Kuliah Jurusan Geografi: IPA atau IPS?

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk ilmu Geografi; apa saja kajiannya, ruang lingkup belajarnya, hingga peluang kariernya. Halo teman-teman pembaca Zenius Blog! Sebelumnya gue mau perkenalkan diri dulu, nama gue Lina, sekarang gue baru aja bergabung dengan Zenius sebagai Tutor Geografi. Ngomong–ngomong soal Geografi, di sini ada yang tertarik ngga dengan ilmu Geografi? Atau mungkin ada yang berminat untuk kuliah di jurusan Geografi? Sepanjang gue menggeluti bidang Geografi, gue sering banget …

Apa Jadinya Ketika Bumi Mendekat dan Menjauh dari Matahari?

Artikel ini membahas pengaruh aphelion dan perihelion terhadap suhu rata-rata bumi dan hoax seputar fenomena alam tersebut. Akhir-akhir ini, sering banget kita menemukan informasi-informasi yang terbukti hoax dan ga sedikit yang menimbulkan kepanikan bagi masyarakat. Parahnya lagi, kalo hoax-nya tuh “bandel” alias punya tren berulang tiap tahun seperti isu fenomena alam atau astronomi. Miskonsepsi terhadap suatu hal biasanya gampang banget jadi hoax yang beredar. Gue punya pengalaman pas lagi ngobrol sama temen …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …

Kenapa sih Seseorang Memilih Jalan Hidup Sebagai Seorang Ilmuwan?

Kerja sebagai seorang ilmuwan itu seperti apa sih? Apa sih menariknya jika kita berprofesi sebagai seorang ilmuwan? Semua dijelaskan di artikel ini. Ngapain? Mendingan jadi dokter, pilot, atau tentara kan. Keren, dibutuhin orang, gaji oke, ya gak? Tapi tunggu dulu. Di tulisan ini gue mau bahas apa sih kerjaan ilmuwan dan kenapa menurut gue profesi ini tuh keren banget. Sebelumnya gue mau ngenalin diri dulu. Nama gue Johan Wibowo, sekarang …