materi bahasa Inggris SD classroom objects

Ruma’s School (Classroom Objects) – Materi Bahasa Inggris SD

Bapak dan Ibu Guru pastinya menggunakan banyak benda sebagai alat bantu mengajar, bukan? Buku ajar, papan tulis, spidol, dan berbagai alat bantu lainnya dapat memudahkan Bapak dan Ibu Guru menerangkan materi pelajaran kepada siswa.

Apalagi kalau sekolah Bapak dan Ibu Guru sudah menerapkan kembali kelas tatap muka. Ruang kelas pun harus diisi dengan berbagai alat bantu ajar serta berbagai dekorasi yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Bapak dan Ibu Guru bisa lho, memanfaatkan benda-benda tersebut untuk mengajarkan siswa mengenai kosa kata mengenai benda-benda di ruang kelas dalam bahasa Inggris alias classroom objects.

Misalnya, Bapak dan Ibu Guru bisa bertanya, “What things do you have on your desk?”. Siswa pun bisa merespon dengan menyebutkan berbagai benda yang ada di atas mejanya seperti “I have books and a pen on my desk”.

Tidak hanya benda-benda di atas meja saja, Bapak dan Ibu Guru juga bisa mengajarkan anak menyebutkan nama berbagai benda yang ada di sekeliling kelas dalam bahasa Inggris.

Video Materi Benda-benda di Ruang Kelas dalam Bahasa Inggris

Mengenai materi classroom objects ini, Ready2Run dari DLA (Digital Learning Associates) sudah menyediakan materi belajar bahasa Inggris yang lengkap, lho. Nggak cuma lengkap, materi ini juga bisa Bapak dan Ibu Guru akses dengan mudah dan gratis.

Untuk membahas materi ini, Ready2Run mengambil topik tentang Ruma yang bersekolah di sekolah apung di Bangladesh. Wah, menarik sekali bukan?

Di Bangladesh, Ruma dan teman-temannya bersekolah di sekolah apung.
Ruma dan teman-temannya bersekolah di sekolah apung, Bangladesh. (dok. DLA)

Seperti apa materinya? Yuk, Bapak dan Ibu Guru tonton video berikut.


Menarik sekali bukan, materinya? Selain menjelaskan materi tentang classroom objects, Bapak dan Ibu Guru juga bisa mengajak siswa untuk belajar yang giat seperti Ruma yang bersekolah di sekolah apung.

Transkrip Video “Ruma’s School”

Agar lebih mudah memahami video tersebut, berikut transkrip video yang bisa Bapak dan Ibu Guru simak:

NarratorThis is Ruma. She is 10 years old and lives in Bangladesh.
Ruma likes singing, and she has a dream. 
Title A TEACHER 
Narrator Ruma wants to be a teacher when she grows up. 
Ruma lives near a big river. The water in this river sometimes gets very high. Then Ruma can’t get to school. What can she do? 
Luckily, there is someone who can help her. This is Mohammed. 
Mohammed This is our grade one boat school. 
Narrator He builds boat schools for kids like Ruma. 
Look at this boat school. It’s so cool! It comes to the children when they can’t get to school and it has everything a school needs: desks and chairs, a teacher, a board, books, a computer, and lots of students. 
Teacher and studentsOur class starts at 1 pm. 
TeacherLaptop
StudentsComputer 
Keyboard
Internet
Narrator Thanks to the boat school Ruma can one day become a teacher. Her friends have their dreams too. 
Title A DOCTOR 
A TEACHER
A PILOT
Narrator The boat school makes those dreams come true. 

Dalam video ini, materi tentang classroom objects ditampilkan dari sudut pandang yang berbeda. Alih-alih menampilkan sekolah biasa, Ready2Run menyajikan seperti apa sebuah ruang kelas yang ada di sekolah terapung.

Ternyata meski ruang kelas di sekolah tersebut terlihat berbeda, benda-benda yang ada di ruang kelas tersebut tidak jauh berbeda dengan benda-benda yang ada di ruang kelas di sekolah Bapak dan Ibu Guru.

Look at this boat school. It’s so cool! It comes to the children when they can’t get to school and it has everything a school needs: desks and chairs, a teacher, a board, books, a computer, and lots of students. 

Download Materi Pendukung

Selain menonton video di atas, Bapak dan Ibu Guru bisa mengunduh materi pendukung berupa Student Pack dan Teacher Guide. Materi pendukung ini sudah dilengkapi dengan pedoman pembelajaran dan lembar kerja yang bisa dibagikan kepada siswa

Materi dalam Student Pack sudah dilengkapi dengan berbagai penjelasan dan gambar yang berguna untuk siswa agar lebih mudah memahami materi bacaan. Mulai dari kosa kata, tata bahasa, hingga mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Sementara, Teacher Guide dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan untuk memberikan pemahaman mengenai materi yang diajarkan. Materi ini dilengkapi dengan Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dan bahasa secara bersamaan.

Apa Bapak dan Ibu Guru tertarik dengan materi-materi Ready2Run dari DLA? Yuk, manfaatkan Student Pack dan Teacher Guide sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!