Info Perkuliahan, Daftar Jurusan, dan Akreditasi FISIP UB

Kalau nonton berita, elo pernah nggak, sih, mikir kaya kenapa rasanya masalah terus ada di Indonesia? Mulai dari kriminalitas, kemiskinan, sampai kesetaraan sosial rasanya terus menerus menghiasi pertelevisian. Apa istilah trouble is a friend di lagunya Lenka itu bener? 

Well, kayanya agak bener, ya. Bayangkan aja, hubungan pacaran yang isinya cuma elo sama doi ada aja masalahnya, apalagi hubungan masyarakat Indonesia yang isinya ratusan juta orang, hihihi

Tapi, ini bukan berarti kita harus mewajarkan permasalahan di lingkungan sosial masyarakat kita, ya. Dengan memahami dan mengenal permasalahan tersebut, seenggaknya kita bisa menghadapinya dengan waras. 

Di bangku kuliah, ada  mahasiswa yang mengkaji isu-isu di masyarakat dengan serius, lho. Terutama dari sisi ilmu sosial dan ilmu politiknya. 

Elo bisa temukan itu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB). 

Apa elo termasuk yang mengincar jurusan di FISIP UB tahun ini? Wah, kebetulan. Simak terus penjelasan gue sampai tuntas, ya! 

Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB)

Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai berkenalan sama FISIP UB mulai dari sejarahnya, nih. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) resmi berdiri pada 8 April 2008 dengan nama Fakultas Ilmu Sosial Universitas Brawijaya (FIS UB). 

Namun, rencana pendirian fakultas ini ternyata sudah dibicarakan sejak tahun 2001–2002 lalu. Akhirnya, rencana tersebut pun direalisasikan dengan mendirikan program studinya terlebih dahulu, yaitu Program Studi Sosiologi dan Program Studi Komunikasi pada November 2003. 

Di waktu yang sama, Program Studi Ilmu Sosial pun resmi berdiri. Seiring berjalannya waktu, Prodi Ilmu Sosial pun mengalami pemekaran menjadi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Brawijaya (FIS UB) pada 8 April 2008. Barulah pada 8 April 2009, FIS UB berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) hingga saat ini. 

Sejarah FISIP UB
Infografis Sejarah FISIP UB (Arsip Zenius)

Baca Juga: Info Perkuliahan dan Jurusan di Fakultas Pertanian UB

Jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB)

Sebagai sebuah fakultas, tentunya FISIP UB memiliki berbagai jurusan atau program studi yang bisa elo pilih, nih. Kira-kira apa saja, ya? Ini dia 4 jurusan FISIP UB. 

Jurusan Sosiologi UB

Salah satu jurusan yang ada di FISIP UB adalah Jurusan Sosiologi. Seperti namanya, di jurusan ini elo bakal mempelajari banyak ilmu-ilmu sosial, seperti interaksi sosial dan fenomena sosial. 

Buat memahami hal-hal itu, elo bakal ketemu beberapa mata kuliah antara lain: 

  1. Sosiologi Lingkungan
  2. Antropologi Sosial dan Budaya
  3. Kajian Gender
  4. Migrasi Sosial dan Tenaga Kerja 
  5. Kesenjangan dan Eksklusi Sosial 

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB

Hayo, siapa, nih, yang bercita-cita menjadi seorang news anchor? Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB bisa banget jadi pilihan, lho. 

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB mempelajari berbagai bentuk komunikasi, baik interpersonal maupun antarkelompok, dalam masyarakat. 

Supaya kebayang materi apa aja yang bakal dikaji, gue kasih bocoran beberapa mata kuliah di jurusan ini, ya.

  1. Komunikasi Pemasaran
  2. Komunikasi Antar Budaya 
  3. Psikologi Komunikasi 
  4. CSR dan Community Development
  5. Perkembangan Teknologi Komunikasi 

Jurusan Psikologi UB

“Duh, kenapa, ya, dia sering banget bertindak kasar ke orang lain?” 

“Kenapa gue selalu merasa ingin menangis setiap saat, ya?” 

Buat elo yang memiliki ketertarikan terhadap pola pikir seseorang dan kondisi psikisnya, FISIP UB memiliki jurusan yang cocok, nih. Yap, jurusan itu adalah Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 

Hayo, elo tahu nggak bedanya psikologi dengan sosiologi? Kalo dilihat sekilas, keduanya memang punya nama yang cukup mirip, ya. Nggak cuma itu, keduanya juga sama-sama mempelajari pola perilaku. Trus apa, dong, bedanya? 

Elo bisa membedakan Jurusan Psikologi dengan Jurusan Sosiologi melalui fokus pembelajaran. Jurusan Sosiologi lebih fokus mempelajari masyarakat sebagai kesatuan, bukan individu, misalnya seperti menganalisis sistem norma, stratifikasi sosial, dan sebagainya. 

Berbeda dengan itu, Jurusan Psikologi lebih fokus mempelajari pola perilaku seseorang sebagai individu itu sendiri yang berada dalam lingkungan masyarakat. Misalnya seperti kondisi mental seseorang yang kompleks dan terbentuk berdasarkan pengalamannya dalam lingkungan sosial tertentu, dan sebagainya. 

Kira-kira apa saja yang bakal elo pelajari di jurusan ini? Berikut adalah list beberapa mata kuliahnya. 

  1. Kesehatan Mental
  2. Konseling dan Psikoterapi
  3. Psikologi Industri dan Organisasi
  4. Psikologi Klinis 
  5. Psikologi Mindfulness 

Jurusan PPHI (Hubungan Internasional, Ilmu Politik, dan Ilmu Pemerintahan) UB

Jurusan yang mau gue bahas selanjutnya adalah Jurusan PPHI. Apa, sih, Jurusan PPHI itu? 

Singkatan pada nama jurusannya itu berasal dari tiga program studi di dalamnya, yaitu Program Studi Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Pemerintahan, dan Program Studi Hubungan Internasional. 

Program Studi Hubungan Internasional

Program Studi Hubungan Internasional mempelajari hubungan diplomatik negara dengan negara lainnya, mulai dalam bidang ekonomi, kesehatan, dan sosial budaya. 

Jadi, buat elo yang bercita-cita bekerja di kedutaan dan menjadi seorang diplomat, jurusan satu ini bakal cocok, nih. Di program studi ini, beberapa hal yang akan elo pelajari di antaranya diplomasi, ekonomi politik internasional, kebijakan luar negeri, dan keamanan internasional. 

Program Studi Ilmu Politik

Tertarik menjadi seorang pejabat politik? Tentunya elo perlu membekali diri dengan pengetahuan ilmu politik yang cukup, ya. Nah, Program Studi Ilmu Politik bisa jadi tempat yang pas. 

Program Studi Ilmu Politik ini mempelajari seluk beluk perpolitikan, mulai dari ideologi, etika politik, HAM dan demokrasi, hingga alur perpolitikan dalam masyarakat. 

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Program studi lainnya yang tergabung dalam Jurusan PPHI adalah Program Studi Ilmu Pemerintahan. Program studi inimempelajari struktur pemerintahan Indonesia, mulai dari lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. 

Beberapa hal yang akan elo pelajari di program studi ini di antaranya sistem pemerintahan Indonesia, jejaring pemerintahan, kepartaian, dan lembaga kepresidenan. 

Jurusan FISIP UB

Jurusan di FISIP UB (Arsip Zenius)

Baca Juga: Tips Masuk dan Jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB

Gelar Lulusan Jurusan di FISIP UB

Kira-kira kalau kita jadi lulusan FISIP UB, gelar lulusan kita apa, ya? Nah, gelar lulusan di FISIP UB ternyata berbeda-beda tergantung jurusan elo, lho. Seperti yang sebelumnya udah gue bahas, FISIP UB memiliki 4 jurusan dan 3 program studi. Oleh karena itu, berikut adalah gelar lulusan jurusan di FISIP UB. 

  • Lulusan Jurusan Ilmu Sosiologi FISIP UB mendapatkan gelar S.Sos (Sarjana Sosial). 
  • Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB mendapatkan gelar S.I.Kom (Sarjana Ilmu Komunikasi)
  • Lulusan Jurusan Psikologi FISIP UB mendapatkan gelar S.Psi (Sarjana Psikologi). 
  • Lulusan Program Studi Hubungan Internasional FISIP UB mendapatkan gelar S.IP
  • Lulusan Program Studi Ilmu Politik FISIP UB mendapatkan gelar S.IP
  • Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UB mendapatkan gelar S.I.P

Baca Juga: Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Akreditasi FISIP UB

Wah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya ternyata memiliki berbagai jurusan yang menarik, ya! Tapi, ternyata kemenarikan fakultas satu ini nggak berhenti sampai situ aja, nih. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya ternyata juga menarik dari segi akreditasinya, lho. 

Dari 3 jurusan dan 3 program studi yang dimilikinya, berikut adalah daftar akreditasi program sarjana FISIP UB. 

  1. Jurusan Ilmu Komunikasi: A
  2. Jurusan Sosiologi: A
  3. Jurusan Psikologi: B
  4. Program Studi Hubungan Internasional: B
  5. Program Studi Ilmu Politik: A
  6. Program Studi Ilmu Pemerintahan: A
Logo FISIP UB
Logo FISIP UB (Sumber: Website Resmi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya)

Baca Juga: Info, Syarat Masuk, dan Daya Tampung Fakultas Teknik UB

Passing Grade FISIP UB

“Duh, kira-kira gue bisa nggak, ya, masuk FISIP UB?” 

Jelas bisa, dong! Peluang elo diterima jadi mahasiswa FISIP UB bakal selalu ada, kok. Asalkan, persiapan elo buat seleksi masuknya juga serius, ya. 

Selain belajar jauh-jauh hari, elo juga perlu menyusun strategi lainnya. Salah satunya seperti memperhitungkan peluang masuk dengan melihat peminat dan daya tampungnya. 

Universitas Brawijaya sendiri membuka banyak jalur seleksi masuk yang bisa elo ikuti, salah satunya adalah SNMPTN (nilai rapor), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Ujian Mandiri (Ujian tertulis atau prestasi). 

“Kalo passing grade masuk FISIP UB itu berapa, sih?” 

Nah, buat elo yang ingin mencoba peruntungan di UTBK SBMPTN, perlu diketahui bahwa PTN tidak menetapkan standar nilai passing grade, ya. Hal ini dikarenakan nilai passing grade baru bisa diketahui usai pelaksanaan UTBK. 

Tapi, kalau elo masih penasaran tentang sebenarnya passing grade tuh apa sih? Nah, elo bisa paham sepenuhnya dengan membaca artikel artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya.

Gimana nih, setelah menyimak info lengkap perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UB? Semoga elo jadi lebih tercerahkan mau milih jurusan yang mana, ya.

Nah, buat elo yang lagi ikut UTBK SBMPTN 2022 gelombang 2, gue ucapkan semangat berjuang! 

Buat yang dapet giliran ikut UTBK tahun depan, Zenius udah siapin playlist belajar UTBK. Semua bab pelajaran udah disusun secara runut supaya elo lebih enak mencerna materinya. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Sekarang, giliran elo untuk cobain try out dari Zenius. Supaya elo bisa mengevaluasi sejauh mana pemahaman elo terhadap materi ujian. Selain itu, jadi terbiasa juga ngerjain berbagai tipe soal. Langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

Try Out UM PTN

Referensi: 

Data PTN Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (2021)

Akreditasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (https://fisip.ub.ac.id/academics/info-akademik/status-sertifikat-akreditasi/) 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://fisip.ub.ac.id/) 

Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://sosiologi.ub.ac.id/id/beranda/) 

Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://komunikasi.ub.ac.id/) 

Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://psikologi.ub.ac.id/) 

Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://hi.ub.ac.id/) 

Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://politik.ub.ac.id/) 

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya – UB (https://pemerintahan.ub.ac.id/) 

Mengenal Jurusan Psikologi – Materi Kuliah dan Prospek Kerja – Zenius

Data Alumni FISIP UB – FISIP UB (https://fisip.ub.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/periode-6-2021.pdf)

Bagikan Artikel Ini!