LTMPT, Pembeda UTBK 2020 Dengan Tahun-tahun Sebelumnya

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi kembali mengalami perubahan. UTBK 2020 memiliki beberapa perbedaan dengan UTBK sebelumnya. Salah satunya adalah dengan hadirnya LTMPT.

Apa sih yang membedakan UTBK tahun 2020 dengan tahun sebelumnya? Tentunya, ada hal-hal yang membedakan keduanya. Perbedaan-perbedaan tersebut sudah kubahas di tulisan sebelumnya gaes. Salah satunya adalah adanya lembaga baru bernama LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Jika tahun lalu dan tahun sebelumnya baik SNMPTN maupun SBMPTN memiliki website pendaftarannya sendiri, mulai tahun ini apapun jalurnya, daftarnya lewat LTMPT. Nah, Kali ini aku mau fokus bahas apa itu LTMPT. 

Penyelenggara Tes Masuk Perguruan Tinggi 

Ya intinya sih LTMPT adalah penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) resmi. Sebagaimana kepanjangan dari LTMPT itu sendiri juga yang kalau dijabarin jadi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. LTMPT didirikan karena dibutuhkannya suatu lembaga yang dapat menyelenggarakkan tes yang permanen, kredibel, proporsional, efektif serta efisien. 

Mengapa Harus Ada LTMPT?

Sebelumnya udah dibahas kalau LTMPT diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan adanya sebuah lembaga yang dapat menyelenggarakan tes masuk PTN. Namun apa cuma itu saja alasannya? 

Ada berbagai tujuan mulia dari pendirian LTMPT. Tujuan-tujuannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. 
  2. Pembuatan satu sistem tes berstandar nasional. LTMPT membuat semua jalur masuk perguruan tinggi negeri hanya melewati satu pintu saja. Tidak lagi ada satu website untuk satu jalur. 
  3. Pengembangan model dan proses seleksi PTN yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Hal yang menarik karena di dalam website LTMPT dijelaskan bahwa mereka masih mengembangkan proses seleksi dengan menggunakan android. Well, akan menarik untuk melihat jika suatu hari nanti para calon mahasiswa mengikuti seleksi di ponselnya sendiri-sendiri. 
  4. Diperlukannya suatu model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
  5. Diperlukannya suatu instrumen andal yang mampu mengukur potensi dan kompetensi akademik peserta.

LTMPT Ngapain Aja Tugasnya?

Pastinya pendirian LTMPT tuh ada fungsinya. Seenggaknya ada 3 fungsi dari LTMPT  

  1. LTMPT berfungsi untuk mengelola dan mengolah data calon mahasiswa sebagai bahan seleksi. Buat kamu yang daftar masuk PTN mau lewat jalur mana pun, data yang kamu masukkan saat daftar dikelola oleh LTMPT. Kebijakan yang oke sih biar semuanya bisa lewat satu pintu aja gitu.
  2. Selain berfungsi untuk mengurus data calon peserta, LTMPT jugalah yang menjadi pelaksana UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). 
  3. Setelah mengurus data pendaftar dan menyelenggarakan ujian, LTMPT selanjutnya juga berfungsi sebagai penyampai hasil UTBK baik kepada peserta maupun kepada PTN tujuan. Wah kalau dipikir-pikir ini seperti tugas makcomblang saja ya. 

Pendaftaran LTMPT Untuk UTBK

Setelah membahas serba-serbi LTMPT, aku mau ingetin cara buat daftar LTMPT nih. 

Di Bawah Naungan Kemendikbud

Buat kalian yang punya perhatian lebih pada struktur negara mungkin ingin tahu LTMPT tuh ada di bawah kementerian apa. Kalau secara hierarki, LTMPT berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Sumber gambar bagan pendaftaran UTBK
https://ltmpt.ac.id/?mid=8


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini