Ilustrasi Kimia

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya

Artikel ini membahas tentang aturan tata nama senyawa hidrokarbon, jenis-jenis senyawa hidrokarbon, serta contoh soal tata nama senyawa hidrokarbon.

Halo, Sobat Zenius! Di pelajaran Kimia, lo pasti udah pernah denger nama-nama kayak “metana”, “butana”, “oktana”, dllnya, kan? Tapi lo udah tahu belum mereka itu nama-nama dari senyawa apa? Terus, gimana sih, aturan penamaannya?

Senyawa Hidrokarbon

Jangan sampe lo salah kaprah ya, Sob! Meskipun mirip, tapi senyawa hidrokarbon itu beda sama senyawa karbon.

Sebelumnya nih, senyawa hidrokarbon adalah salah satu contoh dari senyawa kimia yang bersifat organik. Senyawa organik sendiri adalah senyawa kimia yang pada molekulnya mengandung karbon (kecuali karbonat, karbida, serta oksida karbon).

Sesuai dengan namanya, senyawa hidrokarbon itu merupakan senyawa yang tersusun atas atom unsur hidrogen (H) dan unsur karbon (C). Penulisan senyawa ini dapat dirumuskan sebagai “CxHy”.

Jenis Senyawa Hidrokarbon Berdasarkan Jenis Ikatannya

Hidrokarbon Jenuh

Jenis senyawa hidrokarbon ini memiliki ikatan kovalen tunggal pada seluruh ikatan antar atom karbonnya. Contohnya adalah alkana, seperti berikut ini:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 113 –> Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 114 (Propana)

Hidrokarbon Tak Jenuh

Jenis senyawa hidrokarbon ini memiliki satu atau lebih dari ikatan rangkap dua ataupun rangkap tiga pada seluruh ikatan antar atom karbonnya. Contohnya adalah alkena dan alkuna, seperti berikut ini:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 113 –> Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 116 (Propena)

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 113 –> Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 118 (Propuna)

Jenis Senyawa Hidrokarbon Berdasarkan Bentuk Rantai Karbon dan Jenis Ikatannya

Hidrokarbon Alifatik

Hidrokarbon alifatik memiliki rantai terbuka, baik itu dilengkapi oleh ikatan yang tunggal maupun ikatan rangkap. Contohnya adalah senyawa hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna, sebagai berikut:

Butana sebagai Contoh Senyawa Hidrokarbon Alifatik
Sumber: Studio Belajar
Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 119 (Butana)

Heksena sebagai Contoh Hidrokarbon Alifatik
Sumber: Studio321

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 120 (Heksena)

Hidrokarbon Aromatik

Hidrokarbon aromatik memiliki rantai yang melingkar yang dilengkapi ikatan konjugasi, yakni adanya ikatan tunggal dan rangkap yang terletak berselang-seling.

Benzena sebagai Contoh Hidrokarbon Aromatik
Sumber: Studio Belajar

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 121 (Benzena)

Hidrokarbon Alisiklik

Hidrokarbon alisiklik memiliki rantai karbon yang tertutup ataupun melingkar.

Siklobutana sebagai Contoh Hidrokarbon Alisiklik
Sumber: Studio Belajar

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 122 (Siklobutana)

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Hal Penting untuk Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
Dok. Zenius

Selain tiga hal di atas yang perlu lo perhatiin saat ketemu sama soal untuk menentukan nama senyawa hidrokarbon, lo juga harus inget dua hal di bawah ini: aturan penamaan jumlah atom C dan jenis-jenis senyawa hidrokarbon alifatik.

Aturan Penamaan Atom C
Dok. Zenius

Alkana

Alkana sendiri merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik jenuh. Berdasarkan aturan tatanan nama senyawa kimia yang disusun oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), aturan penamaan senyawa hidrokarbon alkana menambahkan imbuhan -ana pada akhir namanya. Selain itu, ia juga memiliki rumus sebagai berikut

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 123

Alkena

Alkena merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap dua. Jenis senyawa hidrokarbon ini menambahkan imbuhan -ena pada akhiran namanya. Sementara, rumus alkena sendiri adalah sebagai berikut:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 124

Alkuna

Alkuna merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap tiga. Pada akhiran namanya, diberi imbuhan -una. Sementara untuk rumusnya sendiri adalah sebagai berikut:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 125

Alkil

Nah, Alkil ini merupakan kasus yang agak spesial nih, Sob. Gugus alkil ini sederhananya merupakan alkana yang kehilangan 1 atom hidrogen (H). Di akhir namanya, ditambahkan imbuhan -il. Untuk rumusnya sendiri, yakni sebagai berikut:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya 126

Untuk langkah-langkah penamaan yang lebih detailnya, lo bisa ngikutin ini, Sob:

  1. Perhatikan berapa banyaknya atom C, C ditetapkan sebagai rantai utama, dan ada berapa panjang rantai utamanya.
  2. Beri nama cabang dari rantai utama tadi menggunakan aturan jumlah atom C dan sesuaikan dengan jenis senyawa hidrokarbonnya (alkana, alkena, alkuna, atau alkil).
  3. Perhatikan ada ikatan apa pada rantai tersebut, apakah ikatan tunggal, rangkap dua, atau rangkap tiga.
  4. Perhatikan atom C pada rangkaian utama, lalu beri nomor berurutan dari yang ujung cabang yang paling dekat dengan rantai utama.
  5. Perhatikan substituen cabang yang sejenis, lalu beri imbuhan di- (apabila terdapat dua cabang sejenis), tri-, tetra-, dst.
  6. Perhatikan ada atau tidaknya gugus di dalam rantai karbon tersebut.
  7. Perhatikan urutan penulisan substituen cabang secara alfabetik, terkecuali untuk awalan di-, tri-, n- (normal), sek- (sekunder), ters- (tersier).

Contoh Soal dan Pembahasan

Tentukan nama dari senyawa berikut ini!

Contoh Soal Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
Sumber: Materi Kimia

Pembahasan:

a). Terdapat 8 atom C di dalam rantai utama, sehingga diberi nama oktana.

b). Pada atom C nomor 4 di dalam urutan rantai utama, terdapat 2 gugus C lain, yang kemudian diberi nama etil.

Jadi, penamaan senyawa di atas adalah 4-etiloktana.

***

Gimana, Sobat Zenius? Tarik napas, buang. Tarik napas, buang. Kalau pusing, bisa diresapi dulu sedikit-sedikit, yang penting telaten! Nah, buat lo yang pengin makin paham lagi, bisa langsung cek tautan-tautan di bawah ini ya!

Link Video

Dasar Penamaan Senyawa Karbon

Baca Juga

Senyawa Hidrokarbon: Materi Kimia Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!