Cara Rachel Amanda Hadapi Galau Saat Kuliah

Rachel Amanda

Nama Rachel Amanda tentu sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar sinetron Indonesia. Namun, berkecimpung di dunia hiburan sejak kecil tidak membuat Manda mengabaikan pendidikannya. 

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Rachel Amanda sempat mengalami kegalauan dalam menentukan pilihannya di dunia perkuliahan.  Gimana ya, pengalaman Manda dalam menghadapi kegalauan tersebut? Yuk kita simak cerita Rachel Amanda berikut ini!

Sekolah Adalah Prioritas

Berada di industri hiburan tanah air sedari kecil, Rachel Amanda sudah terbiasa untuk mengutamakan pendidikan daripada kariernya. Diungkap Manda, dirinya memang sangat menikmati bekerja di industri hiburan. Kegiatan seperti shooting baginya bukan merupakan pekerjaan yang menjadi sebuah beban karena ia menyukainya. 

Namun, urusan pendidikan atau sekolah tetap menjadi fokus utamanya. Hal ini tak lepas dari persyaratan yang diberikan oleh orang tua Manda ketika ia ingin tetap berkarier di industri hiburan. 

Sang mama memberikan syarat supaya Manda harus tetap fokus di sekolah. Oleh karena itu Rachel Amanda termotivasi untuk tetap mendapatkan prestasi yang baik di sekolah supaya mendapatkan izin dari orang tuanya untuk tetap melakukan syuting. 

“Awalnya dulu soalnya yang membuat aku bertahan memprioritaskan sekolah adalah ancaman dari orang tua,” ungkapnya. ”Dulu kan kayak sekolah ikut aja, karena semua anak sekolah, ya udah aku juga sekolah.”

Manda melanjutkan, “Tapi orang tua ngancem, dulu hampir nggak boleh terjun ke dunia hiburan, kalau nilainya jelek stop syuting, sedangkan aku dulu seneng banget syuting sampai sekarang. ”Ya udah terus motivasi aku nilaiku harus bagus, kalau nggak aku harus berhenti syuting, aku nggak mau,” ungkap Manda menceritakan kembali awal-awal ia terjun ke dunia hiburan. 

Hal ini kemudian membuatnya terbiasa untuk memprioritaskan pendidikan. Untungnya ritme kerja seperti itu juga dipahami oleh orang-orang yang bekerja bersama Manda. Manda mengakui dukungan dari orang-orang sekitar membuat dirinya terbiasa untuk memanage waktu antara pendidikan dan karier. 

Baca Juga: Jehian Panangian Sijabat, Belajar dari Masa Krisis

Salah Jurusan 

Saat disinggung mengenai perpindahan jurusan kuliah yang ia alami, Manda mengaku bahwa pada awalnya ia ingin masuk ke Fakultas Kedokteran namun ia gagal dan kemudian masuk ke Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Namun ketika menjalani kuliah pada jurusan tersebut Manda mengaku tidak cocok dengan jurusan tersebut. Ternyata, Manda mengaku dirinya kurang melakukan riset terhadap jurusan kedokteran yang ia pilih pada saat itu. Akhirnya ia memutuskan untuk kembali mengikuti SBMPTN untuk mengulang kuliah pada jurusan yang berbeda. 

“Aku kurang riset memang, aku langsung pilih di website SBMPTN, jadi beneran nggak sempet buka website UI, nggak sempat buka website FKM UI, jadi bener-bener ketika kepilih itu se-tidak familiar itu,” tutur Manda. 

Bintang film NKCTHI ini mengaku bukan perkara mudah untuk memutuskan bahwa dirinya akan mengulang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Selain harus meyakinkan kedua orang tuanya, Manda juga harus kembali lagi belajar untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. 

Pemilik nama lengkap Rachel Amanda Aurora ini mengaku tidak mudah ketika menghadapi kegalauannya tersebut. Dalam proses tersebut, meyakinkan orang tua merupakan bagian paling sulit yang harus dihadapi. Di satu sisi Manda merasa dirinya akan kesulitan jika tetap bertahan pada jurusan sebelumnya, ada ketakutan pada dirinya jika tidak akan mendapatkan ilmu secara maksimal. 

Belajar dari pengalaman tersebut, Manda kemudian melakukan riset untuk jurusan yang akan dipilih selanjutnya. Setelah memikirkan secara matang-matang, Manda pada akhirnya memutuskan untuk mengulang tes masuk universitas dan memilih fakultas psikologi untuk kelanjutan pendidikannya. Selain meyakinkan diri sendiri, ia juga mengungkapkan harus kembali meyakinkan orang tuanya untuk mendukungnya mengambil jurusan tersebut. 

Meski mengalami kejadian tersebut, Manda tidak berkecil hati. Ia mengaku siap menerima konsekuensi demi kenyamanan dirinya. Dirinya lebih memilih fokus di jurusannya yang baru dan menikmati proses yang ia lalui. 

Manda memilih untuk bertanggung jawab dengan keputusannya tersebut, hingga ia dapat membuktikannya dengan lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 2018. 

Rachel Amanda
Infografis Rachel Amanda (Arsip Zenius)

Tips Menghadapi Kegalauan dalam Studi 

Seperti yang sudah pernah ia rasakan, Rachel Amanda menuturkan bahwa merupakan hal yang biasa jika kita merasakan ada perubahan terkait ketertarikan kita terhadap studi. Namun ia menyarankan untuk selalu bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya kita inginkan. 

Manda mengungkapkan semua ilmu harusnya pasti terpakai, tapi penting untuk kita untuk mengetahui apa yang kita inginkan dalam hidup kita nantinya. Perubahan pasti akan terjadi dalam diri sendiri atau di luar diri.

Manda  sendiri mengakui bahwa hal tersebut memang cukup menakutkan, tapi hal tersebut layak untuk diperjuangkan. Menurutnya, penting untuk kita untuk mengenal diri kita sendiri supaya benar-benar tahu tentang apa yang kita inginkan. 

Baca Juga: Jerome Polin, Kegagalan Jadi Awal Kesuksesan

Lesson Learned

Sobat Zenius, banyak yang kita dapat pelajari dari kisah Rachel Amanda tersebut. Salah satunya adalah dalam menghadapi kegalauan ketika memilih jurusan untuk kuliah. Dari cerita Manda kita dapat tahu pentingnya melakukan riset terhadap jurusan yang akan kita ambil, dan pentingnya kita untuk tahu apa yang menjadi keinginan kita untuk masa depan. 

Kira-kira gimana dengan elo? Apakah elo udah punya keputusan mau ngambil jurusan apa buat kuliah nanti?

Guys, itu tadi rangkuman dari sesi ngobrol kita bareng Rachel Amanda yang pastinya insightful. Siapa lagi nih kira-kira yang elo kepoin lagi? Nah, biar nggak ketinggalan informasi lainnya, jangan lupa ya buat daftarin akun elo lewat aplikasi Zenius atau website Zenius! See you

Pewawancara dan editor: Dionysia Mayang Rintani

Baca Juga: Ingga-Anggi, si Kembar yang Melek Finansial Sejak Dini

Bagikan Artikel Ini!