logo zenius 500x500

Merayakan 17 Tahun Zenius

Ada satu hal istimewa yang membedakan manusia dengan spesies lain, yakni kemampuan meneruskan informasi dengan bahasa yang luwes. Sejarawan Yoval Noah Harari mencatat kemampuan ini sebagai bagian dari revolusi kognitif, di mana muncul cara-cara baru manusia dalam berpikir dan berkomunikasi sejak 70.000 tahun lalu. Kalau monyet hijau hanya bersuara dengan intonasi tertentu ke sesamanya untuk ngasih kode, “Hati-hati ada singa!”, manusia bisa merangkai bahasa lisan dengan apik untuk menginformasikan ke kawanannya bahwa pagi ini, di pinggir sungai, dia melihat singa memangsa rusa.

Secara evolusi, kita–manusia modern–mewarisi sifat itu: gemar bercerita, alasan mengapa dulu nenek moyang kita bisa bertahan hidup. Perkara bercerita, dalam perjalanan 17 tahun Zenius Education, bukan sesuatu yang sepele. Sebagai teman belajar, tutor Zenius enggak cuma meluangkan waktu untuk riset apa saja materi pelajaran yang akan disampaikan, tapi juga bagaimana cara menyampaikannya. Untuk setiap produksi video belajar, tiap tutor lama berkutat dalam menulis naskah, mengatur alur, membangun narasi.

Zenius enggak pengin kamu menonton video yang langsung dibuka dengan muntahan rumus-rumus tanpa penguatan konsep dasar. Kenapa sih konsep dasar tuh penting banget buat belajar? Dengan menguasai konsep, kamu telah membuat fondasi yang kokoh. Ibarat gedung, kalau fondasinya kuat, mau dibangun dua lantai, sepuluh lantai, sampai berlantai-lantai berikutnya pun gedungnya gak bakal roboh. Karena fondasinya udah oke.

Semisal, salah satu playlist video belajar punya Zenius di Bab Materi Genetik, udah secara khusus disusun berurutan mulai dari materi paling dasar sampai ke yang lebih kompleks. Di awal, ada penjelasan tentang penemuan DNA sebagai pembawa materi genetik, kenapa bukan RNA dan protein? Hal itu dijawab dengan jelas sampai ke sejarah penelitiannya. Baru deh topik berlanjut ke replikasi, transkripsi, dan translasi.

Merayakan 17 Tahun Zenius 65

Begitu juga dengan mata pelajaran lain, Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia. Pijakannya selalu sama. Berangkat dari konsep dasar dulu, baru lanjut ke materi yang lebih rumit. Bakal lebih lama dong belajarnya? Nah, memang untuk matengin konsep, kita harus merelakan banyak waktu di awal. Seterusnya, kalau konsep udah kuat, soal kayak apapun bakal terasa gampang.

“If you cannot afford to waste time, you will never find the truth.” – Yuval Noah Harari

Karena itu, Zenius nemenin kamu belajar dengan cara yang sejauh ini paling efektif. Zenius berusaha bercerita dengan tuntas. Gak setengah-setengah. Gak asal ngasih rumus cepat. Tujuan utama kami, kamu mengerti. Zenius pengin kamu cinta belajar, dan gak ada lagi cerita kamu ngerasa, “Duh, ketemu Bab Integral! Susah banget, skip deh!” Bareng-bareng, kita bakal putar balik ke materi Aljabar dulu, lanjut Turunan, baru deh buka lagi Bab Integral-nya. Zenius enggak pengin Matematika, juga ilmu pengetahuan lain, jadi mimpi buruk buat kamu.

To spark the love of learning,
in everyone, everywhere,
to question everything

Itulah misi utama kami. Menumbuhkan rasa penasaran dan cinta akan proses belajar di dalam diri semua orang, di mana pun dia berada. Saat mulai beroperasi pada tahun 2004, Sabda dan Pak Medy sebagai founder Zenius terus bereksperimen untuk meracik metode mengajar yang paling efektif. Singkat cerita, PT Zenius Education resmi terbentuk dan berbadan hukum pada 7 Juli 2007. Sejarah keberadaan Zenius bisa kamu baca di artikel ini.

Tahun ini, tahun ke-17 Zenius ambil bagian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sejauh mana jangkauan Zenius di Indonesia? Untuk menjawabnya, bisa ditarik dari berbagai sisi.

Traffic kunjungan ke zenius.net

Dengan peluncuran Zenius App di Play Store dan App Store, seluruh kabupaten/kota di Indonesia sudah bisa mengakses materi dan fitur belajar milik Zenius. FYI, selain di Indonesia, sebetulnya zenius.net juga sering dipakai oleh para pelajar Indonesia yang berada di luar negeri lho, tercatat negara selain Indonesia yang paling sering akses zenius.net adalah Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Malaysia, India, Belanda, Jerman, dan Inggris.

Berikut, jumlah kunjungan ke zenius.net setiap tahun ajaran (Juli-Juni).

Merayakan 17 Tahun Zenius 66

Jangkauan Zenius di media sosial

Sampai dengan 7 Juli 2021, berikut adalah jangkauan media sosial Zenius Education sejauh ini:

Merayakan 17 Tahun Zenius 67

Merayakan 17 Tahun Zenius

Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan ulang tahun paling istimewa buat Zenius adalah lolosnya para alumni dalam seleksi SBMPTN. Momen paling berkesan tentu yang belum lama lewat ini, pengumuman UTBK 2021. Para alumni Zenius berbagi kebahagiaan mereka diterima kampus PTN impian. Sebagaimana yang disampaikan lewat berbagai platform media sosial, termasuk Twitter.

Merayakan 17 Tahun Zenius 68

Merayakan 17 Tahun Zenius 69

Merayakan 17 Tahun Zenius 70

Merayakan 17 Tahun Zenius 71

Merayakan 17 Tahun Zenius 72

Enggak ada kata lain, selain terima kasih sudah mempercayakan Zenius sebagai kawan seperjuanganmu. Semoga Zenius bisa terus memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Untuk tahun ke-18, 19, 20, 21, sampai tahun-tahun berikutnya, Zenius ingin terus bercerita ke kamu. Unduh aplikasi Zenius dan selamat mendengar cerita-cerita kami!