

    • Glenn Ardi

      Bidik Misi itu program beasiswa dari pemerintah itu yah? Wah terus terang gua juga kurang tau detailnya soal itu nih.

      Coba tanya sama @kamentrader

      • Fadhilatul Aulia

        Iya. Yaaaa. Oke dah kk.
        Oke kk. Terimakasih. Btw, itu siapa kk ? teman kk yang pernah ikut bidik misi kah ?

  • Cinder

    kak mau nanya long question yg gak dijawab2 ama tutor zenius -_-''
    klo kta pilih jrusan tuh yg kita butuhin(skill) atau yg kita tertarik
    (interest) didlmnya, kyak misalnya manajemen ama psikologi? kudu pilih
    mna? gw butuh skill manajemen tapi klo disuruh fokus jurusan ke bidang ilmu yg kita emang tertarik ndaleminnya jelas gw pilih psikologi. so which one is better?

    • Glenn Ardi

      Hmmm... sebenernya gua bingung sama yg lo maksud "butuh" itu apa yah? hehehe...

      Sebenernya komparasi antara disiplin ilmu manajemen dan psikologi itu kurang tepat yah, soalnya keduanya itu emang beda banget.

      Di jurusan manajemen lo akan belajar untuk membuat perencanaan, mengorganisir, mengimplementasi, dan mengevaluasi suatu project atau kegiatan tertentu - dimana aplikasinya cenderung dalam dunia bisnis perusahaan.

      Sedangkan di psikologi, lo belajar akan kecenderungan sifat manusia baik secara individu maupun kolektif.

      Dari situ coba lo pikirin lagi, kenapa lo butuh ilmu manajemen? Kenapa juga lo tertarik dengan psikologi?

      Kebetulan gua sendiri kuliah di jurusan business management. Sejujurnya gua milih jurusan management bukan karena gua butuh, tapi emang gua tertarik dan berminat utk mendalami disiplin itu tsb.

      • Cinder

        hmm jadi gini maksud gw butuh, gw pingin start usaha atau ngelanjutin/ngembangin usaha so gw butuh skill manajemenbisnis itu. dan sebenernya keduanya gw tulis bukan buat dibandingin ya, gw tertarik mempelajari ilmu psikologi tapi itu bisa dibilang cuman buat sampingan doang emang buat masa depan juga tapi bukan buat fokus kerja/edukasi di bidang itu. tapi klo yang di bisnis tuh emang cita2 dari dulu ya pingin work with innovation blablabla
        jdi klo artikel zenius suruh kuliah di jurusan yg gw minat tertarik gitu, gw semakin galau lah. salah gw anak ipa, trus gw nanya nih bdanya ambil business management ama Teknik Industri apa ye? kan mirip2

        • Glenn Ardi

          kalo business management lo belajar utk mengelola bisnis dari sudut pandang

          1. marketing
          2. operational production
          3. human resource
          4. financial management

          Sedangkan teknik Industri sedikit lebih fokus ke yang nomer 2 alias operational production. Simplenya, teknik industri biasanya lebih fokus utk efisiensi resource, scheduling, framework, dlsb.. utk suatu project atau kerjaan manufacturing.

          Sedangkan business management lebih luas utk memandang bisnis dari sudut pandang yang menyeluruh

          Tapi itu di atas cuma simplifikasi yah, aslinya lo akan belajar jauh lebih luas lagi

          • Cinder

            ooo brarti klo mau fokus bisnis mending ambil businees management ya?
            kak glen share rangking univ jurusan bisnis yg bagus di indo dong

        • Arif

          cocok tuh kalo kamu ngambil jurusan Administrasi Bisnis

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    kadang suka kesel kalo internet lelet padahal lagi nge-zenius ria haha 🙂

    • Fitrah Ramadhan

      pake CD/DVD nya adja wkwk

  • Riri

    Syukur deh gue dari awal gak terlalu ngarep sama SNMPTN :))
    Oh iya kak, ada perbandingan materi yang keluar di soal SBMPTN dari tahun ke tahun gak ?

    • Glenn Ardi

      Untuk setiap pelajaran agak beda sih perbandingannya, tapi makin kesini.. kualitas SBMPTN lebih cenderung menguji kemampuan kamu mengerti konsep secara mendalam. Buat yang ngehafalin type soal doank, pasti banyak kejebak deh !

  • Aidil

    Waaah ini notes bagus banget, lumayan buat nambah motivasi di sbmptn.. o iya kak glenn.. aku jg kurang ngarep tuh sama SNMPTN, wlaupun nilai raport aku sangat bagus sekali dtambah banyak piagam prestasi. tapi aku ttp fokus sbmptn dari awal masuk klas XI kak.. aku udah beli 3 buku kmpulan soal snmptn tulis/sbmptn taun2 kemarin.. dan udh 7 bulan dipelajari. semoga aku berhasil deh,.. doain ya kak!

    • Glenn Ardi

      Sip, yang penting belajarnya harus disiplin dan konsisten yah.. Do your best !

    • Christie

      Pamer banget njir lo pikir pamer kaya gini bikin lo diterima juga apa? Lo pelajarin gak tuh buku apa cuma beli doang biar bisa dipamerin disini? Hahaha kita liat aja nanti lo dapet ptn apa engga haha

      • Diana

        Chris lo jahat bgt woy haha-.-

        • pesjay

          njir ngakak =))

      • Arif

        Hhahaha.. aduh antagonis banget :'D
        sependapat tapi gw ama lo 😀

      • Zaef Gehittoe

        wakak caelah gitu ae, seberapa bagus sih sangat bagus itu?

        • Rulianto Situmorang

          wkwkwk, ngakak njirr. Si Bang Glenn juga kali ngakak ngeliat tulisan bocah macem ini wkwkwk

  • Baim

    Ka Glen, saya pernah denger. katanya, jenis soal sbmptn suka mirip dengan soal 2 tahun sebelumnya. semisal, nanti mau sbmptn 2014.. nah katanya nanti jenis soalnya mirip sama yang tahun 2012.. tingkat kesulitannya. dan lagi, ada beberapa kaka kelas saya yang pernah nyoba bandingin, dan itu bener. emang bener ka?

    • Glenn Ardi

      Wah, kalo type soal gini gua gak bisa ngomong deh.. Sebenernya kalo lo niat lo tinggal liat aja tuh di zenius.net soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu kan udah ada lengkap semuanya.

      Lo coba analisa sendiri aja kalo emang penasaran, apa bener pola ganjil-genpa itu ada. Tapi kalo gua saranin sih, ngapain sih kita mesti harus identifikasi pola soal kayak gitu. Kalo emang lo dah siap buat tempur, mau tipe soal yang baru kayak gimana pun, harusnya lo gak pusingin tipe soal, hehe..

      • Guest

        kbh

      • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

        Heran kak Glen materi IPA-IPS. Kalo IPA kaya Biologi, Kimia, Fisika saya belajar gak ada habisnya. Tolong dong kak siapapun kalo ada yang tau kisi-kisi SBMPTN 2014 mendatang beritahu kisi-kisinya di blog zenius. Saya gak yakin materi SBMPTN 2014 ga cuma di bagian SBMPTN 2013 dll di zenius.net. . Mohon pencerahannya 🙂

  • wisma

    Kak glen, mau tanyk ni, kalo mau masuk jalur undangan kita harus punya prestasi di luar nilai2 raport ya? Kayk menang lomba2 gtu, mumpung masih kls 11 nih
    Thanks

    • Glenn Ardi

      Iya, sejauh sepengetahuan gua, prestasi diluar akademis juga diperhitungkan .

      • unggul guligah

        bales post gua yang di atas doooong kak gleen

  • unggul guligah

    kak mau nanya dong, gua kan dari jurusan IPA nih tapi minatnya pengen kuliah di manajemen, niatnya sih mau ikutan SBMPTN, niat gua awalnya mau ikut SBMPTN IPC tapi menurut gua kayanya kok berat gitu belajar 2 jurusan sekaligus, pas nanya nanya gitu ke alumni ada yang mereka dari jurusan IPA yang milih jurusan kuliahnya jurusan IPS dan mereka bisa ketrima,dan gua tanya dia ikutan SBMPTN murni IPS bukan IPC, gua belum sempet nanya gitu tips belajarnya kaya apa dari mereka, tolong bantu dong tipsnya gimana nih, disamping gua harus menghadapi UN IPA dan setelah itu gua harus bertempur SBMPTN IPS . mohon bantuannya pliiis

    • unggul guligah

      Tips belajarnya gimana supaya sukses UN IPA, setelah itu sukses juga SBMPTN IPS

      • Glenn Ardi

        Kalo pertanyaan lo lebih ke arah.. "Kak bahannya banyak banget ini, gimana yah belajarnya?"

        Wah, gua juga susah jawabnya, ya intinya lo harus terima dulu kenyataan bahwa emang hal itulah yang harus lo tempuh dan lo lewati. Ada buanyak banget kok kakak angkatan lo juga yang punya beban sama kayak lo, dan mereka bisa lolos dgn hasil yang memuaskan.

        Kuncinya sebenernya cuma: ketahui masalah dan situasi kamu skrg -> bikin rencana buat menghadapinya -> disiplin dan konsisten sama rencana lo itu.

    • Glenn Ardi

      Hmmm.... tips buat belajar yah, sebenernya sih kuncinya udah gua sebutin di atas. Intinya sih lo harus bisa manfaatin waktu yang tersisa secara optimal aja. Sekarang coba lo bikin pemetaan masalah (problem identification dulu)

      1. Kapan UN SMA IPA?
      2. Apa aja bahan yang perlu dipelajari buat bisa siap UN IPA?
      3. Kapan SBMPTN IPS?
      3. Apa aja bahan yang perlu dipelajari buat bisa siap SBMPTN IPS?
      4. Berapa banyak lagi waktu yang tersisa?
      5. Gimana caranya alokasiin waktu yg tersisa supaya semua bahan kekejar sesuai dengan deadline ujian yang bersangkutan?

  • Debby alvio

    menurut kak Glenn, ranking di kelas itu penting gak? atau lebih baik saya itu lebih fokus sama SBMPTN? terimakasih kak 🙂

    • Glenn Ardi

      Tergantung. Penting buat apa dulu nih? hehe..

      Balik lagi ke tujuan lo itu sekarang apa, kalo tujuannya buat lulus SMA dan masuk PTN yang lo mau. Ya berarti prioritas lo sekarang udah bukan nilai rapor lagi tapi lebih ke "gimana caranya spy lulus UN dan bisa masuk PTN yang gua mau, entah itu lewat SBMPTN, Ujian Mandiri, dll.."

      • Debby alvio

        sip kak. Tujuan saya untuk masuk PTN yang saya mau. Terimakasih buat masukannya kak

  • Egy Adhitama

    Bang Glen cek email dong 😀

  • kikysiregar

    Kak glen, saya ini kan alumni. Saya harusnya semester 1 ini masih kuliah tapi karena pengen banget fokus sama sbmptn dan emang nggak minat sama jurusannya akhirnya diizinin+disuruh mama saya buat berhenti kuliah. Saya masuk jurusan itu sebenernya juga karena kepepet karena waktu itu simak sama sbmptn saya nggak lolos. Akhirnya mama saya nggak mau saya nganggur untuk setahun ini walaupun mama saya pengen saya ngejar lagi tahun depan. Kak glen gimana ya caranya supaya nggak panikan? Apalagi sekarang kan saya alumni. Musuh terbesar saya itu panik sama mental yang suka up and down. Supaya konstan tetep up gimana ya? saya kadang-kadang suka kepikiran ini bulan desember dan nggak bakal kerasa bulan juni tiba-tiba dateng. Dibales ya kak glen.

    • Glenn Ardi

      Halo Kiky,

      Sebenernya kalo dari yang gua liat, lo udah punya 2 keuntungan besar sih dibandingin pesaing lo.

      Pertama lo udah pernah ngejalanin ini semua jadi udah ada pengalaman. Hal ini harusnya justru bisa buat lo lebih tenang dan gak sepanik sebelumnya.

      Kedua, lo beruntung banget nyokap lo udah kasih ijin buat ninggalin kuliah yang gak lo minati ini. Dengan begitu lo justru harusnya lega dan gak usah bingung mau fokus sbmptn tapi kehambat juga sama tugas-tugas kuliah. (Banyak lho alumni yg bela-belain belajar buat SBMPTN sementara mereka juga masih kuliah).

      Nah, menurut gua sih seharusnya lo udah ga ada alesan lagi buat panik, pengalaman punya, beban juga gak ada. Lo tinggal fokus aja kejar semua jalur yang ada buat tahun depan (SBMPTN & Ujian Mandiri) serta disiplin buat belajar dengan waktu yang tersisa.

  • Arif

    kak aku masih bingung nih antara mau ngulang sbmptn lagi apa enggak soalnya aku sbmptn 2013 ketrima di pilihan ketiga dan itu bukan ptn pilihanku , aku pingin nyoba lagi tapi kok aku ngerasa sia-sia 1 tahun ngrelain buat pindah universitas , gimana nih pencerahannya?

  • Dien

    Ka, mending belajar review2 dulu atau langsung coba bahas soal ya?

    • Glenn Ardi

      review dulu baru banyakin latihan soal..

  • melicious

    kak guekan udah kelas XII dan tgl 6 januari udah masuk semester2 nah mending review materi sbmptn apa nyicil materi smster 2 nnti ya? saran dong..

    • Glenn Ardi

      Kalo mau fokus sbmptn menurut gua langkahnya gini

      1. cobain dulu kerjain sbmptn thn lalu spy lo kebayang tingkat kesulitannya, dan lo juga jadi bisa ngukur sejauh mana kesiapan lo saat ini

      2. review seluruh materi bahan yang diujikan

      3. latihan soal yang banyak utk setiap bab

      4. try out sendiri lalu evaluasi pada materi yang masih lemah.

    • Aidil Andani

      hmm

  • Rifa HM

    bang bahas tentang kepribadian berdasarkan golongan darah dong yang sekarang lagi anget2nya, penasaran bener apa ngga nya, ini mirip kaya zodiak atau ramalan2 gitu tapi kalo diliat2 banyak kesamaannya sama kepribadian kita, ga ngaco2 amet kaya zodiak lah. bahas ya bang 😀

    • Glenn Ardi

      nanti gua pertimbangkan sebagai salah satu alternatif ide, thanks buat ide-nya yak

  • Syifa

    Saya masih bingung tentang IPC. Bagaimana jika saya ikut IPC, lalu nilai soshum saya nol semua, apakah itu berpengaruh untuk nilai saintek? Gak ada pengurangan, kan?

    • Glenn Ardi

      Kalo soal cara penilaian sih jujur aja gua sendiri kurang tau. Tapi logikanya sih gini Syifa, SBMPTN itu kan gunanya buat menguji kamu apakah pengetahuan kamu di bidang IPA dan IPS itu unggul dibandingkan para pesaing kamu.. Jadi ya menurut gua sih balik lagi ke jurusan yang jadi minat lo.

      Kalo lo bahkan sampe mikir nilai soshum nol semua, kayaknya berarti lo tebakan gua lo blm siap utk materi IPS yah? Kalo memang kamu minat di bidang IPA ya menurut gua sih langsung aja pilih jurusan yang murni IPA.

      • Syifa

        Tebakan benar sekali. Oke, makasih.

  • Hafiza

    baru ini buka zenius, isinya bagus bangeeeet. inspiratif.
    tapi kak aku masih bingung nanti mau ambil jurusan farmasi atau teknik kimia. secara jelas dua-duanya kan emang kimia nya harus kuat. tapi tuh masih bingung aku nya lebih condong ke farmasi atau tekim.
    trus katanya kalo kita punya prestasi di eskul juga bisa nentuin ya? tapi masalahnya aku eskulnya ga di bidang ipa, gimana dong?
    makasih kak 🙂

    • Glenn Ardi

      sama-sama Hafiza

      emangnya kamu ekskul-nya apaan? milih jurusan sih intinya pilih yang paling lo nikmatin aja

  • Zahra

    aku baru baca artikel ini pas udah mau selesai liburan.....
    kenapa aku telat banget bacanya 🙁
    but, thanks a lot kak glen buat artikelnya. sekarang aku jadi makin sadar buat mantepin diri ikut SBMPTN! 🙂

    • Glenn Ardi

      tenang, masih mending kamu baru baca sekarang, nanti byk kok yg miris krn baru baca begitu udah beres SBMPTN

  • Arif

    Wkwkwkwkwk.... benerr banget yg dibahas.. contohnya gw sendiri nih.. gagal snmptn tulis 2012

    "Mengetahui iklim persaingan yang ada di sekitar kita"
    terlalu banyak mikir jurusan apa yang mau kita ambil adalah salah satu faktor penyedot waktu kita buat belajar. pokoknya buletin tekat buat milih jurusan,abis itu belajar soal" SBMPTN tahun" lalu itu salah satu faktor sukses SBMPTN.

    Gugup pas hari H ngadepin soal SBMPTN??? itu mah manusiawi.. semua peserta tentunya gugup,dan kalian harus punya percaya diri lebih buat bekal tempur kalian!
    yang namanya rejeki itu gak bakal pergi jauh kok,so tergantung seberapa besar usaha kalian buat dapetin jesuksesan SBMPTN!
    Semangatt!!!

    • Rizkan

      keren kak pencerahannya 🙂 sangat memotivasi n membantu 🙂

  • Melita Christella

    ka, ini tahun ke 3 aku ikut test SBMPTN. saya dulu lulusan SMK Multimedia jadi pas tahun pertama saya memang ga belajar total karna sibuk ngurusin osis, perpisahan, yearbook, dan ujian UN sendiri. sempet belajar iseng sama guru aku, tp materi SMA bener bener buta banget yah .. 🙁
    Aku sendiri ga mau kuliah kalo bukan di negri karna ga mau beratin biaya ortu juga.
    Tahun kedua (2013) aku coba lagi tapi sama ga lulus, padahal udah ikut SBMPTN dan Mandiri. Memang salah aku sih, aku kan sekarang kerja jadi aga sulit atur waktu belajar karna sampe rumah bisa jam 9 malem.

    Dan ini tahun terakhir kesempatan yang aku punya, tapi aku ngerasa persiapannya juga belum matang ka 🙁
    Aku mau ikut Les/Bimbel gitu.. tapi karna aku kerja dan lesan SBMPTN ga ada yang malem. Aku mulia bingung gimana lagi caranyaa...
    Karna kalo belajar manual sendirian aku suka ga ngerti, mana pelajaran udah lupa semua kaaa :,(
    HELP

    Apa aku masi punya kesempatan yah tahun ini pengen banget bisa lulus 🙁
    Gimana sih biar punya waktu belajar yang efektif supaya bisa berhasil?? :((((

    GBU Ka Glen

  • Gina Mirta Wahyuni

    ka kalo misal mau daftar SNMPTN undangan mending ngambil PTN ke daerah jateng atau masih jabar?? kalo diliat dari saingannya..
    trimakasih ka

    • Glenn Ardi

      wah kalo buat iklim persaingan jatah SNMPTN Undangan gua kurang tau sih. Mungkin lebih di lihat bukan dari area geografisnya kali yah, tapi dari universitasnya. Misalnya Universitas Diponegoro (JATENG) dengan ITB (JABAR) gitu..

  • Gina Mirta Wahyuni

    Ka Glenn maaf nihh, kan yaa rata-rata yang masuk SBMPTN itu anak-anak SMA, teerus kalo anak SMK Non-Teknik gimana?? kitakan belajarnya dasar-dasar nya aja semua pelajaran, khususnya pelajaran yang di test . mohon sarannya gimana caranya kita bisa ngejar anak SMA, sementara UN sendiri soal anak SMK sama SMA jauh banget??
    trimakasih ka 🙂

    • Glenn Ardi

      caranya ngejar? yah kalo itu sih sejujurnya gua cuma bisa saranin buat lo optimalin belajar di zenius.net aja.. Ada banyak banget kok kakak2 angkatan lo yg SMK tapi bisa tembus SBMPTN.

      Coba deh lo baca catatan perjuangan murid zenius buat nembus SBMPTN 2013

      http://www.zenius.net/blog/1558/catatan-perjuangan-murid-zenius-menghadapi-sbmptn-2013

      • Gina Mirta Wahyuni

        ohh iyaa makasih kaa, insyaalloh di optimalin belajarnyaa 🙂

  • rizky

    bang mau nanya nih, gua kan sekolah di sma favorit di sby jurusan ipa(krn paksaan ortu). nah masalahnya univ. yg gua pingin ada di ips semua cthnya bisnis management&komunikasi.. gua bingung bang ttg apa aja yg bakal diujikan kalo milih jurusan itu, gua jg ga tau kualitas soalnya kaya gimana, jadi intinya kagak tau medannya lah..
    jadi gimana nih bang, mohon bantuannya yaa , btw gua udh jadi member zenius.

    • Glenn Ardi

      yah kalo lo udah jadi premium member zenius.net sih semua yang lo perluin ada di landing page SBMPTN

  • nana

    kak gua udah ngerjain beberapa paket soal sbmptn semua matpel ipa.tapi kenapa gua seringg kaget dan lupa kalo ngerjain soal dr paket yang beda..cara belajar efektif gimana?dan gua juga mau tanya gua bingung mau belajar yang mana dulu ,soalnya banyak yg belum gua bisa wktu ngerjain paket beda.thx kakk 🙂

  • Fitrah Ramadhan

    kalo udah sisa 3 bulan lebih kayak gini baru mau persiapan SBMPTN dan targetnya tinggi, ada tips and trick nya gak kak? hehe

    • Glenn Ardi

      coba deh lo baca artikel gua yang judulnya langkah belajar sbmptn moga-moga bisa ngebantu

  • ANGEL

    KAK PLS ANSWER ME :(.
    aku kelas 10 sekarang dan rencananya mau ambil jurusan bahasa. Dan yang jadi permasalahanya itu misalnya kalau aku nanti ambil sastra prancis tapi lewat SBMPTN materi apa yang diujikan? thx ka 🙂

    • Glenn Ardi

      fakultas sastra tergolong ilmu sosial angel, nantinya kamu akan menempuh jalur IPS kalau memang mau ke jurusan sastra perancis. Bonne chance!

  • Ratu Galuh

    Aloha bang glenn 🙂 gue mau minta saran nih
    Gue alumni tahun 2013 dan rencananya mau ikut tes SBMPTN lagi tahun ini, tahun lalu gue milih jurusan pendidikan dokter, dan tahun ini juga mau milih jurusan yang sama. Karena gue gak keterima, awalnya gue mau bimbel di zenius-X tapi nyokap gue gak setuju karena ngga mau anaknya cuma les aja, dan maunya gue kuliah. Finally, gue kuliah di jurusan farmasi di salah satu universitas swasta, honestly gue enjoy banget disini karena ilmu yang gue dapet bener bener ngerubah pola pikir gue tapi entah kenapa gue ngerasa farmasi tuh bukan tempat yang tepat buat gue karena dari dulu cita cita gue emang mau jadi dokter. Sekarang yang gue bingungin, gimana ngatur waktu gue buat belajar sbmptn, les, ngerjain tugas dan kuliah tapi bisa tetep lolos sbmptn dengan waktu yang sesingkat ini. Gue sih udah belajar sbmptn dari awal masuk kuliah tapi itupun juga gak terlalu intensif karena gue harus ngerjain tugas yang bejibuun. Emang sih waktu semester awal gue masih belajar matematika, fisika, kimia, dan biologi, sekarang juga masih belajar kecuali matematika. Sayangnya kalo di perkuliahan matematika dan fisikanya gak terlalu mendalam untuk ngerjain soal sbmptn makanya zenius.net bener bener ngebantu gue banget. Luckily, untuk kimia sama biologi gue rasa pemahaman gue udah lumayan karna di farmasi sendiri based on kimia dan biologi makanya gue lumayan santai sama dua matpel tersebut. Jadinya untuk beberapa bulan belakangan ini gue lebih fokus untuk matpel matematika dan fisika. Menurut bang glenn apa aja yang mesti gue persiapin supaya bisa tetep fokus ber-sbmptn ria sambil fokus kuliah juga, apakah gue harus ngorbanin perkuliahan gue atau gimana bang?
    Maaf ya bang kepanjangan hehe, thanks in advance 🙂

    • Glenn Ardi

      Aloha juga Ratu.. pertanyaan lo tuh ibaratnya gini..

      Lo lagi pacaran sama cowok B karena sebetulnya lo gagal dapetin cowok A.. Emang sih cowok B baik banget, dan lo enjoy sama dia - tapi sebetulnya lo lebih sreg sama cowok A. Sekarang lo nanya ke gue gimana caranya bisa PDKT sama cowok A tapi juga sambil ngejalanin masa pacaran sama cowok B.

      First thing adalah, lo gak bisa menanyakan ke gua, atau ke siapapun : "tolongin dong bantuin gua buat membuat keputusan buat hidup gua dan masa depan gua.."

      karena biar gimana ini semua hidup lo, lo yang lebih tau situasi dan kondisi lingkungan lo, jadi lo yang harus putusin sendiri, karena lo yang akan jalanin semuanya itu sepanjang hidup lo.. bukan gue, dan bukan juga nyokap lo.

      Saran gua cuma satu, jangan pernah menjalani sesuatu cuma setengah-setengah doang,. setelah tua nanti, lo akan jauh lebih menyesal akan byk hal yg gak berani lo lakukan daripada hal yg lo lakukan.

  • M Gilang Januar

    Rumor kalo katanya tahun ini TPA nya gak ada tes bahasa indonesia sama inggris, bener gak sih?

  • Rivan Dwias Kurniawan

    Gini bang. saya adalah anak alumni, tapi bulan2 yg lalu saya masih agak
    ragu dg cara belajar saya. Tapi dulu gue hitung2tinggal 3 bulan sebelum
    SBMPTN 2014 saya baru ikutan zenius ini nih. Mood belajar saya jadi
    meningkat tajam. Tapi kalo dihitung2 waktunya cukup gak ya kalau saya
    review teori semua mapel dari awal? ditambah sekarang udah brjalan 1
    bulan dg zenius ini bang 🙂 . Saya udah management waktu, hari ini
    belajar apa sampai selesai dg soal2nya. Tapi saya pikir bisa cukup
    waktunya untuk belajar+soalnya sampai SBMPTN 2014 dengan syarat harus
    kontinyu belajarnya. Menurut pendapat abang gimana?

  • Aldiani Nur Zakiah D.

    waw artikelnya ngebantu banget deh asli buat aku kelas 11 yg lagi siap-siap sbmptn 😀
    dan rencananya aku mau crossing path nih dari jurusan IPA ke IPS, do'ain aku ya ka semoga ntar aku sukses ngerjain SBMPTN nya dan lulus aamiin 😀

  • dipo

    maap ,,,saya dari smk muhammadiyah ,jurusa otomotif, alhamdulilah sudah ISO 9001 2008
    apa saya bisa masuk PTN jurusa SHOSUM ???
    mohon bantuannya makasih

    • kalo ditanya bisa atau nggak sih ya pasti jawabannya bisa2 aja, semua tergantung niat dan ketekunan kamu 🙂

  • Nabila Octalia

    Kak, menurut kakak kuliah sambil make zenius doang buat persiapan SBMPTN tahun depan itu mungkin nggak sih kak? Tanpa try out dll.

    • mungkin aja, tiap tahun ada ribuan anak yg melakukan itu

  • maya

    Kak bikin tips belajar buat yg mau lintas jurusan dong khususnya alumni yg mau lintas jurusan.

    Helpp banget ya kak. Soalnya gue ini alumni, sbnernya sbmptn kmaren gua diterima tapi di pilihan 3 dan entah kenapa akhir2 ini gue dpt pencerahan haha supaya ikut sbmptn lagi dan coba ambil prodi yg mengharuskan gue untuk lintas jurusan ke soshum dan hal ini gak gue lakuin pas sbmptn kemaren karena gue sadarnya agak telat-,-''
    Tapi kali ini gue yakin dengan prodi itu, prodi yg sesuai minat bakat gue. Kasiiih tips ya kaaaaak

    • wah, ide yg menarik nih.. nanti gua pertimbangkan yak!

  • gita

    Ka glen, gue anak smk trs mau ikut sbmptn. Gue belajar khusus materi sbmptn atau gue belajar juga materi2 anak sma kls 10-12?
    Trs anak smk banyak ga sih ka yg diterima ptn?
    Gue smk jurusan akuntansi, trs kuliah gue mau ambil sastra inggris
    Tolong dijawab ya ka glen 🙂

  • Dion Teddy Sebastian

    kak kok sekarang modul di zenius nggak bisa di download lagi sih?

  • Fatimah Nur Hadi

    makasih infonya

  • Anggi Ade Nugroho

    Skrang SMA sdah ada yg pkai Kurikulum 2013., dan mreka jg mnggunkan SKS sperti kuliah. Saya ingin brtnya, brpha nilai IP yg hrus dtempuh untuk msuk UI... 🙂

  • m.husaini ansori

    keren kk artikel blog nya...sangat menginspirasikan gue untuk masuk univesitas indonesia ( ui ) 2015...........do'ain ya kk moga gua lulus di ui 2015.....

  • Wina Mardiani

    waaaaaaah aku baru baca skrg, berarti 9 bulan lg ikut sbmptn nya!semangat!!thx for your information kaa!

  • ShimaKi

    untuk anak SMK gimana ya persiapannya ._.
    soalnya kan materinya jelas berbeda dengan yang SMA..

  • Miss Tsundere

    Hi ko Glenn, hehe. Aku mau curhat dikit. Aku anak Unpar, jurusan Tekim. Cuma aku ngga sreg gitu sama Tekim, jujur aja agak terseok aku di Tekim, karena sebenernya aku pilihan 1nya Arsi, dan pas SBMPTN aku milihnya FTSL SAPPK ITB sama Arsi Interior UI terus ngga lulus dan kebetulan udah punya Unpar walau bukan Arsi jadi diambil aja.
    Nah aku tuh ada rencana mau ngulang SBMPTN lagi + ikutan USM unpar taun depan, tapi ortu ngga ngizinin kalo kuliahnya ditinggal. Tapi ngga sanggup juga sih kalo harus belajar SBMPTN atau latihan menggambar gambar sambil kuliah, tapi di sisi lain gua ngerasa punya tanggung jawab ke ortu, yg udah biayain kuliah. Kira2 gmn ko solusinya? Atau mungkin ada temen2 alumni taun lalu yang pernah ngalamin kyk aku? Thanks banget zenius 🙂

    • Riki HT

      Miss Tsundere, kasus gua sama kek Miss T, apakah skrg sdh tembus ke jursn atau ptn yg dicita2kan miss ? Kalau sdh gmn critanya ? Lepas unpar atau fokus kuliah dn sbmptn ?

  • Trian Verson Tumanan

    Makasih kak atas blognya, mumpung masih kelas 11 harus siap" jg, walaupun liburan tetap belajar B)

  • yami

    makasih kak, ini ngebantu banget. kak,
    ada rasa kurang pd sih. takut gak lolos gitu, terutama buat anak smk kaya aku .

  • alief chansa fitria

    keren ka artikel nya!!
    mau nanya nih ka, aku siswi kls 12 SMA. kan nnti di SNMPTN itu kita punya 2 pilihan universitas, nah kemungkinan keterima di univ kedua nya itu gede ga? bener2 diperhitungin ga sih univ pilihan kedua itu? trus banyak ga sih yang keterima di universitas pilihan kedua itu? makasih kak, mohon infonya ya 🙂

  • maudi tenri

    Untuk yg sbmptn tahun 2015 udah diposting belom ya?

  • bayu prbowo

    keren nih atrikel (y)
    Tolong Update ya kak untuk jalur SBMPTN 2015 Takutnya ada perubahan prosedur pendaftaran atau apalah yang bersangkutan tenteng SBMPTN..

  • anggi marito

    kak glen saya mau konsultasi tentang pemilihan jalur undangan,saya di sekolah jurusan ipa tapi saya mau ngambil jalur undangan jurusan akuntansi.di sekolah saya selalu dapat juara tapi katanya anak ipa susah ngambil jurusan anak ips,jadi menurut kakak kayak mana kak?mohon dijawab ya kak,saya pusing mau ngambil jurusan apa kak jadinya

  • duuuuuuuuuuuuuuuuuh jadi gelisah nih ka bacanya aku... tingkat ketakutannya meningkat hahaha,,,doain ya ka biar aku bisa lulus test mandiri d uin jakarta

  • Dihliz Aim

    Ka?punya prediksi topik per mapel ttg peluang kemunculan ga? Share dong. Thx

  • ditha

    kalau baru mulai melangkah nih gmna y ?

  • Rasyidah Hafidzah Zahroh

    Kak aku minta saran ya kak, aku di kelas gapernah bisa dapet peringkat 10 besar:'( soalnya temen2ku pintar semua mereka tuh apa2 selalu cepet nangkep, tapi aku engga bisa kaya mereka, aku harus mengulang lagi supaya bener2 ngerti. sebagian dari mereka pada ngincer FK UI. Kadang aku sedih ortu sering banget mengaharapkan aku jadi dokter. dan aku juga kayanya ga ada minat lain selain FK Tapi aku ga secerdas teman2ku.. lalu aku harus gimana ya ka? Terimakasih sebelumnya kak:')

  • Wah kalau smk mungkin beban ya, biasanya pelajaran yang di khususkan untuk kejuruan dan sekarang harus banting stirr 180 derajat untuk pelajaran global, #OKELAHKALAUBEGITU

  • Ezra Denia

    thanks banget ,,,ini sungguh membantu !!

  • Yalaf ツ

    Permisi kak mau nanya nih, klo agroteknologi itu termasuk ke dlm klompok ujian saintek apa bukan ?

  • dion nataraja

    Mas Glen, saya mau tanya, kalau SNMPTN lintas jurusan dari Bahasa ke IPS memungkinkan ndak ya? Makasih sebelumnya 🙂

  • Amanda Geraldine

    gue kelas 8. terlalu cepatkah utk mempersiapkan ini?

    • a_n

      ga ada salahnya siih..:3

      tapi in my opinion, kalo masih kelas segitu coba eksplor banyak hal dulu aja, dari yg akademik sampe non-akademik. Ga bakalan sia-sia ko nantinya.. Cobain aja :3

  • rismayanti

    apakah kesusul 6bulan itu?
    sedangkan gue juga harus kerja
    atau gue harus berhenti kerja?

  • Angga arya s

    Wuih thx atas infonya kak. BTW, ni artikel nya updatean bukan sih?

  • habib maulana

    makasih banget kak udah ngasih informasi kepada kita yang kelas 12 dan ngetik artikelnya sampai jarinya keriting...
    kak gimana cara membagi waktu untuk anak SMK seperti saya...yang bentar lagi ujikom,trus kemungkinan ada pelajran tambahan sampai sore ? mohon sarannya kak. 😀

  • habib maulana

    makasih banget kak udah ngetik artikelnya sampai jarinya keriting...kak gimana cara membagi waktu untuk anak SMK seperti saya...yang bentar lagi ujikom,trus kemungkinan ada pelajran tambahan sampai sore ? mohon sarannya kak. 😀

  • Saras Granita

    Hello kak glen. sori nih gue ngebahas topik lain.
    kak tolong link 'download soal' buat soal sbmptn 2015 bahasa indonesia segera dibikin ya. butuh banget nih:) thank u kak

  • Ibra

    Gue sebagai pengguna zenius taun lalu cuma bilang. Mendingan lo baca baek baek kata" dari zenius. Sumpah gua ga nyesel ikut zenius sekarang gue malah beneran berada di ptn yang gue ga sangka" bakalan masuk. Tadinya sih gue pikir gue bener" hopeless tapi dengan usaha ujung" nya masuk juga. Thankss a lot zenius <3

  • Ghusti Rakha

    Kak mau nanya, biar tahu kita tertarik sma tertantang sma jurusan itu gmn kak? Soalnya kalo sya pikir jurusan a sama b bisa aja dua2nya hehehe,,, mohon saran kak, maaf kalo agak oot, thanks

  • Khoiruddin Yusuf

    Bang Gue Lulus SNMPTN 2015 tapi gue rasa jurusan yang gue pilih ga cocok. dan gue mau coba lagi dengan milih keluar dari prody gue yang sekarang. ini keputusan besar dalam hidup gue, dan gue harus adaptasi lagi sama suasana persaingan dengan adik2 tingkat gue. Mau tanya presentase murid yang lulus dari zenius dengan kasus yang sama kaya gue berapa persen ya, dan saran lo buat gue apa?

  • reno lastchild

    zenius posisi teratas dalam pencarian google "SBMPTN" Congratulation

  • AGAMILLA

    aku disekolah rankingnya termasuk paling bawah dan nilai nila2 rapot ancur banget. materi materi nya juga sebagian besar gak ngerti (aku gak tau apa apa :'() .kalau mulai sekarang (dlm waktu 6 bulan doang) aku mulai belajar di zenius, mungkin gak bisa tembus sbm??

  • Ellin R. Asynari

    Saya baru kelas 11 dan udh ada rencana buat masuk fakultas ILKOM UI...was2 banget rasanya ngeliat artikel ini...tapi juga motivasi buat saya biar bisa belajar serius...:) Saya pasti akan terus baca artikel lain dan liat video2 nya...terimakasih buat artikel nya...sangat bermanfaat buat kami para pelajar yang punya cita2 lanjut ke Bangku Kuliah.

  • Wahyu Hadi Sumartono

    Kak Glen, mau minta saran nih... saya dah kelas 3 SMA nih kak, tapi wktu klas 1 & klas 2 saya tuh orangnya maless banget blajar, di sekolah juga sering gak merhatiin guru waktu pas KBM.... Sekarang saya udah tobat, & lagi semangat2nya buat blajarr, biar bisa masuk PTN faforit (Aamiin) :v ... tapi saya bingung mau blajarnya gimana.... Sedangkan materi - materi kelas 10 & 11 masih banyak yang belum dikuasai.... gimana nihh saran dari kak Glen?, ''Apakah saya harus blajar (mengulang) semua materi2 klas 10 & 11?'' ''Atau langsung to the point aja buat blajar SBMPTN dari sekarang?''

  • fadhila zara

    serem juga ya persentase kelulusannya O.o
    berarti aku masih punya waktu 1,5 taun buat ngejar nih :'D

    oh iya kak kalau masih lama begini enaknya belajar yg mana dulu ya? TKPA ato yg udh ke jurusan macem2?
    terus selain dari zenius, enaknya ngambil soal dri mana lagi ya?

  • Khoiruddin Yusuf

    Kak glen gue lulusan tahun 2015, gue udah keterima di salah satu ptn dan gue ngerasa gak srek sama jurusan gue saat ini nilai gue juga ga bagus2 amat. untuk itu gue keluar dari univ dan mau daftar lagi di jurusan yang gue minati sekarang. Pendapat lo gimana kak?

  • Nasiha Alvania Azzahra

    Gue baru nonton Xpedia guide 02 di situ gue bingung katanya kalo kita cuma targetnya SBMPTN aja belajarnya nomer 1 (Foundation, z learning guide, basic skills), nomer 3 akademik dasar dan 4 akademik lengkap. nomer 2 (TPA) enggak. padahal di rundown sbmptn ada TPA-nya. jadi harus belajar yang mana aja? gue IPC. thanks ^^

  • Mayang N

    Kak, video pembahasan emang lagi pada ga bisa dibuka apa cuma bisa di browser tertentu aja?

  • Rulianto Situmorang

    Bang Glenn, gw mau nanya, Kalo pilihan gw di SBMPTN : 1.Akuntansi-UGM 2.SBM-ITB 3.Akuntansi-UNDIP itu valid gk? Soalnya temen saya pernah bilang kalo pilihannya 3 PTN yg berbeda, maka prodinya harus sama. Itu bener gk sih bang glenn?

  • Rizky Fadly

    Bang glenn, gue ngebet banget nih buat masuk fakultas fsrd.nya itb jalur sbmptn 2016, ada tips khusus ga supya lulus fakultas fsrd itb, mohon bantuannya bang ???

  • Hamidah Gholibah M

    maaf keluar dari konteks,,, di zen.net kan soal Simak-UI 2013-2015 belum ada semua (tiap mata pelajaran), kira-kira Buat persiapan Simak 2016 nanti bakalan dibikin lagi nggak pembahasannya ka?
    thanks

  • morlita anggini

    kan tdi ktanya jgn bergntung sma stu fakultas di stu univ, tp kta kk klas saya, klo kita cma ngisi satu fkultas di satu univ, univ itu bkal liat btpa sserius ny kita utk msuk univ itu, dan kemungkinan msuk univ itu akan makin bsar, jdi gmna kak? trima kasih, mohob jawabnnya

  • amel NH

    ka ka ka ka, aku kelas 12. udah belajar sbmptn dari 2 bulan yang lalu, tapi masih ngacak gitu ga sesuai jadwal, ga teratur lah pokoknya. nah kata temen, belajar sbmptn mending nanti aja.. sekarang mah fokus UN pelajarin dasar dasar nya, nanti pas H-1bulan sbmptnnya baru tinggal nambahin. trus aku ngelak, "ya kalo kita udah belajar sbmptn, UN juga otomatis kita udah pelajarin ga sih". trus dia bilang, "beda belajarnya UN sama SBMPTN." nah gue udah liat Xpedia guide yang bilang ya mending sbmptn dulu aja, trus temen ada yang bilang gitu..jadi bingung hehe

  • Muhammad Ainur Rofiq

    kak glen, mau nanya dong. saya kelas 11 ipa, skrg lagi semester 2 udh fokus SBMPTN. secara dasar dasar nya saya lemah banget kak, kan berarti saya harus ulang materi dari kelas X untuk dasar2 nya ya kak, apa perlu ulang materi dari smp kak ? terus saya juga sebelum mulai itu kak karna masih bingung juga nih kak apa saya harus belajar TPA dulu atau belajar materi dasar2 nya dulu kak ?
    Mohon Jawabannya ya Kak, Makasih 🙂

  • Falah Kharisma N

    Kak glenn bener gak sih katanya kalau SBMPTN milih jurusan di yg pertama harus bener - bener soalnya kalau di jurusan pertama gagal nanti gak ada harapan keterima di jurusan kedua dan ketiga?

  • disqus_HWH3FN8Dos

    Hallo kak glen, aku suka bgt sama tulisan blog ini. Aku kelas 11 dan bentar lagi mau naik kelas 12. Pas awal kelas 12 aku pengen belajar ttg SBMPTN. Telat ga sih kak? Secara materi sbmptn banyak gila

  • Yustira Siagian

    keren banget ...
    sangat bermanfaat kak..

  • ilham rizki

    kak aku milih ujian IPC pilihan 1 Soshum, 2&3 saintek,kalo nanti
    semisal soshum nilainya tinggi, tapi sainteknya anjlok, gimana,,, mohon
    dijawab

  • Shavira Sp

    Kak, kl dpt jalur undangan itu kan melalui raport, yg dilihat itu nilai dari masing-masing pelajaran atau nilai rata-rata raportnya? Tlg dibls ya.

  • fero

    yaa disini saya masih bingung mau ngambil jurusan apa nanti padahal skrng saya sudah kelas 12

  • Yosuadi S. P

    Alamakk dh kls 12 nih.. msh bngung jg nih.. klw mis fokus ke SBM tkutny UN ny hancur klw mw fokus ke22ny susah atur wktu sy. Aplagi sy skolh disorong(papua barat) trus UNny berbasis komptr, trus mw kuliah di luar papua (dngr2 sih ktnya siswa dri papua jrng dtrima di luar sana, mungkn mesti pake money ato tdk krna dia putra putri daerh, tp ad jg yg murni.. yh krna otakny jg), bnyk yf mw diprtanykan?.Yesnokts bimbang e..jd mohon saran dan bantuanny dong kakak2 teman2 smua yg mndngrka???

  • Fatih Almutawakkil

    mas aku mau nanya, bisa ga kalo di sbmptn aku milih pilihan di 3 univ berbeda misal , pilihan pertama fttm itb , kedua Sistem informasi ui , ketiga sistem informasi unsri, terus aku tes nya di aceh , kan itu gada pilihan univ di aceh tapi itu masi di wilayah 1 , kira kira ada pengaruh untuk kelulusan ga? terus boleh ga aku milih 3 univ yang berbeda itu?

  • Fatih Almutawakkil

    mas aku mau tanya lagi, ada pengaruh kelulusan ga kalo misalnya aku tes diaceh daripada tes di jakarta?

  • Dimas Halim

    bang glenn untuk yang udah kuliah,tapi masih pengen ikut sbmptn tahun depan..itu cara ngatur waktu nya kaya gimana bang ? thanks

  • Yusniar Niar Elf

    Kakkk kan aku udah kelas 12 nih, niatnya mau ikut SBMPTN buat Unpad. Itu tesnya untuk tiap jurusan yang dipilih sama soalnya? Atau beda-beda?

  • Iva Yulia Dewi

    Bang Glennn tanya dong, Gini,kalo kita milih pilihan 123 sbm dengan 3 univ yg berbeda, dibandingkan hanya mengambil 2 univ, apakah benar itu mempengaruhi peluang diterima ?

  • Ilham Fajar Septian

    Mantap, Kak. Saya termasuk pemerhati Zenius dari kelas X. Haha. Dan pernah beli vouchernya yang setahun walau pemakaian ga maksimal karena disibukkan dengan les. At least, Zenius sangat bermanfaat untuk memotivasi saya hingga saya bisa masuk FH Unpad (walau lewat SNMPTN) dan saya bisa mencapai peringkat 1 Nasional TO SBMPTN salah satu bimbel yang ada di Indonesia.

  • Niken Dewi Yanoyun

    Halo ka.. eh mau nanya dong.. Jurusan Arsitektur PTN yang nerima lulusan SMK.. PTN mna ya ka?

    #masalahnya aku lulusan SMK Farmasi nih :'( tpi ngrasa ngk dpet apa".. alias salah jurusan 🙁

  • ayu

    kak glen gini, aku udah belajar buat sbm dari september, pas mau tryout yang tadinya bisa jadi ga bisa karna panik(singkatnya aku tuh panikan gitu kak) dan soal yang seharusnya bisa jadi kosong gara2 blank
    minta saran biar ga panikan kak :')

  • Ihsan Luak-Lieuk

    Belum lagi males-malesannya, lagi galau-galau sama cinta-cintaan lah, ada game keren baru keluar, dan hal-hal eksternal lain yang berpotensi mengganggu waktu belajar lo
    :3 it's something

  • kukoo sa

    bang, gua bingung bat dah bang, gua 3 tahun gapernah bener bener belajar, sekolah ranking 5 dari bawah terus, punya akun zenius kaga pernah gua pake, ortu gua udah sering marahin gua, tapi gua ya cuek cuek aja. gua takut banget si bang kagak keterima ptn yang gua pengen, cuman ya gua sadar diri gitu, kalo gua ga keterima ya karena gua gapernah belajar, dan setiap gua mau belajar, gua selalu mikir keras mulainya dari mana, semua pelajaran itung itungan kaga ada yang gua ngerti, alhasil malah buang buang waktu gajelas, bukannya belajar. minta saran bang 'INI GUA MULAI DARI MANA' sama menurut abang kalo gua bener bener mulai dari sekarang sbmptn gua bisa tembus gak bang?

  • TEE

    semoga zenius bisa gratis kaya khan academy

  • Putri Zuchairoh

    Bang Glenn, salah nggak sih kalau mengesampingkan sekolah buat SBMPTN?

  • ignasia iriani

    kak glenn aku masih bingung nentuin jurusan antara administrasi bisnis atau management , karena keduanya hampir sama dan berkaitan. adakah saran dari kak glenn tentang kedua jurusan ini ?

  • Astri Liya

    kak di matdas itu kan ada latihan soal matdas sama ipa. kalo belajar salah satu udah cukup belum si ? wkwk

  • Renal Aldi

    Kerennnn

  • Risky purba

    Bang, kl saya baru mulai belajar sbm dari bulan maret ini, kira2 kekejer ga ya materinya?

  • nurusyifa

    kak, kalo ikut jalur sbm, itu bener2 semua soal harus dikerjain ya? walaupun misalnya saya jurusan ips, harus ttp kerjain saintek? dan sebaliknya misalnya saya jurusan ipa, ttp ngerjain ygg soshum apa gimanaa kakk?

    • Faridatul Hidayah

      Bantu jawab ya,
      Nggak harus semua kok, itu tergantung kamu ambil prodinya apa, kalo misalnya prodi pertama kamu ambil yang masuknya soshum dan prodi kedua kamu ambil yang masuknya saintek baru kamu kerjain saintek dan soshum. Tp kalo dua-duanya soshum ambil yang soshum aja. Begitu juga dengan saintek.

  • silviani sisil

    bang glen, aku mau tanya sedikit dong, sebelum itu aku cerita dulu ya bang, jadi nih bang aye skarang pan masih kelas 11, tapi aku udah lumayan buat ngubek2 info tentang sbmptn, setelah aku nyari2 aku menyusun jadwal belajar aku.. tapi yaitu aku pusing sama banyaknya materi yang harus aku pelajarin tapi aku harus fokus sekolah dulu

  • Puspa Adawiya

    cara menghitung persentase penerimaan gimana?

  • Astikaria

    Kak glenn, mau nanya donh
    Saya berminat di jurusan Pendidikan Matematika Untirta
    Saya milih jurusan itu lewat SNMPTN, ternyata gagal. Menurut kakak saya ngambil jurusan itu lagi gak di SBMPTN? saya udah nyari nyari tentang passing grade dan daya tampung. Passing grade nya 32% dan daya tampungnya 48 dengan jumlah peminat 660 ditahun 2016, yang lolos di 2016 ada 32 siswa. Nah, Tadi pas pengumuman SNMPTN disekolah saya yang lolo jurusan itu cuma 1 siswa.
    SBMPTN ada kuota per sekolah gak kak?
    Terus, kalo misalnya hasil SBMPTN saya diatas Passing Grade jurusan yang saya pilih, tapi masih banyak yang jauh diatas saya, kira kira saya tersingkir ga kalo dilihat dari daya tampunganya?
    apa saya harus bisa ngeraih 40% sampai 50% buat PG saya di SBMPTN nanti?

    Maaf mengganggu waktu kak Glenn
    Makasih ya kakkkk. Reply kakak aku tunggu

  • Puspa Adawiya

    cara menghitung persentase penerimaan bagaimana?

  • Ismaya

    Selamat malam kak,
    Kak aku mau nanya nih tentang jurusan yang rencananya mau aku pilih sekarang aku kelas 11 ipa dan aku tertarik mau crossing path(tapi aku juga udah nyiapin jurusan yg sesuai) , menurut kakak persiapan buat nyiapin diri untuk mencoba apa yang belum pernah kita tekuni selama ini gimana, dan juga untuk meyakinkan kalo kita mampu untuk mengambil langkah yang menentukan masa depan kita itu apa
    Btw aku baru kali ini baca blog kakak dan pertama kalinya aku suka baca blog sampe larut kek ini hehe
    Untuk jawabannya saya ucapkan terimakasih
    (Ps: update terus ya kak, fighting!)

  • Fajrin Nur Azizah

    makasih banget kak saran2nya 🙂