Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi - Materi Ekonomi Kelas 11

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas 11

Hi Sobat Zenius, di artikel kali ini gue akan membahas tentang materi pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu materi yang akan elo temui di mata pelajaran Ekonomi kelas 11. 

Gue akan membahas secara lengkap mulai pengertian, teori, faktor yang mempengaruhi, ciri-ciri pertumbuhan ekonomi, sampai cara menghitung pertumbuhan ekonomi beserta contoh soalnya.

Kalo di artikel sebelumnya udah dibahas mengenai pembangunan ekonomi, sekarang bahas mengenai pertumbuhan ekonomi. 

Nah, ngomongin tentang materi pertumbuhan ekonomi, elo sebenarnya tau gak sih perbedaannya pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi?

Jadi gini, salah satu hal yang paling mendasar yang membedakan keduanya adalah PDB atau Produk Domestik Bruto. Kalo pertumbuhan ekonomi ditandai dengan nilai-nilai yang berhubungan dengan keuangan seperti inflasi, saham, harga, dan sebagainya.

Sedangkan pembangunan ekonomi, memiliki cakupan yang lebih luas yaitu upaya atau usaha ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang melakukan usaha ekonomi tersebut.

Selain pengertian dan perbedaan keduanya, di artikel ini elo juga akan belajar teori-teori yang mendasari perkembangan ekonomi di dunia, faktor yang mempengaruhi perkembangannya hingga cara menghitung pertumbuhan ekonomi. 

Materi pertumbuhan ekonomi yang satu ini pastinya harus menjadi salah satu materi yang mampu elo kuasai apalagi kalo elo adalah anak SMA jurusan IPS atau punya keinginan buat linjur (lintas jurusan) di UTBK 2023 nanti.  

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi bisa dilihat berdasarkan pergerakan saham (Dok. Jamie Street/Unsplash.com)
Pertumbuhan Ekonomi bisa dilihat berdasarkan pergerakan saham (Dok. Jamie Street/Unsplash.com)

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai materi pertumbuhan ekonomi, ada baiknya elo memahami dulu pengertian dari pertumbuhan ekonomi itu sendiri. 

Dilansir dari Kemenkeu Learning Center, pertumbuhan ekonomi adalah proses dari perubahan kondisi perekonomian yang terjadi di suatu negara secara berkesinambungan untuk menuju keadaan yang dinilai lebih baik selama jangka waktu tertentu.  

Atau secara sederhana juga dapat diartikan sebagai peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat yang menyebabkan kenaikan atau meningkatkan produksi barang dan jasa sehingga terjadi peningkatan pendapatan nasional pula dalam periode tertentu. 

Dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi ditandai dengan adanya kenaikan kapasitas suatu negara dalam jangka panjang untuk menyediakan barang atau jasa masyarakatnya.

Namun hal ini bukan berarti harus terus menerus mengalami kenaikan, karena laju pertumbuhan bisa positif (+) atau juga negatif (-). 

Jika positif artinya ekonomi mengalami pertumbuhan dan sebaliknya jika negatif berarti mengalami perlambatan. 

Bagian selanjutnya dari materi pertumbuhan ekonomi adalah teori-teori yang mendasarinya. 

Tapi sebelum kita melangkah lebih lanjut ke bagian teori, gue punya info penting nih buat elo semua. 

Elo tau gak sih kalo materi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi adalah salah satu materi yang sering muncul di UTBK SBMPTN. 

Oleh karena itu, elo gak bisa meremehkan materi yang satu ini lho. Selain Ekonomi, ada pula materi-materi lain yang gak kalah penting untuk dipelajari. 

Kalo elo bingung harus mulai mempersiapkan UTBK dari mana atau materi mana aja yang harus dipelajari, jangan khawatir, karena Zenius siap membantu. Elo tinggal klik aja banner di bawah ini untuk menemukan daftar materi UTBK ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Teori Pertumbuhan Ekonomi

Untuk sampai ke tahapan atau masa dengan pertumbuhan ekonomi sampai saat ini, terdapat berbagai teori yang terbagi dalam 3 (tiga) masa, yang dikemukakan oleh para ahli, berikut ini daftarnya:

Teori Klasik

Salah satu istilah yang dipopulerkan oleh Adam Smith yaitu pertumbuhan output total, di mana menurutnya faktor pendorong pertumbuhan output negara tersebut, dan sumber daya alam (SDA) bersifat konstan.

Selain itu, Adam Smith juga mengemukakan konsep pertumbuhan penduduk, di mana menurutnya dengan tingkat upah minimal atau subsisten penduduk akan cenderung enggan memiliki anak.

Sehingga pertumbuhan penduduk akan rendah, dan sebaliknya jika tingkat upahnya tinggi, maka pertumbuhan penduduknya juga akan meningkat.

Jadi, pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith ditandai dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan output total. 

Jika SDA-nya masih ada maka tergantung dengan manusia dan modalnya untuk mengolah SDA tersebut. Sebaliknya jika SDA-nya habis, maka SDM dan modal tidak ada gunanya. 

Selain Adam Smith, ahli lain yaitu David Ricardo mengemukakan sebuah konsep the law of diminishing returns, mirip dengan konsep Adam Smith bahwa faktor-faktor pendorong ekonominya adalah SDA, SDM, dan modal.

Namun yang membedakan adalah menurutnya meningkatnya SDM justru menjadi faktor penghambat pertumbuhan ekonomi, dengan SDA yang tetap (atau tidak bertambah).

Selain itu, Robert Malthus mengemukakan bahwa pertumbuhan pada sektor ekonomi suatu negara akan bertambah berdasarkan deret hitung (1, 2, 3, 4, 5,…), sementara pertumbuhan penduduk (populasi) berdasarkan deret ukur (1, 2, 4, 8, 16,…), di mana pertumbuhan pada sektor ekonomi akan kalah cepat dengan pertumbuhan penduduk.

Sehingga pertumbuhan pada sektor ekonominya akan terhambat, di mana kita ketahui SDA itu terbatas. Namun dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi menyebabkan meningkatnya konsumsi SDA tersebut sehingga hal ini akan membahayakan ke depannya. 

Oleh karena itu solusi yang diberikan oleh Robert Malthus adalah pertumbuhan yang berimbang, serta distribusi kesejahteraan dan memperluas perdagangan internal dan eksternal.

Teori Neo-Klasik

Menurut Robert Solow dan Twelve Swan, pertumbuhan pada sektor ekonomi suatu negara sangat dipengaruhi oleh faktor produksi, yaitu pertumbuhan penduduk, akumulasi modal, dan kemajuan teknologi.

Sedangkan menurut Sir Roy Harrod dan Evsey Domar, pertumbuhan ekonomi didorong oleh pemanfaatan modal yang efektif dan efisien, yaitu dengan berinvestasi.

Tidak hanya itu, Joseph Schumpeter mengemukakan bahwa pertumbuhan ini didorong oleh adanya inovasi yang akan kebanyakan datang dari entrepreneur atau wirausahawan. 

Teori Pertumbuhan Ekonomi Modern

Pada masa ini sebenarnya memiliki banyak teori yang bermunculan dari para ahli, namun pada kita hanya akan membahas teori yang dikemukakan oleh Walt Whitman Rostow. 

Menurut Walt Whitman Rostow, pertumbuhan ekonomi suatu negara itu ada tahapnya seperti yang dikemukakan dalam bukunya “The Stage of Economic Grow”, yaitu:

  1. Masyarakat tradisional, di mana biasanya pada tahap ini konsumsinya hanya untuk konsumsi pribadi.
  2. Prakondisi lepas landas, yang merupakan masa transisi dari masyarakat tradisional ke tahapan selanjutnya. Pada tahap ini sudah mulai terjadinya perdagangan kecil. 
  3. Lepas landas, pada tahap ini sudah muncul metode-metode baru yang lebih modern dan memiliki kepentingan untuk menabung. 
  4. Menuju kedewasaan, di mana masyarakatnya sudah familiar dengan teknologi, sehingga bisa memanfaatkan faktor produksinya lebih efektif dan efisien. Atau biasa disebut sebagai peralihan dari negara agraris ke negara industri
  5. Masa konsumsi massal yang tinggi, di mana masyarakat mengonsumsi tidak hanya kebutuhan primer, tapi juga kebutuhan sekunder, dan tersier, yang artinya masyarakat sudah tidak banyak lagi yang melakukan kegiatan produksi karena dianggap sudah sangat sejahtera.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Prof. Simon Kuznets yang merupakan seorang ahli ekonom, dan juga guru besar ilmu ekonomi yang merupakan ciri-ciri pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Terjadi laju pertumbuhan penduduk serta produk perkapita yang cepat.
  • Meningkatnya produktivitas masyarakat.
  • Adanya perubahan struktural yang signifikan.
  • Terjadinya urbanisasi dalam suatu negara.
  • Melakukan ekspansi ke negara maju.
  • Terjadinya arus barang, modal, dan juga manusia antar bangsa-bangsa atau antar negara di dunia.

Meski terdengar mirip, tapi ternyata ciri-ciri pertumbuhan ekonomi berbeda lho dengan ciri-ciri pembangunan ekonomi.

Gue sempet mention di awal artikel kalau ciri-ciri pembangunan ekonomi ditandai dengan cakupannya yang lebih luas dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat yang melakukan usaha ekonomi tersebut.

Di sinilah ekonomi secara bertahap akan tumbuh, berubah dan menjadi maju. Dengan kata lain, suatu negara mencapai pembangunan ekonomi ketika negara berkembang bergerak menjadi negara maju.

Maka ciri-ciri pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Tingkat pertumbuhan (output) dan pendapatan per kapita yang tinggi.
  • Adanya peningkatan dalam faktor produktivitas total (TFP) yaitu output per unit.
  • Perekonomian mengalami perubahan struktur ekonomi.
  • Tingginya perkembangan transformasi sebagai bagian dari struktural ekonomi.
  • Tingkat transformasi sosial, politik dan ideologis yang tinggi.
  • Adanya kecenderungan untuk berdagang (entrepreneur).

Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan sektor ekonomi suatu negara adalah pendapatan nasional, di mana hal tersebut dapat ditingkatkan dengan beberapa hal, antara lain: 

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia atau SDM merupakan salah satu faktor produksi dalam ilmu ekonomi, di mana meningkatnya SDM akan mempercepat naiknya pertumbuhan pada sektor ekonomi, mengurangi angka pengangguran serta mengurangi angka kemiskinan.

Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam suatu negara juga mempengaruhi pertumbuhan secara langsung. Kenapa? Karena suatu SDA merupakan juga salah satu faktor produksi yang mampu meningkatkan pendapatan.

Namun keberadaan SDA yang berlimpah namun tidak diiringi dengan meningkatnya SDM maka penggunaan dan pemanfaatan SDA akan berujung eksploitasi berlebihan dan tidak bijak, sehingga sangat penting untuk memanfaatkan SDA sebijak mungkin untuk masa depan yang lebih baik.

Kemajuan Teknologi

Pemanfaatan kemajuan teknologi akan mempercepat produksi dengan lebih efisien. Hal ini juga berguna untuk menghemat anggaran yang seharusnya untuk pekerja dapat digunakan untuk keperluan lain. 

Tingkat Inflasi

Diketahui ada 2 jenis inflasi yang berpengaruh langsung dalam bisnis perusahaan yaitu cost-push inflation, yaitu penurunan penawaran barang dan jasa yang disebabkan kenaikan biaya produksi.

Kemudian, ada juga sebutan demand-pull inflation, yaitu kenaikan permintaan baik berupa barang dan jasa sehingga harganya naik. Untuk lebih jelasnya elo dapat membacanya di artikel mengenai inflasi.

Tingkat Suku Bunga

Sebuah perusahaan atau usaha yang menggunakan modal pinjaman untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Pada umumnya pinjaman tersebut memiliki suku bunga.

Keberadaan suku bunga yang tinggi dapat berdampak buruk dan juga mempengaruhi permintaan investasi yang rendah terhadap saham perusahaan.

Hal ini dikarenakan biasanya investor lebih menyukai tabungan konvensional daripada harus menginvestasikan uangnya ke perusahaan.

Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

Nah, bagian selanjutnya dari materi pertumbuhan ekonomi adalah cara menghitung pertumbuhan ekonomi. 

Secara matematis persamaan untuk mencari pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi - Materi Ekonomi Kelas 11 41

Dimana,  

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi - Materi Ekonomi Kelas 11 42  = PDB tahun t

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi - Materi Ekonomi Kelas 11 43 = Produk Domestik Bruto tahun sebelumnya

tahun t = tahun sekarang atau tahun yang akan dicari nilainya (berdasarkan harga konstan).

contoh soal pertumbuhan ekonomi

Mudah bukan? Kurang lebih begitu ya pembahasan mengenai materi pertumbuhan ekonomi yang akan elo pelajari di kelas 11 ini.

Elo bisa gabung ke paket Zenius Aktiva Sekolah yang bisa bantu elo #GantiCaraBelajar materi sekolah khusus TA 2022/2023 dengan live bersama Master Tutor!

Selain itu, di tahun ajaran baru ini, elo juga bisa dapet diskon hampir 80% lho. Elo bisa langsung pilih jenis paket Zenius Aktiva Sekolah sesuai kebutuhan dengan klik banner di bawah ini ya!

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi - Materi Ekonomi Kelas 11 44

Oh iya, kalo elo ingin liat pembahasan dalam bentuk video singkat dan dijelaskan oleh tutor Ekonomi Zenius, elo bisa liat contoh soal dan pembahasan lengkapnya lho! 

Sekian ya Sobat Zenius, semoga artikel ini membantu elo ya. Belajar materi Ekonomi lainnya dengan klik banner di bawah ini yuk! 

Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Teori dan Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi - Materi Ekonomi Kelas 11 45

Baca Juga Artikel Materi Ekonomi Lainnya

Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Peran Pelaku Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi

Originally Published: March 4, 2021
Updated by: Arieni Mayesha dan Sabrina Mulia Rhamadanty 

Bagikan Artikel Ini!