cerpen

Pengertian Cerpen, Unsur, Struktur, dan Cirinya – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Halo Sobat Zenius, kali ini pembahasan kita menarik banget nih. Mengenai Cerpen atau cerita pendek. Elo pasti suka kan baca karya sastra. Nah, kali ini yuk coba kenal lebih dekat dengan karya ini dengan mengetahui pengertian, struktur, ciri-ciri, dan unsur-unsur cerpen.

Pernahkah elo mendengar sebuah buku berjudul “Seribu Kunang-kunang di Manhattan”? Buku itu merupakan kumpulan cerpen karya Umar Kayam yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1972. Sebuah buku yang sangat menarik untuk dibaca terutama buat Sobat Zenius yang saat ini sedang mempelajari Bahasa Indonesia khususnya di materi cerita pendek.

 

Pengertian Cerpen

apa itu cerpen
Illustrasi buku cerita pendek (Dok. PxHere.com)

Cerpen (cerita pendek) atau dalam Bahasa Inggris disebut short story, dalam ensiklopedia Britannica, merupakan karangan prosa fiksi berbentuk naratif yang lebih pendek daripada novel dan biasanya hanya menceritakan sedikit tokoh.

Sedangkan dalam KBBI, cerpen diartikan sebagai kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika).

Karena pendeknya cerita, maka lahirlah ungkapan bahwa cerita pendek adalah cerita yang dapat dibaca habis dalam sekali duduk. Ya meski dalam kenyataannya bisa berbalik sih terutama kalau cerita yang disampaikan ternyata cukup berat untuk dipahami alias bikin mikir.

membaca cerpen
Illustrasi seseorang membaca cerpen (Dok. pixabay.com)
cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Unsur-unsur Dalam Cerpen

Di dalam sebuah cerita pendek, terdapat unsur-unsur yang menyusunnya. Unsur cerita pendek dapat dibagi ke dalam dua kategori yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik cerpen adalah unsur yang membangun cerita dari dalam sedangkan ekstrinsik berasal dari luar cerita tersebut. 

unsur cerpen
Illustrasi tumpukan buku cerita pendek (Dok. freepik.com)

Unsur-unsur Intrinsik Cerita Pendek

Cerita pendek memiliki beberapa unsur-unsur yang membangun cerpen disebut unsur intrinsik, antara lain: tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat.

Penjelasan lebih lanjut mengenai unsur-unsur intrinsik cerita pendek dapat dilihat sebagai berikut.

Tema

tema cerpen
Illustrasi cerita pendek bertema budaya (Dok. freepik.com)

Ada berbagai tema yang bisa dibahas dalam cerita pendek mulai dari asmara, sosial, budaya, sampai keluarga.  

Tokoh dan Penokohan

tokoh cerpen dan penokohan
Illustrasi tokoh dalam cerita pendek (Dok. freepik.com)

Dalam cerita pendek, ada tokoh yang berperan sebagai orang baik, orang jahat, atau orang yang biasa-biasa saja. Penokohan dapat dikenalkan dengan cara mendiskripsikannya atau melalui dialog yang dilakukan si tokoh dalam cerita. 

Contohnya adalah sebagai berikut: 

“Pria itu dikenal dengan nama Iqbal. Ia adalah pria yang dikenal pandai berbaur dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Dengan kemampuan tersebut, tak mengherankan bila ia memiliki banyak sekali teman.”

Latar

latar cerpen
Illustrasi latar hujan (Dok. freepik.com)

Unsur berikutnya adalah latar belakang terjadinya cerita. Selain latar tempat dan waktu kejadian, peristiwa yang sedang terjadi dalam cerita juga merupakan latar.

Misalkan nih:

“Kejadian ini sudah cukup lama terjadi. Saat itu adalah awal musim hujan yang basah.”

Alur

Berikutnya adalah alur dalam cerita pendek apakah alur yang digunakan adalah maju mundur, mundur maju, atau bahkan campuran.

Sudut Pandang

sudut pandang cerpen
Illustrasi sudut pandang cerita pendek (Dok. freepik.com)

Sudut pandang yang digunakan dalam cerita pendek juga masuk ke dalam unsur intrinsik. Sudut pandang yang digunakan bisa berupa orang pertama (aku/saya/gue), orang ketiga (dia/nama tokoh/mereka), dan bisa juga menggunakan sudut pandang orang kedua.  

Amanat

Selanjutnya adalah amanat yang terkandung dalam cerita. Misalkan cerpen yang diceritakan mengandung amanat supaya pembacanya menerapkan protokol kesehatan yang berlaku supaya penyebaran penyakit dapat dicegah. 

Unsur-unsur Ekstrinsik Cerpen

unsur ekstrinsik cerpen
Illustrasi anak-anak membaca cerita pendek (Dok. freepik.com)

Selain unsur intrinsik, cerita pendek juga memiliki unsur ekstrinsik yang mempengaruhi cerita itu sendiri. Berikut penjelasan mengenai unsur-unsur ekstrinsik cerita pendek. 

Latar Belakang Hidup Pengarang 

Latar belakang yang dimiliki si pengarang dapat mempengaruhi cerita pendek atau cerita pendek yang dihasilkannya. Misalkan kondisi psikologi penulis saat menulis, pandangan politiknya, dan lain sebagainya. Contohnya bisa elo temukan dari cerpen-cerpen karya Ahmad Tohari nih. Cerpen-cerpen beliau biasanya berlatar belakang kehidupan pedesaan di mana tempat beliau tinggal. 

Keadaan Sosial Politik Masyarakat 

Pada umumnya isi cerita pendek berpusat pada keadaan tempat tinggal yang dapat berpengaruh dalam karyanya. Misalkan kondisi perekonomian, situasi sosial politik, dan lain-lain. Contohnya adalah keadaan Indonesia pada 1998 yang bisa elo temukan di beberapa cerita pendek karya Seno Gumira Ajidarma. Keadaan Indonesia yang sedang mengalami kesusahan dan munculnya berbagai kerusuhan ditangkap oleh Seno Gumira Ajidarma dalam cerpennya yang berjudul CLARA atawa Wanita yang Diperkosa.

Lihat JugaNilai-nilai dalam Cerita Pendek dan Tips Mengkreasikannya – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Struktur Cerita Pendek

struktur cerpen
Illustrasi wanita dan buku (Dok. freepik.com)

Tak hanya memiliki unsur, cerita pendek juga mempunyai struktur pembentuknya. Berikut adalah struktur yang ada pada sebuah cerpen. 

Pengenalan Situasi Cerita

Pada bagian ini, biasanya penulis menceritakan bagaimana situasi yang sedang terjadi, memperkenalkan tokoh, dan informasi umum lainnya. 

Pengungkapan Peristiwa

Selanjutnya, penulis mulai menceritakan apa yang sedang terjadi di dalam cerita.

Menuju Pada Adanya Konflik

Lalu, konflik mulai dipaparkan di dalam cerita. Misalnya mulai dijelaskan bahwa si tokoh ternyata meskipun pintar dia memiliki kendala dalam belajar. 

Puncak Konflik Atau Klimaks

Di sini, konflik mencapai puncaknya. Misalnya si tokoh yang kesulitan belajar tadi mulai tak tahan dengan kesulitannya dan akhirnya memutuskan untuk memberanikan diri menghadapi mantan yang dibencinya. 

Penyelesaian

Di bagian penyelesaian, cerita berpusat pada ending yang bisa diisi dengan solusi atau juga penutup cerita. Misalkan si tokoh tadi setelah bertemu dengan mantannya mendapatkan rekomendasi aplikasi belajar online bernama Zenius yang bisa membantu masalah belajarnya. 

Ciri-ciri Cerpen

ciri-ciri cerpen
Illustrasi orang sedang menulis cerita pendek (Dok. PxHere.com)

Setelah mengetahui unsur dan struktur dari sebuah cerita pendek, selanjutnya elo perlu mengetahui ciri-ciri dari sebuah cerpen atau cerita pendek. Berikut adalah ciri-cirinya. 

  1. Cerita kebanyakan dibuat berdasarkan kisah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Cerita tidak mendeskripsikan tokoh cerita secara detail, tetapi tetap dapat memberikan penggambaran sifat dari tokoh tersebut. 
  3. Cerita ditulis menggunakan kata-kata sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.
  4. Cerita dibuat dengan hanya menceritakan satu kejadian atau peristiwa saja.

Contoh Cerpen dan Rekomendasinya

Pengen mulai baca cerpen tapi bingung mau baca apa? Atau mau dapet rekomendasi buku cerita pendek dari gue? Hehehe…Tenang, gue kasih saran ya. Temen-temen bisa coba baca Senja dan Cinta yang Berdarah-nya Seno Gumira Ajidarma, Cinta Tak Ada Mati karya Eka Kurniawan, atau Malam Terakhir karya Leila S. Chudori.

contoh buku cerpen bahasa indonesia
Illustrasi buku cerita pendek Cinta Tak Ada Mati karya Eka Kurniawan (Dok. digilib.ubl.ac.id)

Demikianlah materi singkat mengenai cerita pendek atau cerpen. Sekarang elo sudah dapat jelaskan unsur-unsur yang ada pada sebuah cerita pendek ketika di kelas, dong!

Buat yang suka baca cerita pendek, ada banyak sekali buku kumpulan cerita pendek lain yang bisa dibaca, lho! Masih banyak juga buku kumpulan cerpen karya penulis Indonesia yang sangat oke untuk dikoleksi.

Oh iya, kalau mau belajar lebih lanjut soal cerpen, elo bisa lanjut ke materi Bahasa Indonesia lain klik banner di bawah ini.

Pengertian Cerpen, Unsur, Struktur, dan Cirinya - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 17

Gak cuma review materi, elo bakal dikasih latihan soal biar makin ngerti. Cari tahu juga nih mengenai paket belajar Zenius Aktiva yang fitur kerennya bisa bikin elo paham mulai dari konsep dasar. Klik banner di bawah untuk info selengkapnya.

Pengertian Cerpen, Unsur, Struktur, dan Cirinya - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 18

Oke, sekian dari gue dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya yaa

Pelajari SelengkapnyaMateri Cerpen (Cerita Pendek) Kelas 9 SMP

Originally Published: August 31, 2020

Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!