Rumus Pangkat

Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat

Artikel ini membahas pengertian pangkat dan bilangan kuadrat, rumus pangkat, sifat-sifat bentuk pangkat, dan contoh soal beserta pembahasannya.

Hi, guys! Kali ini, gue mau bahas materi yang paling dasar nih sebagai landasan Sobat Zen mempelajari aljabar. Terdapat banyak sekali materi aljabar yang akan Sobat Zen temui ke depannya. Dengan memiliki landasan konsep yang kuat, Sobat Zen pasti bisa melibas jenis apapun soal yang ditemui.

Bentuk pangkat atau kuadrat juga berkaitan dengan akar, guys. Setelah Sobat Zen selesai membaca materi ini, ada baiknya Sobat Zen juga membaca materi tentang akar. Kenapa begitu, guys? Karena begini, lho Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 241 dan Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 242, Sobat Zen.

Apa yang Dimaksud Pangkat/Perpangkatan?

Di dalam matematika, pangkat adalah bentuk perkalian antara suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri atau bisa dibilang sih perkalian berulang, guys. Jadi, kalau Sobat Zen melihat bilangan yang di bagian pojok kanan atasnya terdapat angka lagi, seperti 3², maka angka 2 tersebut merupakan pangkat dari 3.

Pangkat juga bisa dibilang sebagai cara penulisan yang lebih sederhana dan memudahkan pembaca daripada perkalian, guys. Coba perhatikan, Sobat Zen, ada bentuk 2 x 2 x 2 x 2 dan bentuk Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 243, yang mana yang lebih mudah untuk ditulis dan dibaca? Pastinya jawabannya adalah yang Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 243, dong!

Nah, bentuk 2 x 2 x 2 x 2 dapat ditulis menjadi Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 243. Mengapa demikian, guys? Karena hasil yang didapat merupakan angka yang sama. 2 x 2 x 2 x 2 = 16 dan Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 243= 16.

Rumus Pangkat
Visualisasi Bentuk Pangkat

Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat

Rumus pangkat itu cukup sederhana, sedikitnya sudah kita bahas tuh di atas, guys. Oke, friends, perhatikan rumus berikut ini. 

Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 247

Jadi, jika ada bentuk perkalian 2 x 2 x 2 x 2 x 2, itu bisa diubah dalam bentuk pangkat menjadi Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 248, guys.

Kalau dibalik bagaimana, Sobat Zen? Misalnya ada bentu Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 249, ya, berarti itu adalah 3 x 3 x 3 x 3, guys.

2 x 2 x 2 x 2 x 2 = Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 248= 32

Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 249 = 3 x 3 x 3 x 3 = 81

Nah, kalau bilangan kuadrat tuh apa sih, guys? Bilangan kuadrat adalah bilangan yang dihasilkan dari perkalian dua bilangan bulat yang sama. Misalnya, 4 didapat dari 2 x 2, 9 didapat dari 3 x 3, seperti itu, guys.

Sifat-sifat Pangkat

  1. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 252, contoh Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 253
  2. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 254, contoh Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 255
  3. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 256, contoh Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 257
  4. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 258, contoh Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 259
  5. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 260, contoh Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 261
  6. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 262 dan Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 263, contoh Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 264 dan Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 265
  7. Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 266

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1

Hitunglah Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 267

Jawab:

Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 268 = 81 – 4 = 77

Soal 2

Hitunglah Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 269

Rumus Pangkat dan Bilangan Kuadrat 270 = 36 : (4 x 9) = 36 : 36 = 1

Oke, guys, bagaimana? sudah paham belum? Pastinya sudah, dong. Eitss, tetapi jangan puas dulu, masih ada materi lainnya, ya. Jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih, ya, Sobat Zen!

Ikuti keseruan lainnya dari Zenius di YouTube!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Akar

Rumus Persegi Panjang 

Kumpulan Rumus Matematika

Bagikan artikel ini: