fisika

fisika

Persiapan Belajar Fisika untuk UN SMA 2015

Persiapan Belajar Fisika untuk UN SMA 2015

Beberapa bulan yang lalu, Zenius melakukan survei di social media (twitter dan facebook). Ukuran sampelnya besar, ada sekitar 1200an responden. Pertanyaan di survei itu ada lumayan banyak, tapi yang mau gue sebutin di sini cuma salah satunya aja, yaitu pertanyaan “Apa aja pelajaran yang lo benci?”. Melihat lagi judul artikel ini, harusnya lo bisa nebak lah ya pelajaran apa yang menduduki peringkat satu dari hasil survei itu? Yah, ini hasil … Baca Selengkapnya
Menelusuri Konsep Energi Pada Fisika

Menelusuri Konsep Energi Pada Fisika

Selama lo belajar Fisika, sadar nggak sih kalau hampir setiap topik di Fisika itu ada persamaan Energinya? Coba aja lo ambil sembarang topik di Fisika, pasti bisa disambungin sama konsep Energi. Gue kasih beberapa contoh aja yah. Di Mekanika, lo belajar tentang Energi yang terkait sama gerakan. Ada Energi Kinetik (), yang dari rumusnya aja kelihatan kalau energi ini ada ketika benda memiliki kecepatan (). Terus ada Energi Potensial (), … Baca Selengkapnya
Persiapan UN SMA Fisika 2014 - Bagian 2

Persiapan UN SMA Fisika 2014 - Bagian 2

Sebelum lo baca tulisan gue di sini, pastiin dulu kalau lo udah baca Persiapan UN  SMA Fisika 2014 Bagian 1. Karena yang ada di sini adalah lanjutan dari artikel yang gue tulis di bagian 1 itu. Untuk yang bagian 2 ini, gue juga ambil soal-soalnya dari UN Fisika SMA 2013, soal nomor 21-40. Soal-soal itu udah gue klasifikasiin juga berdasarkan materi yang harus lo pelajarin. So.. langsung aja yah…
Persiapan UN SMA Fisika 2014 - Bagian 1

Persiapan UN SMA Fisika 2014 - Bagian 1

UN SMA tinggal sebentar lagi ya. Untuk Fisika, lo udah siap atau belum? Kalau lo ngerasa belum siap, jangan panik, karena panik itu nggak akan nyelesein masalah. Sekarang coba jawab pertanyaan gue dulu: Berapa jam dalam sehari lo belajar materi Fisika? Kalau emang sedikit, berarti nggak heran kan kalau sampai sekarang lo belum siap juga.
Gerak Parabola

Gerak Parabola

Ada Quiz nih. Perhatiin gambar di bawah ini. Ini adalah gambar kereta yang ceritanya lagi melaju ke kanan dengan laju 30m/s. Terus, ada orang berada di dalam kereta dan sedang berdiri menghadap ke depan kereta. Pertanyaannya: Kalau dia lompat vertikal ke atas, di mana dia akan jatuh? (A) Jatuh di belakang tempat dia melompat (B) Jatuh di tempat yang sama dengan tempat dia melompat (C) Jatuh di depan tempat dia … Baca Selengkapnya
Latihan soal per bab buat SBMPTN fisika

Latihan soal per bab buat SBMPTN fisika

Udah siap ngebantai soal-soal Fisika untuk SBMPTN? Kalau gue perhatiin yang nanya-nanya ke gue (atau ke @ZeniusEducation) di Twitter dan juga di Zenius Club, kayaknya kekhawatiran terbesar belajar Fisika adalah: Materi per babnya belum bener-bener dikuasain. Tapi akhirnya karena SBMPTN udah mepet, bukannya berusaha mendalami materi-materi itu, malah langsung loncat ke latihan soal campuran kayak soal-soal Fisika SNMPTN dan Kapita Selekta (kapsel), dan nggak menyentuh sama sekali latihan per bab.
Ngerjain soal fisika, first you have to think !

Ngerjain soal fisika, first you have to think !

Banyak yang bilang Fisika itu susah. Lebih parahnya lagi, dianggap pelajaran yang sama sekali nggak asik buat dipelajarin. Well, gue sih berharap lo bukan salah satunya. Salah satu permasalahan yang paling sering gue lihat ketika orang-orang ngerjain soal Fisika adalah: mereka selalu mulai dengan rumus. “Untuk ngerjain soal ini pakai rumus apa ya?”. Seakan-akan kalau rumusnya udah hafal, pasti bisa ngerjain soalnya. Apa lagi ada juga guru yang bilang “kalau … Baca Selengkapnya