Format Essay dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Materi penjelasan essay Bahasa Inggris

Elo pernah nggak sih, dapat tugas buat bacain cerita bahasa Inggris di depan kelas?

Biasanya, tugas baca cerita ini dikerjain pas gue masuk sekolah setelah liburan semester gitu. Jadi, dulu guru gue suka ngasih tugas buat nulis cerita selama liburan dalam bahasa Inggris.

Nah, dulu, gue tuh nyeritainnya pas lagi liburan di kampung alias rumah kakek-nenek. Terus, hasil cerita tentang liburannya ini disuruh bacain tepat di depan kelas. Tapi, dulu gue nggak tahu kalau tugasnya itu namanya essay dalam Bahasa Inggris.

Pada saat itu, gue ngira kalau guru gue cuma ngasih tugas buat murid-muridnya buat cerita pengalaman liburan aja. Pas gue cari tahu, ternyata tugas yang sering gue bikin itu namanya essay.

Tapi sebenarnya, essay itu apa, sih? Awalnya, gue pikir kalau essay itu cuma sekadar tulisan panjang yang kompleks banget penjelasannya. Ternyata, gue salah paham soal si essay ini.

Makanya, gue mau ngajak elo buat belajar materi essay bahasa Inggris supaya kita sama-sama nggak salah paham, nih. 

Yuk, temenin gue belajar di sini, ya!

Apa Itu Essay dalam Bahasa Inggris?

Ilustrasi penulisan essay dalam Bahasa Inggris
Ilustrasi penulisan essay dalam Bahasa Inggris (dok. Freepik)

Oke, jadi apa itu essay atau esai? Menurut pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), essay adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas, dan dari sudut pandang penulisnya.

Maksudnya gimana, tuh?

Simpelnya, essay ini merupakan salah satu karya tulis berisi berbagai paragraf yang menyatukan fakta serta opini dalam sebuah topik. 

Jadi, di dalam essay nggak cuma ada fakta aja, atau, nggak cuma ada opini si penulis aja. Tapi, kedua hal tersebut digabungkan sehingga menghasilkan karya tulis.

Nah, itu dia pengertian essay versi gampangnya. Pengertiannya ini berlaku saat membuat essay di berbagai bahasa ya, gengs.

Yap! Jadi, pengertian essay dalam bahasa Inggris juga berupa karya tulis berisi fakta dan opini. Sama kayak pengertian secara umumnya. Perbedaannya, isi essay-nya ini ditulis pakai bahasa Inggris aja. 

Jenis-Jenis Essay

Nah, essay ini nggak cuma sekadar karya tulis yang berisi fakta sama opini aja, gengs. Essay dalam bahasa Inggris juga ada jenis-jenisnya. Apa aja, tuh?

Keempat jenis essay dalam Bahasa Inggris yang sering ditemui
Jenis-jenis essay dalam Bahasa Inggris (Arsip Zenius)

Supaya nggak bingung, gue coba jelasin satu per satu dari jenis essay-nya di bawah ini, ya.

  1. Teks Naratif

Jenis essay yang pertama yaitu teks naratif atau narrative text. Simpelnya, teks naratif merupakan karya tulis berupa cerita. Biasanya, unsur-unsur yang ada di dalam teks naratif ini berupa tokoh sampai latar belakang.

Kalau contoh essay bahasa Inggris dalam teks naratif sendiri biasanya ada di cerita rakyat gitu, gengs. Kayak Malin Kundang, Legenda Danau Toba, atau Sangkuriang. 

Buat cari tahu lebih rinci, elo bisa banget lihat di sini, ya!

  1. Teks Eksposisi

Terus, ada juga essay dalam bahasa Inggris yang berbentuk teks eksposisi. Strukturnya ini bisa elo mulai dari perkenalan. Bukan, caranya bukan kayak elo kenalan sama gebetan, ya.

Maksudnya, di pembukaan teks eksposisi atau exposition text ini, elo bakal menjabarkan suatu topik atau permasalahan. 

Setelah perkenalan, elo kembangkan lagi essay-nya ke dalam bentuk rincian informasi. Yap! Ibaratnya, banyak informasi pendukung yang bisa elo taruh di sini. Terus, exposition text ini nanti bakal berakhir di kesimpulan akhir.

Contohnya kayak gimana? Nah, elo bisa cari tahu langsung tentang contohnya di link ini, ya.

  1. Teks Deskripsi

Jenis essay dalam bahasa Inggris lainnya yaitu teks deskripsi atau descriptive text. Secara umum, teks deskripsi ini berisi karya tulis yang menggambarkan sesuatu

Simpelnya, elo ngasih deskripsi jelas tentang sesuatu. Sesuatu yang gue maksud di sini beragam, ya. Mulai dari tempat, makanan, sampai binatang. Tujuan dari teks deskripsi ini supaya pembaca itu bisa kebayang sama rincian yang elo kasih lewat tulisan.

Contohnya, judul essay-nya ini apel. Nah, di teks deskripsi itu elo bakal jelasin semua tentang apel. Mulai dari warna, rasa, sampai olahannya.

  1. Teks Persuasif

Terakhir, jenis essay dalam Bahasa Inggris yang perlu elo tahu lagi yaitu teks persuasif. Jadi, teks persuasif ini merupakan teks yang berisikan argumen. Makanya, sering juga dikenal sebagai teks argumentatif

Nah, di teks persuasif, penulis biasanya bakal membuka tulisan dengan pendapat umum dari sebuah topik. Di paragraf selanjutnya, baru deh didukung sama berbagai argumen yang pro dan kontra tentang pendapat tersebut.

Cukup unik dan berbeda, kan? Makanya, di bagian akhir ini biasanya penulis bakal ngasih penegasan ulang tentang argumen tersebut. 

Format Essay Bahasa Inggris

Nah, sekarang elo udah tahu tentang essay sampai ke jenis-jenisnya. Tapi, elo mungkin masih bertanya-tanya, bagaimana cara menulis essay dalam Bahasa Inggris, sih?

Tenang! Gue bakal jelasin semua tentang cara membuat essay Bahasa Inggris. Sebenarnya, elo bisa membuat essay dalam Bahasa Inggris dengan mudah, lho.

Intinya, elo harus tahu format essay Bahasa Inggris dulu. Nah, formatnya ini nggak beda sama essay Bahasa Indonesia, kok.

Elo bisa mulai dengan brainstorming atau nyari inspirasi tentang topik yang mau dibawain dulu. Kalau udah ketemu topiknya, bisa mulai bikin outline atau isi essay secara garis besarnya, deh. 

Tapi, bagaimana cara membuat outline essay Bahasa Inggris, ya? 

Urutan outline dalam pembuatan essay Bahasa Inggris
Urutan outline dalam essay Bahasa Inggris (Arsip Zenius)

Pertama-tama, sebuah paragraf dalam essay Bahasa Inggris pastinya dibuka sama perkenalan atau introduction dulu. Tujuannya, supaya para pembaca jadi tahu isi essay yang elo bawain tentang apa.

Terus, elo juga bisa membahas topiknya secara lebih rinci di bagian body atau pembahasan. Elo bisa dukung dengan beberapa fakta serta opini di bagian pembahasan ini.

Terakhir, tutup essay dalam Bahasa Inggris elo dengan kesimpulan. Ingat ya, kesimpulan ini penting banget. Tujuannya, supaya pembaca tahu inti dari essay elo.

Gimana? Nggak susah, kan?

Baca Juga: 5 Cara Menulis Essay Supaya Menarik dan Mudah Dipahami 

Contoh Essay Bahasa Inggris

Setelah tahu urutan formatnya, elo tentu bisa jadi lebih kebayang tentang isi essay bahasa Inggris, dong? 

Tapi, gue mau ngasih tahu contoh essay bahasa Inggris, nih. Nggak susah, kok. Sebenarnya, contoh essay bahasa Inggris ini bisa elo lihat dari banyak buku.

Contohnya, buku Harry Potter. Siapa sih, yang nggak tahu Harry Potter? Nah, itu termasuk ke contoh essay dalam bahasa Inggris berbentuk teks naratif.

Terus, contoh essay dalam bahasa Inggris ini juga kayak yang gue sebutkan di awal. Yap! Cerita tentang liburan di kampung halaman.

Simpelnya, contoh essay bahasa Inggris ini bisa elo temukan di manapun, lho. Paling, tinggal elo identifikasi aja, essay-nya itu termasuk ke jenis teks yang mana. 

Nah, semoga, pembahasan gue kali ini bisa elo mengerti dengan mudah, ya. Oh iya, kalau elo merasa masih ada yang membingungkan, boleh banget cari tahu penjelasannya versi video, lho!

Yap! Materi ini ada penjelasan versi video-nya dari tutor Zenius. Kalau mau lihat, langsung klik banner di bawah ini, ya!

Pelajari materi Bahasa Inggris di video materi belajar Zenius

 Baca Juga: Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris 

Contoh Soal Essay Bahasa Inggris

Duh, nggak kerasa ya, ternyata pembahasan kita hari ini tentang essay Bahasa Inggris udah selesai juga. Eits, tunggu dulu! 

Sebelum elo cabut, gue mau ngajak elo buat main game dulu, nih. Nah, game-nya ini berupa kuis tentang soal essay Bahasa Inggris. Yap! Materi yang baru gue kasih di atas.

Elo bisa banget kerjain dua contoh soal di bawah ini supaya mengasah kemampuan, ya. Semangat! 

Contoh Soal 1

Komponen sebuah teks naratif adalah berikut ini, kecuali ….

A. tesis

B. resolusi

C. konflik

D. orientasi latar

Jawaban:

Teks naratif bertujuan untuk bercerita. Struktur umum sebuah teks naratif adalah orientasi tokoh dan latar, konflik, dan resolusi. 

Jadi, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas yaitu A.

Contoh Soal 2

Cara menemukan topik paragraf dalam essay Bahasa Inggris dengan ….

A. menemukan kalimat utama dalam paragraf

B. membaca paragraf lalu ambil frasa/klausa yang sering dibahas di paragraf itu

C. membaca paragraf sebelum dan setelah paragraf yang ditanya

D. menyederhanakan kalimat pertama dalam paragraf menjadi kalimat efektif

Jawaban:

Singkatnya, topik paragraf adalah hal yang dibahas oleh paragraf tersebut. Terus, bentuknya cukup dalam frasa atau klausa aja. Jadi, topik paragraf itu menjawab pertanyaan, “Ini ngomongin apa, sih?”.

Misalnya, elo baca paragraf yang menjelaskan mengapa kecanduan bermain video game sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang sekitar. Nah, topik paragrafnya cukup ‘kecanduan video game’.

Makanya, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas adalah B.

Baca Juga: Exposition Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11 

Kesimpulan

Nah, baru deh kali ini pembelajaran kita tentang essay Bahasa Inggris benar-benar berakhir, gengs. 

Intinya, kalau elo mau membuat essay Bahasa Inggris, coba ingat formatnya yang dimulai dari pembuatan outline untuk paragraf perkenalan, pembahasan, sampai kesimpulannya, ya!

Oh iya, selain contoh soal di atas, elo juga bisa latihan ngerjain puluhan soal try out, lho. Hayo … ada yang lagi siap-siap buat try out nggak, nih? 

Kebetulan banget, bisa sambil mengasah otak elo supaya makin terbiasa ngeliat contoh-contoh soal pas try out nanti. Penasaran, kan? Elo bisa langsung klik link di bawah ini aja, ya! GRATIS!

Latihan Try Out Bareng Zenius 

Nah, buat elo yang masih mau belajar tentang materi bahasa Inggris lainnya, nggak perlu khawatir. Zenius punya pilihan video materi bahasa Inggris yang langsung diajarin sama Sabda! Penasaran? Ini dia videonya, ya!

Reference:

Identifying Parts of an Essay – Materi UTBK Zenius

Pengertian Essay: Tujuan, Struktur, Cara Membuat dan Contoh Lengkapnya – Penerbit Deepublish (2021)

Bagikan Artikel Ini!