materi bahasa Inggris SD expressing feelings

San San’s New Friend (Expressing Feelings) – Materi Bahasa Inggris SD

Bapak dan Ibu Guru, bagaimana kabar Anda hari ini?

Bapak dan Ibu Guru pasti juga menanyakan kabar para siswa saat mengajar, bukan?

Menanyakan kabar siswa akan mendorong mereka untuk lebih mengekspresikan perasaan mereka, lho. 

Bahkan, menurut Child Encyclopedia mendorong siswa untuk mengekspresikan perasaannya akan membantu mereka untuk berempati dan memahami perasaan orang lain. Selain itu, mengekspresikan perasaan membantu siswa untuk menjalin hubungan yang positif dengan keluarga dan teman-temannya.

Dalam bahasa Inggris Bapak dan Ibu Guru bisa mengajarkan siswa untuk mengekspresikan perasaan mereka atau expressing feelings.

Supaya Bapak dan Ibu Guru lebih mudah mengajarkan siswa tentang expressing feelings, Ready2Run sudah menyiapkan video materi berikut.

Video Materi Mengekspresikan Perasaan dalam Bahasa Inggris


Ready2Run adalah program yang dikelola Digital Learning Associates (DLA). Program ini menyediakan bahan pembelajaran yang lengkap untuk materi expressing feelings dalam bentuk video. 

Dalam video tersebut, kita akan berkenalan dengan San San dan teman barunya Carla. San San dan Carla berencana untuk mendaki gunung bersama keluarga San San di Thailand.

Berhubung San San memiliki kondisi fisik khusus, keluarganya dan Carla selalu memastikan San San merasa nyaman selama perjalanan mereka mendaki gunung.

San San dan Carla mendaki gunung bersama.
San San dan Carla mendaki gunung bersama. (dok. DLA)

Transkrip Video “San San’s New Friend”

Untuk memudahkan Bapak dan Ibu Guru memahami video di atas, berikut transkrip video yang bisa Bapak dan Ibu Guru simak:

NarratorSan San is eight years old and lives in Thailand. 
Title Thailand 
Narrator San San can’t walk very well, but she loves the mountains. How can she get up to the top? All she needs is a little help, and help is coming. 
Narrator This is Carla. She travels around the world. Today she is in Thailand. 
Carla Hi, San San! Nice to meet you! How are you?  
Narrator San San can’t speak, but she looks happy. 
Carla My name is Carla. C-A-R-L-A. Carla. 
San San’s mum C-A-R-L-A. 
Narrator With some help from her mum, San San gets to know Carla. Carla, San San, and her mum are going to climb a big mountain. Other children and their families are going to climb too.San San looks tired. What can they do?  
Carla Carry? Or walk? 
San San’s mum You walk? Carry? 
Carla Carry. 
San San’s mum Okay! 
Narrator Carla carries San San. Everything is easy with family and friends. Hurray! They are at the top of the mountain. They are really excited, but it’s time to say goodbye. 
Carla I’m gonna miss you. Thank you!
San San’s mum I’m sure she’s gonna miss you too. 
Narrator Saying goodbye to a friend is never easy. 

Dari video di atas, Bapak dan Ibu Guru dapat mengambil beberapa contoh kalimat expressing feelings dalam bahasa Inggris seperti:

  • San San can’t speak, but she looks happy.
  • San San looks tired. What can they do?
  • They are really excited, but it’s time to say goodbye. 
  • I’m gonna miss you. Thank you!

Download Materi Pendukung

Tidak hanya menonton video di atas, Bapak dan Ibu Guru dapat mengunduh materi pendukung dari Ready2Run berupa Student Pack dan Teacher Guide, lho. Materi pendukung ini dilengkapi pedoman pembelajaran dan lembar kerja yang bisa dibagikan kepada siswa

Untuk paket Student Pack, materi-materi yang ada dilengkapi dengan berbagai penjelasan dan gambar yang dimanfaatkan siswa untuk memahami materi bacaan. Mulai dari kosakata, tata bahasa, hingga mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Sementara, Teacher Guide dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan untuk memberikan pemahaman mengenai materi yang diajarkan. Materi ini dilengkapi dengan Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dan bahasa secara bersamaan.

Apa Bapak dan Ibu Guru tertarik dengan materi-materi Ready2Run dari DLA? Yuk, manfaatkan Student Pack dan Teacher Guide sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Sumber: 

  • Emotions: Helping your Child Identify and Express Feelings – Child Encyclopedia (2012)
Bagikan Artikel Ini!