materi adjectives bahasa Inggris SD

School in 1927 (Adjectives) – Materi Bahasa Inggris SD

Bapak dan Ibu Guru, setiap sekolah memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari gedung, seragam sekolah, hingga aturan-aturan yang berlaku di sekolah tersebut.

Sekolah pada saat saya atau bahkan Bapak dan Ibu Guru sendiri bersekolah tentu sangat berbeda dengan saat para siswa bersekolah saat ini. Apalagi sekolah di tahun 1927.

Dalam sebuah acara televisi, Bapak dan Ibu Guru bisa melihat seperti apa kegiatan sekolah pada tahun tersebut, lho.

Bapak dan Ibu Guru bahkan bisa menggunakan cuplikan video dari acara tersebut untuk mengenalkan berbagai kosakata adjectives kepada siswa.

Cuplikan video ini dapat Bapak dan Ibu Guru akses melalui program Ready2Run.

Ready2Run sendiri adalah program yang dikembangkan oleh Digital Learning Associates (DLA). Program ini menyediakan bahan pembelajaran untuk materi kosakata adjectives yang lengkap dalam bentuk video. 

Video Materi Kosakata Adjectives dalam Bahasa Inggris

Apa Bapak dan Ibu Guru penasaran seperti apa gambaran sekolah di tahun 1927? Mari simak video “School in 1927” berikut.

Transkrip Video “School in 1927”

Ternyata, ada banyak sekali yang bisa dipelajari dari video tersebut, bukan? Bapak dan Ibu Guru bisa menjelaskan bagaimana siswa pada masa lalu belajar dan mengajak siswa membandingkannya dengan kegiatan belajar mengajar saat ini.

Tidak hanya itu, pada video tersebut ada berbagai contoh kalimat yang menggunakan kosakata adjectives seperti:

  • The lessons are long and some of the children are bored.
  • This teacher isn’t very nice!
  • Everyone looks frightened!
  • It’s very hot and dirty.

Untuk memudahkan Bapak dan Ibu Guru memahami video di atas, berikut transkrip video yang bisa Bapak dan Ibu Guru simak:

NarratorThese children are in a TV show. In the show, they’re living in 1927. 
TitleSchool in 1927
NarratorThe children have to leave home at 6 o’clock. This is their school. All the children are in one class, from ages five to thirteen.The lessons are long and some of the children are bored. The art lesson is a little better! But it’s over soon.
TeacherThis is the day we’ve been waiting for. The day of the standard exam.  Your big day.
NarratorThis teacher isn’t very nice!
TeacherI’ve got this.
NarratorHe’s very strict.What’s that?! Everyone looks frightened! It’s a good thing they don’t really live in 1927!But there was something worse than going to school in the past. Not going!This is Steffan. He has stopped going to school.Steffan has started working in the coal mine. He has to leave home at 5 o’clock in the morning. He has to walk for an hour and a half. That’s a long way!Steffan has to work very hard in the coal mine. It’s very hot and dirty. It’s also very dangerous.Now Stephan knows what life in the coal mines was like. He can’t wait to go back to school!

Download Materi Pendukung

Selain menonton video di atas, Bapak dan Ibu Guru dapat mengunduh berbagai materi pendukung dalam Student Pack dan Teacher Guide. Materi pendukung ini dilengkapi dengan pedoman pembelajaran dan lembar kerja yang bisa dibagikan kepada siswa

Student Pack merupakan paket materi yang sudah dilengkapi dengan berbagai penjelasan dan gambar yang dimanfaatkan siswa untuk memahami materi bacaan. Mulai dari kosakata, tata bahasa, hingga mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Sementara, Teacher Guide dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan untuk memberikan pemahaman mengenai materi yang diajarkan. Materi ini dilengkapi dengan Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dan bahasa secara bersamaan.

Apa Bapak dan Ibu Guru tertarik dengan materi-materi Ready2Run dari DLA? Yuk, manfaatkan Student Pack dan Teacher Guide sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!