Pengertian Disposable Income – Materi Ekonomi Kelas 11

Pengertian disposable income

Sobat Zenius, kita ngomongin salah satu komponen pendapatan nasional, yuk!

Ah mager ah, ngomongin duit negara mulu, gak pernah ngobrolin duit kita~ 

Eits, tenang! Jangan galau dan gelisah dulu, karena hari ini gue mau bahas soal komponen pendapatan nasional yang sedikit berhubungan sama pendapatan pribadi. Hah? Gimana, gimana? Nah, makanya ayo kita bahas!

Pendapatan Nasional

Jadi kali ini gue mau bahas tentang disposable income, guys. Hah, apa itu disposable income? Nah, sebelum gue jelasin pengertian disposable income, ada baiknya kita mengingat sedikit tentang pendapatan nasional. Pendapatan nasional adalah pendapatan atau nilai total dari semua kegiatan perekonomian suatu negara dalam suatu periode waktu tertentu.

komponen pendapatan nasional
Enam komponen pendapatan nasional (Arsip Zenius)

Setidaknya ada 6 komponen penghitungan pendapatan nasional, guys. Masih ingat apa aja? Yang pertama ada Gross Domestic Product (GDP) yaitu jumlah seluruh produk yang dihasilkan oleh seluruh masyarakat, termasuk WNA, di suatu negara. Terus, ada Gross National Product (GNP) yang merupakan jumlah nilai seluruh produk yang dihasilkan hanya oleh WNI, termasuk WNI yang bekerja di luar negeri.

Selanjutnya, ada Net National Product (NNP) yang merupakan GNP dikurangi depresiasi atau penyusutan modal. Lalu, ada Net National Income (NNI) yang merupakan NNP dikurangi pajak tidak langsung.

Nah, dari tadi yang gue sebutin kan nasional-nasional, terus yang pendapatan pribadi mana? Si komponen kelima dari pendapatan nasional adalah Personal Income (PI). Penghitungan personal income adalah NNI dikurangi pembayaran jaminan sosial, laba ditahan, pajak perusahaan, dan ditambah dengan transfer payment yang dibayarkan pemerintah.

Baca Juga: Pendapatan Nasional

Apa Itu Disposable Income?

Nah, meski namanya personal income, uang ini belum bisa digunakan karena masih harus dikurangi oleh pajak langsung. Setelah personal income dikurangi pajak langsung, kita akan mendapat komponen keenam dari pendapatan nasional, yaitu Disposable Income (DI). Disposable income ini adalah pendapatan yang siap dibelanjakan.

Duh, panjang banget penjelasannya! Contoh disposable income itu gaji bulanan orang tua, kan? Iya, bener banget, guys! Tapi kan gaji bulanan dari perusahaan masih dipotong pajak-pajak tuh, nah gaji bulanan yang udah bersih, sih, sih atau take home pay inilah yang disebut disposable income atau pendapatan disposibel.

Terus kenapa disebut pendapatan yang siap dibelanjakan? Ya, karena dari pendapatan inilah kita bisa berbelanja makanan, es kopi dan boba, photo card, atau paket-paket di Zenius he he he. Terus, selain dibelanjakan bisa untuk apa lagi? Tentu ditabung guys untuk investasi.

rumus disposable income
Rumus disposable income (Arsip Zenius)

Oke, dari penjelasan di atas berarti udah tau dong cara menghitung disposable income. Rumusnya mudah aja, kok, guys yaitu personal income dikurangi pajak langsung. Pajak langsung itu biasanya berupa Pajak Penghasilan (PPh).

Baca Juga: Unsur-Unsur Pajak dan Fungsinya

Peran Penting Disposable Income

Oke, gue udah jelasin banyak hal tentang disposable income, termasuk kalau dia adalah salah satu komponen dari pendapatan nasional. Nah, menurut elo, kenapa disposable income yang merupakan pendapatan pribadi ada pengaruhnya sama pendapatan nasional?

Disposable income berpengaruh pada daya beli dan pola konsumsi
Disposable income adalah indikator utama daya beli masyarakat (Arsip Zenius)

Pertama, disposable income itu indikator utama untuk melihat daya beli dan pola konsumsi masyarakat. Tingkat daya beli masyarakat berpengaruh pada bisnis. Jika tingkat daya beli masyarakat rendah, demand akan berkurang dan sebaliknya. Disposable income masyarakat menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam membuat produk.

Nah, jika tingkat daya beli masyarakat secara umum rendah, bisnis secara umum juga akan terpengaruh. Bisnis harus mengurangi produksi dan merampingkan jumlah karyawan. Nah, kalau bisnis lesu dan daya beli masyarakat lesu? Dampaknya perekonomian negara juga akan lesu, dari sana pun negara perlu mengambil kebijakan mengenai mekanisme pasar. Jadi, karena inilah disposable income berhubungan dengan pendapatan nasional.  

Baca Juga: Pemerintah Bisa Menurunkan dan Menaikkan Nilai Mata Uang Rupiah Lho, Gimana Caranya?

Sobat Zenius, pembahasan gue soal disposable income udah selesai, nih. Supaya elo lebih ngerti, mending kita coba kerjakan contoh soal disposable income ini, yuk!

Contoh Soal Disposable Income

Contoh Soal 1

Penjelasan disposable income yang paling tepat adalah…

a. Pendapatan siap dibelanjakan

b. Pendapatan pribadi yang belum dikurangi pajak

c. Pendapatan nasional seluruh warga negara

d. Pendapatan seluruh penduduk di suatu negara

Jawaban: a. pendapatan siap dibelanjakan

Pembahasan:

Disposable income adalah pendapatan pribadi atau perseorangan yang sudah dipotong pajak langsung. Pendapatan ini siap digunakan untuk dibelanjakan atau investasi. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah a. pendapatan siap dibelanjakan.

Contoh Soal 2

Disposable income adalah selisih perhitungan personal income dikurangi dengan…

a. Personal income

b. Pajak perusahaan

c. Pajak langsung

d. Pajak tidak langsung

Jawaban: c. pajak langsung

Pembahasan:

Untuk menjawab soal ini, kita bisa kembali melihat rumus disposable income. Cara mencari disposable income adalah personal income dikurangi pajak langsung, maka jawaban yang benar adalah c. pajak langsung.

Contoh Soal 3

Jika diketahui personal income warga negara A adalah sebesar 8000, pajak langsung sebesar 500, dan pajak tidak langsungnya adalah sebesar 500. Hitunglah disposable income warga negara A!

a. 9000

b. 8500

c. 7000

d. 7500

Jawaban: d. 7500

Pembahasan:

Meskipun ada tiga komponen penghitungan yang disebutkan di soal, namun cara mencari disposable income adalah personal income dikurangi pajak langsung. Jadi, 8000-500 = 7500. Maka, jawaban yang paling tepat adalah d.

Sobat Zenius, gimana materi kita hari ini? Seru banget, kan! Kalo elo mau belajar lebih jauh tentang materi ini, lo bisa banget nonton video-video dari Zenius dan kerjakan soal-soalnya, ya!

Pengertian Disposable Income - Materi Ekonomi Kelas 11 9

Bagikan Artikel Ini!