Siapkan Rencana Penilaian

Persiapan PAS – 5 Cara Efektif Meningkatkan Nilai PAS

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Ketemu lagi sama gue Sabrina. Seperti biasanya, gue bakal mengajak lo semua buat ngebahas tips ujian. Nah, kali ini gue akan memberikan tips persiapan menghadapi ujian semester untuk Penilaian Akhir Semester (PAS). Yuk, simak penjelasan lengkapnya sampai selesai!

Sebelum lebih jauh, gue mau tanya nih, sudah sampai mana sih persiapan menghadapi ujian semester yang lo bikin? Adakah di antara lo yang mulai fokus buat ujian PAS? Nah, buat lo yang sekarang duduk di kelas 10 atau 11 SMA, hail Penilaian Akhir Semester (PAS), bisa menjadi tiket emas diterima di PTN impian, lho. Terutama buat lo yang mengincar jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Karena, buat lolos SNMPTN, lo harus punya nilai rapor yang bagus mulai dari semester 1 Kelas 10 sampai semester 2 Kelas 12.

Persiapan Menghadapi Ujian Semester PAS

Tanpa berlama-lama, nih gue sebutin persiapan menghadapi ujian semester yang bisa lo coba buat maksimalin nilai rapor, di antaranya:

Jangan Belajar Materi Ujian PAS dengan SKS (Sistem Kebut Semalam) 

Tips menghadapi ujian yang pertama adalah jangan belajar materi ujian PAS dengan sistem SKS atau sistem kebut semalam. Sebagai seorang siswa, kadang-kadang kita sering menunda belajar karena merasa ujiannya masih lama. Tapi, ternyata itu adalah hal yang salah lho Sobat Zenius. 

Dilansir dari td.org, memori manusia itu terbatas dalam mengingat sesuatu. Untuk bisa memahami sesuatu secara menyeluruh, cara paling maksimal adalah dengan melakukan praktik langsung, berikut ini pembagiannya:

  • Manusia mengingat 10 persen dari apa yang mereka baca
  • Manusia mengingat 20 persen dari apa yang mereka dengar
  • Manusia mengingat 30 persen dari apa yang mereka lihat
  • Manusia mengingat 50 persen dari apa yang mereka lihat dan dengar
  • Manusia mengingat 70 persen dari apa yang mereka katakan dan tulis
  • Manusia mengingat 90 persen dari apa yang mereka lakukan langsung (praktek) 

Pembagian ini berdasarkan pada penelitian Edgar Dale bernama Kerucut Pengalaman (The Cone of Experience) pada tahun 1940-an tentang ilmu otak manusia. Berdasarkan pembagian di atas, cara belajar yang maksimal adalah dengan melakukan praktek langsung. Misalnya lo langsung mengerjakan soal ujian PAS berdasarkan materi atau kisi-kisi yang telah diberikan oleh guru. 

Lo bisa mengingat 90 persen dari apa yang lo lakukan, atau tahap apa aja yang lo lakukan saat mencoba latihan dengan soal-soal yang mirip ujian PAS beneran. Cara belajar untuk ulangan besok ini lebih efektif daripada lo pake sistem SKS. Semalam suntuk baca materi, ngapalin jenis-jenis soal tapi pas ditinggal tidur tiba-tiba semua materi yang udah dibaca menguap ke udara. 

Selain gak efektif, akhirnya lo juga jadi buang tenaga dan waktu yang sebenernya bisa lo gunakan untuk hal lain. Untuk menghindari sistem SKS, lo harus menyusun jadwal belajar untuk ujian PAS dari jauh hari. 

Practice makes perfect dengan soal-soal ujian PAS, adalah cara terbaik supaya bisa dapet nilai raport yang maksimal. 

zenius untuk guru. yuk maksimalkan persiapan menghadapi ujian semester dari sekarang!
Ilustrasi belajar online di rumah untuk mempersiapan PAS

Maksimalkan Waktu Belajar di Rumah

Persiapan menghadapi ujian semester selanjutnya adalah memaksimalkan waktu belajar di rumah. Berhubung masih pandemi, lo juga harus pandai mengatur waktu belajar online di rumah. Karena waktu bertemu guru dan teman-teman semakin terbatas, lo tentu punya lebih banyak waktu di rumah kan?

Daripada gabut dan buang waktu scroll timeline sosmed, akan lebih baik kalau lo gunakan waktu luang buat nyicil belajar di aplikasi bimbel online. Lo bisa banget manfaatin latihan soalnya buat belajar materi ujian PAS. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, saking terbiasanya nanti, lo nggak ngerasa kalau sebenarnya sudah menguasai materi ujian PAS.

Kalau perlu, lo juga bisa kok belajar lebih efektif di bimbel online. Fitur-fitur di bimbel online umumnya dirancang khusus untuk meningkatkan prestasi belajar. Sehingga cocok banget lo gunain sebagai persiapan menghadapi ujian semester seperti PAS, PTS, PAT dan ujian lainnya.

Apalagi sekarang banyak penyedia bimbel online yang bisa lo pilih untuk membantu lo menghadapi ujian PAS. Tapi, sebelum memilih yang sesuai, lo harus perhatikan kualitas dari penyedia jasa bimbel itu ya, antara lain:

  • Memiliki Kumpulan Materi dan Soal PAS Terbaru
  • Memiliki Tutor yang Profesional dan Berkualitas di Masing-Masing Bidang Mata Pelajaran
  • Menyediakan Latihan Soal-Soal PAS
  • Memiliki Pembahasan Soal-Soal PAS dengan Detail dan Mudah Dipahami
  • Memberikan Pembahasan Soal-Soal PAS dalam Bentuk Video
  • Soal dan Materi Ujian PAS Bisa Diakses Dimana dan Kapan Saja

Nah, salah satu bimbel online terbaik yang telah memenuhi kriteria di atas serta  menyediakan materi-materi PAS plus tips menghadapi ujian akhir semester adalah bimbel online Zenius. Kalo lo penasaran dengan program Zenius untuk kelas 10 dan 11, lo bisa langsung cek di artikel ini: Program Belajar Terbaru dari Zenius Buat Nemenin Lo Belajar Sepanjang Tahun Ajaran.

Buat Grup Belajar Bareng Teman

Selain semangat untuk belajar materi ujian PAS, hal lain terkait persiapan menghadapi ujian semester yang harus kamu ingat adalah membangun hubungan atau circle yang positif dan bisa menjadi penyemangatmu dalam menghadapi ujian PAS.

Tahap selanjutnya dalam hal persiapan menghadapi ujian semester adalah membuat grup belajar materi ujian PAS dengan teman-teman. Tidak jarang, semangat belajar kita tumbuh berkali-kali lipat saat kita belajar bersama teman, ya boleh teman dekat atau teman rasa pacar hehe. 

Pokoknya dengan menggunakan cara ini, persiapan menghadapi ujian semester kita jadi gak bosen, cepet nyambung bahkan lebih lama inget. 

Apalagi untuk lo yang emang belajarnya online, kadang-kadang merasa kesepian kan karena belajar sendiri? Kalo iya, ini artinya lo harus membuat grup belajar khususnya untuk materi-materi yang akan muncul dalam ujian PAS. 

Jangan Ragu Bertanya Pada Guru

Nah, persiapan menghadapi ujian semester efektif selanjutnya adalah minta tips menghadapi PAS ke guru. Sebenarnya, saat berkomunikasi dengan guru, pembahasan yang lo angkat gak harus melulu tentang materi pelajaran lho. Lo juga bisa nanya mengenai tips dan trik mengerjakan soal PAS.  

Atau kalau memang ada soal terkait ujian PAS yang gak lo ngerti, lo bisa minta dibimbing lebih intens dengan guru yang bersangkutan. Tapi ingat, menghubungi atau berkomunikasi dengan guru harus sopan ya. Lo bisa bertanya terlebih dahulu kepada mereka tentang kesibukan mereka. Kemudian cari waktu konsultasi yang tepat. 

Usahakan menghubungi mereka di jam kerja (08.00 – 16.00) dan bukan di hari libur kecuali lo sudah diizinkan menghubungi diluar jam itu. Terus to the point ke maksud dan tujuan lo menghubungi mereka. 

Kalau sudah diberikan tips menghadapi ujian PAS atau sesi pembahasan materi ujian PAS yang lebih intensif oleh Bapak/Ibu guru jangan lupa ulang kembali materi yang sudah dijelaskan supaya lo makin inget dan ucapkan terimakasih. 

Berdoa Supaya Nilai Rapor Bagus 

Nah, tips persiapan menghadapi ujian semester yang tak kalah penting adalah berdoa. Siapa nih yang sering memanjatkan doa supaya nilai rapor bagus? Seorang penulis kenamaan asal Amerika Joyce Meyer pernah berkata mengenai kekuatan doa di dunia nyata, ini katanya: 

“Doa tidak hanya mengubah sesuatu – itu mengubah kita. Jika kita tekun mencari Tuhan, perlahan dan pasti, kita menjadi orang yang lebih baik”.

Berdoa agar dilancarkan dalam menjalani ujian PAS dan mendapatkan nilai rapor bagus adalah hal yang sangat dianjurkan. Mendekatkan diri dengan Tuhan membuat lo punya pemikiran dan jiwa yang tenang. Kalau hati dan pikiran lo tenang dan stabil, lo bisa lebih mudah berkonsentrasi dan mengingat materi-materi ujian PAS yang sudah lo pelajari sebelumnya. 

Keadaan mental yang buruk, misalnya gampang panik atau terlalu khawatir (takut salah menjawab) dalam ujian PAS bisa membuat lo gak bisa berkonsentrasi hingga tidak mendapatkan hasil maksimal. 

Memulai Belajar dengan Berdoa Terlebih Dahulu. Jadikan persiapan menghadapi ujian semester PAS lebih mudah dengan doa.
Ilustrasi berdoa sebelum belajar | Image by Free-Photos from Pixabay

Minta Restu Orang Tua dan Keluarga Terdekat 

Agar doa supaya nilai rapor bagus dari lo makin afdol, jangan sungkan buat meminta doa restu dari orang tua (ibu/bapak) atau orang-orang yang berjasa di hidup lo. Misalnya nenek, paman, kakak, dll. Pemimpin spiritual sekaligus politikus yang paling berpengaruh dalam Gerakan Kemerdekaan India, Mahatma Gandhi pernah mengatakan: 

“Doa adalah kunci pagi dan malam hari,”

Mahatma Gandhi bahkan mengistilahkan doa adalah jawaban dari setiap persoalan dunia, baik di pagi atau malam hari. Doa restu dari orang-orang terdekat juga adalah bentuk dukungan moril yang sangat dibutuhkan di masa-masa ujian lho. Ini bisa menjadi dukungan yang sangat hebat supaya lo bisa percaya diri dan maksimal mengerjakan soal ujian PAS

Nah, segitu dulu tips untuk persiapan menghadapi ujian semester dari gue. Semoga bisa langsung dipraktekkan supaya bisa memperoleh nilai raport bagus sebagai salah satu persyaratan lolos SNMPTN. 

Dan ingat, cara belajar untuk ulangan besok bukanlah yang semalam suntuk atau asal cepat saja ya. Tapi yang berkesinambungan dan konsisten. Semangat para pejuang ujian PAS, hasil tidak pernah menghianati usaha. 

Lo juga bisa nonton video terkait PAS dan Ujian-Ujian lainnya hanya di Channel Youtube Zenius lho:

Bagikan artikel ini