6 Fakta Menarik Tentang Ayam

Artikel ini akan membahas tentang berbagai fakta menarik tentang ayam yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Hi, guys! Siapa yang suka makan ayam? Eh, daging ayam ya maksudnya, bukan ayam mentah. Hihihi. Kalau kita lihat produk olahan ayam, seperti nugget, fried chicken, ayam geprek, dan sate ayam, pasti mereka terlihat melambai-lambai ingin di makan. Hmmm… seketika itu juga perut ikut meronta-ronta ingin diisi.

Ngomong-ngomong tentang ayam, sepertinya ada banyak fakta menarik tentang ayam yang belum banyak orang ketahui nih, guys. Kira-kira apa aja sih yang menarik dari ayam? Yuk, kita cari tau bareng-bareng!

1. Jengger Bisa Memprediksi Tingkat Kesuburan pada Ayam

fakta menarik tentang ayam
Jengger ayam (sumber gambar: unsplash.com/awesome)

Kamu tau jengger gak, guys? Itu lho, yang biasanya berwarna merah dan berbentuk sisir di atas kepala ayam. Nah, jengger tersebut ternyata bisa untuk memprediksi tingkat kesuburan ayam lho. Percaya gak? Para ilmuwan juga udah melakukan penelitian terkait hal tersebut, dan hasilnya memang memberikan respon positif. Seperti yang dilansir dari jurnal Behavioral Ecology oleh Kristen J. Navara dan teman-temannya, bahwa semakin lebar jengger ayam pejantan, maka kualitas spermanya semakin tinggi. Begitu pula pada jengger ayam betina, semakin lebar jenggernya, makan akan semakin banyak ia dalam memproduksi telur.

2. Ayam Termasuk Hewan Tetrachromat

Wah, apa itu tetrachromat? Tetrachromat adalah organisme yang memiliki kemampuan tetrachromacy atau tetrakromatik, yaitu kondisi dimana ia bisa melihat 4 tipe reseptor warna di mata, yaitu merah, biru, hijau, dan sinar ultraviolet (UV-A). Berbeda dengan manusia yang hanya bisa melihat 3 tipe reseptor warna (trikromatik), dimana manusia tidak bisa mendeteksi sinar UV.

Keren banget! Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh N.S Hart, keempat jenis reseptor warna tersebut masing-masingnya diselimuti oleh butiran minyak yang berperan sebagai filter dan penyerap cahaya dengan panjang gelombang tertentu, sehingga mata ayam akan tetap terlindung dari efek sinar UV.

3. Tidak Bisa Merasakan Manis dan Sangat Peka Terhadap Rasa Pahit

Siapa yang suka makanan atau minuman manis? Sayang sekali, ternyata ayam tidak bisa merasakan nikmatnya rasa manis, lho. Menurut penelitian yang Hong-Xiang Liu, dalam Journal Nutrition Food Science, ayam hanya memiliki sedikit reseptor rasa, yang di mana ia hanya mampu mendeteksi empat rasa: asam, umami/gurih, asin, dan pahit. Gak seperti kita yang memiliki lima reseptor rasa, yaitu pahit, manis, asin, asam, dan umami.

4. Ayam Hanya Bertelur Sebanyak 1 Butir per Hari

Fakta menarik tentang ayam selanjutnya yaitu ayam hanya bisa memproduksi telur sebanyak 1 ekor setiap harinya. Oh iya? Wah, banyak yang mengira ayam akan langsung bertelur banyak setiap harinya. Tidak, guys. Telur yang kamu sering makan itu ternyata membutuhkan perjuangan yang tidak mudah lho.

fakta menarik tentang ayam pada sistem reproduksi unggas
Organ sistem reproduksi ayam betina (sumber gambar: www2.ca.uky.edu)

Menurut Kurtini, seorang penulis buku Produksi Ternak Unggas, proses pembentukan telur ayam akan membutuhkan waktu sekitar 25-26 jam. Hal itu karena proses pada masing-masing organ reproduksinya membutuhkan waktu yang berbeda-beda, guys. Dilansir juga dari penelitian University of Kentucky, setelah ovum dilepaskan dari ovarium, maka akan ditangkap oleh infundibulum, nah di sini dibutuhkan waktu selama 15-18 menit untuk selanjutnya disalurkan ke magnum. Di magnum, putih telur akan disekresikan, dan waktunya sekitar 3 jam. Selanjutnya, masuk ke bagian isthmus untuk pembungkusan membran sel, waktu yang dibutuhkan sekitar 75 menit. Setelah membran sel terbentuk, selanjutnya telur masuk ke uterus untuk pembentukan kerabang, nah di sini lah waktu terlama, yaitu sekitar 20-21 jam. Setelah itu, telur masuk ke vagina dan dikeluarkan oleh kloaka. Panjang banget ‘kan, guys? Nah, nanti kalau kamu mau makan telur, pikirkan lagi perjuangan ayam untuk menghasilkan 1 butir telur tersebut ya, jadi jangan sampai gak kamu habiskan. Kasihan ‘kan ayamnya. Hihihi.

5. Ayam Betina Akan Tetap Bertelur Tanpa Dibuahi Pejantan

Eitssss… jangan kaget, guys. Fakta menarik tentang ayam yang satu ini memang masih banyak orang yang salah persepsi. Mereka berpikir bahwa ayam akan bertelur kalau dibuahi oleh pejantannya. Padahal gak perlu, guys. Karena, ayam akan tetap bertelur meskipun tanpa dibuahi. Bedanya hanya terletak pada jenisnya, kalau ayam yang tidak dibuahi oleh pejantan maka akan menjadi telur infertil (telur konsumsi), sedangkan telur yang dibuahi oleh pejantan akan menjadi telur steril yang bisa menetaskan ayam lagi.

Sekarang udah tau ‘kan, jadi jangan sampai salah kaprah lagi ya, guys.

6. Ayam Termasuk Hewan yang Cerdas

Banyak orang berpendapat bahwa ayam termasuk hewan yang bodoh, karena tingkah lakunya. Ternyata benar apa kata pepatah, “jangan menilai buku dari sampulnya”. Pasalnya, ayam merupakan hewan yang cerdas, guys. Pertama, dilansir dari National Geographic, ayam bisa mengenali banyak wajah hewan lain, bahkan manusia (khususnya yang memiliki wajah simetris)! Mereka mengingat pengalaman baik dan buruknya dengan wajah yang mereka kenali, dan tentu saja mereka akan menyebarkannya ke kawanannya.

Kedua, dilansir dari Science oleh J. Brown Grier, bahwa anak ayam di dalam telur akan mendengar suara setelah hari ke-12 sampai 14 pada masa inkubasi. Induk ayam akan memberikan suara khas saat berbicara dengan telurnya. Hal itu dapat membantu mempercepat perkembangan otak prenatal pada anak ayam lho, guys. Nah, nanti saat anak ayam tersebut lahir, maka mereka akan secara naluriah bergerak menuju sumber suara yang didengar saat berada dalam telur. Keren!

Ternyata ayam sekeren itu! Dari semua fakta menarik tentang ayam di atas, mana fakta yang baru banget kamu tau, guys? Sekarang, apa pendapatmu tentang fakta-fakta ayam di atas? Diskusi di kolom komentar, yuk! Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat pengetahuanmu terhadap hewan-hewan di sekitar, khususnya ayam semakin luas ya. Have a nice day, guys!

Baca Juga Artikel Lainnya

7 Fakta Menarik Tentang Sapi

Kenapa Warna Telur Berbeda-beda?

Berkenalan dengan Hewan Hasil Persilangan, Yuk!