Lomba Blog: Yuk Rancang Rencana Belajarmu tahun 2018 bareng Zenius!

Yuk manfaatkan liburan akhir tahun dengan bareng-bareng membuat rancangan perencanaan belajar tahun 2018 bersama Zenius! Bagi kamu yang bisa membuat rancanagan belajar yang detil dan menarik, bisa mendapatkan hadiah bundle buku-buku legend rekomendasi zenius!

Halo guys, gak kerasa bentar lagi udah liburan akhir tahun aja nih. Oke, dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, sekaligus merayakan liburan akhir tahun, udah jadi tradisi bagi Zenius untuk mengadakan lomba menulis blog bagi para pengguna zenius! Untuk lomba kali ini, hadiah pemenangnya bakalan spesial banget, karena masing-masing pemenang akan mendapatkan salah satu dari 5 bundle buku impor berisi pesan dan tanda tangan dari tutor-tutor Zenius. Berikut adalah 5 bundle hadiah bagi 5 orang pemenangnya:

BUNDLE 1

BUNDLE 2

BUNDLE 3

BUNDLE 4

BUNDLE 5

Gimana, keren-keren kan bukunya? Buku-buku di atas bisa dikatakan adalah buku-buku legendaris yang telah menginspirasi banyak orang untuk menekuni bidangnya masing-masing. Dari astrofisika, geografi, sosiologi, medis, sejarah, sampai ilmu politik dan ekonomi dunia. Beberapa buku di atas memang udah sempat pernah dijadikan hadiah lomba sebelumnya, namun karena respon audience zenius nampaknya sangat antusias dengan buku-buku sains klasik, jadi gue memutuskan untuk menjadikan beberapa buku yang sama sebagai hadiah lomba kali ini.

Konsep Kompetisi Blog Zenius

Mungkin sebagian dari lo ada yang tau kalo zenius secara rutin mengadakan kompetisi nulis blog sejak tahun 2014. Pada prinsipnya sih, konsep lomba kali ini mirip banget dengan lomba-lomba sebelumnya, cuma tema-nya aja yang berubah. Untuk tema lomba kali ini, gua pikir bakal seru kalo lo mengisi liburan tahun baru ini untuk merancang rencana belajar di tahun 2018! Nah, karena itulah tim Zenius memutuskan tema lomba blog pada Desember 2017 kali ini adalah Rencana Belajar tahun 2018 Bersama Zenius!

Nah, khusus bagi yang sekarang duduk di kelas 12, terlepas lo ikut lomba ini atau nggak, gua sangat menyarankan untuk mulai merancang rencana belajar lo dari sekarang, untuk menyambut berbagai macam tantangan sampai akhir tahun ajaran, dari mulai UTS/UAS, Ujian Nasional yang terbagi menjadi USBN & UNBK, sampai tes masuk universitas seperti SBMPTN dan berbagai Ujian Mandiri seperti SIMAK UI, UTUL UGM, USM STAN, dll.

Untungnya nih, materi belajar di zenius.net udah lengkap banget. Semua materi pelajaran dari UTS, UAS, Ujian Nasional, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri semua udah komplit tinggal dijalani aja proses pemahaman materi dan latihan soalnya. Berikut beberapa di antaranya:

Nah, dengan adanya lomba blog ini, gua berharap lo jadi lebih semangat dan terpacu untuk menulis rencana belajar & jadwal belajar yang betul-betul rapi, terstruktur, dan lengkap sampai senggaknya akhir tahun ajaran 2017/2018.  Jadi konsepnya, lo bikin rancangan rencana belajar lo di tahun 2018 bersama Zenius di blog pribadi lo masing-masing. (terserah dalam format wordpress, blogspot, atau website pribadi)

Zenius cuma ngasih 1 syarat aja untuk kompetisi ini : Lo wajib mencantumkan hyperlink ke domain zenius.net atau zenius.net/blog di dalam artikel yang lo tulis. Hyperlink itu boleh mengarah pada laman salah satu video materi di zenius.net misalnya: halaman video pembahasan Soal TPA SBMPTN, atau misalnya ke salah satu artikel di blog zenius yang lo pikir bisa menjadi referensi yang tepat dalam perencanaan belajar lo. Okay, gampang banget kan syaratnya?

Nah, mungkin sebagian dari lo masih ada yang bingung apa maksudnya “mencantumkan hyperlink ke domain zenius”? atau mungkin lo juga belum tau gimana cara melakukannya. Okay, buat lo yang belum ngerti istilah hyperlink itu apa, berikut penjelasan gue:

kalo lo perhatiin, pada hampir semua tulisan di blog zenius selalu ada kalimat yang berwarna biru, terus kalo di-klik kamu akan diarahkan pada website lain yang merupakan sumber referensi dari kalimat tersebut – Nah, itulah yang namanya hyperlink! Sekarang bagi lo yang belum tau gimana caranya mencantumkan hyperlink, nih gua kasih tau caranya dengan 4 tahap:

Okay, sekarang udah ngerti yah kira-kira maksudnya hyperlink itu apa? Udah kok syaratnya cuma satu itu doang, simpel banget kan? Gak perlu bikin pendaftaran segala macem, apalagi harus bayar lagi untuk ikutan lombanya. Lomba ini gratis, tis, tis! Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait lomba ini:

 

Informasi terkait Kompetisi Blog Zenius

 

1. Apa tema tulisan artikel lomba blog zenius kali ini?

Temanya tentang : “#Rencana Belajar Bersama Zenius”. Perlu ditekankan bahwa tema lomba ini bukan (tidak harus) menjadi judul artikel lo nantinya. Lo bebas bikin judul kayak gimanapun juga, misalnya seperti ini “Rencana Gue Belajar bareng Zenius untuk SBMPTN 2018” atau “Strategi Belajar Gue untuk SIMAK UI 2018”. Pokoknya judulnya bebas yang penting isi ceritanya emang terkait dan relevan dengan tema lomba kali ini, yaitu “#Rencana Belajar Bersama Zenius”.

 

2. Apa saja aspek-aspek penilaian dalam lomba blog kali ini?

Berikut adalah aspek-aspek yang akan dinilai dalam lomba blog ini:

  • Komprehensif : sejauh mana lo menceritakan rencana belajar lo dengan detil dan bersesuaian dengan materi-materi yang ada di zenius.net dan zenius.net/blog.
  • Kreativitas : Sejauh mana lo membut tulisan lo menarik untuk dibaca. Coba lo kemas tulisan lo sekreatif mungkin agar menarik untuk dibaca yak! Bisa jadi dengan menaruh jadwal belajar yang rapi, atau skema belajar yang menarik untuk dijalani.

 

3. Gue gak biasa nulis di blog nih, tulisan yang bagus itu kayak gimana sih?

Naah.. buat lo yang mungkin kurang pede sama kemampuan menulis lo, atau yang penasaran biasanya penilaian pemenang dari zenius itu berdasarkan hal apa saja. Lo bisa baca artikel tentang tips nulis artikel blog yang menarik di sini, atau lo juga bisa cek gimana kualitas artikel pemenang lomba-lomba blog sebelumnya di sini:

FYI: Bagi para peserta lomba yang sebelumnya pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog zenius sebelumnya, tidak akan dimenangkan kembali pada lomba blog ini.

 

4. Format tulisannya seperti apa sih?

Mungkin ada banyak yang bingung nulis artikel berupa perencanaan belajar itu seperti apa. Nah, supaya lebih kebayang, gua coba bantu kasih kerangka tulisannya yak:

  • Pertama, lo bisa ceritain apa yang jadi target tujuan belajar lo di tahun 2018, misalnya target lo adalah masuk kuliah kedokteran melalui jalur SBMPTN atau SIMAK UI, atau lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata di atas 85, atau lo punya target akademis bisa masuk ranking 5 besar di kelas.
  • Kedua, lo bisa ceritain sekilas apa itu zenius dan bagaimana materi belajar di zenius bisa membantu lo merancang rencana belajar lo di tahun 2018 untuk mencapai target yang udah lo buat sebelumnya.
  • Ketiga, lo bisa mulai rancang rencana belajar lo bersama zenius. Lo bisa membuat target mingguan, misalnya minggu pertama Januari belajar materi zenius TPA SBMPTN, minggu kedua belajar materi Bahasa Inggris SBMPTN, dst. Salah satu contoh cara membuat jadwal belajar yang benar, udah pernah gua tulis di artikel: Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif. Gua sangat menyarankan lo ngikutin panduan cara membuat jadwal belajar di artikel tersebut.

 

5. Gimana caranya daftar jadi peserta lomba?

Okay, untuk pendaftaran peserta lomba akan digabung sekaligus dengan form penyerahan artikel dari blog pribadi lo masing-masing. Caranya tinggal ngisi data diri sekaligus kasih link ke artikel buatan lo di sini aja:

Kumpulin Hasil Rancangan Rencana Belajar Lo Di Sini

 

7. Kapan batas akhir waktu penyerahan artikelnya?

Batas akhir submit artikel untuk kompetisi blog zenius kali ini adalah SENIN, 8 JANUARI 2018 TEPAT PKL 24:00 MALAM. Satu orang peserta boleh ngirim lebih dari 1 artikel (sebanyak apapun boleh asal artikelnya beda2) tapi satu orang peserta hanya maksimal bisa menang satu kali doang. Sementara pengumuman pemenang akan diberitakan JUMAT, 19 JANUARI 2018.

****

Okay, buat lo yang mungkin masih belum ngerti atau mau nanya-nanya tentang persyaratan lomba, langsung aja tinggalin pertanyaan di bawah artikel ini, nanti akan coba dijawab langsung sama Glenn atau Kak Fanny. Buat lo yang udah bikin artikelnya, bisa langsung submit ke link di bawah ini:

Kumpulin Rancangan Rencana Belajar Lo Di Sini

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.