rumus perpindahan

Belajar Rumus Perpindahan

Artikel ini akan menjelaskan tentang rumus perpindahan, termasuk juga pengertian dan contoh soalnya.

Hi, guys! Kali ini kita akan belajar tentang perpindahan. Kamu tau gak apa itu perpindahan? Simpelnya, perpindahan adalah perubahan posisi. Tapi, apakah itu yang dimaksud dan adakah rumus perpindahan? Nah, di sini kamu akan belajar tentang serba serbi perpindahan. Dengan kamu mempelajari rumusnya, maka kamu akan memahami tentang arah. Yap, perpindahan memang erat kaitannya dengan arah. Penasaran tentang penjelasan perpindahan secara lebih detail? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Perpindahan?

Perpindahan itu apa ya? Sebelum jauh membahas rumus, ada baiknya kamu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Dalam Fisika, perpindahan menunjukkan perubahan posisi benda. Lebih lengkapnya, perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda yang diukur dari titik awal ke titik akhir yang dicapai oleh benda tersebut dengan memperhatikan arahnya. Nah, karena arah diperhatikan, berarti perpindahan termasuk dalam besaran vektor. 

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Berbeda dengan jarak yang gak menghiraukan arah, karena jarak bukan termasuk besaran vektor ya, guys. Jarak termasuk dalam besaran skalar. Jadi, tentu berbeda antara perpindahan dan jarak. Simpelnya, kamu bisa perhatikan ilustrasi di bawah ini:

rumus perpindahan

Dari gambar di atas, bisa dilihat bahwa perpindahan dan jarak memiliki perbedaan. Misalnya, kamu melihat Google Maps untuk mengetahui jarak dari rumah ke toko buku. Nah, di aplikasi tersebut akan muncul angka 20 km. Berarti, saat kamu akan menuju toko buku dari rumahmu, kamu harus menempuh jarak sejauh 20 km. Lalu, perpindahannya berapa?

Perpindahan akan bernilai nol ketika kamu berangkat dari rumah, kemudian pulang lagi ke rumah. Mengapa nol? Karena titik awal dan akhir kamu sama, itu yang membuat nilainya nol. Berbeda halnya ketika kamu berjalan ke arah utara sejauh 100 m. Kemudian, kamu berpindah ke arah selatan sejauh 50 m. Berarti perpindahan kamu 100 m – 50 m = 50 m. Jadi, perpindahan bernilai 50 m ke arah utara. Nah, gampang ‘kan?

Rumus Perpindahan

Setelah kamu paham pengertian perpindahan dan apa perbedaannya dengan jarak. Langsung aja deh sekarang kita masuk ke rumusnya, yuk!

Perpindahan Resultan

Rumus:

s = √x2 + y2

Keterangan:

s : perpindahan

x : arah pertama gerak benda

y : arah kedua gerak benda

Ketika benda bergerak dalam satu arah, berarti y = 0.

Perpindahan dengan Besar Waktu dan Kelajuan

Selain itu, ada juga rumus lainnya untuk menghitung perpindahan dengan menggunakan besar waktu dan kelajuan. Berikut adalah rumusnya:

s = ½ (u + v)t

Keterangan:

s : perpindahan

u : kecepatan awal benda

v : kecepatan akhir benda

t : waktu yang dibutuhkan suatu benda untuk mencapai titik akhir

Perpindahan dengan Besar Waktu, Percepatan, dan Kecepatan Awal

Rumus:

s = ut + ½ at

s : perpindahan

u : kecepatan awal benda

a : percepatan benda

t : waktu yang dibutuhkan suatu benda untuk mencapai titik akhir

Perpindahan Angular

Rumus:

θ = s/r

s : perpindahan

θ : perpindahan angular

r : jari-jari

Contoh Soal dan Pembahasan

Udah paham sama kedua rumus di atas kan? Supaya kamu bisa lebih memahami rumus di atas, aku udah menyiapkan beberapa contoh soal dan pembahasan tentang perpindahan buat kamu. Pahami dan ikuti cara di bawah ini ya, guys!

Contoh Soal 1

Seekor semut berjalan ke arah selatan sejauh 6 m. Kemudian, semut tersebut berjalan lagi ke arah barat sejauh 8 m. Tentukan perpindahan dari semut tersebut!

Pembahasan:

Diketahui: x = 6; y: 8

Ditanya: s

Jawab:

s = √x2 + y2 = √62 + 82 = √36 + 64 = √100 = 10

Jadi, perpindahan semut adalah 10 m ke arah barat.

Contoh Soal 2

Andi ingin bepergian dari rumah memakai sepeda motor. Saat hendak pergi, speedometer menunjukkan angka 10.500 km. Setelah kembali ke rumah, speedometer menunjukkan angka 10.570 km. Tentukan jarak dan perpindahan Andi!

Pembahasan:

Jarak = 10.570 – 10.500 = 70 km.

Perpindahan = 0 (karena Andi kembali ke titik awal).

Jadi, jarak yang ditempuh Andi adalah 70 km dan perpindahannya 0.

Contoh Soal 3

Sebuah mobil menuruni jalan selama 30 detik. Kemudian, mobil berbelok ke barat dengan kecepatan 15 m/s. Di ujung jalan, kecepatannya naik menjadi 18 m/s. Hitunglah perpindahan dari mobil tersebut!

Pembahasan:

Diketahui: u = 15 m/s; v = 18 m/s; t = 30 s.

Ditanya: s

Jawab:

s = ½ (u + v)t = ½ (15 + 18) 30 = ½ (33) 30 = 16,5 x 30 = 495 m.

Jadi, perpindahan mobil tersebut adalah 495 meter.

Itu dia penjelasan mengenai rumus perpindahan beserta seluk beluknya. Dari penjelasan di atas, kamu jadi tau kan kalau ternyata jarak dan perpindahan berbeda. Selain itu, kamu juga menjadi lebih paham setelah mencoba dan memahami contoh soal dan perpindahan yang telah diberikan. Gimana, seru kan belajar perpindahan? Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu. Have a nice day, guys

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Matematika

Rumus Layang layang

Rumus Trapesium

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika! Untuk menjawab soal-soal tentang skala, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.