Masa molekul relatif

Rumus Massa Molekul Relatif dan Aplikasinya

Artikel ini bakal membahas secara ringkas mengenai massa molekul relatif dalam kimia serta aplikasinya dalam soal

Halohay Sobat Zenius! Balik lagi bersama gua, Alhas di Zenius Blog! Tetap semangat dan jaga kesehatan ya selama sekolah offline di saat pandemi ini! dan buat kalian yang saat ini sudah menjadi anak kelas 12, jangan lupa buat ambis dan mulai cicil-cicil belajar buat UTBK tahun depan!  

Jika di tulisan sebelumnya gua udah membahas mengenai Massa Atom Relatif (Ar), sekarang gua bakal ngejelasin konsep yang gak kalah penting lagi di materi pelajaran kimia. 

Yaps, itu adalah Massa Molekul Relatif (yang nantinya akan gua singkat sebagai Mr).

Massa molekul relatif
Massa Molekuk Relatif (Sumber: chemnotcheem.com

Massa molekul relatif merupakan salah satu konsep kimia yang penting banget buat kalian kuasai, karena rumus Mr ini bakal kalian pake lagi saat mempelajari bab-bab yang lebih lanjut seperti Osmosis, kimia organik, Stoikiometri, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, pemahaman mengenai konsep Mr yang matang dan baik merupakan hal yang wajib karena menjadi salah satu kunci dalam menguasai pelajaran kimia secara keseluruhan. 

Apa itu Mr? Apa bedanya dengan Ar?

Masa molekul relatif

Jika sebelumnya lu udah belajar mengenai Massa Atom Relatif (Ar), maka lu akan dengan mudah memahami Massa Molekul Relatif (Mr) dan perbedaannya dengan Ar. Secara singkat, Mr merupakan jumlah total dari masa atom relatif unsur-unsur penyusunnya. Secara simplenya, Mr adalah angka yang lu dapat ketika menjumlahkan semua Ar yang ada di dalam suatu unsur atau senyawa . Pernyataan ini bisa diformulasikan sebagai suatu rumus seperti ini…

Mr AxBy = (x Ar A + y Ar B)

Biar lebih jelas, gua bakal kasih salah satu soal mengenai Mr biar kalian lebih paham

Berapa massa molekul relatif glukosa yang memiliki rumus kimia C6H12O6 (Ar O =16, H =1.01, C=12,01)?

Jika dalam soal udah dikasih tau Ar dari masing-masing unsur, tinggal kalian masukin deh ke formula yang ada di atas…

Mr C6H12O= (Ar C×6) + (Ar H×12) + (Ar O×6)
= (12.01×6) + (1.01×12) + (16×6)
= (72,06) + (12,12) + (96)
= 180,82

Nah, gampang banget kan! Biasanya dalam soal akan diberi tahu sebelumnya nilai Ar dari masing-masing unsur, tapi ada beberapa soal juga yang diminta untuk menentukan Ar unsur dalam suatu senyawa yang telah diberi tahu nilai Mr-nya. Kalau kasusnya kayak gitu, tinggal kalian puterin aja deh rumusnya biar bisa didapet nilainya. Buat kalian pengen tau lebih dalam mengenai Mr, kalian bisa simak video penjelasan dari Zenius di sini!

Fungsi Mr dalam Kimia

Di awal paragraf gua udah singgung, mengapa Mr ini sangat penting lu ketahui buat belajar bab-bab kimia yang jauh lebih advance. Nah Mr itu sendiri merupakan salah satu variabel dalam mencari Molaritas…

Massa Molekul Relatif

Nah, Molaritas itu sendiri merupakan salah satu variabel dari banyak rumus-rumus di kimia, Misalnya gua kasih contoh… 

Jika lu mau cari Tekanan osmotik…

…lu harus mencari Molaritas terlebih dahulu…

…Jika lu mau mencari Molaritas…

…Lu harus tau Mr dulu!

Dan enggak hanya di kasus tekanan osmotik aja, kalian bisa temukan di stoikiometri, titrasi asam basa, dan juga berhubungan langsung dengan titik didih suatu senyawa. Belajar kimia itu sama seperti membangun rumah kayu, jika lu ingin menyusun rangka kayu satu sama lain, lu butuh paku agar tiap kayu dapat terhubung dengan kuat. 

Mr sama kayak paku, karena gampang makanya banyak yang menganggap itu gak penting dan cenderung melupakannya. Padahal sebenarnya penting banget buat lu memahami materi-materi kimia lain yang lebih lanjut. 

Mungkin itu aja yang bisa gua sampaikan ke kalian semua, jika kalian masih bingung dengan penjelasan gua, kalian bisa simak video penjelasan dari zenius mengenai Ar dan Mr di sini!

Adios~

Baca Artikel Lainnya

Rumus Osmosis dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Titrasi Asam Basa dan Perhitungannya

Materi Kimia Kelas 11: Hidrolisis Garam

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Molecular_mass

https://en.wikipedia.org/wiki/Molar_concentration