Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

senyawa hidrokarbon

Halo, Sobat Zenius! Buat elo yang udah masuk kelas 11 mungkin sudah nggak asing lagi, nih, dengan materi tata nama senyawa hidrokarbon. Nah, dalam artikel ini, gue mau ngajak elo semua buat membahasnya lebih detail lagi, mulai dari jenis-jenis hingga contoh soal dan pembahasannya.

Saat belajar Kimia, elo pasti udah pernah mendengar nama-nama kayak metana, butana, oktana, dan lain-lain, kan? 

Tapi, elo udah tahu belum mereka itu nama-nama dari senyawa apa? Terus, gimana sih, aturan penamaannya?

Nah, gue mau ngejelasinnya buat elo, nih, dalam artikel ini. Yuk, simak bersama-sama, ya!

Apa Itu Senyawa Hidrokarbon?

Jangan sampe elo salah kaprah ya, Sobat Zenius! Meskipun mirip, tapi senyawa hidrokarbon itu beda sama senyawa karbon.

Sebelumnya nih, senyawa hidrokarbon adalah salah satu contoh dari senyawa kimia yang bersifat organik. Senyawa organik sendiri adalah senyawa kimia yang pada molekulnya mengandung karbon (kecuali karbonat, karbida, serta oksida karbon).

Sesuai dengan namanya, struktur senyawa hidrokarbon itu merupakan senyawa yang tersusun atas atom unsur hidrogen (H) dan unsur karbon (C). Penulisan senyawa ini dapat dirumuskan sebagai “CxHy”.

Nah, sebelum masuk ke pembahasan jenis senyawa hidrokarbon, Sobat Zenius bisa download aplikasi Zenius terlebih dahulu, nih!

Mengapa emangnya? Lewat aplikasi, elo bisa menemukan ribuan materi menarik dari setiap mata pelajaran, lho. Nggak cuman itu, elo juga bisa mengakses ribuan contoh soal dan pembahasan beserta mengikuti simulasi ujian try out.

Menarik, kan? Yuk, segera download dengan klik banner di bawah ini!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Jenis Senyawa Hidrokarbon Berdasarkan Jenis Ikatannya

Hidrokarbon Jenuh

Jenis senyawa hidrokarbon ini memiliki ikatan kovalen tunggal pada seluruh ikatan antar atom karbonnya. Contohnya adalah alkana, seperti berikut ini:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 113 –> Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 114 (Propana)

Hidrokarbon Tak Jenuh

Jenis senyawa hidrokarbon ini memiliki satu atau lebih dari ikatan rangkap dua ataupun rangkap tiga pada seluruh ikatan antar atom karbonnya. Contohnya adalah alkena dan alkuna, seperti berikut ini:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 113 –> Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 116 (Propena) Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 113 –> Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 118 (Propuna)

Jenis Senyawa Hidrokarbon Berdasarkan Bentuk Rantai Karbon dan Jenis Ikatannya

Hidrokarbon Alifatik

Hidrokarbon alifatik memiliki rantai terbuka, baik itu dilengkapi oleh ikatan yang tunggal maupun ikatan rangkap. Contohnya adalah senyawa hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna, sebagai berikut:

Butana sebagai Contoh Senyawa Hidrokarbon Alifatik
Ilustrasi hidrokarbon alifatik (Dok. Studio Belajar)
Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 119 (Butana)
Heksena sebagai Contoh Hidrokarbon Alifatik
Ilustrasi hidrokarbon alifatik (Dok. Studio321)
Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 120 (Heksena)

Hidrokarbon Aromatik

Hidrokarbon aromatik memiliki rantai yang melingkar yang dilengkapi ikatan konjugasi, yakni adanya ikatan tunggal dan rangkap yang terletak berselang-seling.

Benzena sebagai Contoh Hidrokarbon Aromatik
Ilustrasi hidrokarbon aromatik (Dok. Studio Belajar)
Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 121 (Benzena)

Hidrokarbon Alisiklik

Hidrokarbon alisiklik memiliki rantai karbon yang tertutup ataupun melingkar.

Siklobutana sebagai Contoh Hidrokarbon Alisiklik
Ilustrasi hidrokarbon alisiklik (Dok. Studio Belajar)
Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 122 (Siklobutana)

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Hal Penting untuk Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
Ilustrasi tata nama senyawa hidrokarbon (Dok. Zenius)

Selain tiga hal di atas yang perlu elo perhatiin saat ketemu sama soal untuk menentukan nama senyawa hidrokarbon, elo juga harus inget dua hal di bawah ini: aturan penamaan jumlah atom C dan jenis-jenis senyawa hidrokarbon alifatik.

Aturan Penamaan Atom C
Ilustrasi nama-nama atom C (Dok. Zenius)

Alkana

Alkana sendiri merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik jenuh. Tata nama senyawa hidrokarbon berdasarkan IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry), aturan penamaan alkana menambahkan imbuhan -ana pada akhir namanya. Selain itu, ia juga memiliki rumus sebagai berikut

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 123

Alkena

Alkena merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap dua. Jenis senyawa hidrokarbon ini menambahkan imbuhan -ena pada akhiran namanya. Sementara, rumus alkena sendiri adalah sebagai berikut:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 124

Alkuna

Alkuna merupakan jenis senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap tiga. Pada akhiran namanya, diberi imbuhan -una. Sementara untuk rumusnya sendiri adalah sebagai berikut:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 125

Alkil

Nah, Alkil ini merupakan kasus yang agak spesial nih, Sobat Zenius. Gugus alkil ini sederhananya merupakan alkana yang kehilangan 1 atom hidrogen (H). Di akhir namanya, ditambahkan imbuhan -il. Untuk rumusnya sendiri, yakni sebagai berikut:

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soal dan Pembahasannya 126

Untuk langkah-langkah penamaan yang lebih detailnya, lo bisa ngikutin ini, Sob:

  1. Perhatikan berapa banyaknya atom C, C ditetapkan sebagai rantai utama, dan ada berapa panjang rantai utamanya.
  2. Beri nama cabang dari rantai utama tadi menggunakan aturan jumlah atom C dan sesuaikan dengan jenis senyawa hidrokarbonnya (alkana, alkena, alkuna, atau alkil).
  3. Perhatikan ada ikatan apa pada rantai tersebut, apakah ikatan tunggal, rangkap dua, atau rangkap tiga.
  4. Perhatikan atom C pada rangkaian utama, lalu beri nomor berurutan dari yang ujung cabang yang paling dekat dengan rantai utama.
  5. Perhatikan substituen cabang yang sejenis, lalu beri imbuhan di- (apabila terdapat dua cabang sejenis), tri-, tetra-, dst.
  6. Perhatikan ada atau tidaknya gugus di dalam rantai karbon tersebut.
  7. Perhatikan urutan penulisan substituen cabang secara alfabetik, terkecuali untuk awalan di-, tri-, n- (normal), sek- (sekunder), ters- (tersier).

Contoh Soal dan Pembahasan

Tentukan nama dari senyawa berikut ini!

Contoh Soal Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
Ilustrasi contoh soal (Dok. Materi Kimia)

Pembahasan:

a). Terdapat 8 atom C di dalam rantai utama, sehingga diberi nama oktana.

b). Pada atom C nomor 4 di dalam urutan rantai utama, terdapat 2 gugus C lain, yang kemudian diberi nama etil.

Jadi, penamaan senyawa di atas adalah 4-etiloktana.

Demikian artikel mengenai tata nama senyawa hidrokarbon. Semoga setelah membaca artikel ini Sobat Zenius jadi nggak terlalu bingung, ya, memahaminya dan siap untuk menghadapi berbagai macam soal tentang senyawa hidrokarbon.

Nah, buat elo yang masih belum mengerti dan pengen belajar lebih mendalam lagi, elo bisa banget belajar lewat video pembelajaran dari Zenius.

Materi video pembelajaran dibawakan oleh tutor terpercaya sehingga materinya dikemas dengan menarik dan juga ada contoh soal beserta pembahasan yang bikin elo mudah mengerti.

Klik banner di bawah ini buat mengakses video pembelajarannya, ya!

Pelajari materi Kimia di video materi belajar Zenius

Kemudian, buat elo yang mau mengakses ribuan video pembelajaran premium dari Zenius, elo juga bisa berlangganan paket Aktiva Zenius.

Selain bisa mengakses ribuan video premium, elo juga akan mendapatkan sesi live class per minggunya beserta masuk jadi anggota ZenClub. Nggak cuman itu, elo juga berkesempatan mengikuti try out sekolah biar makin percaya diri dalam menghadapi beragam soal.

Klik banner di bawah ini buat berlangganan, ya!

cta zenius aktiva sekolah basic
Klik banner di atas!

Baca Juga Artikel Lainnya:

Bilangan Oktan Bensin

Soal PAT Kimia Kelas 11 Semester 2

Kekhasan Atom Karbon

Originally published: September 9, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!