Info Kuliah, Syarat Masuk, dan Daftar Jurusan di STEI ITB

Info Kuliah, Syarat Masuk, dan Daftar Jurusan di STEI ITB

Cari tahu jurusan di STEI ITB, mulai dari daya tampung, syarat masuk, akreditasi, hingga prospek karier di setiap jurusannya. Simak selengkapnya, yuk!

Hayoo, siapa nih Sobat Zenius yang tertarik untuk masuk jurusan di STEI ITB? Gue yakin sih, banyak dari elo yang mau masuk ke kampus satu ini. Ya iyalah ya, siapa sih, yang nggak mau masuk ke salah satu kampus terbaik di Indonesia. 

Nah, bagi elo yang tertarik untuk masuk STEI ITB wajib banget nih, menyimak artikel ini sampai habis. Karena gue akan membahas semua informasi penting terkait STEI ITB, mulai dari jurusan, daya tampung, hingga syarat masuknya. 

Yuk, simak informasinya!

Kenalan dengan STEI ITB

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI ITB) telah diresmikan sejak 1 Januari 2006 di Bandung, Jawa Barat. STEI ITB ini merupakan gabungan dari Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informatika yang telah lebih dulu ada sejak tahun 1947 dan 1982. 

Saat ini, ada 6 jurusan di STEI ITB yang masing-masing perkuliahannya berlangsung 8 semester dengan total kredit 144 SKS. 

Sebenarnya, ada berbagai jenjang pendidikan yang bisa elo pilih di STEI ITB. Tapi, artikel gue kali ini akan khusus membahas jurusan di STEI ITB buat jenjang S1, ya. Yuk, lanjut simak sampai selesai!

Jurusan di STEI ITB

Seperti yang udah gue sebut sekilas, ada 6 pilihan jurusan di STEI ITB yang bisa elo pilih. Yang perlu elo ingat, keenam jurusan ini baru bisa dipilih saat elo udah keterima di ITB, ya.

Gimana, gimana, kok harus keterima dulu? Buat yang masing bingung, gue mau memperkenalkan istilah Tahapan Persiapan Bersama (TPB). TPB ITB ini merupakan masa 2 semester yang harus mahasiswa ITB jalanin sebelum bisa memilih jurusan.

Yap, elo nggak salah baca. Jadi, jurusan di ITB itu baru bisa elo pilih setelah elo jadi mahasiswa di kampus ini. Makanya, saat pendaftaran ujian masuk ITB pun, elo baru bisa memilih fakultas di ITB.

Nah, apa aja pilihan jurusan di STEI ITB? Lanjut simak buat lebih detailnya, ya.

Jurusan di STEI ITB
Jurusan di STEI ITB. (Arsip Zenius)

1. Jurusan Teknik Elektro

Di program studi ini, elo akan mempelajari banyak hal seperti menciptakan produk baru, inovasi baru, serta melakukan riset-riset terkait kelistrikan. 

Lulusan teknik elektro sendiri bisa bekerja di hampir segala lini industri. Kenapa gue bisa bilang gitu? Karena hampir semua orang memanfaatkan listrik di kehidupan sehari-harinya. Jadi, nggak heran kalau lulusan teknik elektro banyak dicari. 

Jika gelar sarjana teknik elektro udah dalam genggaman, kesempatan mencicipi banyak industri pun terbuka. Contohnya, industri pengembangan software dan hardware. Yap, kalau lihat kenyataan di lapangan, prospek kerja tersebut nggak eksklusif buat lulusan sistem informatika aja, kok.

Nggak menutup kemungkinan juga buat berkarier di bidang bioengineering, lho. Elo udah nggak asing, kan, dengan alat CT scan dan pacu jantung? Nah, produsen alat-alat tersebut sangat membutuhkan orang dengan ilmu teknik elektro yang mumpuni. Jadi, prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Elektro tuh luas banget!

2. Jurusan Teknik Telekomunikasi

Sesuai dengan namanya, teknik telekomunikasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana cara pengiriman data jarak jauh serta memastikan data tersebut diterima dengan benar. 

Prospek kerja lulusan teknik telekomunikasi juga sangat luas, lho! 

Seperti yang kita semua tahu, semakin berkembangnya zaman pastinya pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi juga semakin berkembang pesat. Sehingga, lulusan teknik telekomunikasi pasti akan sangat dibutuhkan.

Sebagai contoh, elo bisa bekerja di industri komunikasi satelit, sistem radar dan navigasi, perbankan, sampai industri kreatif. 

3. Jurusan Teknik Tenaga Listrik

Oke, kita lanjut ke jurusan di STEI ITB berikutnya, ya. Sesuai dengan namanya, Jurusan Teknik Tenaga Listrik pastinya akan berkaitan dengan ilmu kelistrikan. 

Di jurusan ini, elo akan belajar cara membangkitkan tenaga listrik serta mendistribusikan tenaga listrik. Selain itu, elo juga akan belajar bagaimana cara memanfaatkan tenaga listrik sehingga bisa berguna di dalam kehidupan sehari-hari. 

Terus, apa perbedaan Jurusan Teknik Tenaga Listrik dengan Teknik Elektro?

Nah, perbedaannya kalau Teknik Elektro, elo fokus belajar tentang listrik arus lemah seperti kelistrikan pada laptop, handphone, dan lainnya. Tapi, kalau di Jurusan Teknik Tenaga Listrik, elo lebih fokus belajar tentang listrik arus kuat, contohnya kayak listrik PLN gitu, deh. 

Untuk prospek kerjanya gimana? Nah, lulusan teknik tenaga listrik bisa bekerja di bidang pembangkitan, transmisi, distribusi dan pemanfaatan tenaga listrik. Jadi peneliti juga bisa, lho!

4. Jurusan Teknik Biomedis

Lanjut ke jurusan di STEI ITB keempat, yakni Jurusan Teknik Biomedis. Di jurusan ini, elo akan belajar bagaimana caranya memanfaatkan teknologi untuk bidang kesehatan. 

Untuk prospek kerjanya, lulusan teknik biomedis sangat dibutuhkan perusahaan produsen alat-alat kesehatan. Kayak alat CT scan dan pacu jantung yang gue sudah sebutkan tadi saat cerita soal Jurusan Teknik Elektro. 

Bedanya, lulusan Jurusan Teknik Biomedis punya keahlian yang memang spesifik untuk merancang alat-alat medis. Nggak cuma perancangannya, tapi juga perawatannya.

5. Jurusan Teknik Informatika 

Kalau ngomongin Jurusan Teknik Informatika, pastinya elo udah nggak asing lagi, kan? Soalnya, teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang nggak pernah sepi peminat. Tapi, elo udah tahu belum, apa saja sih yang dipelajari di jurusan ini?

Di Jurusan Teknik Informatika, elo akan mempelajari banyak topik tentang ilmu komputer, seperti:

  • Algoritma dan struktur data
  • Bahasa pemrograman
  • Teori komputasi
  • Pengambilan data dan informasi
  • Sistem operasi
  • Kecerdasan buatan
  • Visi komputer
  • Jaringan komputer
  • Rekayasa perangkat lunak
  • Keamanan komputer dan kriptografi
  • Pembelajaran mesin
  • Sistem terdistribusi
  • Grafik dan visualisasi komputer

Nah, kalau prospek kerjanya sendiri, lulusan teknik informatika bisa bekerja sebagai konsultan IT, software engineer, database engineer, system analyst, programmer, intelligent system developer, game developer, dan masih banyak lagi. 

6. Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi

Yang dipelajari di jurusan ini sebenarnya mirip-mirip dengan semua jurusan yang ada di STEI ITB. 

Perbedaannya, kalau jurusan lain di STEI ITB, materi perkuliahannya itu akan lebih banyak hitung-hitungannya. Sedangkan kalau jurusan ini, hitung-hitungannya tuh nggak terlalu banyak. Jadi, elo akan lebih banyak belajar tentang bisnis dan manajemen gitu, guys.

Adapun prospek kerja Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi beragam banget, lho. Lulusan jurusan ini bisa menjajal industri perangkat lunak, peneliti di lembaga penelitian atau lembaga pendidikan, dan masih banyak lagi. 

Daya Tampung dan Syarat Masuk STEI ITB 

Kalau elo mau mendaftar ke STEI ITB, pilihan elo ada dua: antara STEI-Rekayasa atau STEI-Komputasi. Jurusan yang termasuk ke dalam STEI-Rekayasa (STEI-R) yaitu:

  • Teknik Elektro 
  • Teknik Telekomunikasi 
  • Teknik Tenaga Listrik
  • Teknik Biomedis 

Sementara itu, kalau jurusan yang termasuk STEI-Komputasi (STEI-K) yaitu: 

  • Teknik Informatika 
  • Sistem dan Teknologi Informasi 

Untuk syarat masuk STEI ITB, pastinya elo harus ikut jalur penerimaan yang tersedia. Elo setidaknya punya tiga kali percobaan, dari SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), sampai Seleksi Mandiri ITB (SM ITB/jalur mandiri).

Nah, berikut ini merupakan informasi daya tampung STEI ITB tahun 2022 untuk tiap jalur.

Daya tampung STEI ITB
Daya tampung STEI ITB. (Arsip Zenius)

Lah, kok nggak ada info tentang nilai passing grade STEI ITB? 

Sayangnya, angka passing grade STEI ITB baru akan terdata setelah seluruh proses seleksi selesai. Itu pun merupakan rahasia dapur penyelenggara ujian. Jadi, nggak ada yang tahu persis seberapa besar peluang diterima berkuliah di suatu jurusan. Info selengkapnya soal passing grade ini bisa elo baca nanti di tautan yang udah gue sematkan di bawah. 

 Baca Juga: Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi

Akreditasi STEI ITB

Nah, kalau bicara akreditasi STEI ITB sepertinya udah nggak perlu diragukan lagi ya, guys. Soalnya, semua jurusan di STEI ITB sudah mendapat akreditasi oleh lembaga akreditasi nasional (BAN-PT).

Berikut ini merupakan akreditasi setiap jurusan di STEI ITB:

Akreditasi STEI ITB
Akreditasi STEI ITB. (Arsip Zenius)

Selain mendapat akreditasi nasional, ternyata ada 5 program sarjana STEI ITB yang mendapat akreditasi internasional (ABET), lho. Berikut daftar kelima jurusan tersebut:

  • Teknik Elektro
  • Teknik Informatika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Tenaga Listrik
  • Sistem dan Teknologi Informasi

Baca Juga: Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Gelar Setelah Lulus dari Jurusan di STEI ITB

Lulusan semua jurusan di STEI ITB bakal dapat gelar yang sama, nih. Mulai dari lulusan Jurusan Teknik Informatika sampai Teknik Biomedis ITB, seluruhnya akan mendapat gelar S.T di belakang nama mereka.

Baca Juga: Syarat Masuk Kuliah dan Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UI

Oke deh, sekian dulu ya, guys, informasi tentang STEI ITB. Semoga pertimbangan elo dalam memilih jurusan kuliah jadi semakin terarah, ya!

Sekarang, setop rebahannya. Jangan nunda-nunda belajar buat ujian masuk. Zenius udah siapin alur belajar terbaik supaya persiapan belajar elo semakin matang. Apalagi, UTBK sebentar lagi, lho! Elo bisa cek link  di bawah ini buat ngulik panduan dan materi lengkap UTBK.

Persiapan UTBK bareng Zenius

Selain persiapan UTBK dengan panduan dan materi lengkapnya, mengasah kemampuan elo dengan try out juga penting, lho! Zenius juga sudah siapin soal-soal yang bisa elo jajal biar makin siap waktu menghadapi ujian. Elo bisa cobain fitur try out dari Zenius dengan cara klik banner di bawah ini. Langsung sikat, yuk!

Jurusan di STEI ITB

Referensi:

LTMPT Tekankan Tidak Ada Passing Grade di SNMPTN 2022 – Detik (2022)

Akreditasi ABET & BAN-PT – STEI ITB 

Daya Tampung dan Tingkat Kesulitan Relatif – Admission ITB 

Bagikan Artikel Ini!