UFO dan Alien Beneran Ada Nggak, sih?

UFO dan Alien Beneran Ada Nggak, sih? 9

Kalau ngomongin soal Unidentified Flying Object (UFO), apa hal pertama yang terlintas di benak elo? Kalau gue, otomatis langsung keinget sama alien. Yap! Makhluk hidup yang katanya bakal keluar dari pesawat UFO.

Atau, buat para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU), mungkin elo bakal keinget sama sosok Thanos di film Avengers: Endgame (2019). Iya! Jadi, Thanos itu sebenarnya gambaran sosok alien yang berasal dari ras Titan atau ras yang terkuat.

Sosok Thanos sebagai alien (dok. IMDb)
Sosok Thanos sebagai alien (dok. IMDb)

Tapi, elo pernah bertanya-tanya nggak sih, kira-kira UFO dan alien itu beneran ada atau nggak? Nah, gue punya info terkait yang cukup menarik, nih. Jadi, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon membuat sebuah tim khusus yang bertujuan untuk meneliti keberadaan UFO. 

Tim yang dibuat tahun 2021 ini diberi nama Airborne Object Identification and Management Synchronization Group. Istimewanya, tim ini diurus langsung oleh wakil menteri pertahanan, direktur staf gabungan, sampai direktur intelijen nasional. 

Departemen Pertahanan AS sengaja membentuk tim khusus ini supaya bisa mengidentifikasi adanya ancaman keamanan nasional dari keberadaan UFO. 

Eh, tunggu, deh. Berarti, UFO dan alien beneran ada, ya? Nyata? Mereka hidup kayak kita? Kok, pihak Departemen Pertahanan AS sampai bikin tim khusus segala buat nyelidikin mereka?

Nah, supaya elo nggak penasaran lagi, gue punya informasi lengkapnya di sini. Yuk, bahas bareng-bareng!

Baca juga: Biografi Gerard Kuiper: Bapak Ilmu Planet Modern yang Namanya Diabadikan di Luar Angkasa

Apa Itu UFO?

Kayak yang udah gue sebutin di atas, UFO ini merupakan singkatan dari Unidentified Flying Object. Kalau di-translate ke bahasa Indonesia, artinya benda terbang tak dikenal.

Menurut Britannica, ensiklopedia tertua di dunia, UFO sering juga disebut sebagai piring terbang, dan termasuk ke objek udara yang cukup sulit diidentifikasi sama para pengamat.

Gimana sih, awalnya UFO jadi menarik perhatian banyak orang? Jadi, fenomena UFO ini mulai dikenal sama orang-orang setelah adanya Perang Dunia II.

Di tahun 1947, Kenneth Arnold, seorang pilot dan pebisnis dari Amerika Serikat, membuat pengakuan yang cukup mengejutkan pas dia lagi menerbangkan pesawat. Katanya, dia melihat objek yang sedang terbang dengan kecepatan tinggi di dekat Gunung Rainier, Amerika Serikat. 

Terus, Arnold juga bilang kalau gerakan objeknya itu kayak piring-piring yang sedang mengambang di atas air. Eh, tapi beda ya sama tumpukan cucian piring yang ada di rumah elo. Nah, dari situ lah, objeknya dikenal sebagai piring terbang.

Nggak berhenti sampai di situ aja. Penampakan UFO ini terus-terusan terlihat, lho. Sampai akhirnya di tahun 1948, Angkatan Udara AS memulai penyelidikan mengenai UFO yang proyeknya diberi nama Project Sign.

Duh, hasil penelitian mereka cukup mengejutkan pada saat itu, nih. Kebetulan, saat itu Amerika Serikat lagi perang dingin sama Uni Soviet. Hah? Apaan tuh, perang dingin? Elo bisa langsung cari tahu di Konsep Perang Dingin atau Cold War – Materi Sejarah Kelas 12, ya.

Makanya nih, menurut Angkatan Udara AS, ada kemungkinan yang cukup besar kalau UFO merupakan pesawat punya Uni Soviet yang super canggih. Itu teori pertama.

Pendapat Edward Condon mengenai piring terbang (Arsip Zenius)
Pendapat Edward Condon mengenai piring terbang (Arsip Zenius)

Nah, Project Sign nggak berlangsung lama, nih. Setahun kemudian, proyek itu berganti nama menjadi Project Grudge. Lalu, namanya berganti kembali menjadi Project Blue Book di tahun 1952. Dari tahun 1952-1969, proyek terbaru ini mengumpulkan 12.000 laporan tentang penampakan yang diidentifikasikan sebagai UFO. 

Dari laporan tersebut, ada dua hasil yang bisa disimpulkan. Pertama, objek yang diketahui atau fenomena astronomi seperti planet di langit. Kedua, objek yang tidak diketahui atau hasilnya tidak bisa diidentifikasi sama Angkatan Udara AS.

Saking menariknya, cerita dari proyek ini diangkat ke sebuah serial, lho. Elo bisa banget nonton serialnya yang berjudul Project Blue Book (2019), ya.

Fenomenanya ini juga masih berlangsung sampai sekarang, sob! Menurut Departemen Pertahanan AS, mereka sempat menangkap adanya penampakan objek asing di langit pada tahun 2021 kemarin. Sampai akhirnya, dibentuk lah tim khusus terbaru yang bakal menangani penyelidikan mengenai UFO.

Baca juga: Dinamika Planet Bumi – Materi Geografi Kelas 10

Paradoks Fermi: alien Menurut Sains

Ternyata, fenomena UFO ini nggak terjadi baru-baru aja, ya. Udah lama banget. Bahkan, dari puluhan tahun yang lalu. Penyelidikannya juga masih berlangsung sampai sekarang, nih. Tapi, gimana dengan alien? Itu beneran ada juga nggak, sih?

Hmm … emangnya, apa itu alien? Menurut Britannica, alien merupakan makhluk luar angkasa yang cerdas. 

Tapi, kalau ngomongin tentang alien, ternyata banyak ilmuwan yang dari dulu juga ikut kepo cari tahu soal dia, lho. Salah satunya yaitu Enrico Fermi, fisikawan dari Italia yang dikenal sebagai Bapak Bom Atom.

Paradoks (Arsip Zenius)
Paradoks (Arsip Zenius)

Itu juga alasan Fermi menciptakan paradoks mengenai alien di dunia sains. Menurut dia, harusnya peradaban alien tuh ada. Tapi,  nggak ada bukti-bukti kuat yang bisa mendukung keberadaannya. 

Nah, buat mendukung teori Paradoks Fermi, ada salah satu teori dari Nikolai Kardashev, astrofisikawan asal Rusia, nih. 

Infografis Kardashev Scale (Arsip Zenius)
Infografis Kardashev Scale (Arsip Zenius)

Nah, berdasarkan Kardashev Scale, peradaban alien ini bakal ada di salah satu level peradaban tersebut. 

Tapi, ada teori lainnya yang bisa dijadikan sebuah argumentasi, nih. Teori ini berasal dari organisasi ekstraterestrial (penelitian khusus kehidupan di planet lain) bernama Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI).

Tim SETI udah pernah ngasih sinyal ke luar Bumi, nih. Terus, mereka juga selalu mendengarkan apakah akan ada respon dari luar sana. Tapi sayangnya, sampai saat ini belum ada sinyal apapun yang menandakan kalau ada kehidupan lain di luar Bumi.

Tapi, kalau emang alien ini ada, mereka bakal mengancam kehidupan manusia di Bumi nggak, sih? Kalau menurut Stephen Hawking, fisikawan terkenal dari Inggris, kalau alien cerdas ini nyata adanya, mungkin mereka bakal hidup secara nomaden atau pindah-pindah dari planet satu ke yang lainnya.

Baca juga: Perjalanan Stephen Hawking Mengungkap Misteri Lubang Hitam

Jadi, UFO dan alien Beneran Ada?

Terus, gimana? Apa benar UFO itu ada? Dan, apakah alien itu ada?

Pas banget. Gue punya beberapa pendapat yang bisa menyimpulkan peradaban alien dan UFO di luar sana.

Menurut Lindsay Hays, ahli astrobiologi dari NASA, mereka belum menemukan adanya kehidupan di planet lainnya selain Bumi. Dia menjelaskan kalau NASA belum mempunyai bukti ilmiah yang bisa mendukung teori tersebut.

Tapi, itu nggak menutup kemungkinan juga kalau UFO dan alien nggak ada. NASA masih akan tetap berkeliling ke planet lain dan mengumpulkan bukti jika ada kehidupan baru di planet lain.

Pendapat ilmuwan mengenai UFO dan Alien (Arsip Zenius)
Pendapat ilmuwan mengenai UFO dan Alien (Arsip Zenius)

Nah, dari berbagai pendapat ilmuwan atau ahli, mereka sama-sama belum menemukan adanya bukti tentang kehidupan UFO dan alien, nih. Tapi, sebagai manusia, kita cuma bisa tetap berusaha untuk membuka mata soal ini, ya.

Itu dia beberapa teori dari para ilmuwan soal keberadaan UFO dan alien yang disebut udah ada dari tahun 1947. Menarik banget, ya? 

Setelah elo baca berbagai teori dari para ilmuwan di atas, kira-kira misteri alien dan UFO itu beneran ada nggak, sih? Yuk, share pendapat elo di kolom komentar!

Baca juga: Ilmuwan Wanita di Dunia, Seeksis Apa?

Ditulis oleh: Rizky Ramadhan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, bagian dari Kampus Merdeka 2022

Diperbaharui oleh: Nabila Ramadhani

Editor: Tentry Yudvi Dian Utami

Reference:
Departemen Pertahanan AS Bentuk Tim Khusus Selidiki UFO, Ini Tujuannya – INews (2021)
Unidentified flying object – Britannica
Selama Pandemi Covid-19, Diklaim Ada 300 Penampakan UFO di AS – CNN (2021)
Apakah UFO dan Alien Benar-benar Ada? – Kompas (2021)
No Longer in Shadows, Pentagon’s UFO Unit Will Make Some Findings Public – New York Times (2021)
alien – Britannica
The Extended Kardashev Scale – Robert H. Gray (2020)
Stephen Hawking Takut Bila alien Cerdas Invasi Bumi – CNN Indonesia (2015)
aliens may destroy humanity to protect other civilisations, say scientists – The Guardian (2011)
Episode 5 – We Asked A NASA Scientist: Do aliens Exist? – NASA (2021)
Do aliens exist? We asked five experts – The Conversation (2021)

Sumber foto: IMDb

Bagikan Artikel Ini!