Materi agreement and disagreement Bahasa Inggris SMA kelas 11

Expressing Agreement & Disagreement – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Hai, Sobat Zenius! Apa kabarnya nih? Semoga baik-baik aja, ya! Sebelum mulai, gue punya pertanyaan buat elo:

Siapa nih di antara elo yang setuju kalo makan nasi padang itu wajib pake tangan?

View Results

Loading ... Loading ...

Setuju!

Tidak Setuju!

Persoalan kayak gini aja terkadang bisa bikin perdebatan, ya. Elo yg aktif di media sosial, kemungkinan pernah lihat perdebatan ini di secara online.. Atau mungkin, elo malah pernah ikut memberikan pendapat?

Nah, menyambung dengan ilustrasi di atas, artikel kali ini akan membahas mengenai expressing agreement and disagreement dalam bahasa Inggris. Yuk, kita simak bersama-sama!

Expressing Agreement

Mungkin sebagian dari elo sudah tahu ya apa itu agreement. Nah, expressing agreement adalah cara kita untuk menyatakan bahwa kita memiliki pandangan yang sama terhadap sesuatu. Dengan kata lain, memberikan persetujuan. 

Kayak yang disebut dalam Oxford Advanced Learner Dictionary, agreement adalah the state of sharing the same opinion or feelings, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah keadaan di mana kita punya perasaan atau pendapat yang sama terhadap sesuatu.

Cara untuk menyatakan agreement ini nggak cuma dengan bilang, “I agree.” doang, lho! Kita bisa menggunakan kalimat-kalimat lain bahkan idiom untuk menyatakan persetujuan.

Lanjut baca aja kuy buat bahas macem-macem contoh kalimat agreement!

Simple Ways To Express Agreement

Yang pertama ini adalah kalimat-kalimat simple yang bisa kita gunakan untuk menyatakan persetujuan. 

Kalau elo mau setuju sama suatu pernyataan, tapi ya, kayak setuju aja, tapi nggak setuju banget, elo bisa pakai kata-kata yang super simple aja, kayak  yes, great, atau cool.

Contoh kalimatnya gimana?

Misal, ada temen elo yang ngomong kayak gini: “i think the song “Easy on Me” by Adele is good.” Nah, elo oke-oke aja nih sama pendapatnya, elo bisa balas dengan “yes!” atau sekadar, “cool!”. 

Beda lagi kalau elo mau menyatakan, “eh, bener banget gila! Setuju parah!” Nah, itu berarti elo ada di keadaan dimana elo udah strongly agree atau setuju banget gitu, kan. Elo bisa pakai kata-kata yang lebih strong, kayak: exactly, absolutely, totally right, atau sure thing.

Contoh kalimat strongly agree dengan menggunakan kata exactly
Contoh kalimat strongly agree dengan menggunakan kata exactly (Arsip Zenius)

Tapi pernah nggak sih elo, nggak setuju sepenuhnya sama suatu pendapat? Kayak, dari pendapat itu tuh ada bagian yang elo setujui, tapi ada juga yang pengen elo sanggah. Keadaan ini bisa disebut elo partially agree, atau setuju sebagian.

Nah, elo bisa gunakan kata-kata kayak i guess so, i think so, atau i suppose so. 

 Contoh kalimat partially agree dengan menggunakan i think so.
Contoh kalimat partially agree dengan menggunakan i think so. (Arsip Zenius)

Common Ways To Express Agreement

Selain kalimat-kalimat simple di atas, ada juga nih, frasa-frasa yang common atau yang sering digunakan untuk expressing agreement. Gue yakin elo udah sering denger sih. Coba kita bahas beberapa, yuk.

Yang pertama ada ucapan:  couldn’t agree more!”. Nah, frasa ini berarti elo strongly agree sama suatu pendapat, sampai-sampai tingkat setuju elo tuh udah di batas maksimum dan nggak bisa lebih setuju lagi.

Baca Juga: Offering Help and Responding – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Trus, elo bisa juga pakai ucapan: you can say that again.” Ucapan ini maksudnya elo saking setujunya sama pendapat itu, elo minta orang yang memberikan pendapatnya buat mengulangi kalimatnya, karena elo setuju banget.

Yang selanjutnya, ada ucapan:i hear you.” Kalau diterjemahkan secara langsung, arti “i hear you” emang “gue mendengarkan elo”. Tapi, frasa ini digunakan untuk menyatakan kalau elo dengar, paham, dan setuju sama pendapat yang elo dengar itu.

Next, ada lagi ucapan yang bisa elo gunakan, yaituI’ll second that!”. Nah, kalo ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia, kurang lebih kayak “duain!” gitu. Frasa ini bisa elo gunakan sebagai bentuk ekspresi kalo elo akan jadi orang kedua yang setuju sama suatu pendapat. 

Idioms Used To Express Agreement

Selain frasa-frasa yang umum digunakan untuk expressing agreement, elo bisa juga nih menggunakan idiom untuk menyatakan persetujuan elo!

Idiom adalah a rigid expression that don’t literally mean as they are written atau kalo diartikan adalah bentuk ekspresi yang artinya nggak sama dengan apa yang tertulis. Dalam bahasa Indonesia sih, seringnya disebut sebagai ungkapan.

Ungkapan apa aja yang bisa elo gunakan untuk expressing agreement? Elo bisa lihat di gambar di bawah, ya!

 idiom used to express agreement
Macam-macam idiom yang digunakan untuk menyatakan persetujuan. (Arsip Zenius)

Eye to eye, exactly what i’m thinking, on the same page, all for it, the words out of my mouth, of the same mind

Baca Juga: Cause and Effect Beserta Rumus dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Expressing Disagreement

Nah, kalau tadi kita sudah selesai bahas cara-cara expressing agreement, sekarang kita bahas cara expressing disagreement yuk! 

Kalau yang disebut dalam Oxford Advanced Learner Dictionary, disagreement adalah a situation where people have different opinions about something and often argue atau kalau dalam bahasa Indonesia adalah sebuah situasi dimana seseorang punya pendapat yang berbeda dan nggak jarang berakhir dengan argumentasi.

Nah sekarang gas kuy kita lihat contoh-contoh kalimat disagreement!

Simple Ways To Express Disagreement

Sama kayak expressing agreement, elo juga bisa menyatakan ketidaksetujuan elo terhadap sesuatu dengan frasa-frasa sederhana kayak: not necessarily, not a chance, i think otherwise, dan yang lainnya. 

Buat selengkapnya, elo bisa catat dari gambar di bawah!

Simple ways to express disagreement.
Macam-macam frasa yang digunakan untuk menyatakan ketidaksetujuan. (Arsip Zenius)

Common Ways To Express Disagreement

Nah, ada juga nih frasa-frasa yang common digunakan untuk expressing disagreement. Yang pertama, ada frasa-frasa yang bisa digunakan kalau elo strongly disagree alias tidak setuju total.

Elo bisa menggunakan frasa kayak I totally disagree, I strongly disagree, atau that’s totally unacceptable.

Frasa-frasa di atas itu bisa digunakan dalam percakapan ringan sehari-hari, kan. Nah, gimana kalau kita lagi ngobrol sama orang yang lebih tua? Gimana sih, cara expressing disagreement dengan sopan?

Nah, ada nih. Elo bisa menggunakan frasa kayak I am afraid I disagree, I am sorry but I don’t agree, I’d say the exact opposite, that’s not always the case, atau that’s not always true.

Buat “I am afraid I disagree” sama  “I am sorry but I don’t agree” ini penggunaannya kayak elo slightly feeling guilty for disagreeing. Ibaratnya kayak, “yah, maaf ya kayaknya gue nggak setuju deh sama elo…”

Kalau “I’d say the exact opposite” bisa elo gunakan kalau elo yakin elo nggak setuju dan elo mau menyatakan kalau elo percaya sebaliknya. 

Nah, kalau “that’s not always the case” sama “ that’s not always true”, elo mau menyatakan kalau pendapat yang elo denger itu nggak selalu benar. Kayak, dalam beberapa kasus, pendapat itu bisa dibilang nggak valid gitu.

Baca Juga: Asking and Giving Suggestion – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Misalnya, ada yang bilang kayak gini: “I think Korean drama is too cheesy and cringe.” Terus, elo nggak setuju karena menurut elo ada drakor yang nggak kayak begitu. Elo bisa bilang, “that’s not always true. I know some Korean drama that are really good and not cringey.” 

Terus, kalau lagi ngobrol sama temen dan pengen menyatakan ketidaksetujuan, frasa apa sih yang bisa dipakai?

Elo bisa banget menggunakan frasa-frasa kayak you must be joking, are you kidding me, nothing of the kind, you’re missing the beat, atau i don’t think so.

“You must be joking” dan “are you kidding me” bisa elo gunakan kalau elo nggak setuju banget sama sesuatu dan elo nggak nyangka gitu sama pendapat yang baru aja elo denger. Kalo dalam bahasa Indonesianya mungkin kayak: “Ah, elo bercanda kali!”

Kalau “nothing of the kind” dan “you’re missing the best” ini biasanya digunakan kalau elo ngerasa suatu pernyataan itu nggak sesuai banget. Ibaratnya kayak: “Ah, perasaan nggak gitu sama sekali deh! Opini elo udah keluar jalur banget!” 

Baca Juga: Making Requests, Accepting and Declining – Bahasa Inggris Kelas 12

Idioms Used To Express Disagreement

Sama kayak expressing agreement, elo juga bisa menggunakan idiom untuk menyatakan disagreement. Elo bisa cek gambar di bawah untuk lihat lebih lengkapnya!

Idiom used to express disagreement
Macam-macam idiom yang digunakan untuk menyatakan ketidaksetujuan. (Arsip Zenius)

Asikk, udah selesai nih materinya. Biar makin mantap kita lanjut ke contoh soal agreement and disagreement kuy!

Contoh Soal

1. Minnie: “I think Dina is the best singer in this competition. She will win the award.”

Firman: “_______. I like the other contestant better.”

Minnie: “Well, we might have different tastes.”

Dalam dialog agreement and disagreement di atas, titik-titik kosong paling tepat diisi dengan…

a. Nope, you’re right, Dina’s the best.

b. I have to disagree with you. I really like Dina’s performance.

c. Yeah, I agree with you on this point.

d. Nah, I don’t think so, I don’t really like her performance.

e. Yeah, I think you’re right. Dina’s performance was awful.

Jawabannya: D.  Elo bisa lihat dari perkataan Firman yang bilang kalau dia lebih suka kontestan yang lain serta jawaban Minnie yang bilang kalau selera mereka beda, itu menunjukkan kalau Firman expressing disagreement terhadap pendapat Minnie.

2. Dan: I feel really exhausted at work this week.

Nate: We should go to Bogor tomorrow for some relaxation, then.

Dan: Wow. …. Let’s go! 

What would Dan say if he agrees with Nate?

a. You took the words right out of my mouth

b. We are not eye to eye on this

c. That’s not what I’m thinking

d. Interesting, but nope

e. I love Bogor but we just went there last week, rain check?

Jawabannya: A.  Elo bisa lihat kalau Dan sudah setuju dengan bilang “let’s go!”. Nah, opsi B, C, dan D menyatakan bahwa dia ga setuju. Pada opsi E, Dan bilang kalau dia suka Bogor, tapi dia ga akan kesana karena dia baru aja ke Bogor minggu lalu. Dan ”Rain check?” adalah istilah untuk menunda suatu kegiatan.

Nah, segitu dulu pembahasan kita kali ini. Mudah-mudahan elo setuju sama gue kalau habis baca tulisan ini elo jadi makin paham sama materi agreement and disagreement! Hehehe. 

Kalau elo mau lanjut belajar materi Bahasa Inggris kelas 11 yang lain, elo bisa banget liat di sini. Materi ini juga bisa elo temukan versi videonya dengan klik banner di bawah. See you

Expressing Agreement & Disagreement - Materi Bahasa Inggris Kelas 11 17

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Expressing Agreement & Disagreement - Materi Bahasa Inggris Kelas 11 18

Reference: 

Oxford Learner’s Dictionaries from Oxford University Press. Accessed online on July 1st 2022 from https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/agreement?q=agreement

Oxford Learner’s Dictionaries from Oxford University Press. Accessed online on July 5th 2022 from https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/disagreement?q=disagreement 

Bagikan Artikel Ini!