Panduan Belajar SBMPTN Sejarah

Pada artikel ini, Zenius mengupas persiapan belajar menghadapi SBMPTN Sejarah. Ada tips belajar menghadapi soal HOTS, bedah topik materi, dan latihan soal yang bervariasi.

Halo rekan-rekan muda nan imut-imut sekalian! Gimana suasana hati? Beres? Makin deg-degan ga menjelang SBMPTN? Yaah.. Berbahagialah jika elo-elo semua makin deg-degan, karena deg-degan itu pertanda elo niat banget jadi anak kuliahan di tempat yang elo suka. Nah, pada kesempatan kali ini gua mau berbagi tips untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, khususnya pelajaran Sejarah.

Okay, sekarang kalo gua tanya biasanya apa sih kendala utama dalam persiapan belajar SBMPTN Sejarah?

“Gue bingung dah mulai dari mana belajarnya. Timeline sejarah itu kan panjang bingit. Beneran harus gue jajalin semua satu per satu semua bab? Emang sempet gitu?”

Yep, tepat sekali. Buang deh jauh-jauh pemikiran kalo lo bakal bisa jawab semua soal Sejarah dengan lancar dan benar. Hehehe.. Ini bukannya sok-sokan nganggep sejarah susah atau mau sok-sokan nakut-nakutin elo. Tapi gini, coba deh bayangin: Subjek pelajaran sekolah di SMA kan rentang waktunya bisa nyampe 5000 tahun tuh, bahkan jika ditambah yang pra-sejarah, bisa ratusan ribu atau malah jutaan tahun! Dari linimasa yang segitu panjangnya, di SBMPTN cuma muncul 15 soal. Apakah lo yakin, bisa jawab dengan lancar 15 soal dengan bahan materi sejarah ribuan tahun?

Dalam hal ini, mungkin target ngerjain 15 nomor bener semua dalam SBMPTN adalah target yang rada gak realistis, tapi bukan berarti lo harus pesimis yah. Justru dengan mengetahui battlefield begini, lo harus bisa nentuin yang namanya PRIORITAS! Naah, melalui tulisan ini gue akan bantuin elo-elo pada buat menyusun prioritas dan fokus dalam belajar Sejarah SBMPTN. Melalui artikel ini, gua akan bantu lo mengenal battlefield Sejarah lebih detil dan ngasih sedikit tips yang membuat lo enak belajar Sejarah.

 

Persebaran soal-soal SBMPTN Sejarah selama 6 tahun terakhir

Sebelum masuk ke trik-trik canggih cara jawab soal Sejarah, gue pingin ngasi tau informasi tentang persebaran soal-soal Sejarah dari mulai SNMPTN 2012 – SBMPTN 2018. Gunanya apa? Ya itu tadi, biar lo tau lo bisa fokus ke bab mana belajar sejarahnya. Biar lo tau, lo harus mantepinnya di bagian mana. Buat lebih lengkapnya, lo bisa liat diagram di bawah ini:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Orde Baru dan Reformasi30032311
Politik Etis dan Pergerakan nasional1122118
Kerajaan Islam2220118
Kependudukan Jepang0420107
Kerajaan Hindu-Buddha1112117
Demokrasi Liberal1120206
Renaisans dan Revolusi1011216
Peradaban Kuno1111116
Revolusi Kemerdekaan Indonesia1011025
Perubahan Politik Dunia 1970 - 19991300105
Prasejarah1011115
PD I dan II0112004
Metode dan Ilmu Sejarah1001114
Kependudukan Belanda - VOC0100113
Organisasi Internasional1000012
Demokrasi Terpimpin0001001
Perang Dingin0000011
Kependudukan Belanda - Hindia Belanda0010001
Nasionalisme di Asia dan Dunia0000000

Intinya, dari sekian ribu tahun yang gue kemukakan di atas, lebih dari 50% soal SBMPTN Sejarah materinya tentang:

Jadi, yaah praktisnya lo bisa fokus mengalokasikan waktu lo untuk mempelajari materi yang gua sebutin di atas. Sementara, sisa waktu belajar bisa lo manfaatin buat ngejar bab-bab lain yang persentasenya di bawah bab utama yang gue bilang barusan. Itulah yang gua maksud dengan yang namanya nentuin PRIORITAS!

Oke, buat lo yang mungkin bingung nyari bahan materi untuk belajar SBMPTN Sejarah, untungnya zenius.net udah menyediakan semua pembahasan topik materi SBMPTN Sejarah, coba deh cek di link berikut ini.

Nah, sekarang yuk kita coba ambil satu soal dari SBMPTN Sejarah 2014 kemarin tentang Kemerdekaan. Ayo coba dites pemahaman sejarah lo udah siap belum.

kemerdekaan
Sejarah SBMPTN 2014, soal nomor 10

Gimana? Bisa? Lo bisa lihat pembahasannya di video di bawah ini.

Apakah strategi ini aman? Gue ngga bisa menjamin strategi ini bisa mengamankan nilai Sejarah SBMPTN lo, tapi gue duga statistik beberapa tahun terakhir ini trennya ngga berubah. Tapiii.. Kalo emang lo ngerasa ngga aman belajar kaya gitu, ya bagus berarti. Mempelajari sebuah subjek secara menyeluruh sampe memahami fondasi dasarnya emang penting, ga terkecuali buat belajar Sejarah. Karena efeknya, tentu aja bukan hanya positif buat nilai SBMPTN lo, tapi yakin deh, lo bisa tergila-gila mantengin cerita sejarah. Nah, dari sini, gue akan masuk ngasih lo tips buat ngebantu lo merasa asik mempelajari sejarah.

Mengenai tips belajar sejarah di zenius.net, ada baiknya juga kalo lo buka-buka lagi video-video yang untuk SMA dari kelas X sampe XII. Karena mungkin banget ada detil-detil yang bisa memperkaya pemahaman lo sama materi.

 

Gimana sih biar bisa belajar Sejarah yang enak?

Sebelumnya, gue pernah nulis tentang cara belajar sejarah yang asik di sini. Kemudian, Marcel juga pernah nulis artikel tentang apa sih pentingnya belajar sejarah? Gue saranin lo baca 2 artikel itu dulu karena penting banget buat mengubah mindset lo dalam belajar sejarah, dari yang sinis sampe benci sama pelajaran Sejarah, jadi keasikan sendiri untuk terus ngulik subjek ini.

Nah, selain rekomendasi 2 artikel di atas tadi, berikut adalah beberapa tips supaya lo bisa belajar Sejarah dengan lebih enjoy:

1. Pastiin lo liat foto atau gambar dari orang-orang yang disebutin di materi

Kayak misalnya Sukarno, Sudirman, Van Den Bosch, Raffles, gitu-gitu. Kenapa emangnya? Ya coba deh bayangin kalo bisa ngevisualisasiin adegan ketika tokoh-tokoh itu mencetak sejarah. Bakal lebih gampang ga sih? Lo ngebayangin pas Sukarno lagi ditangkep ke Rengasdengklok rame-rame sama geng pemuda. Lo ngebayangin pas Raffles lagi dapet perintah dari Lord Minto dari India untuk merintah Hindia Timur (Indonesia). Keren kan! Serasa nonton film, tapi ini semua cuma ada di otak lo.

2. Biasakan belajar dengan timeline yang terstruktur

Usahakan lo belajar dengan memahami linimasa atau timeline sejarahnya, jadi lebih gampang kebayang sama lo. Jangan sampai lo bingung mana yang lebih dulu, zaman kerajaan Islam atau Hindu Buddha, zaman kedatangan VOC dengan Kerajaan Islam, Era Pergerakan Nasional dengan Perang Dingin, dll. Dengan lo membuat timeline sejarah yang terstruktur, pemahaman lo tentang runutan sebab-akibat dalam sejarah juga akan jauh lebih kebayang dan semuanya jadi masuk akal.

3. Latihan soal terus menerus

Saran yang terakhir emang paling standar nih ya. Tapi, emang ngga terelakkan lagi, supaya tau medan pertempuran, lo harus sering latihan soal dan langsung lo evaluasi sendiri hasilnya. Untungnya, di zenius.net udah disediakan semua latihan soal untuk persiapan SBMPTN Sejarah, berikut link-nya :

Selain latihan soal per bab di atas, lo juga bisa lihat pembahasan soal-soal SBMPTN Sejarah dari tahun 1998-2017. Lo juga bisa donlot PDF soalnya dengan mengklik tombol “Download Soal” pada link soal tadi.

****

Singkat kata singkat cerita, begitulah kira-kira tips yang bisa gue kasih ke elo-elo semua nan manis dan imut. Mudah-mudahan bisa mempermudah lo untuk persiapan SBMPTN Sejarahnya. Sukses SBMPTN-nya! HIDUP MAHASISWA!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Faisal tentang persiapan SBMPTN Sejarah, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Buat lo yang mau fokusin belajar SBMPTN Sejarah, berikut ini adalah beberapa link yang hukumnya wajib banget lo intip:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.