Art Adventure (Order Words) – Materi Bahasa Inggris SD

Materi Bahasa Inggris Order Words dari Ready2Run, DLA.

Belajar kosakata dalam materi Order Words bisa jadi membosankan buat siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran yang asyik sangat diperlukan. Yuk, dapatkan media pembelajarannya di sini!

Bapak dan Ibu Guru, rasanya kalau ingat English vocabularies itu sungguh bosan dipelajari saat SD dulu, ya? Ya, soalnya, tak ada cara seru untuk menghafal vocabularies di saat itu. Nah, kalau kita menerapkan hal serupa ke siswa, tentunya mereka juga akan merasakan kebosanan. 

Siswa juga akan semakin enggan untuk menghafalkan, jika kosakatanya sulit untuk diinterpretasikan dalam gambar, seperti pada materi Order Words

Kata-kata yang digunakan dalam materi ini memiliki makna nonreferensial, sehingga tidak ada acuan gambar objek yang dapat digunakan untuk memahami maknanya.

Contoh kata dengan makna referensial dan nonreferensial dan ada tidaknya referensi objeknya.
Ilustrasi contoh kata dengan makna referensial dan nonreferensial. (Arsip Zenius)

Lalu bagaimana ya, cara menyiasati masalah tersebut?

Saya pun ingat, sewaktu SD dulu, saya jatuh cinta dengan Bahasa Inggris karena film-film dari Disney atau Marvel. Saya tidak pernah mengeluh walaupun banyak kata-kata yang saya belum kenali maknanya pada waktu itu. 

Oleh karena itu, cerita dalam bentuk video dapat menjadi media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Seperti yang Bapak dan Ibu Guru ketahui, banyak studi juga telah membuktikan bahwa penggunaan cerita dalam bentuk video atau film membawa dampak positif terhadap vocabulary learning .

(Inal & Cakir, 2014; Lakshmi, dkk., 2021)

Baik engagement siswa terhadap pembelajaran maupun tingkat pemerolehan kosakata yang ditargetkan pun dapat meningkat. 

Sayangnya, membuat media belajar seperti itu memang menantang karena membutuhkan kreativitas yang tinggi. Dan seringkali tidak sempat karena jadwal yang sudah padat.

Namun, bapak dan Ibu Guru nggak perlu khawatir. Karena, DLA (Digital Learning Associates)  hadir dengan program Ready2Run bisa membantu Bapak dan Ibu Guru untuk menyediakan media dan materi pembelajaran yang interaktif, secara gratis.

Seperti apa ya, video dan materi pembelajaran dari program milik DLA ini? Mari, saya tunjukkan!

Video Materi Order Words dalam Bahasa Inggris

Seperti pada umumnya, materi ini mengajarkan penggunaan berbagai macam kosakata untuk menunjukan urutan sebuah kejadian. Kosakata ini biasanya diajarkan melalui penggunaannya dalam procedure text. 

Nah, dengan video yang disediakan oleh DLA ini, siswa tidak perlu bosan-bosan membaca teks prosedurnya karena sudah dikemas dalam bentuk video menarik.

Spaceman dalam materi order words dari DLA (Digital Learning Associates)
Ilustrasi spaceman. (Dok. Ready2Run, Digital Learning Associates)

Dalam video ini, DLA menghadirkan satu orang narator yang secara lisan bercerita tentang bagaimana cara ia membuat boneka kertas berbentuk spaceman yang bisa bergerak.

Berikut video pembelajaran materi Order Words yang disediakan oleh DLA!

DLA juga menyediakan transcript videonya, lho. Berikut transcript-nya.

NarratorWelcome to Art Adventures, where you learn how to draw a spaceman and get him to move. 

You need paper, pens, scissors, a hole punch, some pins, a phone, a tripod and a ring light. That’s all you need to make your own spaceman! 

First, draw each part of the body. Next, add some colour. Then, cut him out! 

Now, make the holes for the pins: on the head, like this; on the legs, and the arms. Wait … that’s not right! The space helmet goes on his head! Now he’s ready for an adventure in space. 

This spaceman is on a different planet, with his spaceship behind him, and a big number thirty! Time to create a space journey. 

First, take a photo. Next, move the spaceman. Then take another photo. And so on. To make a one-minute film, you need 720 pictures. Twelve for every second! Ready? Let’s watch! 

Not bad! And we can keep him for another story!

Dari video tentang cara pembuatan boneka kertas spaceman tersebut, siswa pun sudah bisa mendapatkan beberapa kata baru. Order words, seperti first, next dan then, dan kosakata lainnya tentang alat tulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan luar angkasa

Kosakata baru itu pun sudah cukup untuk menyusun sebuah teks sederhana.

Nah, dengan menggunakan video ini, diharapkan siswa mendapatkan kesempatan untuk menyimpulkan makna kata yang ia temui secara mandiri melalui gambar dan konteks yang didapatnya. 

Dengan begitu, Bapak dan Ibu Guru juga dapat memaksimalkan potensi peserta didik dalam mengingat kosakata.

Download Materi Art Adventure

Selain video pembelajaran, Bapak dan Ibu Guru juga dapat mengunduh materi pendukung berupa Student Pack dan Teacher Guide.

Student Pack merupakan handout dan worksheet untuk siswa. Student ini memberi kesempatan pada siswa untuk mengerjakan latihan-latihan sederhana yang dapat membantu mereka dalam pemahaman materi dan vocabulary recall.

Selanjutnya, Bapak dan Ibu Guru dapat menggunakan Teacher Guide-nya sebagai panduan dan inspirasi dalam menerapkan Content and Language Integrated Learning (CLIL) dalam proses pembelajaran siswa.

Terakhir, Bapak dan Ibu Guru dapat mengakses Student Pack dan Teacher Guide-nya dengan mengklik tombol download di bawah ini.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Menjadi Guru Inspiratif di Era Digital

Referensi

The Use of Animation Video As Learning Media For Young Learners To Improve Efl Students’ Motivation In Learning English – Laksmi, Yasa & Mirayani (2021)

Story-based Vocabulary Teaching – Inal & Cakir (2014)

Bagikan Artikel Ini!