Teh Manis Kamis: Cintailah Produk Indonesia,Yakin? 33

Teh Manis Kamis: Cintailah Produk Indonesia,Yakin?

Teh Manis Kamis: Cintailah Produk Indonesia,Yakin? 34
Klik untuk nonton langsung Teh Manis Kamis di aplikasi Zenius!

“Eh, lo tuh kenapa deh beli skincare selalu merk-merk lokal. Emang aman?”

“Kan ‘cintailah produk-produk indonesia’ dong.”

Kita sering sekali menemukan atau bahkan berada dalam percakapan tersebut. Tapi kalian pernah kepikiran gak sih, apa yang dimaksud dengan mencintai produk-produk indonesia? kenapa kutipan “cintailah produk-produk indonesia” bisa menempel di masyarakat?

Membeli produk-produk buata negeri banyak sekali loh keuntungannya. Kak Regina akan kasih tau nih manfaat yang didapatkan kalo beli produk lokal:

Kenapa kita harus mencintai produk Indonesia?

  1. Memperluas lapangan kerja
  2. Meningkatkan pendapatan negara
  3. Mengurangi angka kemiskinan dan kejahatan
  4. Meningkatkan kualitas produksi

Dari membeli produk-produk Indonesia, kamu juga secara langsung menumbuhkan rasa nasionalis dari dalam diri kamu. Kenapa bisa begitu ya? Coba cek nih:

Mencintai Produk -> Tumbuh Kebanggaan -> Nasionalis dan Cinta Tanah Air

Nasionalisme dulu dan kini berbeda, guys. Dahulu kamu bisa menunjukkan nasionalisme dengan mengangkat senjata dan membantu negara memerdekakan Indonesia. Tapi sekarang, hanya dengan memberikan apresiasi terhadap produk lokal, kamu ikut berkontribusi untuk kemajuan Indonesia.

Lantas, apakah kita harus beli produk lokal untuk jadi nasionalis?

Tidak juga, dong! Nasionalisme tidak bisa diukur dari barang-barang yang kita punya. Nasionalisme adalah rasa yang tumbuh dari dalam diri kita. Jadi, menunjukkan nasionalisme bisa melalui berbagai cara.

Terus kalau manfaatnya banyak, kenapa orang-orang masih jarang membeli produk lokal? Hal tersebut diduga terjadi karena alasan berikut:

Kenapa orang jarang beli produk Indonesia?

  1. Gengsi
  2. Stigma kualitas produk lokal buruk
  3. Kurang terkenal
  4. Produk tidak ada

Untuk menghapuskan stereotip negatif akan produk lokal, kamu bisa mulai mengurangi pembelian produk-produk luar negeri dan mendukung produk lokal. Eits, bukan berarti kamu harus membenci produk import, ya. Seperti yang tadi Zen sebutkan, ada beberapa produk yang tidak bisa kamu temukan di Indonesia. Kebutuhan orang berbeda-beda, jadi jangan menghakimi ya guys!

Teh Manis Kamis: Cintailah Produk Indonesia,Yakin? 35

Ingin hari-hari paitmu jadi manis? Selalu ikuti Teh Manis Kamis setiap hari kamis jam 18.30 lewat aplikasi Zenius/Youtube Zenius, Gratis! Zen jamin selain seru, wawasan kamu juga akan lebih luas lagi!

Teh Manis Kamis: Cintailah Produk Indonesia,Yakin? 36