Tips Belajar SBMPTN untuk yang lintas jurusan

Tips Belajar SBMPTN untuk yang lintas jurusan

Halo guys, ketemu lagi sama gue, Glenn. Sesuai dengan judul artikel ini, kali ini artikel zenius blog akan membahas topik khusus tentang tips belajar SBMPTN, khususnya bagi mereka yang memutuskan untuk lintas jurusan ; baik yang jurusan IPA mau ambil Ujian Soshum, atau sebaliknya dari IPS mau ambil Saintek. Artikel ini juga sekaligus menggenapi banyaknya request dari pembaca blog zenius ini terkait topik ini. Berikut beberapa jeritan kegalauan temen-temen seperjuangan lo:

LINTAS JURUSAN

Sebetulnya masih ada buanyaak banget curhatan yang masuk ke blog, media sosial, maupun email pribadi gua yang pada intinya lagi bingung dengan persiapan SBMPTN karena mereka memutuskan untuk lintas jurusan. Nah, bagi lo yang sekarang lagi mempertimbangkan untuk lintas jurusan, mungkin lo baru kepikiran :

"Oooh... jadi banyak toh yang berencana lintas jurusan juga, kirain cuma segelintir orang aja yang kepikiran mau nekat kayak gue"

Dari tahun ke tahun, mereka yang memutuskan untuk loncat pindah jurusan dari yang tadinya (misalnya) IPA terus mau kuliah di Jurusan bernuansa IPS seperti ekonomi, hukum, psikologi, sastra, ilmu politik, dll itu ada buanyaak banget! Memang sih untuk yang dari IPS ambil jurusan bernuansa IPA itu relatif lebih sedikit, tapi bukan berarti gak ada sama sekali.

Intinya sih, gua pertama-tama cuma mau ngasih tau lo bahwa fenomena lintas jurusan ini WAJAR dan bukan hal aneh. Ini memang udah jadi budaya turun temurun dan terjadi di setiap angkatan. Jadi, bagi lo yang sekarang ini berencana mau berjuang lebih keras karena ngambil ujian SBMPTN lintas jurusan, believe me you are not alone!

Gua pribadi sebetulnya gak heran kenapa fenomena lintas jurusan ini selalu ada di setiap angkatan. Memang rasanya terlalu cepet kali ya waktu kelas 10 SMA (ketika lo umur 15-16 tahun) udah diharuskan untuk menentukan mau ambil jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Padahal passion kita yang sesungguhnya mungkin baru muncul waktu kita kelas 11 atau bahkan kelas 12.

Termasuk diri gue sendiri yang dulunya pas SMA anak IPA, baru kepikiran kalo ilmu ekonomi dan manajemen itu menarik banget justru pas gua udah kelas 12 SMA (jadi gua sendiri juga lintas jurusan). Begitu juga dengan lo semua yang berencana untuk lintas jurusan, gua yakin ada satu alesan tersendiri yang cukup kuat untuk membuat lo angkat pantat dari zona nyaman dan memutuskan untuk berjuang LEBIH KERAS karena harus belajar banyak materi baru dari nol.

Cumaaa... memang kebanyakan mereka yang mempertimbangkan untuk lintas jurusan ini memang ada waktunya untuk galau, takut, cemas, gak pede, males belajar dari nol, takut nantinya gak bisa ngikutin kuliahnya, daaan segudang alasan lainnya yang bikin lo gak mulai-mulai untuk belajar SBMPTN tapi malah berlarut-larut dalam kegalauan.

Sebetulnya sih gak ada salahnya juga lo pertimbangkan dulu secara matang keputusan lo untuk lintas jurusan, tapi PASTIKAN jangan kelamaan juga lo berlarut-larut dalam keraguan mau ngambil risiko ini atau nggak. Waktu terus berjalan dan semakin lama lo berlarut-larut dalam kecemasan dan nunda-nunda belajar, semakin jauh lo ketinggalan start belajar dengan para pesaing lo yang lain.

Okay deh, sekarang kita coba bahas yuk beberapa alesan yang kemungkinan besar jadi pemicu utama lo ragu-ragu untuk memutuskan lintas jurusan. Moga-moga dengan mengupas sumber kecemasan lo satu per satu ini, gua bisa bantu lo segera keluar dari segala bentuk kegalauan sekaligus memotivasi lo untuk segera mulai belajar :

  1. Males mulai belajar dari nol untuk materi yang selama ini gak pernah kita sentuh sebelumnya.
  2. Takut bersaing dengan mereka yang murni dari jurusan yang sesuai dengan pilihan ujian SBMPTN-nya.
  3. Bingung mulai belajarnya darimana, rasanya terlalu banyak bahan yang perlu dikuasai, apakah mungkin ngejar ketinggalan materi dan bersaing dengan mereka yang udah belajar 3 tahun?
  4. Bingung cari waktu luang untuk belajar bahan materi baru dari nol, padahal masih ada banyak kegiatan lain, ada PR, tugas, ulangan, ujian sekolah, UN, kuliah, kerja, kegiatan kepanitiaan, dll.

Dari segudang alesan untuk galau memutuskan untuk lintas jurusan/nggak, rasa-rasanya dari begitu banyak curhatan yang masuk ke twitter dan email gua, pada intinya bisa gua rangkum jadi hanya 4 point di atas.

Okay, sebelum gua bahas satu per satu 4 point di atas, pertama-tama gua mau nunjukin dulu beberapa testimoni pengguna zenius yang lintas jurusan dan berhasil lolos SBMPTN 2015 yang lalu. Terkadang, salah satu cara paling praktis untuk memotivasi belajar adalah dengan mendengarkan success story dari mereka yang sebelumnya sudah pernah menempuh jalan/tantangan yang akan lo jalani dalam beberapa bulan ke depan.

 Beberapa testimoni pengguna zenius yang lintas jurusan & tembus SBMPTN 2015

cahyo

Cahyo Kumara

Alumni SMA Negeri 48 Jakarta
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi – Universitas Indonesia 2015
Twitter: @cahyoyoy

"Gw angkatan 2014, tahun kemaren gw dapet di salah satu PTN di jakarta tapi gw memutuskan untuk keluar. Selama thn 2014 gw bener2 gatau mau ngapain setiap hari akhirnya ngegame seharian bener2 ga putus. Sampe akhirnya gw ketemu temen gw yg kuliah, dan mereka nyeritain gimana sulitnya perjuangan mereka. Dari situ, terhitung mulai periode 28 desember 2014 (gw inget banget) gw stop ngegame, uninstall semua game, dan bener2 vakum. Tanggal 3 januari 2015 gw inget bgt pertama kalinya gw pake zenius.net. Sebagai orang yang pindah jurusan dari IPA ke IPS gw ngerasa zenius.net ini bener2 ngebantu gw buat belajar ekonomi dan Sejarah yang walaupun sampe berpuluh2 video gw babat habis semua. Awalnya gw bener2 minder karena saingan gw anak2 IPS murni yg udh belajar ips kurang lebih 3 tahun lah selama SMA. Lah gw baru belajar 6 bulan kurang, tapi bermodal nekat gw hajar aja. Sampe kemaren tanggal 9 juli pengumuman SBMPTN Alhamdulillah gw berhasil diterima di salah satu jurusan favorit IPS di Indonesia, Thank you Zenius :)"

Rifad

Rifad Anjar Jumara

Alumni SMA Negeri 1 Cicalengka
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Hubungan Internasional – Universitas Indonesia 2015
Twitter: @RFDAJ

"Gada kata lain selain: GOKIL!!!!! Gue alumni yang murtad dari IPA ke IPS tapi bisa ngejar materi soshum dari nol banget cuma pake zenius doang! (Serius!) Tadinya udah pesimis gabakal keterima karena gue bukan anak bimbel, gue bener2 pake zenius doang. Sebagai alumni, gue berjuang penuh tekanan banget. Keluarga gue pada judging karena gue belum kuliah. Guru2 sekolah pada kasian ke gue. Temen2 gue satu persatu sibuk kuliah. Ah lengkap deh tekanannya tuh! Sebenernya gue udah keterima di UPI via SBMPTN 2014, tapi gue masih kepengen HI UNPAD pikir gue. Tapi lama kelamaan.... Zenius terus ngasih gue berbagai asupan motivasi yang oke sampai finally gue pilih UI dan voila, HI UI! Ya Allah ZENIUS SERIUS GOKIL!!"

fabiola

Fabiola Meseaga

Alumni SMAN 1 Cibinong 
Fakultas Ilmu Psikologi – Universitas Indonesia 2015
Twitter: @Meseaga

"nggak pernah nyesel buat jd member zenius. Belajar UN & SBMPTN bener-bener full dari Zenius dan latihan mandiri aja karena aku nggak ikut bimbel. Jadi tuh tiap hari aku nongkrongin laptop sama HP sampe berapa kali kuota abis buat nontonin video Zenius, nggak ngebosenin. Bikin nagih. Zenius bener-bener ngebantu aku ngerti materi IPS dari awal banget dan konsep dasarnya banget, makanya cocok bgt buat yang lintas jurusan kayak aku. Zenius paket lengkap banget deh harganya jg worth it! Alhamdulillah bisa diterima di pilihan pertama SBMPTN walaupun lintas jurusan :")"

1660213_714246551972109_993651142_n

Ahmad Fitriyan

Alumni SMA Negeri 1 Wonosobo
Tembus SBMPTN 2015 Jurusan Televisi & Film - UNPAD (tapi akhirnya masuk UI melalui SIMAK)
Twitter: @ahmadfitriyan

"Belajar SBMPTN dengan zenius itu terarah, ga boros waktu, soalnya materinya sudah lengkap dan sesuai dengan materi yg diujikan. Jadi ga perlu lagi nyari2 ratusan materi di buku yg beda2. Simple, enak, dan pokoknya membantu bangetlah! Kaya bimbel gitu, serasa punya guru privat. Saya lintas jurusan Sma IPA, dan ikut SBMPTN soshum..  Awalnya ga kebayang belajar ekonomi, geografi, sosiologi, sejarah. Yang wow banyaknya materi yg harus saya pelajari dari awal kelas10-12 yang notabene ga saya dapatkan karena saya dari IPA.  Wah pokoknya zenius bener2 ngebantu! Terimakasih zenius! Nyesel ga kenal zenius sejak awal SMA."

ZV8sdiq4

Shinta Adzani Putri

Alumni SMA Negeri 1 Tenggarong
Fakultas Psikologi – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2015
Twitter: @shntadzani

"Rada nyesel juga sih baru serius belajar nya pas abis pengumuman SNMPTN, kalo lebih awal pasti bisa kali ya lolos pilihan pertama, hehe... Anyway, sebagai siswa lintas jurusan, belajar cuma beberapa bulan dan ga punya buku2 IPS, ga menyurutkan semangat untuk berjuang dgn belajar ama Zenius. Ga tau deh gimana jadinya kalo ga kenal.  Dan yang didapet juga bukan cuma sekedar materi ujian, but it's waaaay more than that. Fixing my way of thinking is definitely something priceless that Zenius (especially Sabda) also gave me. Belajar apapun jadi dipikirin bener-bener. Belajar sejarah yang selama gw pikir "ngebosenin" aja, jadi berasa baca novel. Belajar geografi juga jadi rajin gambar tanpa terpaksa. Paling seru sosio sih, to the point dan kocak banget! yang kek gitu bikin cepet nempel di otak. 1 bulan yang menyenangkan, jadi pengen ngulang SMA lagi. Buat adek2 yang bakal berjuang taun depan, aku saranin sih kalian se-segera mungkin mulai persiapan buat taun depan, sooner is better. Apalagi yang pengen (banget!) masuk universitas & jurusan "favorit", you have a lottttt more to sacrifice."

Yak, itu tadi di atas 5 contoh success story dari mereka yang lintas jurusan di SBMPTN 2015. Buat lo yg penasaran sama ratusan cerita kakak2 angkatan lo yang lain, lo bisa baca satu per satu di sini:

Okay, udah baca beberapa catatan perjuangan kakak2 angkatan lo di atas? Sebetulnya beberapa penggalan kalimat di atas itu cuma ringkasan pendek yang mungkin belum bisa mewakili kisah perjuangan mereka sesungguhnya. Tapi senggaknya, gua harap sih dari sedikit catatan kakak2 angkatan lo di atas, lo jadi punya gambaran bahwa mereka-mereka yang sekarang ini udah bisa berkuliah di kampus impiannya itu gak menempuh jalan yg mudah. Ada kerja keras dan pengorbanan yang harus dibayar untuk mendapatkan semua itu, terlebih bagi lo yang nantinya mau berjuang dengan cara lintas jurusan.

Gua ngerti bahwa mungkin sebagian dari lo yang lagi mempertimbangkan buat lintas jurusan itu mikir dalem hati

"Aduh, gua jadi ga yakin nih mau lintas jurusan. Berarti gua harus belajar materi (misalnya) IPS dari nol dong? Duh, males banget yaah... Gua jadi kayak orang bego sendiri nih belajar sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, dll padahal gua anak IPA. Apa mungkin gua bisa bersaing dengan mereka yang udah mempelajari materi ini bertahun-tahun, sementara gua cuma beberapa bulan?"

Nah, dari beberapa catatan kakak-kakak angkatan lo di atas, gua justru mau nunjukin bahwa ada buanyaak banget loh kakak angkatan lo yang juga pernah di posisi lo dan akhirnya berhasil tembus SBMPTN. Gua harap lo yang mungkin sekarang ngerasa 'kayak orang bego' karena belajar materi baru dari nol gak ngerasa sendirian lagi. Seriously, lo tuh gak sendirian kali! Di luar sana, di detik yang sama dengan lo baca kalimat ini, ada buanyak banget pesaing lo yang lagi sibuk belajar materi baru dari nol untuk SBMPTN.

Jadi intinya, kalo lo nanya gua apakah mungkin bisa ngejar materi baru dari nol? Apakah mungkin bersaing dengan mereka yang murni dari jurusan asalnya? Jawabannya: MUNGKIN BANGET! Kuncinya tinggal siapa yang berani keluar dari zona nyaman, berani berkomitmen untuk belajar lebih keras untuk belajar materi belum pernah disentuh, berani mengorbankan lebih banyak waktu, tenaga, perhatian, serta kegiatan-kegiatan lain untuk bisa fokus konsentrasi belajar demi menentukan masa depan lo sendiri.

"Okay deh sekarang gua beneran niat belajar, tapi enaknya mulai belajarnya mulai darimana? Gua buta sama sekali materi jurusan sebelah. Kan ada banyak banget tuh, apa gua harus pelajari semuanya satu per satu? Gila, itu kan banyak banget. Kayaknya mustahil deh!"

Confused Teenage Student Studying In The Class

Okay, berikut adalah beberapa tips belajar SBMPTN untuk yang lintas jurusan:

1. JANGAN belum apa-apa lo langsung ngerjain latihan soal campuran.

Kalo belum apa-apa lo langsung latihan soal campuran, ya pasti lo gak akan bisa ngerjain, karena materinya aja lo gak pernah sentuh. Jangan ngarep dengan banyak lihat latihan soal-kunci jawaban, lo jadi hafal dengan pola soal yang nanti ditanyain pas ujian SBMPTN. Percaya sama gue, mau lo ngeliat ratusan jenis soal SBMPTN sekalipun, lo gak akan bisa ngerjain soal SBMPTN kalo lo gak paham konsep materinya. Mau gak mau, lo memang harus pahami materinya, gak ada tawar menawar. Kalo ini demi masa depan lo, ya lo harus berjuang dengan belajar lebih keras dan keluar dari zona nyaman lo sesegera mungkin.

Jadi, langkah awal yang benar adalah belajar dulu konsep dasar materinya, baru latihan soal secara bertahap. Kalo lo udah merasa cukup paham beberapa gabungan topik bahasan, baru lo bisa coba mulai try out latihan soal campuran, habis itu jangan lupa evaluasi untuk lihat di topik bab mana yang lo masih kurang. Kalo lo udah paham dimana kekurangan lo, baru habis itu lo coba pahami lebih dalam materi yang masih belom lo kuasai. Selengkapnya untuk tahap belajar SBMPTN yang bener, lo bisa baca di artikel 7 Langkah Strategis untuk Belajar SBMPTN.

2. Iya, gue tau bahannya emang banyak, tapi bukan berarti mustahil untuk dikejar.

Bahan materi belajarnya emang banyak, tapi faktanya banyak juga kok kakak2 angkatan lo yang bisa beneran ngejar materi 'jurusan sebelah' dengan persiapan 3-4 bulan. Itu bukan mustahil dan terbukti memang banyak yang berhasil di setiap angkatan. Kuncinya sih asal lo tau CARA BELAJAR YANG EFEKTIF.

Maksudnya 'efektif' adalah jangan kelamaan bingung nyari sumber bahan belajar yang tercecer dimana-mana, minjem buku anak jurusan tetanggalah, pinjem buku di perpuslah, fotokopi latihan soal dari bimbel ini-itu, dsb. Inilah justru yang biasanya jadi sumber kebingungan lo 'belajarnya mulai darimana'. Karena dari sumber materinya aja udah banyak, waktu yang lo punya sedikit, jadi pastikan usaha lo juga harus efektif. Jangan kelamaan ngulik sumber bahan belajar yang belum tentu tepat sasaran, apalagi sepotong-sepotong dari berbagai sumber yang belum tentu runut dan komplit.

Untungnya, di zenius.net kita udah susun urutan belajar SBMPTN lo secara RUNUT & LENGKAP, baik Saintek maupun Soshum. Dari mulai materi penjelasan setiap topik SBMPTN, latihan soal setiap topik bahasan, latihan soal campuran, sampai try out soal SBMPTN dari tahun 2002. Semua udah kita desain betul-betul khusus untuk belajar SBMPTN. Pokoknya lo udah gak perlu lagi pinjem catetan temen, buku cetak anak jurusan sebelah, atau fotokopi dari sana-sini. Lo cukup belajar di zenius.net dengan disiplin dan konsisten, gua yakin lo bisa dapet sumber persiapan belajar SBMPTN yang jauh lebih efektif dan tepat sasaran.

3. FOKUS satu mata pelajaran dulu, jangan berbarengan!

Belajar topik yang bener-bener baru itu butuh energi dan usaha yang lebih besar. Jadi gua sarankan lo untuk fokus di satu mata pelajaran dulu, untuk periode waktu (misalnya) satu minggu, baru lo masuk ke mata pelajaran yang lain. Jangan belajar secara serabutan, siang ini belajar Sejarah, nanti sore belajar Ekonomi, besok pagi belajar Geografi, malemnya belajar Sosiologi... nanti lo kebingungan sendiri. Udah mah lo sebelumnya gak pernah nyentuh topik-topiknya, belum apa-apa lo udah diberondong dengan banyak konsep, istilah, rumus baru yang bejibun.

Bikin rencana belajar dengan pembagian yang realistis dan gak membebani otak lo, misalnya rencana belajar bulan Januari 2016:

  1. Minggu pertama : belajar ekonomi
  2. Minggu kedua : belajar geografi
  3. Minggu ketiga : belajar sosiologi
  4. Minggu keempat : belajar sejarah

Nah, dengan pembagian belajar 1 mata pelajaran untuk 1 minggu, otak lo jadi jauh lebih efektif mencerna konsep materinya. Baru deh tuh lo bisa coba uraikan lagi jadwal belajar lo secara harian, misalnya ambil contoh minggu pertama lo belajar ekonomi. Sebanyak apa sih bahan materi ekonomi? Lo gak usah bayangin materi ekonomi SBMPTN selama 3 tahun SMA tuh banyak banget. Materi SBMPTN ekonomi tuh cuman segini doang kok.

materi ekonomi

Serius tuh materi ekonomi cuma segitu doang? Ya, emang! Jangan dibayangin materi 3 tahun ekonomi itu ada banyak, pada prinsipnya ya konsep ekonomi itu sederhana cuma muter-muter di situ aja, cuma emang yang harus diwaspadai itu variasi soal yang menguji pemahaman lo dengan konsepnya aja.

Nah, dengan uraian materi ekonomi di atas, lo tinggal kasih target harian aja, sesuai dengan keleluasaan waktu yang tersedia. Gak usah ribet-ribet mikirin bahan lain, tinggal tonton video penjelasannya secara runut aja. Baru kalo udah habis semua, lo bisa mulai masuk ke latihan soal campuran pelajaran Ekonomi SBMPTN. Oh ya, buat new user zenius.net, perlu gua ingetin bahwa di zenius.net lo bisa download ribuan modul soal gratis berbentuk PDF yang bisa lo print dan kerjain secara terpisah, udah gitu kalo mentok lo bisa lihat video pembahasannya dengan masukin kode konten soal ke search box di sudut kanan atas layar homepage zenius.net.

Okay, di atas tadi gua ambil contoh untuk satu mata pelajaran Ekonomi aja yah, lo bisa menerapkan strategi yang sama dengan mata pelajaran yang lain seperti Geografi, Sosiologi, dan Sejarah. Bahkan untuk lo yang dari IPS mau ambil SBMPTN Saintek juga bisa menerapkan strategi yang sama untuk Math IPA, Fisika, Kimia, Biologi. intinya sih tinggal sejauh mana tekad, determinasi, disiplin, dan konsistensi lo sama jadwal belajar yang udah lo buat aja. 🙂

"Okay, sekarang gua udah tau strategi belajarnya, tapi gua bingung nyari waktu luang untuk belajar, soalnya keseharian gua aja masih sibuk dengan banyak kegiatan lain, belum lagi ada PR, tugas, ulangan, ujian sekolah, UN, kuliah, kerja, kegiatan kepanitiaan, dll. Rasanya bener-bener waktu buat belajar, terus gimana dong?" 🙁

Masalah ga ada 'waktu luang' biasanya jadi kendala tersendiri yang memang agak sulit gua bahas karena setiap orang pasti punya kesibukan dan kegiatannya masing-masing. Ada yang sibuk dengan kegiatan sekolah, pr, tugas, ulangan, ujian, belum lagi mungkin ada yang udah kuliah, sibuk kegiatan organisasi, kepanitiaan, lomba, extracurricular, dll. Wah, terus kapan sempetnya belajar untuk SBMPTN dong??

Nah, di sini kuncinya cuma satu, yaitu tentukan mana yang PRIORITAS dan mana yang BUKAN PRIORITAS. Salah satu kendala umum yang dimiliki oleh anak yang belum kuliah adalah: belum terbiasa menentukan prioritasnya. Mungkin karena dari kecil, kita udah terbiasa "ngalir bersama tuntutan lingkungan". Kalo di sekolah ada tugas, ya dikerjain; kalo ada yang ngajak kepanitiaan, ya ikutan sibuk ; kalo ada guru nyuruh ikut lomba, ya harus nurut ; kalo temen ngajakin nongkrong ; ya ikutan nongkrong, dst. Kesannya kita ga ada pilihan lain dan harus ikut tuntutan lingkungan, jadi kesannya kita ga ada waktu sama sekali.

Bagi lo yang ngerasa sibuk untuk banyak kegiatan karena dipengaruhi / tuntutan lingkungan, saran dari gua : Segera tentukan arah kegiatan lo sendiri, jangan mau diatur sama lingkungan! Sibuk dengan banyak kegiatan itu memang bagus, tapi ada saatnya dimana lo harus bisa evaluasi mana kegiatan yang betul-betul krusial untuk jangka panjang. Sekarang ini emang lo masih muda, waktu lo masih banyak banget ke depan, tapi kesempatan lo untuk ikut SBMPTN/Ujian Masuk PTN (baca: bisa kuliah di universitas yang lo inginkan) cuma dateng 3x, itupun datengnya jedah 1 tahun sekali. Jadi saran gue, kalo lo emang beneran ngerasa kuliah itu segitu pentingnya, stop semua kegiatan yang ganggu persiapan belajar lo. Stop kegiatan organisasi, kepanitiaan, lomba, apalagi kegiatan main game atau nongkrong2 gak jelas untuk sementara. Percaya deh, kalo nanti lo udah keterima kuliah, lo masih punya banyak waktu kok untuk melakukan itu semua.

Y U NO BELAJAR SBMPTN

Buat lo yang ngerasa sibuk dengan tugas, ulangan, dan ujian dari sekolah. Gua cuma mau ngasih bocoran, salah satu ciri khas anak yang lolos SBMPTN adalah mengorbankan banyak hal. Dalam hal ini, bukan hanya mengorbankan 'waktu main' doang ya, tapi juga termasuk mengorbankan prestasi akademisnya di kelas 12! Hah, masa sih sampe ngorbanin prestasi sekolah untuk bisa kuliah? Serius loh, dari yang gue tau, mereka yang berhasil tembus SBMPTN banyak yang rela mengorbankan prestasi kelas 12 (terutama semester genap), untuk dialokasikan fokus belajar SBMPTN/Ujian Mandiri.

Ini bukannya gua ngajarin lo untuk ga tanggung jawab ya, kalo dari sekolah ada tugas/pr ya tetep harus lo kerjain ; kalo sekolah lagi UAS ya lo tetep harus belajar. Tapi maksud gue adalah, lo udah bukan waktunya lagi untuk terlalu ambisius dapetin nilai UTS/UAS yang tinggi. Karena pada akhirnya, nilai rapor akademis (apalagi semester genap) udah ga segitu menentukan tujuan lo dalam jangka panjang. Pada akhirnya nanti ketika di dunia kerja, lo gak akan pernah ditanyain nilai UAS, nilai rapor SMA, bahkan nilai UN SMA. Almamater kuliah dan prestasi di dunia kampus itu jauh lebih menentukan peluang lo di masa depan.

PS. Seleksi SNMPTN hanya melihat sampai nilai rapor kelas 12 semester ganjil

Jadi, masih mau bilang "gak ada waktu luang" untuk belajar SBMPTN? Gua yakin sebetulnya waktu luang itu ada-ada aja kok. Tinggal gimana lo bisa menentukan prioritas, memangkas kegiatan lain yang gak penting/bisa ditunda, dan mengurangi fokus untuk kegiatan lain tanpa melepaskan tanggung jawab lo. Gua yakin sebetulnya setiap orang itu punya waktu luang, asal dia bisa setting waktu dan kegiatan dia sesuai dengan apa yang penting. Kita emang gak akan mungkin punya cukup waktu untuk melakukan segala hal, tapi kita selalu bisa meluangkan waktu untuk hal-hal yang penting dan mendesak.

Terakhir, saran dari gua untuk masalah waktu: Mumpung sekarang UAS semester ganjil udah beres dan beberapa hari ke depan udah masuk nuansa liburan Natal dan Tahun Baru. Gua sarankan lo yang bener-bener serius mau berkomitmen untuk tembus SBMPTN (apalagi yang niatnya mau lintas jurusan), untuk memanfaatkan waktu liburan ini sebaik-baiknya untuk MULAI START BELAJAR!

"Hah, masa liburan akhir tahun malah belajar??"

But-why-memeIya beneran, gua bener-bener saranin supaya liburan kali ini lo jadiin momentum untuk curi start belajar SBMPTN. Kenapa? Karena setelah liburan ini, lo udah gak akan punya banyak waktu luang lagi buat bener-bener konsen ngejar materi SBMPTN. Lo akan mulai 'terganggu' lagi dengan kegiatan akademis sekolah, pr dari guru yang setumpuk, tugas sekolah,Try Out UN, dsb.

Dengan moment liburan kayak gini, lo justru bisa fokus memperdalam materi-materi SBMPTN yang sebelumnya ga pernah lo sentuh dan mulai ngejar ketinggalan lo daripada anak-anak yang lain. Sedangkan kalo lo memutuskan liburan ini untuk santai-santai aja, bisa jadi para pesaing lo yang lain memutuskan buat belajar waktu liburan ini dan belum apa-apa lo udah ketinggalan duluan sama mereka.

****

Okay deh, sekian tips dan petuah dari gue, moga-moga sharing ini bermanfaat. Selamat belajar demi masa depan lo sendiri! 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang persiapan SBMPTN, khususnya yang niat lintas jurusan, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Untuk kamu yang lagi fokus belajar untuk persiapan SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan untuk baca beberapa tips berikut :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Tanisha Fortuna

    OMG kak glenn makasih banget ya tips nya!:")
    Btw ada 2 hal yg pgn gw kasihtau:
    1. kok akhir2 ini videonya kalo mau diskip suka ijo gitu layarnya,malahan gak bisa diskip sama sekali
    2. Gw udah baca buku bumi manusia,itu keren banget dan skrg gw lagi baca yg anak semua bangsa 😀

    • Halo, thanks yah tanisha 🙂

      1. Wah, masalah seperti itu bs macem2 sumbernya. Kalo di desktop dan hape gw sih gak masalah. Coba kamu konsultasi di zenius.net/cs. Mereka udah biasa menangani masalah teknis. Nanti kamu terangin ke mereka kamu pakai device apa dan OS versi berapa, format yg dipakai flash/html5

      2. Sip, tuh kan siapa bilang buku sastra klasik Indonesia gak menarik dan membosankan. Minggu ini gua akan publish rekomendasi buku sastra klasik dunia. Stay tune yak!

  • Imam

    gw dari dulu memang belum bisa menentukan mana yang prioritas dan mana yang tidak. Thx bgt bang dah ngasih petuahnya .

    • Sama-sama Imam, moga2 bermanfaat. harus tetap fokus, disiplin, dan konsisten ya! 🙂

  • Juan mata

    Artikelnya berguna banget bang glen, btw gue alumni IPS, kira2 ngejar materi dari awal (belajar dari 0 ) untuk SAINTEK itu lebih susah dari IPS ga sih bang ? soalnya gue liat di testimoni nya kebanyakan yg lulus di lintas jurusan itu yg pindah dari IPA ke IPS, jarang banget liat yg lulus dari IPS ke IPA, apalagi kimia sama biologi waktu kelas 10 gue ga ngerti banget( tapi gue lumayan ngerti sama mtk dan fisika nya pas kelas 10) -,- kira2 dalam waktu kurang dari 6 bulan ini "memungkinkan" ga, gue untuk lolos di TI UI atau Undip 😀 hehe ?

    • halo mata, emang perlu diakui bahwa anak IPS punya tantangan lebih utk ngejar materi IPA karena emg bahan materi IPA lebih kompleks dan bahannya juga banyak. Tapi ya bukan berarti gak bisa juga, dulu waktu jaman gua kuliah ada2 aja kok anak IPS yg bisa masuk jurusan IPA. Jadi ya sebetulnya balik lagi ke tekad setiap orang. Kalo masalah mungkin/nggak 6 bulan ngejar materi sih mungkin2 aja, asal lo bisa betul2 memanfaatkan waktu 6 bulan ini dengan seoptimal mungkin, dan jangan keseringan galau mikirin "mungkin/nggak ya" karena jadinya lo malah lebih buang2 waktu di situ, sementara para pesaing lo yg lain malah lagi sibuk belajar 🙂

  • Thano Mahayopatra

    kak .. kapan zenius diisi GEOGRAFI ? :v ... matri ips kurang nih ... Tambahin lagi ya kak :v ......

    • fakhri

      iya kak serius banget nih materi ips kurang lengkap bagian ekonomi ttg jurnal2 terus sama geografi juga -_- btw makasih kak glen gue jadi on fire walaupun setumpuk tugas kuliah di depan mata :")

    • Sekarang ini lg dlm proses rekaman, kemungkinan besar materi geografi akan diisi oleh kolaborasi Faisal, Pio, dan Iqbal

      • Alfinsa EP

        ditunggu bang, gue tunggu trio maut faisal-pio-iqbal buat geografi. gue rasa materi sbmtpn ekonomi, sejarah, ama sosiologi udah lengkaplah yah, tinggal geografi. masih belom ngerti konsep...

      • fakhri

        ehh iqbal baru denger gue :v semoga makin mantep jelasinnya kayak pio dah seru banget haha

      • Thano Mahayopatra

        Waaaah ....
        gak sabar bgt nih ....
        kira2 brapa bulan lagi di update ?

  • a_n

    Nah, trus kalau yg pilihan jurusannya ada IPA & IPS gmn? Berarti mesti belajar dua2nya dong?
    Ada tips kah buat yg mau ikut jalur tes IPC?
    Thanks..

    • Iya betul kalo mau ambil Saintek dan Soshum (IPC) harus belajar 2-2nya. Kalo gua pribadi sih sejujurnya gak terlalu menyarankan ya utk nekad ngambil IPC, kecuali kalo persiapan belajar lo udah setahun penuh (dari bulan Juli yang lalu). Karena selain bahannya jadi banyak banget, energi, waktu, dan fokus lo juga jadi kebagi2. Lebih baik fokus di 1 jurusan SAINTEK atau SOSHUM dan mengerahkan segenap tenaga, fokus, energi pada 1 tes ujian tersebut. Toh pada akhirnya lo hanya akan kuliah di 1 jurusan itu saja. 🙂

      • a_n

        Hmm..
        betul juga.. :3

        Kayaknya mesti pilih jurusan yg IPA semua nih..

        Thanks kak Glenn!

  • Nasrul Khoiri

    Saya lulusan Aliyah tahun 2015, dan saat ini saya lagi galau banget karena sampai saat ini saya belum kuliah2 juga.Padahal waktu saya masih sekolah,saya sering banget ngomong ke guru2, kalo saya pasti kuliah tahun ini.Tapi buktinya sampai saat ini saya belum kuliah juga.Sampe2 Saya malu banget buat ketemu guru2 saya waktu dialiyah dulu, sampe2 juga nih,ijazahpun belum saya ambil, saking takutnya ditanya"sekarang kuliah dimana?", saya malu sama temen2 saya yang beberapa langkah udah meninggalkan saya yang masih statis kkayak gini, saya malu sama ortu yang sudah naroh ekspekstasi besar ke saya.Sempet waktu itu saya ikut tes masuk ke univ didaerah say, dan saya nggak lolos dan karena itu juga akhirnya bikin saya down, minder, takut buat nyoba lagi, ditambah lagi ada slah satu guru yang ngeremehin saya, dan itu bikin saya bener2 minder.Jujur, saya pengen banget masuk univ.impian saya, dan saya sadar, bahwa untuk bisa lolos dan masuk ke univ.impian itu nggak mudah, dari mulai persaingan yang begitu ketat, presentasi kelulusan yang kecil, ditambah lagi kesiapan saya yang belum 100 persen.Karena kan saya punya niatan buat lintas jurusan dati IPA ke IPS,saya bingung mau memulai darimana?, dan paling saya bingung lagi cara manage waktu saya buat belajar.Sulit banget buat saya ngatur waktu secara efektif.Maaf nih, sedikit panjang dan ada aroma2 curhatnya juga nih kayaknya hehe..tapi semoga didengerin dan dibales, terus bisa ngasih solusi yang terbaik buat saya,apa yang harus saya lakukan dan mana yang harus saya prioritaskan terlebih dahulu biar saya nggak terus2an larut dalam kegalauaan.
    #makasih 🙂

    • Halo Nasrul, wah jangan minder gitu dong bro. Tahun 2015 kemarin itu jumlah pesertanya 693.185 orang dan yang lolos itu cuman 121.653 peserta yg lolos. Artinya apa? Artinya walaupun lo gagal di SBMPTN 2015 kemarin, tapi lo gagal bersama dengan 570 RIBU MANUSIA LAINNYA... dan gagal dengan tingkat persaingan seketat SBMPTN in your first try itu wajar banget, lumrah, bukan hal yang perlu kamu ratapi, minder, apalagi sampai malu berlarut-larut.

      Banyak banget kali murid2 zenius yang akhirnya lolos SBMPTN di PTN2 keren itu nunda kuliah setahun buat persiapan lebih mateng di SBMPTN tahun berikutnya... Ya memang mungkin ada rasa kecewa itu wajar, tapi jangan sampai berlarut2 berbulan2 juga bro.

      Pertama-tama, yg perlu lo harus taklukan adalah rasa minder, malu, dan kekhawatiran dalam diri lo. Kalo lo udah bisa menaklukan itu, baru lo bisa melangkah ke tahap berikutnya, yaitu mulai belajar dan berjuang utk SBMPTN / UM tahun depan. Cara menaklukannya gimana? Terima dan akui bahwa lo memang gagal di tahun pertama kemarin, gak perlu ditutup2i, gak perlu malu, akui saja, terima itu dengan lapang dada, semua orang tanpa terkecuali pasti pernah gagal... yg bikin orang berhasil ya kalo mereka bs bangkit dan maju dr kegagalan sebelumnya. Semangat ya 🙂

      • Nasrul Khoiri

        Makasih bang Glenn atas pencerahannya.Tapi saya bingung bang Glenn sama diri saya sendiri,buat ngilangin rasa males.jujur saya beluk bisa ngatasin itu bang,dan saya kan kerja, nah cara nagtur waktunya gimana sih?.Tolong kasih solusinya dan trik cara belajar yang nggak ngebosenin, mudah masuk ke otak, dan efektif sesuai dengan kondisi saya sekarang yang harus ngejalanin dua aktivitas yang berbeda, kerja sama belajar buat perisapan ikut sbm thn depan.Tapi seklai lagi makasih banget bang Glenn atas pencerahnnya,sumpah keren bangetttt....bakalan sering mampir kesini ah 🙂

  • Alfinsa EP

    ternyata pola belajar soshum gue salah.
    gue hari rabu belajar ekonomi, kamis geografi, sabtu sejarah, minggu sosiologi.
    thanks banget nih udah nyadarin gue.. very well thanks. minggu ini mulai berbenah...

  • Yacub Fahmilda

    Wow. Zenus keren !
    Kak itu vocer elektriknya aturan pakainya gimana ya?
    1. 150rb download video dlm jumlah tertentu, atau bebas selama 1 bulan penuh bisa buat apa aja?

    2. Apa itu vocer elektrik juga terbatas untuk nontn video dan latihan soal bntuk pdf?

    3. Bisa konsultasi snmptn?
    Eeh kan gini, aku minat di suatu jurusan dan rencananya mau tak masukin lewat snmptn. Sedangkan dari semster 1-5 ada satu nilai yang turun (dua point) dari 89 jadi 87. Apa itu ngaruh ya? Dan apa harus nilai rapotnya naik semua grafiknya? Kalau status sekolah ngaruh jiga ga? Soalnya aku di sma yang ga terlalu wow banget. Standar sih.. eh agak bingung juga nih..

    Ok. Aku harap kaka zenius bisa bntu aku.. thanks before

    • Juan mata

      Gue coba jawab yah, nah kalau udah jadi premium, bisa buka semua video yang ada di zenius. net sesuka lo, misalnya lo beli voucher yang 6 bulan, ya udah selama 6 bulan itu lo bebas buka semua video atau download soal2 pdf di zenus.net sesuka lo, nah berhubung gue alumni tahun kemaren, gue nyaranin banget ga usah mikirin snmptn,(tapi tetep ikutan aja) apalagi kalau sekolah lo itu bisa di bilang SMA yang biasa biasa aja, mending belajar SBMPTN dari sekarang :D, gue aja kapok tahun kemaren belajar sbmptn cuman 1 bulan dan akhirnya ga lulus dua dua nya ;'' baik snmptn ataupun sbmptn.

      • Yacub Fahmilda

        Ohh gitu. Tapi videonya juga bisa di download kan? Biar ga bolak balik nyari signal. Ok thnks sarannya ... Ketrima atau enggaknya itu pasti. Persiapan atau enggaknya juga pasti. Hidup yang waras waras ajadeh.. hehehehe

        • Juan mata

          Engga, video nya ga bisa di download lah --

    • Halo Yacub, betul seperti yg dijawab Juan Mata, aktivasi voucher itu memungkinkan kamu akses 41,000 video dan 2,500 modul latihan soal di zenius.net. Tapi video yang bersangkutan tidak bs didownload, hanya bs streaming. PS. Video pembelajaran kita sudah kita atur supaya sebisa mungkin ramah quota pemakaian, jadi pemakaian data yang terpakai juga sangat ringan.

      • Yacub Fahmilda

        Wah beararti gak ada batasannya ya bang? Oke oke. Oh ya. Tapi kok madas soshumnya ga ada ya?

        Plus kalo saya ada soal yg ga bisa terjawab oleh saya sendiri. Bisa konsultasi gitu ga sama guru zenius.net ? Atau kayak diskusi tanya tanya gitu bisa? Soalnya kan setahu ku zenius cmn ngasih materi soal doang..

        • Matdas itu adanya di kategori ujian TKPA, bukan di Soshum. Ada materinya di sini >> https://www.zenius.net/cg/84/teori-matematika-dasar-sbmptn-snmptn

          Setiap soal yang ada di zenius.net itu sudah dilengkapi dengan video pembahasan soalnya kok, jadi kalo gak bisa jawab bisa lgs nonton video pembahasannya. Forum diskusi antar sesama pengguna zenius hanya bisa diakses oleh pengguna produk Xpedia 2.0. Kamu bs pesan Xpedia 2.0 di sini >> https://www.zeniusmultimedia.com/paket-lengkap-xpedia-2-0-sma/

          Forumnya nanti bisa diakses di sini zenius.net/club

          • Yacub Fahmilda

            Oke deh bang, saya komunikasikan sama orang tua dulu. Saya rasa sih, metode pembelajarannya bagus. Jadi kita lebih explore materi dari pada terlalu bnyak materi yang di terangkan. Makasih sebelumnya bang glen..

  • Saras Granita

    Hello kak glen. sebelumnya, big thanks buat artikel yang kakak share:) keren abis.
    tapi kak gue mau nanya 1 hal.
    kan kakak glen bilang lebih belajar 1 pelajaran dulu per minggu nya, jgn dicampur2. besok fisika utk pagi malemnya kimia.
    kalo misal gue nerapin kek belajar kek gitu (pagi beda, malemnya juga beda) apa efektif? gue takut ketinggalan materi kak klo misal per minggu nya cuma 1 pelajaran doang hehe. dan pernah gue nanya user zen katanya kurang efektif hahaha

    mohon jawabannya thanks

    • Halo Saras, sebetulnya saran gue di atas itu lebih spesifik mengacu pada anak2 yg lintas jurusan, yg artinya mereka belum familiar sama sekali dengan disiplin ilmu baru yg harus ditekuni. Kalo misalnya kamu anak IPA dan emang mau belajar Fisika, Kimia, Biologi (baca: pelajaran yg sudah familiar dgn diri kamu), gak terlalu masalah kalo belajar agak kecampur2. Tapi kalo kamu belajar hal yang betul2 baru, ada baiknya fokus ke 1 pelajaran dulu sampai paham betul konsepnya, baru masuk ke pelajaran selanjutnya.

  • Alvia

    Aku anak IPA tp niat ambil soshum. Aku pgn bgt masuk UGM atau univ yg "selevel" mcm UNPAD, UNY dll tp aku minder. Nilai raporku pas2an dan selama ini jg blm bikin persiapan buat SBMPTN & UN.
    Aku pgn tanya nih kak. Kalo aku baru mulai belajar bulan ini udah terlalu terlambat apa blm? Kalo belum gmn biar bisa bagi waktu buat fokus ke SBMPTN & UN? Bagusnya aku belajar buat SBMPTN apa UN dulu? Terakhir, aku punya peluang gak sih buat masuk univ kayak UGM sementara aku dr SMA biasa2 aja (akreditas B) dr daerah terpencil pula? Thanks before.

    • Halo Alvia, gak perlu minder walaupun nilai rapor kamu pas2an dan berasal dari SMA akreditas B. Selama nilai SBMPTN kamu nanti bulan Juni dianggap layak, kamu bisa kuliah di PTN top nasional. Gak jarang kok UGM, Unpad, UNY menerima calon mahasiswa dari daerah terpencil.
      btw kalo kamu udah mulai ngerasa "masih sempet gak ya belajar SBMPTN mulai dari sekarang?" kebetulan gw udah pernah nulis artikel utk topik tsb, coba kamu baca di sini >>
      https://www.zenius.net/blog/7405/kapan-mulai-belajar-sbmptn

  • f(x)una!

    Kak, saya siswa kelas 11 dan sangat aktif dalam kegiatan organisasi. Untuk kelas 12, saya sudah pasti berhenti dengan kegiatan organisasi saya. Jadi memang pasti akan fokus.

    Tapi, tolong bagikan juga dong tips mengatur waktu dengan baik antara organisasi dengan prestasi di sekolah untuk sekarang. Jujur, saya mengalami kesulitan karena saya disini juga hidup kost, jadi juga harus mengatur masak-makan-keuangan-kesehatan sendiri. Disisi lain saya juga tidak bisa meninggalkan organisasi saya. Namun bisa saya akui juga, bahwa organisasi sangat menyerap banyak tenaga dan waktu saya untuk belajar. Seringkali sepulang sekolah yang sudah sangat sore, saya menjadi lelah dan akhirnya jadi jarang belajar. Saya takut bila terus berlarut seperti ini, saya akan mengalami penurunan prestasi.
    Terimakasih, kak sebelumnya. Hehe

  • Detective VVani

    Believe you are not alone.
    Berarti selain tidak sendiri,
    Banyak kawan,
    Juga banyak lawan. ^ω^

  • March

    Kak, gua mau nanya, kalo misal di SBM Saintek, nilai gua bagus di satu mapel, tapi buruk (bahkan minus), itu bakal ngaruh gak ke penilaian?
    Soalnya gua ntar mau fokus ke TKPA, mat, bio doang, takutnya kalo gua abai di mapel lain bakal jadi bumerang ke gua

    Satu lagi, zenius punya tempat diskusi sendiri gak? Kayak zenius club gitu? Misal di line, wa, atau yg lain
    Sekalian komersialkan voucher zenius club dong

    • Sebetulnya sistem penilaian itu rahasia dapur masing2 universitas jadi gua juga gak tau pasti. Tapi saran gua sih jangan mengorbankan matpel tertentu. Tebakan gua sih, universitas pasti udah punya target tolak ukur utk masing2 matpel. Misalnya kemampuan saintek lo udah bagus, tapi lo gak ngisi matpel bhs inggris sama sekali... ya berarti dgn kata lain lo memberikan sinyal ke pihak universitas bahwa kemampuan bhs inggris lo nol alias sm sekali gak bisa. Padahal kan pasti kampus2 top nasional, pengen mahasiswanya senggaknya punya tolak ukur kemampuan bhs inggris.

      Intinya sih gua sarankan belajar secara merata, jgn berpikir mengorbankan pelajaran tertentu.

  • Nabilah Silmi

    Ka glen, gua kan SMA kelas 11 jurusan ips nah gua mau ngambil jurusan ilmu gizi tp harus ngelewatin sbmptn sainstek kira-kira gua klo mau beli Xpedia 2.0 ngambil jurusan yg mana dan kelas berapa?
    Tolong sarannya

  • Hasbi Diqi

    Bang Glen kira2 kapan nih materi geografi selesai di update? jujur aja bang di XPEDIA khusunya yg materi gografi yg nerangin kurang mengena bang dan aku masih sering harus cari2 sumber bahan belajar yg lain buat geografi bang... segera ditunggu kbrnya ya bang klau uda slesai diupdate.

  • Nabilah Silmi

    Ka glen, saya SMA kelas 11 jurusan ips nah saya mau ngambil kuliah ilmu gizi, kalo pake Xpedia 2.0 pake kelas berapa? Dan pake ips atau ipa ?
    Tolong sarannya

  • Nabilah Silmi

    Ka glen, saya SMA kelas 11 jurusan ips nah saya mau ngambil kuliah ilmu gizi, kalo pake Xpedia 2.0 pake kelas berapa? Dan pake ips atau ipa ?
    Tolong sarannya

  • Thano Mahayopatra

    Kak glennn ... jujur ... walopun udah 1 semester berlalu #klas10 ... aku merasa gak suka di penjurusan ips . . . Karena bagiku ipa N ips sama sama menarikkk ... , kalau belajar ips saja bagiku belum cukup ... pgn selalu tau ... apalagi mapel yg lain .. aku suka banget .. tapi syaang . Cara guru nyampeinnya gak bagus ... ya gitu deh ... menurut kak glennn aku lebih baik ke ipa atau ttp di ips ... mending milih Ipa tapi belajar ipa N ips atau milih ips tapi belajar ipa n ips ? Selain itu aku suka bgt matematika dan bahasaa ... bahasa yg kuplajari skrg bahasa francis , jepang , n yg pasti inggris ... selama aku di ips aku juga belajar matek perminatan (X.X)

    Aku meraaa gak puas aja gitu belajarnya dipilah2 ...

    Kasi penerangan dong kak glennn

  • Alfira Fazriananda

    hai kak, gue kelas 12 jurusan ipa, nanti pas sbmptn mau ambil soshum. nah enaknya belajar pelajaran ips nya dari video yang kelas 10,11,12 atau dari video sbmptn soshum aja ya? makasih

  • Amelia Haikal Fasya

    Kak aku bingung belajar darimana buat sbm soshum yg matdas nya, aku dari ipa ke ips kak, matdasnya belajar dari yg sma apa yg sbmptn kak? Makasih ya sebelumnya

  • Danica Damayanti

    Ka Glenn .saya kelas 12 Akuntansi .
    Sejak kelas 11 sya sudah siap2 SBMPTN Saintek karena setelah melihat kemampuan saya dikelas 11 ternyata saya lebih mudah memahami dan lebih mudah mengaplikasikan ilmu alam drpda ilmu akuntansi . Tujuan saya skrg ITB - FMIPA . Yang nntinya stlh TPB sya ingin msuk Astronomi.
    Pertanyaan saya
    1.apa perbedaan engineer sma scientist?
    2.saya suka fisika . Saat menghitung rumus2 fisika saya bsa mngrjkan tp saat mengerjakan mtk saya down . Bagaimana mengatasinya?
    Terima kasih saran dan perhatiannya kak Glenn .

    • Untuk bisa paham beda antara ilmuwan (scientists) dan insinyur (engineer), kamu harus paham dulu apa bedanya

      1. to discover;
      2. to invent;

      Kedua kata tersebut dalam Bahasa Indonesia punya padanan yang sama: "menemukan". Bedanya, to invent adalah ketika seseorang menciptakan sesuatu yang sebelumnya ga pernah ada. Sementara to discover artinya menemukan (kembali) sesuatu yang sebetulnya sejak dulu sudah ada, tapi gak ada seorangpun yang mengetahuinya. Misalnya, Thomas Alfa Edison adalah orang pertama yang menciptakan bohlam. Oleh karena itu Edison disebut penemu (inventor) bohlam lampu. Bohlam kita sebut sebuah invention (penemuan) karena bohlam ga pernah ada di dunia ini sebelum diciptakan oleh Edison. Dari sudut pandang ini, bisa dibilang Edison adalah seorang insinyur (engineer), yang berhasil menciptakan penemuan baru (invention).

      Nah kalo gitu scientist itu yang seperti apa dong? Misalnya, Einstein disebut sebagai penemu teori relativitas. Kan bukan berarti hukum fisika relativitas ini baru muncul setelah Einstein mencetuskan teorinya. Relativitas dalam fisika udah ada sejak alam semesta terbentuk. Cuman, ga ada seorang pun yang tau konsepnya sebelum ditemukan (kembali) oleh Einstein.

    • Suka fisika tapi gak suka matematika? Seringkali hal-hal benci/cinta mata pelajaran tertentu gini ujung2nya cuma masalah cocok2an sama gurunya doang. Kalo kita seneng sama gurunya, seringkali pelajaran yang tadinya kita pikir bakal ribet juga jadi seru dan asik! Untuk pelajaran math, gua saranin lo belajar dari video2nya Sabda. Selama ini sih doi udah byk berhasil membius orang yg gak suka math jadi jatuh cinta sama math. Coba deh lo tonton videonya di sini :
      https://www.zenius.net/c/402/postulat-dasar

  • Irfan Adi Nugraha

    kak glenn, aku mau nanya dong..aku kan ambil jurusan IPA di sekolah, nah kalau ingin masuk SNMPTN nilai yang harus naik itu semua mata pelajaran atau pelajaran MTK,bio,kimia,fisika? mohon pencerahan nya kak 😀

  • Nabilah Silmi

    Ka saya mau tanya, saya anak ips. Nah di blog pernah di kasih tau, kita fokus aja sama sbmptn kalo udh bisa nguasain pasti udh bisa ngerjain UN nah kalo saya lintas jurusan pastinya saya sbmptn saintek trus bljr UN ips gmna ka membagi cara belajarnya
    Mohon solusinya ka glen pliss..
    Makasih

  • Hilwah Hafidzah Muthmainnah

    setau aku syarat FK harus anak IPA, jurusan yg lain sih yg rumpun SAINTEK bisa aja dari IPS kecuali FK, hehehe setau aku. Tapi kalau buat sbmptn sih bisa aja, apa sih yg gabisa asal kamu belajar mati2an. hehehe

    • yuni alfaiz

      Jazakillah khayran kak. Untuk jawabannya

  • sari007

    Permisi, saya mau tanya. Saya kan jurusan IPA waktu SMA, trus mau coba lagi SBMPTN tahun ini, tapi saya cuma mau ambil SOSHUM aja. Saya gak mau ngambil IPC, apakah bisa?

    • bisa, kamu ambil SOSHUM saja tidak perlu IPC

  • novitasimanjuntak

    Om glen saya novita . sekarang saya kelas 2 SMA N 5 P.siantar. saya ingin memantapkan pilihan saya masuk teknik industri USU . dan saya mulai fokus belajar semster genap ini. apa sayaa masih bisa mengejar materi sbmptn om? dan apakah saya memiliki peluang masuk? apalagi sekolah saya SMA NEGERI dan baru 8 tahun berdiri. dan terbilang masih SMA NEGRI baru disiantar.

  • Muhammad Alrandi

    Seperti biasa artikel kak Glenn bisa memotivasi aku, thank kak Glen

  • ata fadilah

    Ka gue galau nih kira2 materi 3 tahun anak ips bisa gak ya gue kejar dalam waktu 1 bulan buat sbm 2016 nanti? Please kasih gue saran dan wejangan

  • M Fadillah

    Kak, mau tanya. Kan saya dri ipa ni, mau ngambil sastra inggris. Yang saya bingung itu, saya harus belajar soshum ato saintek ya? Kalo sekarang saya belajar saintek karna saya pikir saya yang dari ipa nantinya dites saintek waktu sbmptn... Apa pilihan saya salah?

  • Monica Natalia

    kak glenn gimana ya cara belajar efektif selama 3 minggu buat yang ingin ikut sbm soshum tp dr ipa hanya dengan menyelipkan di selang waktu kuliah? saran kakak berarti sekali, terimakasih kak sebelumnya 🙂

  • Helmi Sean Jackson

    kak glen mau nanya nih, saya kan dari ipa tapi milih jurusan ke ips di sbmptn. saya pilih semua prodinya ips, apakah saya harus ambil paket ipc atau soshum aja?

  • Lutfi Agizal

    Bro Kalo begini ikut soshum atau Ipc ane dri IPA tpi sbm gk ada yg ambil 1jurusan pun dri Ipa,trs Boleh gk kalo ngambil full jurusan lintas minat semua?Maklum ane nyasar ke Ipa gara gara gk ada Kelas jurusan sastra bahasa di SMA ane.Thx yah

    • Lutfi Agizal

      Sekalian nanya donk,Kalo chance rival kebanyan,atau keketatan di Padjajaran,mending recomend dimana yah gpp luar pulau jawa,but UI tetep menjadi pilihan pertama.thx

    • Salsa

      kalo cuman ambil jurusan ips ya berarti soshum bukan ipc

  • ilham rizki

    kak aku milih ujian IPC pilihan 1 Soshum, 2&3 saintek,kalo nanti
    semisal soshum nilainya tinggi, tapi sainteknya anjlok, gimana,,, mohon
    dijawab.. peluang diterimanya gimana

  • Adilah Permata

    ka mustahil ga ya kalo saya baru mau lintas jurusan ke soshum sekarang? saya gagal di snm, sbm sama um dan sekarang mau coba um lg tapi rasanya sulit banget ngejar ketinggalan di saintek karena saya belajarnya telat ka, kalo saya lintas jurusan sekarang apa salah strategi? apa waktunya masih cukup. lebih baik saya coba lagi tahun depan atau masuk ke kuliah yang bisa aja ya ka? mohon pencerahannya ... ;(

  • Zelda

    Ini blog reseller y? Kok sama artikelny cmn bingungnya nama kak gleen di ganti si beje??

    http://blog.belajarjenius.com/tips-belajar-sbmptn-untuk-yang-lintas-jurusan/

  • Edward Putra

    terima kasih tips2 ny bang, saya pengguna premium zenius dan saya juga mau rencana tahun depan ambil sbmptn soshum dari kelas MIPA, yang saya tanyakan klo saya ikut usm, kek SIMAK UI, UTUL UGM, UM UNDIP, dan UM sejenis lainny ngak masalah kan saya ambil jalur soshum walaupun habitat saya dri kelas MIPA ? terima kasih

  • M Ilham Taufiqurrahman

    Saya anak MIA pengen masuk jurusan IPS.
    Udah ngincer beberapa jurusan sih kayak Psikologi, Ekonomi Syariah dan berhubungan dgn hafalan yg ada sedikit ngitung.
    Ada referensi jurusan lain gak? apa udah kita fokus aja ke satu jurusan?

  • unknow

    Kak glenn , mu tanya klo ane lintas jurusan dr ipa ke ips kira" ane hrs blajara yg di teori" SBMPT atau materi" dr kleas 1-3 ips?

  • unknow

    Kak glenn mu tanya.. Klo ane mau lintas jurusan ipa ke ips, kira" ane cocoknya bli xpedia khusus sbmptn ips atau hrs belajar dr awal kls 10(hrs bli dr kls 10-12) ?

  • Sriwani Gultom

    yg dri ips ke ipa,dong kak glenn blognya buat kak.

  • Adinda Fatimah

    Kak, mau tanya. Saya kan alumni yg mau ikut sbm lagi taun depan, dulu saya smanya ipa. Tapi sbm taun depan mau ips. Jadi, saya belajar materi ips dari awal kak. Cara saya belajar itu tiap bulan ganti mapel (mis bulan ini sejarah, bulan depan eko dst diikuti geo ama sos), dan selama belajar itu, saya bikin catetan penting gitu kak (saya namainnya garis besar) , dan catetannya itu buat dibaca2 lagi tiap hari, misalnya kan bulan depan belajar eko, dan biar gak lupa ama sejarahnya, catetan itu dibaca2 lagi sampe sbmnya. Menurut kaka, cara belajar ku yg kaya gini efektif atau gak? Kalo gak efektif, apa yg harus diperbaiki? Mohon pencerahannya kak.

    • daniel andriyanto

      kak glenn, perkenalkan namaku daniel masih kelas 10 SMA. kebetulan saya baru masuk sma dan masuk ke penjurusan ips. awalnya sih saya nggak percaya kalau saya masuk ips. karena saya itu tergolong anak yang aktif ikut lomba2 fisika di smp. rangking ppdb saya pun puji tuhan 40 dari 448 siswa pas tes kemarin. tapi waktu saya protes ke wakasek sma saya, dia bilang begini "kamu itu harus punya plan a,b,c kalo plan a gagal kamu harus ke plan b dst"

      1. menurut ka glenn, hal yang seperti itu membunuh murid apa tidak? (karena saya 3 tahun ke depan ingin masuk fttm itb kak) terimakasih

  • Rafikah AL Azizi

    Selamat siang ka glenn.. kenalin gue fika kls 12 SMA . Pejuang SBMPTN 2017. Kak sekrang gue lagi bingung nih, mulai belajar darimana. Bagusnya gue bahas sbmptn dulu atau UN ya kak? Sekarang gue lagi sibuk TO di skolah, lagi byk tugas. Smpai2 gue gk bsa ngejarin soal sbmptn. Gue bngung gmna cara bagu wktunya. Kasih gue saran dong kak. Gue skrg lg bngung bgt kak

  • Arta

    Kak:" aku juga kepengen lintas jurusan. Dulu aku masuk IPA karena gengsi, nem, juga teman-teman banyak yang masuk IPA. Padahal dulu sebelum masuk SMA, aku udah mikir kalau SMA masuk IPS terus aku bisa ke sastra. Dan gebleknya, aku malah milih IPA. Dan di IPA aku bener-bener ketinggalan. Apa aku bisa ngejar mulai sekarang? ini udah mepet banget, tapi kalau mau ke IPA aku sama aja kaga yakin lulus sbm nya.

  • @yordanilham

    Bukan berarti sedikit kan yang akan lintas jurusan dari IPS ke IPA, termasuk gue. Tapi kayanya ini bahasan u tuk lintas jurusan ke saintek hanya sedikit dan cenderung di fokuskan ke IPA.

  • la

    Kak gleeeenn gue mau mulai belajar nih buat soshum. ini waktunya bentar lagi banget kan, cuman gue yakin bisa. tapi yang gue bingung, gue belajar dan pelajarin video2nya itu yg pelajaran2 dari kelas 10, 11, 12 atau langsung ke video mapel2 yg di bagian sbmptnya ya?

  • aulia

    Kak aku juga mau lintas jurusan, tapi baru mau fokus belajar sekarang. Ugh, kira2 waktu buat ngejar pelajarannya cukup gak ya? ??

  • Endah

    assalamualaikum kak.. aku mau nanya mengenai sbmptn. aku angkatan 2015 jurusan ipa, jadi aku mau ikut sbmptn lg tahun ini kak. tapi jurusan yang mau aku ambil semuanya jurusan soshum, jadi sebaiknya untuk sbmptn nantik aku milih ujian sohum atau ipc ya?

    • Andi Sahrul

      soshum *bantu jawab

  • moch yoga pratama

    Kak glenn, aku mau nanya nih kak. Aku anak smk kak non tehnik "smk ips" mau lintas jurusan ntar ngambil saintek "elektro/mesin" kek gitu. Jujur aja galau banget nih rasanya -_- mau belajar dri mana di zenius. Apakah langsung belajar di materi sbmptn zenius atau mulai dr kelas 10 mipa zenius kak ? Thanks kak glenn. Mhon d jwb secepatnya kak 😀

    • Firman

      Saran gue sih belajar dari materi sbm aja sob,karna udah g aa waktu lagi buat belajar dri mipa kls 10,fyi gua juga sama kayak lo tapi bedanya gua ambil soshum 🙂
      Ps:yourr not alone buddy ,fight!!

  • Gio Arman

    Kak boleh nanya ga?

  • Nafisah Azka

    Kak glenn, gw pindah juga dr ipa ke ips buat sbm taun ini, terus dari akhir taun 2016 gw ngejar tpa sm matdas, pas akhir januari gw pake zen online sama mulai lat soal ips, dan pas baca ini baru sadar kenapa gw kadang masih ga ngerti sama pelajaran ips, karena gw belajarnya campur campur dan lgsg ngerjain soal campuran... Makasih banyak ka tips nya, untung masih ada cukup waktu buat rapiin metode belajar meskipun bentar lagi,

  • Nafisah Ulfi Fauziyah

    kak glenn, klo gua belajar sbmptn soshum setelah un telat gak sih? masalahnya gua anak ipa dan pengen pindah haluan ke jurusan ips