Penyebab Konflik Israel dan Palestina – Materi Sejarah Kelas 12

Sejarah dan Penyebab Konflik Israel Palestina

Hai, Sobat Zenius! Kali ini gue mau mengajak elo untuk ngomongin sejarah dan juga penyebab konflik Israel dan Palestina. Well, pasti elo udah sering dengar tentang konflik satu ini, kan? Yap, siapa sih yang nggak tahu dengan konflik antara kedua negara ini. Pasalnya, berita mengenai konflik ini sering banget nih, disiarkan di televisi. 

So, ngomongin tentang konflik Israel dan Palestina, menurut elo siapa yang salah Israel atau Palestina? 

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, kita harus tahu dulu nih bagaimana awal terjadinya konflik Israel dan Palestina. Maka dari itu, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Penyebab Konflik Israel dan Palestina?

Konflik Israel dan Palestina dapat dikatakan sebagai perang kedaulatan. Di mana, beberapa pihak saling berebut kekuasaan atas satu daerah tertentu. Nah, berikut ini adalah pihak-pihak yang terlibat nih, guys. 

  • Palestine Liberation Organization, yakni organisasi pembebasan Palestina yang mempunyai tujuan untuk memerdekakan Palestina.
  • Hamas & Fatah yakni dua partai politik yang paling dominan di Palestina.
  • Jihad Islamiyah, yakni organisasi perlawanan Palestina yang mempunyai misi menghancurkan negara Israel dan mendirikan negara Islam.
  • Otoritas Palestina alias pemerintah Palestina.
  • Jalur Gaza, yakni pihak yang berada di kawasan di pantai timur Laut Tengah yang berbatasan dengan Mesir dan Israel.
  • Israel.
penyebab konflik israel dan palestina
Peta Jalur Gaza. (Dok. Wikimedia Commons)

Lantas, sejak kapan sih, konflik Israel dan Palestina ini terjadi? Konflik antara Israel dan Palestina sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 1900-an nih, guys. 

Saat itu, wilayah tersebut masih dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman. Namun setelah Perang Dunia 1, Inggris mendapat mandat dari LBB (Liga Bangsa-Bangsa) untuk membantu mendirikan negara bagi masyarakat Yahudi di wilayah yang sekarang ditempati oleh Palestina.

Kemudian, ratusan ribu masyarakat Yahudi pun mulai pindah ke wilayah tersebut. Gerakan ini pun dikenal dengan Gerakan Zionisme, yakni gerakan masyarakat Yahudi yang mendukung didirikannya negara yang disebut sebagai tanah Israel.

Lalu di tahun 1947, terjadi konflik kekerasan yang melibatkan warga Yahudi dengan warga Muslim di Palestina. Sehingga, pada tanggal 29 November 1947 PBB membuat Resolusi PBB No. 181 yang menyarankan agar wilayah Palestina dibagi menjadi dua, yakni Israel untuk warga Yahudi dan Palestina untuk warga Arab. Sementara itu, Kota Yerusalem yang merupakan kota suci bagi Yahudi maupun Muslim menjadi wilayah internasional khusus.

Tak lama kemudian di tahun 1948, terjadi perang antara Israel dan Palestina di mana pasukan Israel memenangkan perang dan mulai mengklaim wilayah Palestina lainnya. 

Hingga akhirnya, Israel mulai menduduki wilayah yang menjadi bagian Palestina hingga Yerusalem Barat, kecuali Tepi Barat dan Gaza.

Lantas, mengapa konflik Israel dan Palestina tidak kunjung selesai hingga sekarang? 

Well, terdapat beberapa alasan yang membuat konflik kedua wilayah ini tak kunjung selesai. Misalnya saja faktor klaim agama, di mana bangsa Yahudi menganggap kalau wilayah Palestina merupakan tanah yang telah dijanjikan oleh Tuhan mereka. 

Selain itu, minimnya dukungan dari liga Arab juga membuat konflik Palestina dan Israel tak kunjung selesai. 

siapa yang salah israel atau palestina
Peta wilayah Israel. (Dok. Wikimedia Commons)

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Pembentukan SEATO

Dampak Konflik Palestina dan Israel

Nah, sekarang elo udah tahu kan kalau penyebab konflik Israel dan Palestina yakni karena perebutan wilayah. Lantas, adakah dampak konflik Palestina dan Israel?

Terdapat beberapa dampak konflik Palestina dan Israel, salah satunya terhadap perekonomian Indonesia. Pasalnya, ketika konflik ini melebar tentu akan melibatkan banyak negara Timur Tengah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kenaikan harga minyak dunia sehingga berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. 

dampak konflik palestina dan israel
Ilustrasi konflik Palestina dan Israel. (Dok. Freepik)

Selain itu, dampak negatif juga akan dirasakan pada sebagian besar anak-anak di Palestina. Pasalnya, akan ada banyak anak yang mengalami perasaan trauma karena perebutan wilayah ini seringkali melibatkan angkatan bersenjata. 

Baca Juga: Latar Belakang Politik Apartheid dan Dampaknya

Contoh Soal Sejarah dan Penyebab Konflik Israel Palestina

So, kalau elo menyimak sejarah konflik Israel dan Palestina di atas, gue yakin nih elo bisa jawab soal di bawah ini!

  1. Lembaga yang memberikan mandat untuk Inggris mendirikan negara untuk kaum Yahudi setelah Perang Dunia I adalah ….

A. PBB

B. CIA

C. LBB

D. IMF

E. NATO

Jawaban dan Pembahasan

LBB (Liga Bangsa-Bangsa) merupakan sebuah organisasi yang dibuat setelah berakhirnya Perang Dunia I. Organisasi ini juga yang memberikan mandat kepada Inggris untuk mendirikan negara untuk kaum Yahudi. Maka, jawaban yang tepat adalah C.

Baca Juga: Tujuan dan Anggota Uni Eropa

So, itu dia guys sejarah dan penyebab konflik Israel dan Palestina. Nah, kalau elo mau tahu lanjutan dari konflik ini, elo bisa lihat videonya di aplikasi Zenius. Caranya mudah banget, elo tinggal klik aja banner di bawah ini!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius
Bagikan Artikel Ini!