2 Rumus Beda Potensial Listrik dan Batasan Setrum Manusia

Rumus Beda Potensial

Artikel ini mempelajari rumus beda potensial listrik disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Hai temen-temen Zenius! Era modern gini ga mungkin kalau kita ga kenal sama yang namanya listrik. Bahkan detik ini juga gua yakin temen-temen semua lagi make listrik entah untuk nyalain laptop, kipas angin atau yang lainnya. Kali ini kita bakalan bahas tentang beda potensial listrik, terutama rumus, contoh soal dan pembahasannya.

Tetapi sebelum itu, gua pengen temen-temen tau dulu nih apaan sih itu beda potensial listrik? Sekalian mumpung bahas listrik, biar seru gua juga masukin batesan setrum listrik yang tubuh manusia bisa hadepin. Inget gua cuma ngasih tau batesannya, tolong jangan dicoba di rumah please nanti kenapa-kenapa lagi. Karena itu, disimak artikelnya sampai habis ya guys! 

Apa Itu Beda Potensial Listrik?

Sebenarnya, beda potensial listrik sama saja dengan tegangan listrik. Ini tuh karena tegangan listrik merupakan perbedaan potensial listrik diantara dua titik. Beda potensial ini bisa terdapat di dalam medan listrik atau juga diantara dua titik dalam sebuah kabel atau rangkaian listrik.

Rumus Beda Potensial
Dok: Unsplash

Beda potensial listrik ini kemudian menggambarkan energi potensial listrik per muatan yang diukur dalam Joule per Coulomb. Biar lebih mudah anggep aja gini deh temen-temen, beda potensial listrik ini adalah besarnya usaha yang dilakukan untuk memindahkan satu coulomb muatan. 

Setruman Listrik Bahaya Ga Sih Bagi Manusia?

Mungkin temen-temen udah tau ya, kalau tubuh manusia itu juga berfungsi sebagai konduktor listrik. Karena ini, kalau kita coba gosok penggaris plastik ke rambut kering terus penggaris itu dideketin ke kertas, pasti nempel deh kertasnya!

Nah sekarang gua pengen tau nih, temen-temen pernah kesetrum ga sih? Gua jujur gatau statistika korban kesetrum Indonesia, tapi gua rasa kebanyakan dari kita pernah kesetrum pas megang benda logam maupun elektronik. Bahkan nyentuh orang lain aja kita bisa kesetrum, ada yang pernah ga tuh?

Rumus Beda Potensial
Dok: Pexels

Lantas sebenarnya bahaya ga sih kalau kita kena setrum listrik gitu? Ternyata oh ternyata, semua itu bergantung dengan besarnya arus dan tegangan listrik serta lamanya kita kesetrum. Semua tegangan listrik yang di bawah 50 V itu aman dan tubuh kita kaga rasain, kecuali kalau kita lagi dalam kondisi basah di mana batas amannya adalah 12 V. Karena kita lagi bahas beda potensial listrik, nih gua mau share tabel batesan tegangan listrik yang tubuh kita bisa hadepin, jadi hati-hati ya guys!

Rumus Beda Potensial
Dok: surabaya proxsisgroup

Rumus Beda Potensial Listrik

Sekarang kita langsung aja masuk ke rumus beda potensial listrik. Rumus pertama yang gua kasih ini sesuai dengan definisi beda potensial listrik yang gua jelasin sebelumnya, yaitu besar usaha untuk memindah satu coulomb muatan listrik. Berikut adalah rumusnya:

2 Rumus Beda Potensial Listrik dan Batasan Setrum Manusia 17

Keterangan:

V = Beda Potensial (Volt)

W = Usaha/Energi (Joule)

Q = Muatan Listrik (Coulomb)

Untuk rumus kedua beda potensial listrik, kita akan melihat arus listrik dan hambatan listrik yang ada. Untuk itu, berikut adalah rumusnya:

V = I . R

Keterangan:

V = Beda Potensial (Volt)

I = Arus Listrik (Ampere)

R = Hambatan Listrik (Ohm) 

Sebelum kita lanjut ke contoh soal, gua pingin ngingetin nih. Kalau elo lagi butuh teman setia yang siap nemenin belajar, elo bisa berlangganan paket belajar Zenius lho. Klik gambar di bawah ini ya, dijamin belajar elo juga bakal makin seru!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Contoh Soal dan Pembahasan

Setelah mengetahui dua rumus tersebut, mari kita coba kerjakan contoh soal berikut ini!

Contoh Soal 1

Jika diketahui bahwa dibutuhkan usaha/energi sebesar 30 joule untuk memindahkan muatan listrik sebesar 10 coulomb dari titik X ke Y, maka berapakah beda potensial titik X dan Y?

Pembahasan:

Diketahui:

Q = 10 C

W = 30 J

Ditanya: V

Jawab:

2 Rumus Beda Potensial Listrik dan Batasan Setrum Manusia 17

V = 30/10

V = 3 V

Jadi beda potensial dari titik X ke Y adalah 3 Volt.

Contoh Soal 2

Jika diketahui sebuah kawat pengantar dihubungan dengan baterai yang terdapat hambatan sebesar 5 Ohm dan kuat arus yang mengalir adalah 1,5 Ampere maka berapakah beda potensialnya?

Pembahasan:

Diketahui:

R = 5 Ω 

I = 1,5 A 

Ditanya: V

Jawab:

V = I x R 

V = 1,5 x 5 

V = 7,5 V

Jadi beda potensialnya adalah 7,5 volt.

Sekian begitulah rumus beda potensial listrik, semoga bisa ngebantu temen-temen dalam pelajaran fisika ya! Untuk temen-temen yang punya pertanyaan atau mau ngobrol-ngobrol, bisa langsung pakai aja kolom comment kita. Selain itu kalau kalian masih pengen belajar lebih banyak lagi tentang fisika, bisa banget untuk dicek materi-materi berikut ini!

Rumus Energi Potensial dalam Fisika

Listrik – Energi dan Daya Listrik

Rumus Kuat Arus Itu Apa Sih?

Bagikan Artikel Ini!