Gagal SBMPTN & SIMAK UI, Gimana Dong ?

Gagal SBMPTN & SIMAK UI, Gimana Dong ?

Masa SMA udah lewat. Di atas kertas, elo-elo pada harusnya sih udah dianggep dewasa dan bisa nentuin masa depan lo sendiri bakal kaya apa n mau jadi apa. Buat elo-elo yang keterima di perguruan tinggi negeri favorit pilihan lo semua entah melalui SNMPTN Undangan, SBMPTN, SIMAK UI, atau UM, gue ucapin selamat. Buat elo yg belum beruntung, gue ucapin selamat juga, karena elo diberi kesempatan sama nasib buat bisa nentuin pilihan buat hidup lo lebih dini ketimbang temen-temen lo yang lolos SBMPTN, SIMAK UI, maupun ujian masuk PTN lainnya, yang otomatis doong mereka langsung daftar ulang ke kampus yang bersangkutan.

Biasanya, anak-anak SMA klo udah lulus, pikirannya cuma satu, kuliah. Mau negeri kek, swasta kek, akademi kek, institut ikatan dinas kek, pokoknya kuliah. Ga keterima negeri, ya gapapa lah masuk swasta. Yang penting nggak nganggur. Padahal, sebelumnya lo jungkir balik mati-matian selama periode intensif buat sebisa mungkin ningkatin kemampuan lo ngerjain soal2 model SBMPTN, demi bisa keterima di PTN pilihan dan jurusan pilihan lo.

Pas nggak keterima, nawar deh.. Swasta gapapa laah, yg penting nggak malu-maluin di depan keluarga dan temen-temen gara-gara nganggur. Yaa sebenernya sih, nggak ada yg salah sama perguruan tinggi swasta. Buat lo-lo pada yg udah memiliki niat teguh kukuh berlapis baja buat masuk PTS yg emang lo idamkan ya sah-sah aja. Toh banyak bgt kok PTS yg bagus. Yang mau kita bahas di sini tuh ya kalo-kalo aja lo masuk PTS dengan keadaan terpaksa, setengah hati, ogah-ogahan, cuma gara-gara biar berstatus sebagai mahasiswa. Lebih parahnya, udah setengah hati masuk PTS nya, ngasal pula ngambil jurusannya. Trus taun kedua mulai males-malesan kuliah, meleng lah, bolos lah, ikut geng motor lah, dsb. Nah klo udah kaya gini nih itungannya lo jadi buang-buang uang, Men. Klo bisa dihindarin, segala tingkah laku yang menuju kepada inefisiensi mbok ya ditinggalkan.

Sebelom kita lanjutin obrolan kita, ada bagusnya lo baca-baca dulu nih tulisan Sabda tentang Alumni : Ngulang ato Nggak ngulang ?. Udah? Yuk lanjut...

Kaget nggak? Mayan yah, abis baca tulisan di atas. Ternyata, banyak banget manfaat yang bisa lo ambil kalo aja lo berani untuk ngambil langkah tegas dalam hidup. Yaitu berani ngorbanin setaun aja waktu demi masa depan yg lebih sesuai impian lo. Nah, sekarang kita bahas aspek yg lain nih, yg berkaitan sama keadaan lo sekarang.

Kira-kira apa sih yg jadi hambatan lo untuk ngulang setaun buat mempersiapkan diri buat SBMPTN sebagai alumni? Yuk, kita kupas atu2:

1. Malu ama ortu, temen, pacar, gebetan

Ini alasan walaupun paling ecek-ecek, tapi paling gede nih kerasa efeknya dalam mental elo2 pada. Gile, mau dikata apa nanti klo gue nganggur nggak ngapa-ngapain sewaktu temen-temen gue yg lain pada sibuk kuliah. Bakal diribetin emak bapak deh ini. Bakal diilfilin pacar atau gebetan deh ini. Bakal dikucilin temen-temen yg pada ngomongin serunya kehidupan kuliah deh ini. Daaaan berbagai macam pikiran-pikiran jorok lainnya yang mungkin nongol di otak elo. Nah, ini dia nih kata-kata kuncinya: "Di otak elo!". Belum tentu banget pikiran-pikiran itu muncul di pikiran orang-orang yg lo sayangin tersebut. Jangankan setaun, sebulan aja paling mereka udah cuek. Nah, hal ini juga bisa jadi makin maksimal klo lo bisa komunikasiin tujuan, alasan, dan manfaat dari kengangguran lo selama setaun ke mereka. Dijamin deh, mereka makin maklum dan ujung-ujungnya ngedukung pilihan lo.

2. Buang-buang waktu

Nganggur setaun?? Sayang gilaa.. Umur makin tua iniiii..
Men, yang namanya Homo Sapiens itu umur rata2nya berkisar 65--75 taun, sukur-sukur lebih. Coba lo bayangin, lo sayang umur setaun trus ngejalanin kuliah yang bukan idaman lo yang berpotensi buat bikin elo males-malesan dan akhirnya malah nggak lulus-lulus, mendingan tahan setaun buat cari strategi biar bisa masuk perguruan tinggi favorit lo. Klo strategi lo bener, kemungkinan lo keterima di taun berikutnya makin gede, karena juga lo udah pernah punya pengalaman sama "pertempuran"nya itu sendiri. Dengan nunda setaun, lo berpotensi nyelametin 40an lebih sisa umur yg elo punya dengan kuliah di bidang n institusi yg lo suka. Dijamin deh, klo lo ngambil jurusan yg tepat di universitas/institut yang berkualitas, pengabdian lo ke masyarakat setelahnya bakal jadi hal yang menyenangkan buat elo. Hepi deh idup.. Beres..

3. Bosen gilaa, nggak ngapa-ngapain setaun

Ladies n Gentlemen, nggak kuliah bukan berarti nggak ngapa-ngapain yah. Banyaaaak banget yang bisa lo lakuin selama setaun. Tapi yg terutama, lo bisa susun strategi lebih mateng buat ngerencanain masa depan lo, tempat kuliah lo, dan cara efektif buat tembus SBMPTN / Ujian Mandiri taun depan. Dan kali ini nggak keganggu PR n tugas sekolah, nggak keganggu guru, nggak harus kepaksa bangun pagi macet-macetan buat sekolah. Free..!!  Sementara waktu setaon itu, lo cari buanyak banget pengetahuan yang nggak akan bisa lo dapet dari sekolah, lo bisa mulai coba aktif di organisasi, cari aktivitas baru, coba hobby baru, baca buku-buku keren, nonton film seru, travelling, pokoknya hal positif apapun yang selama ini mungkin ketunda karena sibuk kegiatan akademis.

Nah, buat elo-elo yang masih aja bermuram durja gara-gara nggak lolos SBMPTN dan SIMAK UI, coba deh kalian liat Catatan Perjuangan Murid zenius. Buat lo yang lolos SIMAK, bisa juga sekalian nulis catatan perjuangan kalian di comment blog itu. Nah, di catatan tersebut, lo bisa liat bahwa yang bisa lulus tuh bukan cuma hoki doank, tapi karena emang persiapan yang bener-bener mateng dan hasil dari perjuangan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Anyway, ini bukan berarti gua bilang kalo perjuangan lo kurang keras yah, cuma emang mungkin belum tepat sasaran aja.

Kayanya secara umum udah semua yah dibahas, apa aja alesan yg bakal muncul di otak lo mengenai penundaan kuliah setaun, dan juga cara2 penanggulangan2nya. Mudah2an bisa ngebantu elo-elo pada dalam menentukan pilihan ke depannya. Nah, sebagai hiburan yang bisa dijadiin pelajaran, lo tonton deh tuh film "3 Idiots". Nyambung, Men. Dan jangan lupa, menunda kuliah bisa banget berarti lo mempersiapkan diri lo buat kehidupan yg lebih menyenangkan, klo strategi yg lo tempuh buat pertempuran taun depan bener dan terarah.

Selamat menempuh pilihan, Guys!

[Catatan Editor : Guys, just want to remind you.. Gua bener-bener harepin banget buat lo baca juga tulisan Sabda tentang SNMPTN Alumni : Ngulang ato Nggak ? dan juga Catatan Perjuangan Murid Zenius ]

=====================================================================

PS. Mumpung baru mulai tahun ajaran baru dan pastinya lo masih punya banyak waktu buat mempersiapkan diri semateng-matengnya untuk Tes PTN tahun depan, gue saranin sih lo hajar nih Xpedia 2.0 atau zenius.net sebagai amunisinya. hehe.
Good Luck!!

Informasi Xpedia 2.0 terbaru untuk thn ajaran 2014-2015
Informasi Zenius.Net (udah ada lebih dari 40.000 video nih)

Oia ini juga ada bbrp tulisan keren yang moga-moga aja bisa ngebantu lo untuk tembusin Tes PTN thn depan : 
7 Langkah Strategis Untuk Belajar SBMPTN

Apa Sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?

SNMPTN Undangan Dan Strateginya

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Faisal Aslim adalah kontributor Zenius Bog. Faisal mengambil gelar Pascasarjana di Jurusan Psikologi Klinis - Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Faisal at @ularnegeri

  • Caesario Oktanto K

    minta pendapatnya dong, jadi gua baru gagal 4 kali (undangan, SBMPTN, STIS, SIMAK UI). Nah sampai detik ini gua sih masih berpeluang jadi mahasiswa STSN, hari senin tanggal 22 nanti gua bakal tes terakhir (pantukhir). Tapi jujur didalam lubuk hati gua yang paling dalam lah pokoknya, gua masih mau berjuang buat kuliah di jurusan Matematika (PTN), nganggur setaun pun gua jabanin. Tapi ortu gua pengen banget gua masuk STSN, gua agak kurang suka sih karna kuliahnya monoton (menurut gua). Mungkin jadi pertanyaan kan kenapa gua bisa sampe tembus tes terakhir, pengennya sih gua jadiin cadangan ternyata yang lain malah belom dapet. Sekarang niat gua pengen gua jadiin cadangan malah ragu, karna gua masih SUKA BANGET!!! coy sama dunia Matematika. Singkatnya sih gua masih pengen berjuang di jurusan Matematika (PTN), tapi ortu gua pengen gua ambil STSN (insya Allah kalo lolos), kira-kira gua harus gimana ya?

    • Faisal Aslim

      Salah satu tantangan paling keren pas beranjak gede tuh bisa berargumen sama ortu (dgn cara yg sopan, tentunya) soal masa depan lo sendiri.. Coba kemukain ama beliau apa yg lo rencanain tth masa depan lo.. Berani doong hrsnya

      • Caesario Oktanto K

        udah kak, jujur soalnya masalah biaya

        • Faisal Aslim

          Maksudnya masalah biaya? Bukannya klo nganggur nunggu setaun malah hemat biaya yah..

          • Caesario Oktanto K

            iya ortu gua pengen gua di STSN karna tiap bulan gua digaji tanpa ada biaya kuliah (kec. uang pangkal, itu juga murah), mungkin gua akan jadi orang terbodoh karna nolak itu misalnya, tapi gua ngerasa kurang srek aja gitu kalo dibandingin minat gua di Matematika

          • Faisal Aslim

            Saran, coba nonton 3 idiots.. Asli penting banget tuh film buat kondisi lo sekarang.. Dijamin nangis termewek2 pas nontonnya.. Hehehe

            Tapi intinya, yg ngejalanin kuliah tuh kita sendiri bukan ortu. Ya emang masalah biaya emang beban mereka. Lo punya jalan keluar ga buat yakinin ortu lo klo lo mau nganggur buat siapin SMBPTN taun depan, tapi di sisi lain ga ngebebanin ortu lo banyak soal finansial..?

          • Caesario Oktanto K

            udah pernah nonton gan haha tapi boleh juga sih nonton lagi hehehe

            gua sih udah niat bakal part time. Memang sih bakal lebih berat ketimbang gua di kedinasan, tapi kalo gua suka kan pasti ngejalaninnya terasa tanpa beban, tapi sama ortu ga boleh katanya gua masih tanggung jawab mereka, ya kalo gitu kenapa ga diturutin aja ya kemauan gua? Niat gua kan juga nuntut ilmu, ibadah juga kan

          • Faisal Aslim

            Nah kayanya udah mayan mateng tuh pertimbangan lo.. Skrg ya ga usah ditunda, cari waktu yg enak buat ngomong ama ortu.. Ayo perjuangin masa depan ideal buat lo. Tapi klo kira2 ortu kasi argumen yg masuk akal, mbok ya didengerin juga. Pengalaman mereka jaauuuh lebih banyak ketimbang elo

          • Caesario Oktanto K

            woke kak thanks bantuannya

          • Jansen Alfredo

            kalo lo bisa masuk PTN, kemungkinan besar dapet beasiswa mah gede banget kok, asal lo emang ga mampu yah. Selama gue kuliah di UI, banyak banget temen gue yang dapet beasiswa, mulai dari semesternya cuma 1 juta, terus bebas uang pangkal, bahkan beberapa ada yang dikasih uang saku perbulannnya dan bebas biaya apapun, terus ada yang dikasih laptop juga. Tapi lo emang harus niat ngurusin administrasinya, ngasih surat keterangan dr RT, surat tagihan listrik dan lainnya. Dan untuk biar dapet uang saku tiap bulan, biasanya minta IP di atas 3,3 kalo ga salah. Intinya jgn bgtu khawatir mengenai biaya kalo emang dpt jalur reguler yah. Tp di kampus lain gue ga bgtu tau sih.
            Jadi saran gue kejar terus Matematika loo, hehehe

    • Pardomuan Ignasius Hutajulu

      Gini aja , lo kan masih ada tes terakhir lagi kan stsn ? Yaudah lo kalah-kalahin aja . Biar aja lo dibilang ga lukus. Kan oranng tua lo ga bakalan maksa lagi ? Ia kan ? Nah, psda akhirnya orang tua lo bakalan ngizinin lo buat ngulang lagi tahun depan , percaya deh.

  • Rendo Arlen

    sama ni sama caesario kak.Gue gak lulus di BMKG tapi gua lulus di AMKG (ikatan dinas) yang kata ortu dijadiin cadangan, trus denger pengumuman simak tadi gua lulus di Teknik Metalurgi Paralel. Eh, orangtua malah gak ngebolehin, pengennya di AMKG aja. Padahal kan janjinya AMKG dijadiin cadangan. Dalam lubuk hati sih pengen ngulang tahun depan atau masuk UI ini aja. Tapi susah ngeyakinin orangtua yang tekadnya kayak batu. menurut kakak apa yang harus dilakuin? secara kan kalo udah masuk kedinasan gak bisa ulang lagi tahun depan. -_-

    • Faisal Aslim

      Elo bayanginnya klo udah 20-30 an nanti lo bakal jadi apa yg bikin lo seneng? Metalurgist apa meteorologist or geophysicist?

      • rendo arlen

        kalo jurusan di amkg metereologi kak, susah ngebayanginnya kk. secara kalo pns nanti pasti udah diatur kan, gak bebas. gue mati2an buat masuk PTN idaman gue lah masuknya di PTK.

  • kambing

    bunuh diri aja gan, nikmat banget dah tuh

  • Rendo Arlen

    eh maksudnya gak lulus SBMPTN tapi lulus di AMKG

  • Kurohige Yami

    bunuh diri aja gan. nikmat dah tuh

    • Faisal Aslim

      Nah yg kaya gini2 nih yg kudu diperiksa sama yg berwajib.. Hahaha

  • alen

    setuju banget, gue salah satu "korban'' menunda waktu kuliah. awalnya emang ngerasa malu sama temen-temen saudara-saudara, tetangga-tetangga tapi setelah dijalani dari minggu ke minggu, kerasa banget manfaat nya , mulai dari bisa baca-baca buku yang disuka, belajar bahasa asing, belajar musik, travelling dan sampai belajar materi-materi sbmptn dari zenius (yang bikin gue sadar kalo selama ini yang gue pelajarin banyak salah konsep). Manfaat lainnya yang gue dapet selama setaun ini gue juga jadi bisa mikir dan betul-betul jadi tau apa yang gue mau buat masa depan gue. Bisa disimpulin gue juga jadi lebih dewasa dalam berpikir engga kayak waktu SMA yang belum bisa mikir dari bnyak aspek. Dan syukurlah 1 tahun ini bisa berbuah, gue keterima di 2 PTN. Jadi buat yang belom keterima gausah berkecil hati,setaun nunda itu sama sekali gak masalah 'asalkan' elo bisa manfaatin bener-bener dan di planning dengan baik,

    sekedar tips :
    kalo emang nunda setaun sering-sering baca buku-buku motivasi (soalnya biasanya bakal ada masa down) Rene CC the journey to be the ultimate You, dream catcher nya alanda kariza, bisa bantu buat jadi tau apa yang elo mau di masa depan. .

    Inget, kalo emang tujuan lo nunda setaun gr2 mau ngejar PTN idaman ya prioritas in. Intinya harus-bener2 diplanning lah, apa yang mau lo dapet setaun ini. jangan sampe lupa tujuan terus malah sia-sia.

    Semangat coy!

    • Faisal Aslim

      Cooooll!! Nih guys, baca..

      Buat alen, congrats buat pilihannya.. Mudah2an sukses terus n hepi

      • alen

        aamiin. thanks kak, makasih jg buat kakak2 tutor zenius yang keren-keren, sukses terus, emang zenius cucok daah buat ngebentuk pola pikir yang bener. moga zenius makin jaya hehehe

        • Faisal Aslim

          Kami sih emang udah takdirnya jadi keren2.. Yg penting gmn caranya bikin anak2 mudo ini jadi jauh lebih keren dari kami2.. Hihihi

  • a

    makasih bgt tulisannya :'''')))

  • Rika

    kak kalo yang tahun kemarin belum beruntung dan tahun ini juga, kalopun mau ngulang tahun depan lagi gimna kak?

    • Faisal Aslim

      Ini yg namanya lo masuk tahap bargaining (penawaran) terhadap masa depan lo. Kira2 lo harus telusurin dulu apa sih yg bikin gagal? Pilihannya kah? Strateginya kah? Atau emang jangan2 elo merasa udah harus ngambil kuliah di PTS karena emang udah ngerasa ketuaan? Bebas2 aja, asal yg penting lo pertimbangin masak2.

      Coba sebelom lo tidur luangin waktu buat telusurin ke dalam pikiran lo, apa yg sebenarnya lo mau n lo idamin buat masa depan, dengan usia yg makin bertambah. Jujur aja ama diri sendiri, ga usah takut

  • girl

    gue lulusan tahun 2013 dan udah gagal 5x. Ancur banget nih rasanya. sebenernya gue pengen ikutan nih program zenius X alumni buat ngewujutin impian gue kuliah di UI. masalah gue ada di biaya. itu biayanya gabisa kurang apa? untuk gue 8 jt itu termasuk mahal dan belum lagi buat biaya kost dan makan sehari2 nanti karna gue bukan berdomisili di jakarta. gue tau banget sih 8 jt itu nantinya bakal kebayar sama ilmu yg gue dapet nanti di zenius, tp masalahnya uang segitu buat ortu gue tetep mahal. intinya gue mau tanya ada keringanan biaya ga nih buat program zenius x alumni?
    sebelumnya gue pernah make zenius.net dan cd (warisan temen kaka gue)

    • Faisal Aslim

      Wah klo masalah biaya lo tanya ke Ncen deh.. Coba hubungi via twitter. Pasti ada solusi

      • girl

        username twitternya apa nih bang?

        • Faisal Aslim

          Ncen = @JoniAlfredo
          Gue = @UlarNegeri

    • Jansen Alfredo

      Kalo masalah biaya, zenius-X bisa kok ngasih keringanan, asalkan alasannya emang bagus. coba deh lo email ke
      zenius-x@zeniuseducation.com
      lo bisa ceritain disitu kenapa lo sebaiknya mendapatkan keringanan ini dan lo sanggupnya berapa.
      ditunggu ceritanya looh 😉

      • Dion Teddy Sebastian

        sekarang masih bisa nggak bang ngajuin keringanan?

  • ila

    sama kyk rika, klo 2 tahun gagal berturut-turut gimana ?

  • Is Name So Important?

    Gw minat sama zenius x nya, tp jujur gw butuh sesuatu yang bisa bikin gw yakin kalo gw ga salah pilih ntar ikut bimbel di zenius x, berhubung gw bukan orang jakarta dan jauh dari jakarta, otomatis gw pasti ngeluarin sedikitnya uang yang lumayan untuk ikut program zenius X (Alumni) mulai dari biaya masuk, kost dll.

    Masalah waktu sama uang ga masalah sih sebenernya anggap aja sebagai tumbal untuk masa depan, yang gw takutin zenius-x ini kaya bimbel bimbel lainnya, Iklan bagus, tp aftersale service kurang, yang akhirnya gw ga dapet hasil yang maximal ntar :p Yang jelas sih gw amat sangat tertarik, kebetulan gw punya xpedia tahun kemarin dan udah nyoba.. Pemaparan materinya oke banget dan berharap program zenius x ini bisa bantu gw dapetin PTN tahun depan dengan kesiapan mental, pola pikir, jauh di atas yang masuk ptn tahun ini 😀

    • Faisal Aslim

      Bayangin Xpedia, tapi live men! Tutor2nya semua ada di depan batang idung lo, dan rela diganggu 24/7 buat ngelayanin kebutuhan lo demi bertempur buat SBMPTN taun depan

      • Is Name So Important?

        Hahaha yakin rela di ganggu tuh ? =)) Oh ia Alumni yang Non Garansi mulai efektif belajar nya dari kapan sampe kapan? Trus daftar paling telat kapan bro?

  • Mita

    Ini tahun kedua gue gagal, tahun lalu gue coba snmptn sama um, hasil gagal. tahun ini gue coba sbmptn sama simak gagal lagi. syukurnya tahun ini gue lulus um politeknik, tapi gue kurang cocok sama jurusannya, tapi gue ambil karena disuruh ortu, ga bisa nolak gue, mereka yang bayarin, mungkin mereka gak mau liat gue nganggur (lagi) setaun. Gue keras kepala banget nih, pengen nyoba tahun depan, pokonya harus berhasil. Gagal yang ini bukan bikin gue down, kecewa ada, sedih banget, tapi kaya nyuruh gue bikin strategi yang lebih bener biar bisa lolos tahun depan, gue pengen happy dan melakukan apa yang gue suka, pengen bisa berkarya yang bermanfaat karena gue bakal melakukannya dengan hati. dan itu bakal gue jalanin sampe gue mati, gak kebayang kalo gue milih nyerah, bisa ancur masa depan gue, gue gak suka kalo hidup cuma harus ngikutin alur kaya air.
    Gue udah gapunya rasa malu lagi deh sama temen atau keluarga, karena di pikiran gue, suatu hari nanti mereka bakal bangga sama apa yang bakal gue capai. Iri malah sama gue.
    Thanks zenius, walaupun cuma belajar lewat online, at least itu merubah cara belajar gue lebih bener.

    • Faisal Aslim

      Satu komen: Nonton 3 Idiots.. 😀

    • AdHaMzArE آدم رحماني

      yeah semangat mit 😀
      Insya'aLlah jalan ini adalah jalan yang terbaik...

      • ahmad muth

        sama dg gue, gue jga lulus 2012, gue jga gagal 2 kali, gue gak nyerah, dan stelah kenal zenius gue makin fighting banget, gue yakin akan lolos di um/sbmptn 2014 ntar,,

  • rezaflash

    gw gagal SBMPTN tahun ini , padahal gw uda beli Xpedia 2.0, mungkin gw salah cara belajarnya 🙁 , dan gw punya satu kesempatan masuk PTN melalui jalur UMB (doa in ya supaya lulus ), jika gw nggak lulus umb gw nggak di ijin sama ortu untuk ngulang di tahun depan 🙁 , terpakasa gw ambil politeknik, yg sebenarnya gw suka juga sihh dengan jurusan Teknik informatika yg di politeknik itu,
    ya inilah yg gw alamin 🙂

  • krisma

    klo gw waktu ngak lulus , waktu setahun gw manfaati buat kerja jd kasir sekitar 5 bulan trus abis berhenti gajinya gw pake buat ikut bimbel ,,,n akhirnya gw lulus

    • Caesario Oktanto K

      wahh nice story nih 😀

      • krisma

        coba aja dulu kerja beberapa bulan... yg ringan2 aja kaya kerja di supermarket/pelayan (gak usah gengsi) sambil ikut bimbe.....trus 5/6 bulan sebelum snmptn loe berhenti supaya bisa lebih konsen belajar ..... ini berdasarkan pengalaman gw

        • Caesario Oktanto K

          gengsi mah engga, daftarnya gimana? ditolak lagi mah berabe haha

          • krisma

            klo saya dulu sampe 4 toko n 1 perusahaan minimarket tempat melamar ....awalnya emang aneh apalagi waktu wawancara kerja,,,, cari kerjanya lewat koran aja ,,,,tapi pas dapat gaji enak lohh bisa buat diri sendiri n buat ortujuga

  • Alin

    Gilaaa artikel nya bagus banget!
    gue malah dilema baca nih artikel. gue kan lulus sbmptn tpi dipilihan ke-3 dan itu cadangan banget. trus gue juga ikut UM tpi blom pengumuman. nah gue pngen ngulang setaun tpi gue ambil tuh yg sbmptn ny buat nunggu taun depan. emang sih bnyak ngabisin duit ortu brhubung biaya pndaftaran mahal. tapi ya gue pikir, kan gue dr ips ga ad salah ny belajar ipa d jurusan gue itu. nah, pas baca nih artikel, gue malah pngen nganggur, krna yg UM itu blom tentu jga gue lulus ato ngga. eh tapi ortu gue nyuruh ambl sbmptn yg ga trlalu gue pngen itu *labil*

    • Faisal Aslim

      Nah lo pikir2 dulu deh, dengan masuk jurusan "cadangan" yg lo maksud, lo bakal jadi apa kira2 pas udah lulus. Klo menyenangkan mending diambil aja. Klo menurut lo kurang sreg, mending ulang lagi sampe dapet jurusan yg lo idamkan. Mulai ntar malem sblm tidur mulai pikirin deh tuh

      • Mochammad Fahmi Prasetyo

        wah sis kita senasib bangeet nih, ane juga lagi nungguin pengumuman um ugm tu sis, kalo misalnya ane ga keterima ane mending tetep ngambil yg pil. 3 itu sambil belajar buat sbm taun dpan lagi

  • Fatimah Bilqis

    pas banget. dan gwe ngulang setahun nih bang 🙂
    semoga gak sia-sia

    • Khagum Kharisma A.U

      amiiin

  • nuha

    gue gagal sbmptn 2013 nih ceritanya, dan setelah gue baca artikel ini, gue pengen ngulang setahun dan nyobain zenius-x buat alumni. tapi masalahnya yg gue pikirin di otak gue, apakah snmptn/sbmptn buat tahun depan diadakan? kalo ditiadakan gimana? terus kalo kuota buat alumnus dikurangin atau malah ditiadakan buat para alumnus gimana? cuma itu aja sih masalahnya, plis jawab ya kakak2 zenius

    • Arif

      gue jg dulu mikir begitu, bulan januari kemaren malahan ada kabar bahwa snmptn jalur tulis ditiadakan, wah panik tuh eh tapi akhirnya cuma ganti nama aja, snmptn tulis jadi smbptn, so percaya aja lu usaha dulu yg maksimal insya Allah pasti ada jalan

  • uki

    minta saran dong, gue sudah terima di pts dan sudah bayar tapi kayaknya dalem hati masih kepengen banget buat ptn. Kadang suka sedih liat temen-temen gue yang diterima ptn pengen kayak mereka (curcol) Dan gue gak bisa nganggur kayak yang lain karena udah terlanjur di terima. kira-kira gimana ya? minta sarannya dong.... 🙁

    • Yona Ramadhana Natsir

      silahkan dicoba ajaaa.... 🙂 lumayan banyak laaah yang kaya gitu. (ehem sedikit cerita deh) waktu aku ikut SBMPTN sama SIMAK UI itu aku ketemu sama orang yang kaya kamu. tapi ada laaah sebagian kecil dari mereka yang BAHKAN udah dapet PTN, tapi nyoba tes SBMPTN/SIMAK tahun ini. DAN ada salah satu kakak kelas temen gue, *nama disamarkan*, yang udah dapet FIB UI, dia tes SBMPTN sama SIMAK buat ngerebutin salah satu kursi di fakultas FEUI!! yaaa intinya sih, selagi ada kemauan, di situ ada jalan 🙂 keep fighting!

      • Uki

        Yang sudah jd mahasiswa di pts tp nyoba sbmptn/simak ya ? :p wow inspiratif sekali! dari kemarin dilema terus.... ortu udah bilang ikhlasin aja tapi kayaknya masih belum bisa rela karena ngebet banget masuk situ. Banyak alasan klasik yang bikin dilema contohnya malu ngulang lg dari awal.

  • Slamet

    Artikelnya bagus nih, Tahun ini gua juga ga lolos SBM sama SIMAK, padahal pas di Bimbel nilai TO gua diatas angin terus, selalu 3 besar terus2an, mungkin itu juga yang bikin gua lengah.. tapi ternyata orang2 yang pas try out dibawah gua malah pada lolos, emang sih pilihan mereka persainganya gak seberat pilihan gua.. awalnya ngedown juga, gua udah ngorbanin banyak banget hal buat nguasain SBM, belajar keras, ngurangin waktu maen banyak2, mutusin pacar #curcol . tapi pengorbanan dan kerja keras gua ternyata belom bisa gua ambil "dividen" nya dan masih gua anggap investasi yang akan menghasilkan kebahagiaan kelak, gua udah teguhkan hati mau tempur taon depan dengan persiapan yang jauh lebih siap.. jangan putus asa karena kata Ali bin Abi Thalib "Musibah Terbesar adalah putus asa"

    • Prasdianto

      Dan satu lagi kata2 Imam Ali untuk tips Belajar tes PTN "Ikatlah ilmu dengan menuliskannya" 😀

  • :( :( :(

    Pengen banget ikut zenius x, tapi apa daya ortu ngelarang. Alasannya ya karena cewek,di jakarta, jauh-jauh ke jkt cuma buat bimbel, dan mereka ngelarang bgt gue nganggur. Udah dibilang ling-llung lagi sama keluarga dari bokap. Alhasil, gue disuruh buat masuk pts. Sediiiih 🙁

    • W

      AAAAA ini sama bangetttt :"))) kamu darimana? Aku juga lg nyari temen buat bimbel di zenius karena aku juga jauh dr jakarta 🙁

  • DIZA

    Mau minta pendapat nih, saya keterima snmptn undangan di ub jurusan ilmu kelautan tapi tetep berhasrat ikut sbmptn tahun depan supaya bisa masuk fk, kira kira berat gak ya bimbel sekalian kuliah, atau ada yang punya pengalaman yang sama? terimakasih 🙂

    • Vika Anggraeni

      gue si ga punya pengalaman ngulang sambil kuliah ya
      tapi temen2 gue ada tuh yg ngulang sambil kuliah, dan itu ribet karena sbmptn kemarin bentrok sama jadwal uas mereka
      kuncinya sih kata temen2 gue ya pinter2 bagi2 waktu aja
      kapan belajar buat sbmptn tahun depan, kapan belajar buat kuliah 🙂
      semoga membantu!

  • Arif

    widihh sama banget sama gue, gue jg ngulang satu tahun, iya gitu malu banget, malu sama diri sendiri terutama, yg paling gaenak itu ya ga ngapa2in nganggur kaya pengangguran hahaha tp ya klo kita punya mental pemenang peduli amat sama malu, peduli amat sama temen yg dpt, ya rasanya setahun itu lamaaaa bgt tp semuanya kebayar pas dpt UI jurusan Akuntansi jalur simak, sebenernya inceran gue UGM Manajemen tp gadapet eeeeh ternyata Allah kasih gue yg Insya Allah lebih bagus, ya itu sesungguhnya Allah akan membuka jalan bagi hambanya yg mau berikhtiar, fyi tahun lalu dari semua ujian ptn dan ptk gue ga ada yg lulus

  • Andre

    voucher zenius katanya mau dijual di Indomaret ?

  • @ayuerz

    gue lulusan tahun ini kak, sbenernya pngen ngulang tahun dpn tp takut ga dbolehin ortu krn udah nyoba um tp ga masuk2, kl bisa kasih solusinya ya kak 🙂

  • Dzulfikar Faizin Romas

    Asslamu'alaikum Wr. wb

    Pertanyaan saya ada 2 nih kk :

    1)kk saya mau nanya dong kuliah+bimbel itu ribet gk sih? saya udh dpt di swasta dan sudah terjamin masa depannya,tapi saya msh punya tekad mau ngikut lagi tahun depan karena saya msh mau mengikuti impian saya kk.
    2)Bimbel zenius cmn ada di tebet ya kk? saya mau gabung hhe

    makasih kk mohon di jawab sekiranya hehe 😀

  • Muliadi Marpaung Jogme

    kapan mulai bimbel untuk alumnie ea kak???

  • Akhmadi Waridyanto

    Assalamualaikum wr wb,Hai nama gue Warid gue alumni 2012 dan ini tahun ke 2 gue gagal masuk PTN lewat SBMPTN,dan Mandiri well kalo lu boleh tau gue udah gagal 6 kali dari Jalur Undangan 2012 ( 1.Undip = 1.Teknik Kimia 2.Teknik LIngkungan 2.UNS = Teknik Kimia) sumpah yg jalur ini amat buat gue down emang gue terlalu tinggi ngambil jurusannya itu ke 2 jalur SNMPTN tulis masih ambil Teknik Kimianya 1 UNDIP 1 lagi UNTIRTA lagi lagi gagal,terus ikut UM UNDIP 2012 (Teknik Kimia dan Teknik Industri) masih gagal dan bahkan gue nyoba D3 UNDIP (teknik kimia dan teknik mesin) yg notabene gampang masuknya malah gagal ini masa kejatuhan gue paling parahlah dikritik segala macemlah T.T dan temen gue yg gak begitu pinter di sekolahnya malah tembus D3 UNDIP (Teknik Elektro) itu yg membuat gue makin down,gue sempat daftar PTS di daerah Depok tp itu bukan keinginan gue,ambil industri selama 2 semester di situ perasaan gue campur aduk segala macem dengan masih memegang idealis gue gak peduli kampus mana yg penting Teknik Kimia (impian gue sejak kelas 1 SMA) gue rela tidur dini hari cuma demi Tembus Teknik Kimia UNDIP gue sempet pinjem kaset Zenius dari temen gue dan beli voucher zenius.net yg paket 6 bulanan dan akhirnya pada saat pendaftaran SBMPTN gue ambil UNDIP-Teknik Kimia,UNLAM-FK,UNIBRAW-Teknik Bioproses,dan UM UNDIP (teknik kimia dan agribisnis) tp apa yang terjadi? gagal maning gagal maning -_- di situlah gue hampir putus asa,dan untung bgt ortu gue ngizinin gue pindah kampus swasta ke Bandung ambil Teknik Kimia karena itu sesuai hatiku bukan karena pelarian,tekanan,gengsi segala macemlah seperti kata Rancho 3 idiots "Kejarlah Passionmu dan sesuai hati" intinya gitu dan "Sekolah bisa di mana aja selagi bisa ambillah" seinget gue itu hehehe (sekian cerita gue sekarang to the point aja)
    Bagi temen temen yg mau ngulang SBMPTN,SIMAK UI,UM UNDIP,UM UGM,UMB dll saran gue mah mending gak usah kuliah setahun ikut Bimbel Intensif segala macem justru malah nambah peluang kalo lu lolos PTN yg lo impikan,dan yg mau ambil PTS sih monggo asal itu sesuai hati lo,kesenangan lo bukan pelarian segala macem
    semoga gue dikuatkan aja dari semua ini amin
    Wassalamualaikum wr wb

  • aaasas

    Tujuan hidup gue adalah
    pengen jadi engineer, dan tahun ini gua gagal ngerealisasikannya. Meskipun sebenernya
    gua udah dapet di ptn, tapi itu bukan fakultas engineering. Ortu nyaranin ke
    pts yang ada fakultas teknik tujuan gua (biar gua ga nganggur setahun katanya),
    tapi secara gua itu orangnya idealis, ya gua nolak lah (masih ngerasa penasaran
    buat masuk ptn impian, ngerasa tahun ini bukan tahun gua aja (gua juga pengen
    ikut zenius-x program alumni )).. tapi bokap gua bilang, jadi orang jangan
    terlalu idealis dan keras kepala bangetlah.. katanya belum tentu kalo gua masuk
    fakultas teknik, masa depan gua bakal
    sukses. Dan mungkin aja, fakultas yang gua dapet tahun ini bisa bawa gua ke
    kesuksesan. Namanya juga gua yang udah keras kepala, gua bilang pengen masuk
    institut yang ada di bandung… gua
    ngerasa udah ga punya malu ama keluarga, temen, pacar, guru sekolah buat
    ngerealisasi in tujuan hidup gua…

    Tapi yang jadi masalah
    itu omongan bokap gua yang bikin galau (jadi lembek dikitlah), mungkin aja
    dengan masuk teknik belum tentu gua sukses di masa depan, dan mungkin aja jurusan
    ptn yang gua buang tahun ini malah bisa bikin gua sukses…. Tolongin gua bang
    faisal, secara abang juga lulusan psikologi mungkin bisa bantu… ini nih yang
    bikin gua galau, buat ngulang dan nganggur kuliah (kan lebih efektif nganggur
    kuliah dripada sambil kuliah, buat nyiapin tes tulis tahun depan)… bantuin bang, sebelum berakhirnya daftar ulang
    bang.. gua jadi agak kepikiran omongan bokap gua, takut jadi nelen ludah
    sendiri.. trimsTujuan hidup gue adalah
    pengen jadi engineer, dan tahun ini gua gagal ngerealisasikannya. Meskipun sebenernya
    gua udah dapet di ptn, tapi itu bukan fakultas engineering. Ortu nyaranin ke
    pts yang ada fakultas teknik tujuan gua (biar gua ga nganggur setahun katanya),
    tapi secara gua itu orangnya idealis, ya gua nolak lah (masih ngerasa penasaran
    buat masuk ptn impian, ngerasa tahun ini bukan tahun gua aja (gua juga pengen
    ikut zenius-x program alumni )).. tapi bokap gua bilang, jadi orang jangan
    terlalu idealis dan keras kepala bangetlah.. katanya belum tentu kalo gua masuk
    fakultas teknik, masa depan gua bakal
    sukses. Dan mungkin aja, fakultas yang gua dapet tahun ini bisa bawa gua ke
    kesuksesan. Namanya juga gua yang udah keras kepala, gua bilang pengen masuk
    institut yang ada di bandung… gua
    ngerasa udah ga punya malu ama keluarga, temen, pacar, guru sekolah buat
    ngerealisasi in tujuan hidup gua…

    Tapi yang jadi masalah
    itu omongan bokap gua yang bikin galau (jadi lembek dikitlah), mungkin aja
    dengan masuk teknik belum tentu gua sukses di masa depan, dan mungkin aja jurusan
    ptn yang gua buang tahun ini malah bisa bikin gua sukses…. Tolongin gua bang
    faisal, secara abang juga lulusan psikologi mungkin bisa bantu… ini nih yang
    bikin gua galau, buat ngulang dan nganggur kuliah (kan lebih efektif nganggur
    kuliah dripada sambil kuliah, buat nyiapin tes tulis tahun depan)… bantuin bang, sebelum berakhirnya daftar ulang
    bang.. gua jadi agak kepikiran omongan bokap gua, takut jadi nelen ludah
    sendiri.. trims

  • syifa

    gue lulusan tahun ini dan gue gagal, awalnya gue mau ngulang trus ikut bimbel, tapi nyokap gue gak ngebolehin gue ikut bimbel dan malah bikin drop gue. padahal yang nyokap gue tau, gue kalau try out suka lulus aja, dan setelah tes, gue gagal, dan dari kegagalan gue, nyokap gue selalu bikin drop gue dan nyokap gue malah nyuruh gue masuk swasta buat batu loncatan, gue sih oke2 aja, cuman gue takutnya tahun depan ngecewain lagi. menurut kaka gmn?

  • Prananda

    kak, butuh saran dong. saya lulusan tahun 2013, dan saya gagal di snmptn, sbmptn, um undip, dan utm ipb. ntah kenapa, padahal udah ngerasa 'belajar banget' gitu, tapi tetep ga lolos :" saya keterima smup unpad dan salah 1 pts di jogja yg emang menurut saya itu adalah salah satu pts terbaik+jurusan yang saya ingin juga akreditasinya A di pts itu. saya lebih memilih ngambil pts itu daripada smup. tapi, saya masih penasaran dan pengen nyoba ikut sbm tahun depan. niatnya mau beli zenius Xpedia untuk alumni, SAMBIL KULIAH DI PTS TSB. kira2, bakal efisien ga ya kak waktunya? kuliah sambil ngejar buat sbm?

  • lila

    saya lulus thn 2013. kemaren gagal 11 kali (snmptn, sbmptn, simak, um ugm, um uin, um unsoed, umb pt, um ub (sampe ke malang segala), tes pts 3x) akhirnya ngulang tahun depan karena emang gaada pilihan lain -_- doakan ya kak semoga bisa tembus thn depan :')

    • shabilla

      sekarang dimana kak?

  • sonni odeth

    saya lulus sbmptn tahun ini tapi di pilihan ketiga. saya kurang berminat di jurusan itu. saya udah bilang sama mama saya mau ngelepasin dan ngulang tahun depan. tapi mama saya marah2 dan menolak keras. Saya sedih, galau, kecewa. kenapa sih mama saya gak ngedukung cita-cita saya. saya tau mungkin mama saya takut saya gak kuliah apalagi sekarang mama saya single parent. malu mungkin jd sorotan keluarga besar. jujur selama beberapa bulan ini saya masih setengah hati di kampus saya sekarang. tapi saya bisa apa? tak satupun anggota keluarga saya mendukung saya. saya sadar tahun lalu emang saya kurang maksimal belajarnya. saya mau sekali bimbel tahun ini, mau belajar lebih keras lagi, mau lebih maksimal lagi. kali ini saya mau benar2 serius belajar. kasih saran dong, saya harus gimana?

    • i

      Klo sy, dari snmptn, ppkb, sbm, simak, um ugm, dr semua jalur itu, cuma keterima di satu jurusan, kimia ui kelas paralel lewat simak. Ya, paralel, mahal. Sy mikir, emg sy suka kimia, tp cuma sekedar suka, bukan buat didalemin lagi. Milih kimia cuma buat cadangan, dan itu pilihan terakhir di simak. Tp sy dptnya itu, ya saya ambil. Ga enak sama ortu yg udh kecewa krn ga keterima di jalur2 yg lain itu. Akhirnya sy mulai kuliah di kimia ui sampe skrg. Bener, saya kaget, kok belajarnya begini, ga kebayang sblmnya bakal nulis laporan praktikum berlembar2. Tp, ya saya jalanin aja. Pernah saya baca, "do what u love, and love what u do", yg saya lakukan skrg adalah kuliah dijrusan ini, meski sy blm yakin apakah sy bs jd lulusan kimia yg berkualitas (bukan khawatir akan prospeknya), tp sy trs usaha mencintai apa yg sy lakukan ini. Dan, alhamdulillah, sy bs mulai have fun dgn juusan ini, meski suka stress sendiri kalo mau uts sama uas, hahaha. Dan alhamdulillah lagi, nilai sy cukup memuaskan. Makanya, sy berusaha utk trs bs disini. Meski, mungkin bagi kamu ga ada yg dukung, tp apa km tau knp ortu km mau biayain kuliah km kalo mereka ga dukung km? Saran sy sih, pikirin matang2 kalau mua coba lg. Diskusi baik2. Semua ada jalan keluarnya. Semangat yak!

  • Dream Catcher

    Hai kakak-kakak zenius. Langsung curhat aja ya-_- sebenernya gue sempet baca tulisan ini setelah gue nerima pengumuman Simak 2013, gue nyeletuk dalam hati 'semoga ga sampe nunda setahun' karna gue baru ngelewatin snmptn,sbmptn, dan simak. gue mikir mungkin rezeki gue ada di ujian mandiri nya. dan 3 minggu setelah itu gue nerima pengumuman 2 ujian mandiri ptn. dan hasilnya...... belum rezeki. pada saat itu gue super super galau, gue bener-bener plin-plan. sebelum lulus SMA udah ada beberapa PTS yg bersedia buat nerima gue. tapi semua gue tolak karna gue yakin bakal lulus di PTN. tapi, Allah berkehendak lain. Perasaan gue ragu banget saat itu, beberapa pertanyaan sempet muncul : 'mungkin ini karma karna gue nolak 2 pts itu kaliya?' 'apa mungkin karna gue sombong bgt milih jurusannya?' dan masih banyak stupid question lainnya. beberapa hari setelah itu gue sempet tes di PTS, dengan jurusan pilihan bokap gue. gue ikut tes dgn rasa setengah2, sebenernya ada sedikit passion di jurusan yg bokap gue pilih, tapi, gue juga ngeraasa gue masih bisa dapat PTN tahun depan. Setelah itu, gue dpt pengumuman kalo gue lulus di PTS itu. Tapi, mungkin emang Allah adil ya. minggu gue dpt pengumuman itu Oma gue sakit. semua keluarga fokus pikiran buat oma gue. alhasil hari daftar ulang PTS itu terlewatkan sehari. Bayangin. gue dan bokap gue nyadar kalo hari itu adalah hari daftar ulang terakhir. Dengan waktu mepet gue dateng ke PTS itu. waktu itu udah sore banget. Kata orang dari bagian administrasinya gue masih ada peluang buat daftar ulang besok. Malamnya gue ga tenang. besok antara dua pilihan : kuliah di PTS, atau bersemangat untuk dapetin PTN di 2014. Gue milih option ke dua. Itupun, setelah shalat istikharah terlebih dahulu. Insyaallah ini yang terbaik. Terima Kasih kakak zenius atas "pencerahan" nya. Duileh "pencerahan"-_- hehehe tapi, beneran terima kasih! 😀

  • Akbar

    Hallo gue Akbar. Oke disini gue mau bahas gimana tersesatnya gue di dunia perkuliahan. Gue lulus tahun 2013. Gue snmptn ambil akuntansi unsoed AJA. Kenapa gue ambil akuntansi? Cepat karena gue pgn kerja di bank, bawaannya tuh adem dan santai gitu. Tapi snmptn itu alhamdulillah tembus, tembus ke laut bersama mantan halaah. Lanjut sbmptn gue ambil Biokimia ipb, Tek Geologi Unsoed, dan Ilmu & Teknologi kelautan ipb. Kenapa gue ambil Biokimia ipb? Mungkin blm familiar bgt ya tapi prospek buat kedepannya luas ni jurusan. Dan hasil sbmptn gue sama aja, tragis. Afgan bgt lah :)). Disini gue down bgt, gelap! gue udah ga bisa liat apa2 ke depannya!! ternyata emg lagi pemadaman bergiilir, oke serius gue bnr2 bingung. Takut ngecewain orangtua, bikin malu keluarga jg kalo gue masuk PTS (Tanpa menganggap remeh PTS, tapi pemikiran orgtua jaman dulu ataupun skrg, pasti pts dianggap dibawah ptn. Oke kita terima itu) ditambah kakak gue yang kuliah di ilkom unpad.

    Langkah pertama, gue daftar simak ui. DIsitu gue ambil Tek Metalurgi, Tek Lingkungan, Tek Informatika, dan Kriminologi. Iya waktu milih itu gue lagi maok alkohol :)))) Dan lo tau pasti hasil simak ui gimana. Sbmptn aja kabur, apalagi simak ui hahaha

    Habis simak, gue ikut um brawijaya. Oiya sebelumnya, orangtau gue pgn bgt gue masuk Kedokteran Hewan. Disamping Bokap yg memang pecinta hewan, gue sendiri pun suka hewan. Terbukti dengan gue pelihara anjing, wlw gue muslim.
    DI um brawijaya gue mulai sadar dari kemaksiatan alkohol di simak ui pada kasus sebelumnya. Gue mulai milih jurusan yang sejalan dgn kemampuan otak gue. Pilihan pertama jelas gue ambil Kedokteran Hewan, pilihan kedua gue ambil Lupa, pilihan ketiga gue ambil Agroekoteknologi. Dan alhamdulillah gue liat dibalik gelapnya bayang2 masa depan, muncul sepercik cahaya. Gue diterima Agroekoteknologi. Alhamdulillah cadangan PTN.

    Karena gue blm puas dengan service Brawijaya, akhirnya gue ikutan UM lagi. Um ipb huahaha disni um ipb kita cm dikasih 2 pilihan jurusan. Oke pertama gue ambil Kedokteran Hewan (pass grade sktr 36) dan pilihan kedua Biokimia (pass grade sekitar 35). Dan cahaya itu semakin membesar, alhamdulillah gue diterima gebetan gue yang gue kenal di ipb. #SalahFokus hahahaha nyantai aja bro bacanyee :p Gue lolos um ipb di jurusan Biokimia. gue ga hbs pikir kenapa gue lolosnya di biokimia sdgkan pass grade Kedokteran Hewan lebih rendah dan Kedokteran Hewan gue ambil di pilhan pertama. Wlwpun bingung, gue yaa seneng. Akhirnya gue dpt cadangan PTN lagi yang lebih bgs dr sblmnya.

    Ketiga, UM UGM.. jeng jeng
    Disini gue ambil Kedokteran Hewan, Kehutanan, sama Ilmu Tanah (jujur gue ga tau Ilmu Tanah itu ngapain, tapi gue ambil aja. Karena apa gue pilih ilmu tanah? Karena UGM! Iya nama UGM! :)))
    Dan sayang sekali, cahaya yang dari kecil semakin membesar membesar sekarang malah menjadi lampu pasar malem. Iya gue lolos Kedokteran Hewan UGM. Dan ini tahun pertama gue di fkh ugm. Gue bersyukur bgt..

    Sedikit tips lolos um dari gue. Nih buat lo lo yang udah pada nyerah duluan. Gue kasih tau aja, modal lo tuh ya diri lo sendiri. Tenang aja lagi, yg ikut UM itu sama aja malesnya kaya lo, sama aja bodohnya kayak lo karena mereka ga lolos Snmptn/sbmptn. (Mayoritas maksud gue, bukan semua yg daftar UM).

    Ikutin kata hati lo, toh kalo gabisa PTN banyak PTS yg bgs kok. Tapi ya lo harus siap dgn omongan2 dibelakang lo. Lo sukses siapa yang ngrasain? Siapa yang jalanin? Lo sendiri kan. Biarin aja mereka ngomong apa, suatu saat lo tutup mulut mereka dgn prestasi lo di PTS. Sekian dari gue, maaf kalo kata2 gue kurang berkenan, gue ngomong apa adanya gue. HIDUP MAHASISWA INDONESIAAAA!!

  • Akbar

    Sorry bego di gue, harusnya "gue mau bahas gimana tersesatnya gue di jalan MENUJU perkuliahan" dan pass grade di um ipb. Yg bener, passing grade Kedokteran Hewan sekitar 35, dan Biokimia yang 36. Sorry kebalik.

  • ageng muhamad

    Halooo Nama q ageng dari PATI, Jawa Tengah... Mau Cerita dikit nih ttng pengalaman q tentang PTN,, kalian sebagai "Siswa yang gagal mendapat kursi di PTN" jangan sedih,,, Allah mungkin mau nunjukin jalan lain,, aku lulusan SMA 2 N Pati tahun 2012 dengan Nilai rata2 UN 9, ... stelah lulus dengan Nilai segitu tidak menjamin saya lolos PTN,, dari Undangan, Snmptn tulis, Simak UI, UM Undip, sampai UNY pun saya gagal.. malu? ya,,, sangat malu,, jadi beban,, apalagi dimata keluarga besar, teman2 dan orang disekitar... saya dianjurkan les setahun,, saya les di G.O dan NF di Jogjakarta... Setahun saya isi dengan belajar persiapan untuk tes PTN tahun berikut'nya,,, di SMA saya IPA, tpi saya mengambil IPS untuk tes PTN ( pindah jalur ),, akhirnya tiba saat tes mulai dari SBMPTN, SIMAK UI, UM UGM 2013,,, saya ikuti semua dengan modal belajar saya selama 1 tahun di tempat les di Jogja, do'a, do'a dari orang tua dan do'a dari keluarga dan teman2,, alhamdulilah,, di SBMPTN 2013 saya lolos pilihan ke 2 di Ilmu Komunikasi Unpad yang saat itu saya memilih : pililhan 1 : Hukum - UI, pilihan 2 : ilkom - Unpad dan pilihan 3 : Hukum - Undip, di SIMAK UI 2013 alhamdulilah saya lolos pilihan 1 yaitu Manajemen dari 8 pilihan yang saya pilih di SIMAK 2013 yang sampai sekarang saya ambil... Manajemen UI menjadi program studi yang saya impikan, dan alhamdulilah Allah memberikan jalan... dan terakhir pengumuman UM UGM,, yang alhamdulillah saya juga lolos di Hukum UGM,, Jadi..kesimpulanya,, bila kita menghadapi suatu kegagalan,, jangan mudah menyerah dan putus asa... berjuang dan berdo'a adalah kunci dari sebuah kesuksesan... dan saya telah membuktikan itu 🙂

  • Cantika Destunawati

    Kak sorry keknya telat bgt commennya, saya siswa angkatan 2014 ini dan mau bagi cerita dikit. Gue kebetulan siswa akselerasi yang which is kata orang nilainya lebih gede (iyalah kkmnya aja gede, jd mah sbnrnya sama aja) nah pas jalur undangan krm gue ambil ugm teknik geologi dan gue udah rada dikit pd sih sm nilai gue tp ternyata gue gagal, nah itu gue shock bgt kak krn di kelas gue ada 2 orang yg lulus ugm. Tpi, gue ga nyerah gue ikutan sbmptn dan ikutan bimbel juga lagi2 ambil ugm dan ternyata hasilnya pun masih zero gagal lagi, gue coba ngikhlasin deh krn gue jg ikut um ugm dan dua hari setelah pengumuman sbm adalah hari pengumuman um yg gue harep2in dan jalan akhir gue menuju ugm. Dan ternyata setelah gue buka hasilnya masih maaf, sumpah gue pecah kak nangis deh tuh nyesel bgt mana gue udah jauh2 dr palembang menuju ugm dan msh dpt hasil yg gitu. Gue introspeksi diri sejenak apakah gue yg terlalu bego ato belajar gue yg kurang ato ibadah gue yg kurang. Semaleman gue nangis deh tuh sekalian mikir2 dan akhirnya gue dinasehatin sm kaka gue dia bilang gue ga usah kuliah dulu tahun ini dan bimbel lagi aja fokus dan yah tahun depan kalo gue ready harus ambil itb ato minimalnya ugm lagi. tapi yg bikin down gue curcol sm bbrp temen gue katanya berarti ugm itu bukan jalan gue mgkn gue bisa maksimal di ptn biasa aja. Gimana nih kak tolong bantuannya yah antara desperate dan mau kembali bangkit susah banget nih. makasih kak 🙂

    • Arfandi GP

      wah senasib 🙁

    • Faisal Aslim

      Klo lo berniat untuk masuk ITB/UGM, lo berhak untuk masuk ITB/UGM. Ga ada yang bisa ngalangin niat lo. Cuma ya syaratnya satu, usaha yang maksimal. Nah, gue pingin kritik dikit nih kebiasaan anak2 buat ngandelin undangan doang. Lebih sempurna klo lo mulai dari awal tahun persiapin buat SBMPTN di akhir taun ajaran. Tapi yaaah namanya udah berlalu kita jadiin pelajaran berharga aja lah ya.

      Bangkit itu gampang, syaratnya cuma satu: PERNAH JATOH. Nah lo kan sekarang katanya lagi desperate kan, berarti udah lulus syarat dong untuk bisa bangkit lagi.. Ya ga? Makanya ayo mulai persiapin diri lo buat tempur lagi taun depan

      • Cantika Destunawati

        iya kak sekarang kayaknya udah saatnya buat bangkit dan mulai ngebangun pondasi awal lagi. Jadi rencananya saya mau masuk zenius x kak dan kemaren udah cari kos an deket2 situ, I hope zenius can be my best choice to build my critical mind and help me to face sbmptn next year. For sure.

        • Meliana Rizqiyah

          Halo salam kenal cantika.. kenalin aku meli dari jateng, cerita kamu bener2 mirip banget sama aku.. aku tahun ini juga mau ikutan zenius x alumni..km asal mana? Minta pin bb dong hehe ada gak? Aaaak ternyata ada juga yg senasib sama aku :(((

          • Cantika Destunawati

            Oh gitu iya nih aku jg udah mau daftar zenius x. Aku asal palembang. Invite aja yah nih 73e47f43 ntar kita ngobrol2 🙂

          • Meliana Rizqiyah

            Udah aku invite, acc yaa 🙂

  • Syifa

    Saya gagal, lalu ingin mengulang setahun, tetapi saya ingin coba-coba ikut UMB juga.
    Misalkan kita beli voucher zenius.net u/ satu tahun, nah bedanya apa sama ngikutin zenius-x alumni (yang pasti gratis voucher juga setahun)? Gmn aja keunggulan zenius-x dibandingin voucher zenius.net? (selisihnya kan gede). Bisa dijelaskan gak? Soalnya saya lagi milih2 tempat les yg terbaik nih (tapi balik ke diri sendiri juga tentunyaa). Saya sudah tau sih kalo zenius itu unggulnya di tutornya dan tertarik bgt memperbaiki diri sehingga punya "pola pikir benar". Thanks.

    • Faisal Aslim

      Wah klo Zenius-X jelas lo bisa berhadapan langsung sama tutor. Lo bisa ganggu tuh tutor kapan aja lo perlu. Dan yang jelas, klo program Alumni, kan waktu luang lo cukup banyak tuh, banyak yang bisa dipergunain buat ngobrol-ngobrol dan diskusi sama tutor dan anak2 zenius-X lainnya tentang berbagai macam hal. Yang pasti obrolannya mencerahkan dan berkualitas dong

  • Eldi Novrizal

    gue mau curhat juga nih kak, gue lulusan sma 2014 dan alhamdulillah gue lolos SBMPTN di Agribisnis IPB dan gue lulus juga di UGM jurusan PWK dan POLBAN. Gue merasa bersyukur banget pas tau gue bisa keterima di 3 PTN ini tapi masalah muncul pas gue udah berpikir ulang, gue merasa gak cocok dan sreg sama semua jurusan itu. Target gua pas sbmptn itu SITH-R ITB karena jurusan ini udah gue incer dari awal gue masuk SMA. Gue udah ngomong sama ortu bahwa gue merasa ingin nunda aja dulu kuliah daripada gue masuk salah satu dari tiga pilihan itu tapi gue jalanin dengan setengah hati. Yah tapi ortu merasa gue mubazir dan gak mensyukuri rejeki. Gue udah coba menjelaskan semua alasan yang ngeganjel dihati tapi ortu tetep berharap gue milih dari 3 pilihan tersebut. Gue harus gimana??

    • Faisal Aslim

      Emang susah sih pasti jelasinnya ke ortu. Apalagi kan itu negeri semua pula. Terkadang ortu emang masih fokus ke INSTITUSI-nya, bukan JURUSAN-nya. Padahal, yang nentuin kita ke depannya nanti itu kan jurusan yang kita ambil dong. Mau universitas/institut/akademi apapun yang kita ambil, sebonafide apapun, klo jurusannya ga kita sukain sih itungannya buang-buang waktu malah. Coba deh lo ajak lagi ortu lo buat ngomong baik2, sambil makan santai gitu. Bawa mereka ke pemikiran bahwa klo jurusan ga tepat itu justru sayang2in waktu dan uang.

  • Andari Wulan

    mau minta pendapat dongg, jadi gua udah keterima di jurusan yang gua mau, tapi universitasnya bukan yang gua idamkan, tapi setidaknya masih univ negeri yang kalo gua liat di internet rankingnya masih 5 besar indonesia. gua pengen nyoba tahun depan tapi ragu. soalnya gua udah dapetin jurusan yang tepat banget buat gua. kira-kira gimana ya?

    • Faisal Aslim

      Waduh, klo gini sih ga usah ragu lagi mbaksis..Hajar aja.. Yg namanya jurusan klo dah tepat sama pilihan kita, harusnya apa yang kita dapet dari jurusan itu bakal dengan senang hati kita pake di kehidupan sehari-hari nanti setelah lulus

  • Almira Nuringtyas

    tutor2 zenius siapapun, boleh minta pendapatnya gak? Gue termasuk yang failed di SBMPTN tahun ini dan beberapa ujian mandiri lain. Impian gue awalnya sebenernya pengen UGM, tapi ternyata gue malah nyasar di Unbraw(lewat jalur mandiri). Tapi jujur aja gue ngerasa kurang sreg sama jurusan+univ ini, gue lebih pengen nganggur, ikut kelas alumninya zenius, karena gue punya pendapat hidup yang singkat ini sayang kalo cuma dilaluin dengan jalanin aja apa yang ada, kuliah cuma buat kerja, gue pengen lebih dari itu, hidup dengan bener bener menjalani passion dan kesukaan gue di tempat yang emang hati gue impikan. Tapi apa daya, gue udah coba nego ortu gue dan mereka tetep ngelarang gue buat nganggur, tetep harus diambil dulu Unbrawnya tapi diizinin buat nyoba lagi tahun depan. Nah kira kira kalo menurut tutor2 disini, bakalan berat gak ya kalo belajar lagi buat thn depan sembari jalanin kuliah? Gue berencana make zenius xpedia gue(udah punya dari awal kelas 12 tapi begonya dulu gak diseriusin)+mungkin bimbel alumni di Malang. Kira kira gimana?

  • Meliana Rizqiyah

    Halo halo ada yang udah booking atau udah bayar zenius x alumni buat tahun ajaran 2014/2015? Lagi nyari temen yg ikutan zenius alumni nih, kasih komen ya!

  • Nabila Octalia

    Hmm bang ada nggak ya kualifikasi tertentu buat Alumni? Btw gue belum pernah denger ada alumni yang lolos pend.dokter UI/UGM soalnya...

  • agus suleman

    masih bisa daftar ya klau dah pernah gagal

  • rizal prasetyo

    kak,rasanya kalo boleh milih gw pengen deh ngulang setahun di zenius x kelas alumni. tapi biayanya kok mahal banget ya bagi gw, itupun belum biaya kost dan makan. kasih solusi dong kak gimana ini?

  • Kentang (UA)

    Hey, maaf sebelumnya saya hanya ingin sharing pengalaman saya di tahun lalu karena mungkin saja ada org yg mengalami nasib seperti saya tapi dia takut ataupun malu untuk bangkit dan mencoba lagi. Yaaa, dari kata" saya mungkin kalian tau arah pembicaraan saya. Saya adalah lulusan tahun lalu, saya mengikuti snmptn dan sbmptn 2014 lalu tapi Tuhan punya rencana lain karena jujur saya gagal saat itu. Malu rasanya mendengar diri kita sendiri gagal, takut rasanya untuk mencoba lagi, takut kalau saya gagal lagi, takut klau saya mengecewakan semua orang lagi, takut kalau saya mengecewakan hidup saya lagi. Saat saya tau bahwa nama saya tak ada pada pengumuman kelulusan entah saya bahkan tak ingat apa yang saya rasakan saat itu, mungkin karena untuk bangkit lagi saya harus melupakan perasaan saya saat itu. Tapi kalian pasti bisa membayangkan apa yang saya rasakan. Tapi ada satu hal yang saya ingat, hal yang membuat saya sadar bahwa saya tidak boleh berhenti sampai disini, saya tidak boleh menyerah pada permainan takdir yang sebenarnya masih bisa kita ubah meski TERLAMBAT!!!. Hal itu adalah air mata, senyuman, tepukan semangat, keterkejutan karena saya tidak lulus dari orang" terdekat saya, dari orang saya, dari guru" terdekat saya, dari sahabat" saya, dari adek" kelas saya bahkan dari alumni" 2 tahun diatas saya yang sempat mengenal saya. Justru yang saya ingat bukanlah kekecewaan saya yang besar, tapi justru keterkejutan dan kekecewaan mereka, tapi itulah yang membuat aku memutuskan untuk terus berjuang meski aku tahu aku telah tertinggal banyak langkah dari teman"ku. Ternyata mereka menaruh banyak harapan padaku mungkin karena selama ini aku dikenal sebagai siswi yang cukup pintar dan rajin, melihat guruku menangis (mungkin juga orang tuaku) bahkan sbelum aku sempat menangisi kegagalan ku sendiri (jujur saat tau aku gagal aku tidak langsung menangis, mungkin karena saat siang itu aku sedang bersama ortuku, aku tidak menunjukkan air mataku depan org lain termasuk orang tuaku sendiri). Sahabatku dan bahkan guruku bahkan sampai melihat pengumuman berkali", melihat nama" disana satu per satu meski kubilang namaku memang tak ada disana. Jujur melihat pengharapan mereka, kepercayaan mereka yang besar dari jauh" hari sebelum tes masuk univ ini justru membuatku gugup tapi aku tak pernah menyalahkan mereka karena dulu aku merasa terbebani dengan pengharapan mereka itu, karena ini memang bukan salah siapa". Mungkin Tuhan punya rencana yang indah dibalik ini, saat aku berpikir begitu aku baru sadar, dulu aku pernah berkata bahwa aku merasa bosan begini, berhasil berhasil, kalaupun sempat jatuh tapi aku tak pernah gagal, seperti tak ada warna, aku juga ingin merasa dihukum di sekolah, aku ingin merasakan jadi anak yang tidak harus peduli pada belajar, keberhasilan lalu aku berpikir mungkin disinilah Jawaban Tuhan. Aku sempat kesal karena berpikir mengapa Tuhan memberi jawaban justru disaat yang sangat menentukan ini, bukan ini maksudku, aku hanya ingin merasakan kegagalan dalam skala kecil bukan dalam skala yang amat besar pengaruhnya dalam hidupku. Tapi pikiran ini hanya berjalan sesaat, karena lalu aku berpikir positif kembali, bahwa Tuhan menggagalkanku dalam skala besar agar aku benar" tahu rasanya kegagalan, agar aku lebih menghargai usahaku sendiri, agar aku bersyukur karena jujur aku sempat menjatuhkan diriku sendiri dulu dengan bersenang" saja, meski saat itu aku hanya turun peringkat menjadi peringkat 4 tapi kali ini Tuhan benar" membuatku gagal. Lalu esok hari aku melihat guruku menangis, sahabat"ku juga lalu menyemangatiku ini justru makin membuatku sadar bahwa sebenarnya Tuhan amat baik padaku. Sebenarnya walau aku tak lulus sbmptn saat itu aku masih beruntung, sebenarnya aku mendapat beasiswa dari Surya University, kalian pasti kenal Surya University milik prof.Surya yang terkenal, tapi aku memutuskan tidak mengambilnya, banyak alasannya, tapi alasan utama tidak kuungkapkan pada orang tuaku dan lainnya adalah melihat kepercayaan ortu,guru, sahabat,adek kelas, alumni(kakak kelasku dulu), aku bertekad untuk tidak mengambilnya, dan aku bertekad mengikuti sbmptn tahun depan(tahun 2015 ini), bodoh memang, mungkin kalian berpikir itu tindakan bodoh, dan lebih bodoh lagi karena tidak hanya itu yang tak kuambil tapi aku juga tak mengambil tawaran di Malahayati. Kata bodohlah atau keterkejutan oranglah yang selalu kulihat dan kudengar setelah mengetahuinya. Tapi aku punya banyak alasan bertindak begini, aku tidak ingin kepercayaan orang" padaku terbuang begitu saja meski mereka senang aku mendapat beasiswa tapi akan lebih bangga rasanya jika aku bisa memenuhi harapan mereka meski terlambat, aku juga ingin buktikan pada Tuhan yang Maha Esa bahwa aku tak akan lagi meminta kegagalan kedua kali, aku tak akan lagi jatuh di lubang yang sama, aku tak akan lagi menyiakan waktuku dan segalanya, aku akan balas kebaikan-Nya padaku dengan keberhasilanku tahun ini, aku bukanlah tipe orang yang akan menyerah hanya karena satu kegagalan, aku berbohong jika aku bilang aku tak takut, jujur aku takut jika aku gagal lagi, lalu aku berpikir rasa takut hanyalah akan memperlambat langkahku dan bahkan membuat ku gagal lagi bahkan dalam segala hal, maka dari itu aku harus melawan rasa takutku, aku bilang pada diriku bahwa aku sudah pernah merasakan kegagalan satu kali dan ingatlah bahwa itu sangat tidak menyenangkan maka jangan pernah menyiakan waktu, kali ini buatlah keberhasilan dan buatlah senyuman" mereka karena keberhasilan, aku tak lagi peduli pada rasa takut dan maluku saat itu, aku tak lagi peduli apakah langkahku terlambat atau tertinggal dari yang lainnya, yang aku tahu bahwa aku harus terus berjalan, tak boleh berhenti, maju atau mundur atau belok yang aku tahu aku harus terus berjalan tak boleh berhenti disini, karena waktu terus bergulir dan harga nafas yang Tuhan berikan sangatlah mahal, tidak bisa kubayar jika aku berhenti disini dan menyerah tapi aku juga tidak bisa terlalu optimis , setidaknya aku harus memikirkan hal buruk yang terjadi karena aku pernah gagal tahun kemarin bukan hal yang tidak mungkin itu terjadi lagi, maka dari itu aku telah menyiapkan hati dan langkah lain jika aku gagal lagi, aku sudah pernah merasakan kegagalan sekali, tidak masalah Uhti jika kamu gagal lagi karena saat itu kamu bisa mengatasinya , maka saat ini kamu pasti bisa mengatasinya, mungkin tidak menyakitkan sekali seperti kegagalan pertama hanya saja lebih memalukan dari kegagalan pertama, tapi kamu pasti bisa mengatasinya. Itulah yang akan kukatakan untuk mengatasi hatiku jika hal ini terjadi lagi tahun ini, tapi aku sangat berharap tidak, Aamiin. Kalian tahu keyakinan apalagi yang membuatku kuat, keyakinan bahwa sebuah kegagalan tak akan lagi dinamakan dan diingat sebagai sebuah kegagalan saat kau bisa mengubahnya menjadi sebuah keberhasilan dikemudian hari, maka berusahalah untuk mengubah nama dan ingatan orang tentang kegagalanmu menjadi sebuah ingatan dengan nama sebuah keberhasilan (meski itu dinamakan keberhasilan yang tertunda). Jadi buat kalian yang mengalami hal yang sama , jangan menyerah, bukalah mata kalian dan lihatlah lebih dekat bahwa pasti banyak hal positif yang Tuhan persiapkan untuk kalian saat kalian jatuh saat itu tapi kalian mungkin tidak sadar kecuali kalian melihatnya lebih dekat jadi teruslah berjalan, teruslah mencoba, jangan berhenti, yakinkan pada diri kalian seperti keyakinan"ku diatas. Okay, terimakasih untuk yang bersedia membaca ceritaku, maaf jika terlalu panjang dan hanya membuang waktu kalian 🙂

  • Ryan

    bang, jadi kan gua udah ada cadangan jurusan tek industri di slh satu pts di bdg. nah seandainya gua trnyt masuknya ke pts ada 2 hal yg mau gua tanyain:
    1. kalo belajar sbm sambil kuliah itu bisa gak ya?
    2. kira2 biar efektif nih mending gua ikut bimbel apa cukup belajar dr zenius xpedia 2.0 itu aja?
    makasih bang

  • M Aldiansyah Amin

    guys minta bantu pendapat dong supaya gue diizinin ortu nunggu setaun 🙁 gue berniat keras dan max untuk usaha serius untuk SBMPTN 2016 tapi susah nyampaikan ke ortunya

  • Havie L Choir

    kak mau minta pendapat nih.

    jadi gini, aku rencananya mau masuk ke ilmu komunikasi ui dan kesejahteraan sosial ui. nah tapi banyak yg bilang mendingan cari kampus/jurusan lain aja yg passing grade nya lebih rendah, soalnya nilai ku juga pas pasan. enaknya gimana? mending aku ttp pada plan awal atau ganti dan menyusun strategi baru?

    nah yang kedua. aku milih ilmu komunikasi karena udah tau bener2 apa yg dipelajari disana dan emang passion aku disana, sedangkan milih kesejahteraan sosial cuman karena cadangan doang. menurut mimin mendingan aku ngambil ilmu komunikasinya aja dan ngehapus kesejahteraan sosial nya atau gimana? minta sarannya dong kak yg baik gimana

    thanks bgt ya kak. mohon dijawab please

  • fuad nur fathurokhim

    halo guys.. sedikit cerita dari aku, kmarin aku ga lolos sbm 2016 sm utul ugm. aku sudah sepenuh hati buat masuk fku ugm, tapi ga dtrima tahun ini. stelah itu aku jug ikutan um undip, unibraw, sm uns, sama um unsoed ya smuanya ambil fku, tp tetap tdk dtrima. hatiku hancur lebur kecewa berat waktu itu :'( aku sbnarnya tahun ini ada cadangan yg sdh dtrima di farmasi uii, biologi ub, biologi unsoed sama fkg ums. tapi aku pilih cadangan waktu itu karna aku cuma iseng2 aja. akhirnya aku tetap mutusin tahun ini buat belajar lagi untuk tahun depan. aku ingin sekali masuk di fku ugm, karna cita2ku dari kecil ingin sekali menjadi dokter yang mengabdi pada kesehatan di mata masyarakat skitar nanti.. dan kebetulan ayahku juga setuju buat mndur setahun tp ttap harus fokus buat masuk fku ugm tahun depan, daripada aku ambil jurusan yg sdah aku trima tp aku sama skali tak berminat, aku putuskan buat fokus thun depan..

    sebenarnya malu banget di depan temen2, sodara2, apalagi sama gebetan :'3 tiap hari aku bisanya baca2 buku sambil nangis keinget itu semua tak satupun fku aku dapatkan di tahun ini.. entah seolah aku ngrasa dunia ini sempit, makin sempit dan seolah aku hampir depresi setengah mati.. tapi aku berusaha buat bertahan dan konsisten untuk masa depanku..

    tapi bener juga kata ayahku, smua cacian itu harus jadi motivasiku buat masa depanku nanti.. karna aku sangat sabar dan tegar menghadapi smua cacian dari siapapun tntang aku gabisa msuk fku tahun ini.. tp akan aku buktikan untuk tahun depan, semoga saja Tuhan memberikanku jalan terbaik di tahun depan..

    Mungkin itu kak cerita singkat dari saya :') dan mohon doanya semoga aku bisa masuk di fku ugm sesuai impianku nanti..
    Dan aku mnta saran dari semuanya dsini, apakah ada bimbel untuk fokus kdokteran umum buat alumni? karna saya ingin sekali ikut bimbel lagi biar bisa belajar scra aktif kmbali.. makasih

    • Fajar Maulana

      mantab kak. saya juga sama. barangkali kalo kita mau komunikasi & sharing buat persiapan tahun depan kak bisa bagi kontaknya

  • Pandu Gordon

    Kasih saran saran untuk bisa masuk tek metalurgi dan simak ui dong min