Badan Geologi dan Contoh Pemanfaatan Datanya – Materi Geografi Kelas 10

Badan Geologi dan Contoh Pemanfaatan Datanya Zenius Education

Pernah nggak sih, elo ngerasain ada gempa gitu terus elo buka media sosial dan duar, banyak banget yang update status tentang gempa sekian skala Richter? Kira-kira, orang-orang dapat informasi soal seberapa keras guncangan gempanya dari mana, ya? Yup, dari badan geologi! Apa itu badan geologi dan apa tugasnya? Kita pelajari bareng, yuk!

Pengertian Badan Geologi

Kayak yang udah gue ceritain tadi tentang gempa, badan geologi adalah instansi yang bertugas untuk mengelola informasi geologi dan membagikannya ke masyarakat luas. Jadi biasanya begitu ada gempa nih, nggak lama kemudian BMKG, salah satu badan geologi di Indonesia, bakal menerbitkan kabar tentang gempanya.

Badan geologi ini perannya besar banget lho di Indonesia, apalagi mengingat letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh Lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik serta dilewati oleh Ring of Fire yang membuat Indonesia ini rentan banget sama bencana geologi.

Badan geologi berperan penting mengingat Indonesia dilewati Ring of Fire Zenius Education
Indonesia dilewati oleh Ring of Fire (Dok. Wikimedia Commons)

Tugas badan geologi adalah meneliti dan memantau perkembangan kondisi geologi di Indonesia. Data ini nantinya bisa berpengaruh ke banyak hal, termasuk jadi bahan acuan pemerintah dalam membuat suatu keputusan. Kayak gimana, tuh?

Misalnya badan geologi merilis sebuah informasi yang menunjukkan titik-titik yang rawan bencana geologi. Informasi ini nantinya bisa digunakan oleh pemerintah untuk menentukan aturan-aturan tertentu sebagai upaya mitigasi. Keren banget, kan?

Baca Juga: Materi Mitigasi Bencana – Geografi Kelas 11

Badan Geologi di Indonesia

Lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data geologi di Indonesia juga berbeda-beda, lho. Sekarang, gue bakal bahas sambil ngasih contoh pemanfaatan data geologi juga. Let’s go!

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Badan geologi: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Zenius Education
Unit Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Dok. Wikimedia Commons)

Indonesia punya sekelompok ilmuwan yang meneliti dan mengelola data-data geologi. Mereka tergabung dalam Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Tugas lembaga ini adalah untuk membuat perencanaan, menyusun kebijakan teknis, dan melakukan penelitian.

Dalam kementerian ini tuh ada beberapa unit kerja yang meliputi Sekretariat Badan Geologi, Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Pusat Air Tanah, Geologi Tata Lingkungan, dan Pusat Survei Geologi.

Hasil kerja dari kementerian ini antara lain adalah peta geologi Indonesia yang memuat kondisi geologi Indonesia, peta kawasan rawan bencana dan laporan harian kebencanaan geologi. Jadi kerjaannya nggak cuma memantau kondisi geologi jangka panjang tapi juga jangka pendek.

Baca Juga: 4 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi – Materi Geografi Kelas 10

Badan Informasi Geospasial (BIG)

Badan geologi: Badan Informasi Geospasial Zenius Education
Badan Informasi Geospasial (Dok. Wikimedia Commons)

Sesuai namanya, lembaga ini merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang kerjanya melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial Indonesia. Badan Informasi Geospasial memberikan akses bagi masyarakat terhadap informasi geospasial yang terpercaya. Elo bisa lihat informasi tersebut di website BIG, lho!

Hubungannya sama pengelolaan data geologi apa, ya?

Jadi BIG melakukan kerja sama dengan badan geologi seperti Kementerian ESDM yang gue sebut sebelumnya dalam menyediakan informasi geospasial. Gimana caranya? Nah, BIG mengeluarkan peta dasar wilayah-wilayah tertentu di Indonesia, yang nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk membuat peta-peta lain hasil pengolahan data oleh ESDM.

Makanya muncul pula istilah one map policy, di mana kalau lembaga lain mau buat peta yang memuat informasi yang berbeda-beda, peta dasarnya tetap harus pakai yang dari BIG.

Badan Informasi Geospasial juga mendorong penggunaan informasi geospasial sebagai bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil keputusan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Badan geologi: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Zenius Education
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Dok. Wikimedia Commons)

Mungkin elo lihat namanya bingung, ini kan kehutanan, kok bisa masuk ke deretan lembaga yang mengelola data geologi?

KLHK ini berkecimpung di bidang perumusan, pelaksanaan, dan pengawasan aktivitas-aktivitas di kawasan hutan dan lingkungan hidup. Misalnya di suatu daerah akan dibangun pertambangan, nah, yang mau melakukan proyek ini harus minta izin dulu ke KLHK. Harus dipastikan apakah wilayah tersebut merupakan kawasan konservasi atau bukan. Secara nggak langsung, kementerian ini juga mengelola data geologi kawasan-kawasan di Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Badan ini juga melakukan perumusan, pelaksanaan, dan pengawasan kebijakan-kebijakan dalam hal mitigasi bencana. BNPB mengelola data geologi berbagai tempat di Indonesia untuk mempelajari, kira-kira tiap daerah itu resiko bencananya apa saja dan seberapa besar.

Kalau udah punya data soal itu, BNPB jadi bisa siap-siap nih kalau misalnya ada bencana harus berbuat apa, atau gimana cara mencegahnya. Jadi, bisa meminimalisir akibat dari terjadinya bencana.

Badan Meteorologi, Klmiatologi, dan Geofisika (BMKG)

Nah, ini lembaga yang gue sebutkan di awal tadi dan mungkin yang paling sering elo denger juga, BMKG! Sama seperti lembaga lainnya, BMKG pun merumuskan, melaksanakan, dan mengawasi berbagai kebijakan terkait meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Biasanya BMKG nih yang paling update kalau ada gempa dan prediksi cuaca di website atau kalau gue pribadi seringnya lihat di Twitter. Mereka mengkaji potensi dan mendeteksi lokasi gempa ada di mana, terus disebar deh lewat platform-platform mereka.

Baca Juga: Mengenal Gempa Megathrust, Gempa Bumi Terkuat di Dunia

Penutup dan Contoh Soal

Oke deh, sekarang pasti elo udah paham apa itu badan geologi, tugasnya, dan lembaga geologi di Indonesia ada apa aja. Gue kepo deh, ada yang cita-citanya kerja di badan geologi nggak? Kalau ada, coba comment di bawah, ya!

Elo bisa nonton video materi badan geologi dengan klik banner berikut ini.

Badan Geologi dan Contoh Pemanfaatan Datanya - Materi Geografi Kelas 10 9

Oh iya, gue udah siapkan satu soal buat review nih, coba jawab, ya!

Perhatikan nama lembaga berikut:

1. BMKG
2. DISHIDROS
3. BIG
4. Badan Geologi
5. DITTOPAD

Lembaga yang memiliki fungsi memberikan informasi tentang bencana geologi seperti gempa dan tsunami ditunjukkan pada nomor ….

a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 5
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5

Jawaban: c. Di Indonesia ada beberapa lembaga yang bertugas untuk mengelola informasi geologi dan membagikannya ke masyarakat, antara lain BMKG, BIG, dan badan geologi yang ada di bawah naungan ESDM. PUSHIDROSAL dan DITTOPAD tidak menyediakan informasi geologi Indonesia.

Sekian dulu untuk artikel kali ini. Jumpa lagi di artikel lainnya, ya!

Bagikan Artikel Ini!