10 Film Biografi Sejarah yang Keren Banget

Artikel ini berisi 10 rekomendasi film biografi sejarah yang akan membuka cakrawala baru terhadap pengetahuan & pemahaman kamu tentang sejarah dunia.

Film adalah salah satu sarana yang praktis untuk menerima informasi. Kita tinggal duduk manis tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, sebuah film dapat memberikan kita informasi yang cukup padat dalam waktu yang relatif singkat. (ya setidaknya lebih singkat daripada baca buku, hehe…) Namun sayangnya, bentuk kepraktisan yang ditawarkan media film ini belum banyak dimanfaatkan menjadi sarana untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Kita lihat saja tema-tema dari film yang tayang di bioskop belakangan ini, kalau bukan film superhero, horor, action,, pasti film bertema cinta-cintaan. Sementara kalau di rumah buka channel tv, tayangannya kebanyakan sinetron, komedi situasi, reality show, atau talkshow gosip. Gua bisa katakan 90% tayangan yang kita terima dari bioskop dan televisi hanya bersifat sebagai hiburan.

Maksudnya bukan berarti hiburan itu tidak penting, tapi porsinya perlu disesuaikan. Coba bayangkan jika kita mengalihkan setengah waktu yang terbuang pada tayangan-tayangan hiburan, untuk memperluas wawasan serta pemahaman kita terhadap sejarah dan ilmu pengetahuan. Berapa banyak pengetahuan lo bisa bertambah dalam waktu sebulan? Jangankan sebulan, dalam waktu seminggu aja lo punya wawasan pengetahuan yang jauh lebih luas, jika saja lo bersedia menyisihkan waktu 1-2 jam sehari untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Nah pada kesempatan kali ini, gua mau berbagi 10 rekomendasi film bertema biografi-sejarah yang menurut gua bisa jadi batu lompatan awal bagi lo untuk membuka banyak wawasan baru, terutama tentang kehidupan tokoh-tokoh penting serta peristiwa-peristiwa kunci dalam sejarah dunia modern. Rekomendasi film biografi di bawah ini akan mengulas banyak penting dari berbagai belahan dunia, dimana latar belakang peristiwanya juga banyak menjadi momentum besar dalam sejarah dunia modern. Yuk kita lihat apa aja rekomendasi film dari gue:

1. Mandela: Long Walk to Freedom (2013)

Gua masih inget ketika Nelson Mandela (1918-2013) meninggal dunia tahun 2013 lalu, seluruh dunia berduka cita sangat dalam. Jutaan orang di Afrika Selatan turun ke jalan, menangis, mengirim karangan bunga, dan menyalakan lilin di tengah ibukota Afrika Selatan, Johannesburg. Tidak kurang dari 100 pemimpin negara besar dari seluruh dunia meluangkan waktunya untuk menghadiri acara pemakaman dari Nelson Mandela. Rasanya belum pernah terjadi dalam sejarah dunia, ada kematian seorang individu yang berhasil mendatangkan ratusan pemimpin dunia secara langsung dan serentak, dari level presiden, perdana menteri, hingga ratu dan raja.

Namun di tengah trending Twitter worldwide yang dipenuhi ucapakan dukacita, response dari netizen Twitter Indonesia dipenuhi oleh satu keyword yang sangat memilukan:

“Siapa sih Nelson Mandela?”

Nah, bagi siapapun yang selama ini belum pernah mengenal tokoh Mandela, gua sangat menyarankan untuk menonton film ini:

Sebagai gambaran singkat saja, pada awal abad 20 di Afrika Selatan diberlakukan kebijakan apartheid, yaitu segregasi ras dan diskriminasi terhadap manusia kulit berwarna. Artinya, warga kulit berwarna (sebagian besar warga berkulit hitam) mendapatkan hak dan perlakuan hukum yang tidak adil dengan warga kulit putih. Dari mulai fasilitas umum, kebijakan publik, hak berpolitik, sampai rumah sakit sekalipun dibedakan antara warga kulit putih dengan warga kulit berwarna.

Dalam hal ini, Mandela adalah simbol perlawanan masyarakat untuk menumbangkan sistem apartheid di Afrika Selatan dan juga segala bentuk diskriminasi ras di seluruh dunia. Perjuangan Mandela ini menjadi tontonan sekaligus menuai simpati dari seluruh dunia selama puluhan tahun. Puncaknya adalah ketika Mandela pada tahun 1994 (umur 76 tahun) dinobatkan menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan, setelah sebelumnya diasingkan dalam pemenjaraan selama 27 tahun di negaranya sendiri! Nah, semoga dengan rekomendasi film ini, tidak ada lagi kaum intelektual muda Indonesia yang tidak tahu siapa itu Nelson Mandela.

 

2. Seven Years in Tibet (1997)

Film biografi tentang Heinrich Harrer (1912-2006). Seorang pendaki gunung, penjelajah, dan petualang legendaris asal Austria. Film ini mengisahkan bagaimana Harrer terjebak selama 7 tahun di dataran Tibet, setelah sebelumnya ia ditangkap atas tuduhan keanggotaan Nazi saat menjalani ekspedisi Himalaya.

Selama 7 tahun di Tibet ini, Harrer mengalami banyak hal luar biasa yang mengubah hidupnya. Mulai dari upaya pelarian sebagai tawanan perang, menyusuri perbatasan himalaya dengan perbekalan seadanya, hingga bertemu langsung dengan Dalai Lama ke-14 yang saat itu masih remaja dan menjadi tutor pribadi dari sang pemimpin spiritual tertinggi Tibet di Istana Polasa, Lhasa. Seru banget kan? Sekali lagi, ini bukan cerita fiksi tapi beneran kisah nyata.

Selain cerita petualangannya seru, film yang diangkat dari kisah nyata petualangan Harrer ini juga akan membuat lo banyak berpikir dari “kacamata” budaya yang amat berbeda dengan masyarakat modern pada umumnya. Penasaran gimana filmnya? Coba deh lo tengok cuplikan trailernya di bawah ini:

 

3. Che (2008)

Ada nggak di antara kamu yang belum pernah melihat siluet wajah orang ini?

Siluet wajah orang ini buanyaak banget menghiasi kaos, pin, topi, mural, street-art, bahkan mungkin gambar siluet wajah orang inilah yang paling banyak dijadikan tattoo permanen, termasuk oleh Diego Maradona dan Mike Tyson.

Che Guevara (1928-1967) telah menjadi simbol revolusi, simbol pemberontakan terhadap kediktatoran, simbol “si rebel” bagi banyak orang, termasuk banyak pemuda Indonesia. Tapi terlepas dari itu, berapa banyak sih di antara orang yang pakai kaos Che itu tau, siapa sebenarnya Che Guevara? Bagaimana kisah hidupnya dan apa yang dia perjuangkan? Berapa banyak pemuda Indonesia yang tahu bahwa sebetulnya Che tidak punya latar belakang militer sama sekali, tapi justru adalah seorang dokter? Berapa banyak pemuda Indonesia yang tau bahwa bahwa sosok Che yang begitu terkenal merevolusi pemerintahan Kuba sebenarnya dia bukanlah orang Kuba, tapi justru adalah seorang warga Argentina?

Nah, pada kesempatan kali ini, gua ingin mengajak lo untuk memahami cerita dibalik sosok siluet wajah yang begitu fenomenal, sekaligus icon abadi dari gerakan revolusi. Jangan sampai kita hanya ikut-ikutan tren biar terlihat “rebel“, tapi sebetulnya kita tidak tau siapa itu sosok Che Guevara.

 

4. Lincoln (2012)

Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang tokoh besar dalam sejarah negara Amerika Serikat, yang perjuangannya tidak hanya berarti bagi masyarakat Amerika saja, tapi juga bagi peradaban umat manusia secara luas. Abraham Lincoln (1809-1865) adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat yang memperjuangkan sebuah ide gila pada masanya, yaitu penghapusan sistem perbudakan di seluruh negara bagian Amerika Serikat. 

Bagi banyak lapisan masyarakat Amerika yang konservatif pada masa itu, menghapus sistem perbudakan adalah keputusan yang akan sangat merugikan para tuan tanah dan pebisnis yang memiliki ratusan bahkan ribuan budak. Akhirnya opini publik terpecah hingga banyak masyarakat yang tidak setuju akan penghapusan sistem perbudakan membentuk aliansi di bawah nama Confederate States (Negara bagian Konfederasi) dan melakukan pemberontakan kepada negara di bawah kepemimpinan seorang politikus pro-perbudakan Jefferson Davis.

Pada masa inilah, Abraham Lincoln berjuang untuk memenangkan opini publik, sekaligus menumpas pemberontakan yang didasari kepentingan sebagian tuan tanah yang tidak mau kehilangan para budak-budak keturunan Afrika dan Native American, termasuk Jefferson Davis itu sendiri yang memiliki ratusan budak di bisnis perkebunan kapas miliknya. Buat lo yang penasaran gimana serunya film ini, bisa nonton cuplikan trailernya di bawah ini:

Singkat cerita, pemerintah AS di bawah Presiden Lincoln berhasil mempersatukan masyarakat pro-pembebasan budak, termasuk para mantan budak dari berbagai macam suku dan ras, seperti Afro-American, Native-American, Asian-American, dan Pacific-Islanders (American Colored Troops) akhirnya bersatu bahu-membahu membela pemerintah Amerika di bawah cita-cita bersama menghapuskan sistem perbudakan.

Momentum kemenangan pemerintah AS di bawah kepemimpinan Lincoln atas pemberontakan ini menjadi momentum yang amat penting bagi perjuangan atas kesetaraan hak asasi manusia di berbagai belahan dunia.

 

5. Last Emperor (1987)

Penasaran gimana sih akhir dari sebuah kekaisaran yang sempat menjadi pusat kebudayaan terbesar sekaligus salah satu peradaban yang paling tua di dunia? Lo harus tonton film Last Emperor yang menceritakan kisah kehidupan nyata dari Kaisar terakhir Tiongkok, yaitu Kaisar Pu Yi (1906-1967) dari Dinasti Qing. Film ini menceritakan bagaimana transisi kebudayaan Tiongkok dari era kekaisaran yang telah bertahan selama lebih dari 3.000 tahun, hingga akhirnya harus runtuh dan berubah bentuk menjadi Negara Republik Tiongkok yang kita kenal sekarang ini. Supaya lebih kebayang, coba deh tonton cuplikan trailernya di bawah ini:

Unik banget ya trailernya? Film ini akan membawa lo pada momen-momen sejarah yang sangat krusial bagi masyarakat Tiongkok. Khususnya pada masa revolusi Tiongkok sedang panas bergejolak, dimana budaya tradisional kerajaan makin hari makin melemah, hingga akhirnya ditelan oleh budaya modern. Nah, untuk bisa memahami latar belakang sejarah dari film ini lebih baik, gua sangat menyarankan sebelum lo nonton filmnya, lo baca dulu artikel Zenius yang mengulas tentang Bagaimana Sikap Anti-Asing Menghancurkan Kekaisaran Tiongkok.

 

6. Gandhi (1982)

Sebuah film tentang perjalanan hidup salah satu tokoh paling penting di abad 20. Mahatma Gandhi (1869-1948) adalah seorang Bapak Bangsa India, seorang perintis gerakan anti-imperialisme & anti-kolonialisme di Afrika Selatan dan India. Sekaligus seorang icon gerakan perdamaian abad 20 yang telah banyak menginspirasi tokoh-tokoh penting di berbagai belahan dunia lain dalam memperjuangkan kemerdekaan negaranya.

Film ini menceritakan perjuangan hidup Gandhi untuk melawan penjajahan dengan prinsip anti-kekerasan. Dari perjuangan diplomasi Gandhi di Afrika Selatan, kemudian perjuangan panjang memerdekakan India, hingga berbagai hal nekat yang ia lakukan untuk menghentikan perang saudara antara warga Muslim dan Hindu. Selama hidupnya Gandhi melakukan sumpah puasa untuk menghentikan bentrokan sipil sebanyak 17 kali, dipenjara oleh pemerintah kolonial sebanyak 12 kali, sampai akhirnya ditembak di depan umum pada jarak dekat oleh karena Gandhi dinilai terlalu membela umat Muslim di India maupun Pakistan.

Sebagai tambahan, beberapa tahun yang lalu gua pernah menulis ringkasan tentang Gandhi pada artikel Gandhi: Bapak Anti-Kekerasan yang Menginspirasi Dunia. Semoga bisa menjadi tambahan referensi untuk memahami tokoh Gandhi dan juga latar belakang sejarah politik di India pada periode tersebut.

 

7. The Pianist (2002)

Film yang diangkat dari kisah nyata seorang pianis legendaris Polandia sekaligus holocaust survivor yang berhasil bertahan hidup bernama Wladyslaw Szpilman (1911-2000). Dari film ini, kita diajak untuk ikut merasakan, bahkan menjalani secara tidak langsung bagaimana situasi perang dunia 2 di Eropa, khususnya ketika Jerman (NAZI), dan beberapa negara lainnya menyerang Polandia.

Film ini telah memenangkan 3 penghargaan Academy Award, masing-masing untuk kategori best director, best actor, & best screen writing. Bagi lo yang penasaran mau melihat bagaimana kondisi Perang Dunia 2 dari kacamata masyarakat sipil yang berusaha bertahan hidup, gua sangat merekomendasikan untuk nonton film ini. Nah, bagi yang ingin lebih paham tentang latar belakang sejarah film ini, sebelumnya bisa baca dulu artikel Zenius Blog yang mengulas tentang Biografi Hitler, Sosok yang Memicu Perang Dunia 2.

 

8. Einstein & Eddington (2008)

Film ini menceritakan tentang hubungan unik antar 2 orang ilmuwan besar yang berasal dari 2 negara yang sedang dilanda oleh konflik perang, yaitu Albert Einstein (1879-1955) sebagai ilmuwan Jerman & Sir Arthur Eddington (1882-1944) sebagai ilmuwan Inggris.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa teori Relativitas Einstein adalah sebuah terobosan luar biasa dalam fisika modern yang menjadi dasar yang sangat fundamental terhadap pemahaman kita tentang bagaimana alam semesta ini bekerja. Namun demikian, proses penemuan ini rupanya menyeret drama yang sangat besar. Tidak hanya di kalangan ilmuwan, tapi juga menyangkut politik dan perang antar negara.

Tentu tidak mudah bagi 2 orang ilmuwan yang berasal dari negara yang sedang berperang, untuk bekerja sama merumuskan teori fisika baru. Terutama bagi Eddington yang harus memikul beban moral untuk mengoreksi teori fisika sebelumnya yang dirumuskan oleh Isaac Newton, ilmuwan terbesar sepanjang sejarah yang merupakan kebanggaan negara Inggris.

Dalam film ini, kita bisa menyaksikan bahwa science tidak mengenal politik, science tidak mengenal perang. Terlepas yang mengungkapkan kebenaran itu adalah lawan politik atau musuh negara sekalipun, di kacamata ilmu pengetahuan, kebenaran adalah kebenaran.

 

9. Selma (2015)

Ada begitu banyak pidato yang pernah menggemparkan seluruh dunia. Tapi dari sekian banyak pidato yang telah menginpirasi banyak orang, tidak ada yang lebih terkenal daripada pidato berjudul “I Have a Dream” yang dibacakan oleh Martin Luther King Jr. (1929-1968) pada tahun 1963 di Lincoln Memorial, Washington D.C. Berikut adalah salah satu kutipan pidatonya yang sangat terkenal:

… I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of their character.

Ada yang belum pernah dengar sama sekali tentang Martin Luther King Jr dan pidatonya yang begitu fenomenal? Berarti lo harus tonton kisah perjuangan dari Martin Luther King Jr. di film berikut ini:

 

10. The Imitation Game (2014)

Film ini mengisahkan kehidupan dari seorang Bapak computer science sekaligus pahlawan Perang Dunia yang identitasnya sempat disamarkan oleh pemerintah Inggris selama puluhan tahun karena peran rahasianya saat menjadi intel perang dunia.

Alan Turing (1912-1954) adalah seorang jenius yang telah berjasa luar biasa besar bagi peradaban kita sekarang. Tanpa kontribusi dia, komputer modern maupun smartphone yang kita nikmati mungkin tidak pernah ada. Tanpa peran Alan Turing sebagai intel dalam Perang Dunia 2, peta dunia saat ini mungkin tidak akan terbentuk seperti sekarang ini karena Nazi memenangkan Perang Dunia II melawan Sekutu. Penasaran siapa sebenarnya tokoh yang satu ini? Tonton deh cuplikan trailer berikut ini:

Film ini menceritakan moment ketika Turing ditugaskan oleh pemerintah Inggris untuk memecahkan kode dari mesin Enigma yang dipakai oleh Nazi Jerman untuk mengirim pesan militer rahasia. Dengan memecahkan kode dari mesin Enigma, pihak Inggris (Alan Turing, dan kawan-kawan) dapat mengetahui setiap pergerakan militer Jerman secara diam-diam sehingga dapat membantu secara signifikan strategi militer Sekutu untuk memenangkan Perang Dunia II.

Bagi lo yang penasaran bagaimana cara kerja Turing dalam memecahkan mesin Enigma, Zenius Blog pernah mengulas mekanisme kode, sandi, dan cara pemecahannya pada artikel berikut ini.

*****

Oke demikianlah 10 film biografi berlatar belakang sejarah yang gua rekomendasikan. Moga-moga film-film ini, bisa menjadi langkah awal yang menarik bagi lo untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang tokoh-tokoh penting di berbagai belahan dunia, dan juga sekaligus membuka cakrawala baru dalam melihat latar belakang budaya dan sejarah dunia.

Sebetulnya masih banyak film bagus lainnya yang mau gua rekomendasikan, tapi biarlah gua simpan untuk topik rekomendasi berikutnya saja. Terlepas dari itu, perlu gua akui bahwa pilihan film ini tidak terlepas juga dari subyektivitas gue maupun crew tim yang membuat film tersebut. Jadi gua harap lo jangan langsung telen mentah-mentah seluruh informasi dalam film di atas sebagai sebuah kebenaran mutlak. Selalu crosscheck ulang, selalu skeptis, dan selalu mencari tau lebih jauh. Semoga rekomendasi dari gua bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya!

PS. Bagi lo yang punya rekomendasi film dengan topik-topik biografi atau sejarah, tolong jangan pelit-pelit ya. Gua akan sangat mengapresiasi jika ada yang bantu memberikan referensi film-film yang bagus pada kolom komentar di bawah artikel ini.

—————————CATATAN EDITOR—————————

Jika ada di antara kamu yang ingin ngobrol atau diskusi dengan Glenn seputar rekomendasi film biografi-sejarah, atau mungkin kamu juga punya rekomendasi film sejarah yang ingin dibagikan pada yang lain, jangan ragu untuk menyampaikan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah artikel ini yak.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.