Info Kuliah, Akreditasi, dan Daftar Jurusan di FST UNAIR

Info Kuliah, Akreditasi, dan Daftar Jurusan di FST UNAIR

Sobat Zenius merasa nggak sih, kalau akhir-akhir ini Jurusan Matematika cukup populer di kalangan anak SMA? Yap, berkat konten-konten Jerome Polin, pelajaran yang isinya hitung-hitungan malah jadi seru banget! 

Eitss, tapi elo tahu Jerome Polin nggak? Itu lho, youtuber Indonesia yang mendapat beasiswa kuliah matematika di Jepang. Tapi gue yakin sih, kalau udah banyak yang tahu. Ada nggak nih dari kalian yang jadi tertarik kuliah di Jurusan Matematika juga? Atau pengin nyoba jurusan sains lainnya, kayak Biologi, Fisika dan Kimia?

Nah, buat elo yang tertarik, elo nggak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang. Soalnya, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) di Surabaya punya banyak pilihan jurusan sains buat elo. Nggak hanya itu, ada jurusan teknik juga!

Yuk, simak sampai selesai!

Mengenal Sejarah FST UNAIR

Sobat Zenius, dulunya Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga menggunakan nama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNAIR (FMIPA UNAIR). 

Namun, ada tambahan program studi baru, nih, yakni Sistem Informasi, Teknik Biomedis, dan Teknologi Lingkungan. Maka, nama fakultas disesuaikan menjadi Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR (FST UNAIR).

Hingga saat ini, FST UNAIR sudah memiliki 8 jurusan S1, dua jurusan S2, dan satu jurusan S3. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang cocok buat elo!

Jurusan di FST UNAIR

jurusan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR)
Jurusan S1 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR). (Arsip Zenius)

Artikel gue kali ini, bahasannya bakal fokus untuk jurusan FST UNAIR untuk jenjang S1 aja, ya. Cuss, langsung kita bahas jurusannya satu per satu.

1. Jurusan Matematika UNAIR

Tadi gue udah sempat singgung kalau belajar di Jurusan Matematika jadi terkesan seru berkat Jerome Polin. Tapi sebenarnya apa sih, yang dipelajari di jurusan ini? Apa iya semenarik yang ditunjukkin sama Jerome?

Pada dasarnya, di Jurusan Matematika UNAIR elo akan belajar mengidentifikasi masalah, menyusun model matematika, menentukan strategi penyelesaian, hingga memecahkan dan menginterpretasikan hasilnya. 

Sederhananya sih, elo akan menggunakan ilmu Matematika untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Selain itu, elo juga akan diajarkan menggunakan software untuk mendukung penyelesaian masalah tersebut. 

Beberapa mata kuliah yang akan elo temui kalau udah masuk ke Jurusan Matematika antara lain Statistika, Algoritma, Programming, Kalkulus, dan Aljabar. 

Terus, lulusan Matematika UNAIR kira-kira bisa kerja di mana, ya? 

Sebagai lulusan jurusan ini, elo bisa mencoba hampir semua bidang. Makanya peluang karier buat elo pun sangat luas. Beberapa pilihan pekerjaan yang bisa elo pilih antara lain konsultan perusahaan, kerja di bagian IT, peneliti, aktuaris, hingga bekerja di perbankan. Tinggal pilih mana yang kesempatannya paling terbuka buat elo nanti, ya!

2. Jurusan Biologi UNAIR

Kalau elo merasa kurang suka dengan hitung-hitungan, mungkin masuk ke Jurusan Biologi UNAIR bisa elo pertimbangkan, nih. Kenapa? Soalnya, di Jurusan Biologi UNAIR hitung-hitungannya nggak akan sebanyak di Jurusan Matematika. 

Di Jurusan Biologi, elo akan mempelajari tentang makhluk hidup mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, sampai mikroba. Selain itu, elo juga akan belajar tentang genetika, fisiologi, ekologi, struktur organisme, dan lain sebagainya. 

Nah, buat Sobat Zenius yang punya rasa penasaran besar terhadap makhluk hidup, kemungkinan Jurusan Biologi bisa menjadi pilihan yang cocok, nih. 

Untuk peluang kerja lulusan Biologi UNAIR pun sangat luas, lho. Elo bisa memilih untuk berkarier sebagai peneliti, konsultan, staf quality control, LSM, wirausahawan, dan lain sebagainya. 

3. Jurusan Kimia UNAIR

Hayoo, siapa nih, yang waktu sekolah paling suka dengan pelajaran Kimia? Kalau elo mapel satu ini jadi favorit elo, nggak ada salahnya nih, untuk melanjutkan studi S1 di Jurusan Kimia UNAIR.

Kalau memilih Jurusan Kimia, elo nanti akan belajar tentang struktur zat serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. Jadi, kalau keterima di jurusan ini, sudah pasti elo akan banyak melakukan percobaan di laboratorium. Asyik banget, kan?

Kalau peluang kerja lulusan Kimia, nggak usah diragukan lagi, deh. Karena elo bisa bekerja di banyak bidang seperti industri semen, obat-obatan, kosmetik, sampai migas. 

Selain itu elo juga bisa berkarier di lembaga pemerintah dan lembaga penelitian (BATAN, LEMIGAS, dll). 

4. Jurusan Fisika UNAIR

Meski banyak yang kurang suka dengan pelajaran Fisika, tapi menurut gue Fisika itu sangat seru, lho. Soalnya, dengan memahami ilmu Fisika, kita jadi tahu bagaimana sih alam semesta itu bekerja. Seperti kenapa hujan bisa turun, dari mana asalnya listrik, dan lain sebagainya. 

Nah, kalau masuk ke jurusan ini, elo akan belajar tentang termodinamika, mekanika, relativitas khusus, listrik magnet, radiobiologi, dan lain sebagainya. 

Lalu, kalau sudah lulus dari Jurusan Fisika UNAIR, elo bisa bekerja sebagai peneliti, konsultan dan birokrat, pengajar, atau bisa wirausaha sekalian.

5. Jurusan Sistem Informasi UNAIR

Jurusan satu ini pasti udah sering elo dengar, deh. Tapi, sebenarnya apa sih, yang dipelajari kalau masuk ke Jurusan Sistem Informasi UNAIR?

Jadi, kalau elo jadi mahasiswa di jurusan ini, elo akan belajar cara mengolah data hingga menjadi informasi yang berguna.

Jurusan Sistem Informasi bisa dikatakan sebagai jurusan yang menggabungkan ilmu komputer dan bisnis sekaligus. Makanya, mata kuliah yang elo dapat nanti antara lain Jaringan Komputer, Sistem Basis Data, Sistem Operasi, dan E-business.

Peluang kerja sistem informasi ada banyak banget, lho. Nggak percaya? Nih, gue sebut satu-satu, ya.

  • Business analyst
  • Web developer
  • Software developer
  • Data analyst
  • Computer system administrator
  • Information security analyst

Banyak banget, kan? Tapi, nggak cuma sebatas itu aja lho, sebenarnya masih banyak lagi peluang kerja lulusan Sistem Informasi. 

6. Jurusan Teknik Biomedis UNAIR

Teknik Biomedis UNAIR merupakan gabungan dari ilmu teknik dan ilmu medis. Di jurusan, ini elo akan belajar cara memadukan ilmu sains dan teknik pada bidang kesehatan.

Intinya sih, kalau masuk ke Jurusan Teknik Biomedis elo akan belajar membuat alat-alat medis seperti magnetic resonance imaging (MRI), pengukur detak jantung, alat rontgen, dan lain-lainnya. Keren banget, ya? 

Selepas lulus nanti, elo bisa bekerja di rumah sakit, instansi pemerintah, sampai peneliti.

7. Jurusan Teknik Lingkungan UNAIR

Jurusan Teknik Lingkungan UNAIR juga merupakan salah satu jurusan yang bisa elo pertimbangkan, nih. Apalagi kalau elo suka dengan alam, Jurusan Teknik Lingkungan mungkin akan cocok. Soalnya, di Jurusan Teknik Lingkungan ini elo akan belajar tentang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. 

Selain itu, elo juga akan belajar tentang teknologi pengelolaan limbah, pengendalian pencemaran, kesehatan lingkungan, dan lainnya. 

Elo pun nggak perlu khawatir dengan prospek kerjanya, ya. Karena elo bisa mencoba profesi di berbagai tempat seperti instansi pemerintah, BUMN, atau BLH (Badan Lingkungan Hidup).

8. Jurusan Statistika UNAIR

Kalau masuk ke Jurusan Statistika UNAIR, ya sudah pasti elo akan belajar tentang statistika. 

Elo akan belajar tentang konsep teori dan metode statistika sekaligus belajar membuat keputusan yang tepat berdasarkan analisis statistika. 

Buat menguasai hal-hal itu, elo akan ketemu beberapa mata kuliah seperti Kalkulus Statistika, Aljabar Statistika, dan Regresi Terapan.

Dengan keilmuan dan keterampilan yang elo dapet, nantinya elo bisa bekerja di bagian finance, sebagai marketing research, , di lembaga riset pemerintah, sebagai aktuaris, ataupun data analyst

Baca Juga: Info Kuliah, Akreditasi, dan Prodi Fakultas MIPA UNPAD

Akreditasi Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR 

Masalah akreditasi juga kerap menjadi bahan perbincangan mahasiswa baru ketika memilih jurusan kuliah, nih. Maka dari itu, gue mau kasih tau elo, informasi akreditasi Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR.

  • Akreditasi Unggul untuk Jurusan Matematika UNAIR
  • Akreditasi Unggul untuk Jurusan Biologi UNAIR
  • Akreditasi Unggul untuk Jurusan Kimia UNAIR
  • Akreditasi Unggul untuk Jurusan Fisika UNAIR
  • Akreditasi A untuk Jurusan Sistem Informasi UNAIR
  • Akreditasi A untuk Jurusan Teknik Biomedis UNAIR
  • Akreditasi A untuk Jurusan Teknik Lingkungan UNAIR
  • Akreditasi A untuk Jurusan Statistika UNAIR
Akreditasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR)
Akreditasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR). (Arsip Zenius)

Daya Tampung FST UNAIR

Sama dengan tahun sebelumnya, FST UNAIR membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2022/2023, yaitu SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA).

By the way, selain mengetahui jalur masuknya. Elo juga perlu tahu nih, daya tampung dari masing-masing jalur masuk. Dengan begitu, elo bisa menyiapkan strategi yang tepat supaya bisa keterima di jurusan yang diinginkan.

daya tampung Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR)
Daya tampung Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR). (Arsip Zenius)

Selain daya tampung, pasti elo juga penasaran kan, dengan passing grade Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR? Namun sayangnya, informasi terkait passing grade FST UNAIR, gue belum bisa kasih tau, nih. 

Karena yang tahu berapa passing grade di suatu jurusan, hanyalah pihak penyelenggara ujian. Makanya, gue belum bisa kasih tau informasi passing grade FST UNAIR.

Tapi, elo masih bisa kok, cari tahu tentang kejelasan soal passing grade dengan membaca artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya.

Baca Juga: Daya Tampung, Passing Grade, dan Akreditasi Fakultas MIPA IPB

Gelar Setelah Lulus dari FST UNAIR

Umumnya orang-orang melanjutkan studi hingga ke jenjang Strata-1 hanya untuk meraih gelar sarjana yang akan disematkan di akhir nama.

Nah, kira-kira gelar apa nih, yang akan disematkan di belakang nama elo kalau sudah lulus dari FST UNAIR?

Berikut adalah gelar sarjana yang akan elo dapat kalau udah lulus S-1 FST UNAIR.

  • Gelar Sarjana Sains (S.Si) untuk Jurusan Matematika
  • Gelar Sarjana Sains (S.Si) untuk Jurusan Biologi
  • Gelar Sarjana Sains (S.Si) untuk Jurusan Kimia
  • Gelar Sarjana Sains (S.Si) untuk Jurusan Fisika
  • Gelar Sarjana Teknik (S.T) untuk Jurusan Teknik Biomedis
  • Gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk Jurusan Sistem Informasi
  • Gelar Sarjana Sains (S.Si) untuk Jurusan Statistika

Baca Juga: Info Passing Grade dan Jurusan di Fakultas Teknik UNDIP

Oke deh, sekian dulu ya, informasi tentang jurusan di Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR. Semoga dengan membaca artikel ini, elo jadi tau jurusan apa yang tepat buat elo.

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanan UTBK 2022 gelombang 2, semangat berjuang! 

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Nah, biar persiapan elo lebih matang lagi, yuk ikutan Zenius Ultima Bootcamp. Info selengkapnya bisa klik banner di bawah ini, ya!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru – ppmb.unair.ac.id

Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR – fst.unair.ac.id

Bagikan Artikel Ini!