cara belajar yang efektif untuk siswa smp

Rangkuman Materi Kelas 8 SMP Semester 1 & 2 Terlengkap

Hai, Sobat Zenius! Kembali lagi sama gue, Sabrina. Di artikel ini, gue akan membagikan rangkuman materi kelas 8 SMP yang lengkap dengan pembahasan tiap mata pelajaran. Elo juga bisa latihan dari contoh soal yang sering keluar di ujian kelas 8 SMP.

Di artikel ini gue udah ngumpulin materi kelas 8 SMP mulai dari Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris semester 1 dan 2 yang bisa elo baca dan pelajari.

Kumpulan materi ini diharapkan bisa mempermudah elo belajar dan mempersiapkan ujian selama duduk di kelas 8 SMP. Oke tanpa berlama-lama lagi, elo bisa cek langsung di bawah ini rangkumannya:  

Materi Kelas 8 SMP – Matematika

Mata pelajaran pertama yang akan gue kasih rangkumannya adalah materi kelas 8 Matematika semester 1 dan 2. Di mata pelajaran ini elo akan bertemu dengan banyak sistem perhitungan baru contohnya materi pola bilangan, relasi dan fungsi, persamaan linear dua variabel, hingga statistika.

Elo juga akan mempelajari cara membaca dan menghitung koordinat, serta gak ketinggalan mempelajari rumus bangun ruang dan bangun datar ditambah dengan teorema pitagoras. 

Berikut ini gue udah kumpulin materi di mata pelajaran Matematika kelas 8 semester 1 dan semester 2 lengkap dengan pembahasan per-sub-materi dan latihan soal. 

Pola Bilangan

Dalam Matematika, pola bilangan adalah pola-pola di mana suatu daftar nomor yang mengikuti urutan tertentu. Umumnya, pola membentuk hubungan antara dua angka. Materi ini kadang disebut juga sebagai barisan pada bilangan.

Pada materi kelas 8 Matematika semester 1 ini, elo akan belajar memahami aturan yang diikuti dalam pola tersebut. Berikut ini adalah sub-materi yang akan dipelajari dalam pola bilangan

Nah, supaya lebih paham mengenai pola bilangan, elo juga bisa baca pembahasan lebih detailnya dan rumus cepat dalam menghitung pola bilangan di artikel yang satu ini ya: 9 Jenis dan Rumus Pola Bilangan – Materi Matematika Kelas 8

Koordinat Kartesius

Sistem koordinat kartesius digunakan untuk menentukan posisi suatu titik pada suatu bidang dengan menggunakan dua garis yang saling tegak lurus. Titik-titik direpresentasikan dalam bentuk koordinat (x, y) dalam dua dimensi terhadap sumbu x dan y.

Pada materi kelas 8 Matematika semester 1 ini, elo akan memahami cara membuat sumbu koordinat (x, y) kemudian menggunakannya dalam sistem koordinat kartesius.

Relasi dan Fungsi

Pada materi relasi dan fungsi, elo akan mempelajari tentang ciri-ciri relasi dan fungsi, rumus fungsi hingga grafik fungsi.

Selain itu di materi matematika relasi dan fungsi ini elo juga akan diajarin cara menggunakan kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan sebagai cara untuk mendeskripsikan relasi dan fungsi. 

Nah, berikut ini adalah daftar materi detail yang akan lo pelajari selama ada di bab relasi dan fungsi:

Persamaan Garis Lurus

Selanjutnya adalah materi tentang persamaan garis lurus, Nah, di sini elo akan berkenalan dengan konsep kemiringan, persamaan garis lurus, titik potong garis hingga kedudukan dua garis.

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Materi kelas 8 Matematika semester 1 selanjutnya ini akan mengajarkan elo tentang konsep persamaan linear dua variabel. Serta mengajari elo cara menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau elo udah paham mengenai konsep materi persamaan dua variabel ini, elo bakalan bisa mengumpulkan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hubungan antara persamaan linear dua variabel.

Teorema Pythagoras

Elo tau gak sih kalau Teorema Pythagoras diperkenalkan pertama kali oleh matematikawan asal Yunani bernama Pythagoras dari Samos.

Pythagoras adalah seorang filsuf Yunani kuno. Dia memulai kariernya sebagai matematikawan yang bekerja secara religius dan hidup seperti biarawan. Karena penemuannya inilah, teorema tersebut diberi nama sesuai dengan namanya.

Pada materi ini, elo akan belajar memahami pengertian Teorema Pythagoras, formula Teorema Pythagoras hingga menghitung menggunakan rumus Pythagoras.

Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar dua dimensi di mana himpunan semua titik pada bidang berjarak sama dari titik tertentu yang disebut “pusat”. Setiap garis yang melalui lingkaran membentuk simetri lipat.

Nah, melalui materi kelas 8 tentang lingkaran ini, elo akan belajar mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran yang berupa garis dan ciri-cirinya serta memahami hubungan antar unsur pada lingkaran.

Bangun Ruang

Pada materi ini elo bakal ketemu dengan namanya kubus, balok, prisma, dan limas serta belajar ciri-cirinya.

Ada juga rumus mencari luas dan keliling mereka hingga cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang di kehidupan nyata. 

Statistika 

Pernah denger istilah rata-rata, median, dan modus? Nah, melalui materi kelas 8 Matematika semester 2 tentang statistika ini, elo bakal belajar mengenai pengertian dan cara mencari ketiganya.

Di samping itu, elo juga bakal belajar mengambil keputusan dan membuat prediksi berdasarkan analisis data.

Peluang

Mempelajari peluang artinya elo mempelajari probabilitas atau kemungkinan. Materi kelas 8 Matematika semester 2 ini adalah cabang Matematika yang berhubungan dengan terjadinya peristiwa acak.

Pelajaran SMP tentang peluang telah diperkenalkan dalam Matematika untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan peristiwa yang akan terjadi. Arti probabilitas pada dasarnya adalah sejauh mana sesuatu kemungkinan akan terjadi.

Untuk menemukan probabilitas suatu kejadian tunggal terjadi, pertama-tama kita harus mengetahui jumlah total hasil yang mungkin.

Materi Kelas 8 SMP – IPA

Mata pelajaran selanjutnya yang akan gue kasih rangkumannya adalah IPA. Di mata pelajaran ini elo akan bertemu dengan banyak pelajaran mengenai sistem gerak. Baik gerak pada manusia, pada tumbuhan hingga pada benda.

Elo juga akan mempelajari tentang berbagai sistem di tubuh manusia, misalnya sistem pencernaan, peredaran darah hingga ekskresi manusia.

Ditambah, elo juga akan berkesperimen dengan getaran dan gelombang pada benda dan memahami ilusi optik. 

Berikut ini gue udah kumpulin materi kelas 8 semester 1 dan semester 2 untuk mata pelajaran IPA lengkap dengan pembahasan per-sub-materi dan latihan soal.

Konsep Gerak

Di materi ini elo bakal banyak belajar mengenai gerak dan gaya. Mulai dari gerak pada benda dan hubungannya dengan Hukum Newton tentang gerak serta penerapannya di kehidupan sehari-hari.

Materi kelas 8 tentang konsep gerak juga akan mengajak elo melakukan percobaan mengukur kecepatan dan percepatan dan percobaan hukum Newton untuk menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup dan benda dalam kehidupan sehari-hari.

Sistem Gerak Manusia 

Bab selanjutnya membahas mengenai gerak manusia. Di bab ini elo akan mempelajari lebih dalam mengenai struktur dan fungsi rangka sebagai sistem gerak pada manusia, struktur dan fungsi sendi, struktur dan fungsi otot hingga cara menjaga kesehatan sistem gerak.

Materi kelas 8 IPA yang satu ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh soal sistem gerak Manusia. Elo bisa cek linknya di bawah ini: 

Sistem Gerak pada Tumbuhan

Materi kelas 8 IPA selanjutnya akan membantu elo mempelajari proses gerak pada tumbuhan. 

Pada dasarnya, meskipun tidak berpindah ke mana-mana, tumbuhan juga mengalami pergerakan gerakan tropik dan gerakan nastik. 

Gerakan tropik adalah gerakan yang bersifat terarah, seperti gerakan menuju atau menjauh dari stimulus.

Sedangkan gerakan nastik adalah gerakan yang tidak terpengaruh oleh arah stimulus. Misalnya, saat kita menyentuh daun puteri malu maka daunnya otomatis akan menguncup. 

Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Materi kelas 8 mata pelajaran IPA ini akan mengajarkan lo tentang Pesawat Sederhana. Meskipun nama materi ini adalah pesawat tapi bukan berarti lo bakal belajar merakit pesawat kok. 

Jadi pada dasarnya pesawat sederhana adalah sebutan bagi mesin sederhana sebagai perangkat yang dapat digunakan untuk melipatgandakan atau menambah gaya dan seringkali mengorbankan jarak yang digunakan untuk menerapkan gaya tersebut. 

Kata mesin dalam bahasa Indonesia sendiri berasal dari kata Yunani “machine” yang berarti “membantu membuat segalanya lebih mudah.”

Yang termasuk dalam pesawat sederhana di antaranya adalah tuas, katrol, baji, roda berporos, bidang miring dan sekrup. Plus, elo juga akan mempelajari tentang manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur dan Fungsi Tumbuhan 

Selanjutnya di kelas 8 ini elo akan belajar tentang struktur dan fungsi tumbuhan. Pada materi ini elo akan diajak untuk memahami lebih lanjut bagian akar, batang, daun, hingga buah pada tumbuhan.

Selain itu, elo juga akan mencoba menjadi peneliti tumbuhan dengan melakukan percobaan terhadap struktur dan fungsi tumbuhan. Setelah itu, elo juga akan belajar mengenai teknologi modern yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan. 

Nah, supaya lebih paham mengenai materi tumbuhan, gue punya rekomendasi artikel yang udah ngerangkum materi ini supaya lo bisa ngapalin seluk beluk tumbuhan dengan lebih easy, langsung cek di sini ya: Mengenal Struktur dan Fungsi Tumbuhan – Materi IPA Kelas 8

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia adalah sekelompok organ yang bekerja sama untuk mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh. 

Secara anatomis, sistem pencernaan terdiri dari saluran pencernaan dan organ aksesori (hati, pankreas, dan kantong empedu). Organ berongga yang menyusun saluran cerna antara lain adalah mulut, lambung, kerongkongan, usus halus dan usus besar yang berisi rektum dan anus.

Pada materi kelas 8 IPA ini, selain belajar tentang organ penyusun sistem pencernaan, lo juga bakal melakukan eksperimen dan pengujian kandungan bahan makanan (karbohidrat, gula, lemak dan protein).

Serta mempelajari tentang penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan dan cara mencegah penyakit tersebut. 

Zat Aditif dan Zat Adiktif 

Gue yakin elo pernah denger yang namanya Narkoba atau Nikotin dalam rokok. Tapi elo tau gak sih kalau kedua zat ini sebenernya masuk dalam zat jenis apa?

Nah, pada materi kelas 8 IPA ini, elo akan belajar lebih lanjut mengenai zat aditif dan zat adiktif (inget beda lho ya, meskipun kedengarannya mirip). 

Plus, elo juga akan menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Materi kelas 8 IPA ini akan membawa elo mempelajari macam-macam organ yang terlibat dalam peredaran darah.

Kemudian elo juga akan belajar macam-macam jenis peredaran darah yang dimiliki manusia hingga penyakit yang sering menyerang sistem peredaran darah manusia. 

Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari


Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan. 

Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan.

Sistem Ekskresi Manusia 

Sistem ekskresi pada manusia adalah sistem yang berfungsi untuk membuang limbah dari tubuh manusia. Sistem ekskresi manusia meliputi ginjal dan unit fungsionalnya, nefron. 

Pada materi kelas 8 IPA ini, selain belajar mengenai pengertian sistem ekskresi manusia, elo juga akan belajar tentang gangguan atau penyakit yang sering menyerang sistem ekskresi dan cara mencegah dan menjaga kesehatan sistem ekskresi tubuh. 

Getaran dan Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari

Di tahap ini, elo akan belajar mengenai konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pada sistem pendengaran manusia dan hewan.

Menariknya lagi, di materi kelas 8 ini elo juga akan melakukan banyak percobaan untuk mengukur periode dan frekuensi bunyi melalui getaran bandul ayunan serta melakukan percobaan untuk mengukur besaran-besaran pada gelombang.

Cahaya dan Alat Optik

Pada materi kelas 8 IPA yang satu ini, elo akan belajar mengenai cara kerja cahaya hingga macam-macam alat optik. 

Elo bakalan belajar banyak tentang sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada cermin dan lensa, cara penglihatan manusia hingga proses pembentukan bayangan pada mata serangga. 

Pengetahuan tentang cahaya dan alat diperlukan untuk penemuan instrumen optik seperti mikroskop, teleskop, dan kamera. Instrumen ini menggunakan cermin dan lensa untuk memantulkan dan membiaskan cahaya dan membentuk gambar.

Materi Kelas 8 SMP – Bahasa Inggris

Di kelas 8, elo akan menemukan materi kelas 8 Bahasa Inggris K13 yang “sedikit” lebih kompleks. 

Mulai dari contoh-contoh dalam cara menampilkan kewajiban, larangan, dan anjuran. Kemudian ada pesan singkat, penggunaan there are and there is serta membandingkan sesuatu.

Showing Obligation, Prohibition, and Recommendation

Seperti judulnya, elo akan belajar mengenai ekspresi dalam menyatakan kewajiban, larangan dan rekomendasi.

Berdasarkan pengertiannya, kewajiban adalah keadaan dipaksa untuk melakukan sesuatu. Sedangkan larangan adalah tindakan menghentikan sesuatu. 

Dan rekomendasi adalah saran resmi tentang hal terbaik untuk dilakukan, atau tindakan memberitahu seseorang bahwa sesuatu itu baik atau berguna baginya. 

Short Functional Message 

Teks Fungsional Pendek adalah teks pendek yang memiliki makna dan tujuan tertentu, serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Teks ini memiliki ciri lugas dan memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi dengan cepat, to the point serta jelas dan lengkap.

Pada materi kelas 8 Bahasa Inggris K13 mengenai teks fungsional pendek, elo akan belajar membuat teks yang bisa berupa larangan, undangan, kartu ucapan, pesan singkat, daftar belanja, pemberitahuan, pengumuman, dll.

There is and There are 

Kalau elo ingin mengatakan bahwa sesuatu itu ada atau tidak ada di suatu tempat atau pada suatu waktu, dalam bahasa Inggris sering menggunakan ‘there + be’.

Nah di materi there is and there are, elo akan belajar penggunaan ‘there + be’ yang tepat dan benar. Elo juga akan belajar menyusun teks lisan dan tulis menggunakan ‘there + be’. 

Nah, supaya lo lebih paham dalam menggunakan preposition atau kata depan. Gue punya satu artikel rekomendasi yang membahas lengkap mengenai preposition place, langsung cek di sini ya: Preposition of Place dan Penggunaan There Is dan There Are – Materi Bahasa Inggris Kelas 8.

Comparing Things 

Di materi ini, elo akan belajar mengenai kata sifat komparatif. Dengan kata lain membandingkan satu orang atau benda dengan orang atau benda yang lain.

Dengan mempelajari materi comparing things, elo bisa menentukan apakah seseorang atau benda memiliki kualitas tertentu secara lebih atau kurang.

Materi Kelas 8 SMP – Bahasa Indonesia 

Pada materi kelas 8 Bahasa Indonesia, elo akan mempelajari pengertian dan unsur dari beberapa teks, antara lain: teks berita; teks iklan, slogan dan poster; teks eksposisi, teks eksplanasi, teks ulasan dan teks persuasi.

Selain beberapa jenis teks, elo juga akan belajar memahami unsur-unsur dan cara membuat puisi, drama serta perbedaan buku fiksi dan non-fiksi.

Secara lebih rinci, berikut ini gue jabarkan materi kelas 8 bahasa Indonesia per-bab lengkap dengan link belajar dan contoh soal per-materi dari Zenius:

Teks Berita 

Gue yakin elo pasti udah familiar dengan yang namanya berita. Sering banget kita nonton berita di TV, denger dari radio sampe baca di koran. 


Nah, di materi Kelas 8 Bahasa Indonesia ini elo akan belajar pengertian dari teks berita dan cara membuat teks berita yang baik dan benar.  

Teks berita atau News item text adalah teks yang berhubungan dengan berita. Ada dua jenis teks berita, yaitu yang tertulis dan lisan. 

Berita yang elo baca di surat kabar berbentuk teks tertulis. Sedangkan, berita yang elo dengar di radio atau televisi berbentuk teks lisan. 

Teks berita juga memiliki struktur dan ketentuan tersendiri misalnya teks harus berasal dari peristiwa yang layak diberitakan, adanya latar belakang peristiwa dan sumber yang kredibel.

Teks Iklan, Slogan, dan Poster

Di materi ini, lo akan belajar memahami pengertian, mengidentifikasi isi dan membedakan unsur-unsur dalam teks iklan, slogan, serta poster.

Teks Eksposisi 

Teks Eksposisi adalah teks yang menyajikan satu sisi masalah. Tujuan adanya teks eksposisi adalah untuk membujuk dan menarik perhatian pembaca atau pendengar dengan menghadirkan satu sisi argumen. 

Puisi 

Puisi adalah karya sastra yang membangkitkan kesadaran imajinatif yang berasal dari pengalaman atau respons emosional tertentu kemudian ditulis dalam bahasa yang dipilih dan diatur agar sesuai dengan makna, rima dan ritme-nya.

Di materi kelas 8 Bahasa Indonesia tentang puisi ini, lo akan mempelajari puisi secara mendalam, menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan belajar menulis puisi elo sendiri dengan baik dan benar. 

Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang menceritakan proses-proses yang berkaitan dengan pembentukan fenomena alam, sosial, ilmiah, dan budaya. Teks jenis ini berfungsi untuk menjelaskan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ terbentuknya fenomena tersebut. 

Teks jenis ini akan sering elo temukan dalam buku teks sains, geografi, dan sejarah.

Pada materi kelas 8 Bahasa Indonesia lo akan belajar cara identifikasi informasi teks eksplanasi hingga cara efektif dalam menelaah teks eksplanasi

Teks Ulasan 

Melalui materi ini, elo akan belajar mengenai pengertian teks ulasan dan acam-macam teks ulasan berdasarkan isinya.

Di samping itu, elo juga akan belajar arti penting dalam sebuah teks ulasan hingga mengidentifikasi kelebihan atau kelemahan dalam teks ulasan.

Teks Persuasi 

Teks persuasif adalah teks yang tujuan utamanya adalah untuk menyajikan sudut pandang dan berusaha untuk membujuk pembaca. Teks persuasif dapat berupa argumentasi, eksposisi, diskusi, review atau bahkan iklan.

Di materi ini, lo akan belajar mengidentifikasi jenis teks persuasi hingga memahami dan menentukan struktur dalam teks persuasi.

Drama 

Mungkin lo adalah salah satu penggemar drama Korea. Tapi tau gak sih, apa itu drama?

Jadi, drama adalah jenis sastra yang ditulis untuk tujuan ditampilkan di depan penonton. Jenis tulisan ini ditulis dalam bentuk naskah, dan diceritakan melalui berbagai karakter yang diperankan oleh para aktor.

Melalui materi kelas 8 Bahasa Indonesia tentang drama ini, elo akan belajar mengidentifikasi karakteristik teks drama, unsur-unsur drama hingga isi drama.

Buku Fiksi dan Nonfiksi 

Elo pasti pernah baca novel atau cerpen dong. Nah, kira-kira novel atau cerpen yang lo baca itu masuk dalam karangan fiksi atau non-fiksi?

Melalui materi kelas 8 Bahasa Indonesia tentang buku fiksi dan nonfiksi ini, elo akan belajar pengertian buku fiksi dan non-fiksi, ciri-ciri buku fiksi dan non-fiksi, hingga mengidentifikasi buku fiksi dan non-fiksi.

Buku fiksi pada dasarnya dibuat berdasarkan imajinasi penulis. Cerita pendek, novel, mitos, legenda, dan dongeng semuanya dianggap fiksi. Sementara latar, plot, dan karakter dalam fiksi terkadang didasarkan pada peristiwa atau orang di kehidupan nyata.

Sedangkan, buku nonfiksi, sebaliknya. Buku ini bersifat faktual dan melaporkan peristiwa nyata. Buku sejarah, biografi, laporan jurnalisme semuanya dianggap sebagai buku nonfiksi. 

Oh iya, buku fiksi atau non-fiksi juga bisa dibuat resensinya lho. Kalau tertarik dengan cara membuat resensi buku, elo bisa baca artikel kece yang satu ini ya: Contoh Resensi Buku.

Bagikan Artikel Ini!