mata pelajaran smp kelas 7

Daftar Mata Pelajaran dan Materi Kelas 7, 8, dan 9 SMP Lengkap

Buat elo yang saat ini duduk di bangku SMP dan sedang mencari informasi mengenai mata pelajaran SMP kelas 7, kelas 8 sampai pelajaran kelas 9 SMP lengkap dengan materi yang akan dipelajari, maka artikel ini merupakan sumber informasi tersebut.

Nah, kali ini gue bakal bahas daftar mata pelajaran dan materi pelajaran SMP dari kelas 7 sampai kelas 9. Jadi, Sobat Zenius yang emang lagi cari tahu mengenai hal ini, simak terus artikel ini sampai habis, ya!

4 Mata Pelajaran SMP yang Wajib Diketahui

Sobat Zenius, perlu elo ketahui bahwa ada empat mata pelajaran SMP kelas 7, kelas 8 sampai pelajaran kelas 9 SMP yang wajib dan pasti bakal elo pelajari. Nah, apa saja sih keempat mata pelajaran wajib tersebut?

Berdasarkan kurikulum 2013 revisi, empat mata pelajaran SMP yang wajib dipelajari itu adalah Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Tentu elo udah familiar banget kan sama mata pelajaran tersebut. 

Nah, karena sudah tahu apa saja mata pelajaran SMP yang pasti akan elo pelajari dari kelas 7 sampai kelas 9, selanjutnya, gue bakal bahas apa saja materi pelajaran SMP yang ada di masing-masing kelas. Check it out!

mata pelajaran smp
Illustrasi siswa sedang belajar (Dok. Freepik.com)

Materi Pelajaran SMP Kelas 7

Nah, elo bakal belajar beberapa mata pelajaran SMP kelas 7 di antaranya seperti yang sudah disebutkan, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Lalu, apa saja ya materi pelajaran SMP kelas 7 untuk mata pelajaran tersebut?

Pada materi pelajaran SMP kelas 7 Matematika, elo akan banyak belajar mengenai bilangan, himpunan, aljabar, statistika, dan sebagainya yang bisa elo lihat dan pelajari lebih lanjut dengan mengakses link berikut:

  1. Bilangan
  2. Himpunan
  3. Bentuk Aljabar dan Operasinya
  4. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
  5. Perbandingan
  6. Aritmetika Sosial
  7. Garis, Sudut dan Hubungan Antarsudut
  8. Segiempat dan Segitiga
  9. Statistika

Selain belajar Matematika, elo yang bakal atau sedang duduk di bangku kelas 7 juga akan mempelajari beberapa topik materi pelajaran SMP untuk mata pelajaran IPA. Adapun daftar topik yang perlu elo kuasai adalah sebagai berikut:

  1. Object IPA dan Pengamatannya
  2. Klasifikasi Makhluk Hidup
  3. Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Selanjutnya ada mata pelajaran Bahasa Inggris yang akan elo pelajari di kelas 7. Materi pelajaran SMP untuk Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Expressions of Greetings, Gratitude, and Apology
  2. Asking and Giving Informations
  3. Describing Things

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran SMP yang pasti akan elo pelajari. Adapun beberapa topik materi pelajaran SMP yang tercakup dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 adalah sebagai berikut:

  1. Teks Deskripsi
  2. Teks Cerita Imajinatif
  3. Teks Prosedur
  4. Teks Laporan Hasil Observasi
  5. Buku Fiksi dan Nonfiksi
  6. Surat Pribadi dan Surat Dinas
  7. Puisi Rakyat
  8. Cerita Fabel 

Materi Pelajaran SMP Kelas 8

Selanjutnya, sama seperti saat duduk di bangku kelas 7, elo akan bertemu dengan mata pelajaran SMP kelas 8 seperti Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Tentu, materi pelajaran SMP untuk kelas 8 akan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan materi untuk kelas 7. 

Jadi, elo perlu belajar lebih ekstra untuk memahami konsep dan teori dari setiap materi di masing-masing pelajaran. Nah, apa saja materi pelajaran SMP kelas 8 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia?

Dalam mata pelajaran Matematika kelas 8, elo akan mempelajari topik materi yang lebih banyak dibandingkan di kelas 7. Untuk mempelajari apa saja topik materinya elo bisa mengakses link berikut:

  1. Pola Bilangan
  2. Koordinat Kartesius
  3. Relasi dan Fungsi
  4. Persamaan Garis Lurus
  5. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
  6. Teorema Pythagoras
  7. Lingkaran
  8. Bangun Ruang
  9. Statistika
  10. Peluang

Untuk mata pelajaran IPA kelas 8, materi pelajaran SMP yang perlu elo pelajari mencakup lebih banyak topik dibandingkan di kelas 7. Jadi, elo perlu mengeluarkan usaha lebih untuk memahami konsep dan teori dari topik-topik materi tersebut. Beberapa topik materi untuk pelajaran IPA kelas 8 adalah sebagai berikut:

  1. Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar
  2. Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari
  3. Struktur dan Fungsi Tumbuhan
  4. Sistem Pencernaan Manusia
  5. Zat Aditif dan Zat Adiktif
  6. Sistem Peredaran Darah Manusia
  7. Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
  8. Sistem Ekskresi Manusia
  9. Getaran dan Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari
  10. Cahaya dan Alat Optik

Selanjutnya, daftar materi pelajaran SMP kelas 8 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Showing Obligation, Prohibition, and Recommendation
  2. Short Functional Message
  3. There is, There are
  4. Comparing Things

Sama seperti materi pelajaran SMP kelas 7, di kelas 8, materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia juga mencakup jenis-jenis teks dan buku fiksi dan nonfiksi. 

Namun, selain materi tersebut, ada juga beberapa materi lain yang dibahas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 seperti yang tertera dalam list berikut ini:

  1. Teks Berita
  2. Teks Iklan, Slogan, dan Poster
  3. Teks Eksposisi
  4. Puisi
  5. Teks Eksplanasi
  6. Teks Ulasan
  7. Teks Persuasi
  8. Drama
  9. Buku Fiksi dan Nonfiksi

Materi Pelajaran SMP Kelas 9

Oke, selanjutnya, buat elo yang duduk di bangku kelas 9, materi pelajaran yang akan dipelajari akan mencakup konsep dan teori yang lebih kompleks dibandingkan di kelas 7 dan kelas 8. 

Walaupun mata pelajaran SMP kelas 9 yang akan dipelajari sama, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, namun beberapa materi pelajarannya tentu berbeda. 

Nah, apa saja daftar materi pelajaran SMP yang akan elo pelajari selama menjadi siswa kelas 9? Simak penjelasan berikut ini.

Pada mata pelajaran Matematika kelas 9, walau materi yang dipelajari lebih sedikit dibandingkan di kelas 7 dan kelas 8, namun materi-materi tersebut memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Elo bisa pelajari materi mata pelajaran SMP kelas 9 untuk Matematika dengan mengakses link berikut:

  1. Pangkat (Eksponen) Bilangan Bulat dan Bentuk Akar
  2. Persamaan dan Fungsi Kuadrat
  3. Transformasi
  4. Kesebangunan dan Kekongruenan
  5. Bangun Ruang Sisi Lengkung

Selanjutnya, materi pelajaran SMP untuk mata pelajaran IPA akan lebih banyak membahas sistem reproduksi, pewarisan sifat, bioteknologi, dan sebagainya. Elo bisa lihat daftar lengkap dari materi IPA yang akan dibahas di kelas 9 sebagai berikut:

  1. Sistem Reproduksi pada Manusia
  2. Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan
  3. Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
  4. Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan
  5. Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi
  6. Bioteknologi Pangan
  7. Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 9, materi yang akan elo pelajari mencakup expressing hope, wish, and congratulations, showing attention, procedure text, dan sebagainya yang bisa elo pelajari lebih lanjut dengan mengakses  link sebagai berikut: 

  1. Expressing Hope, Wish, and Congratulation
  2. Showing Intention, Purpose, and Agreement
  3. Reading Labels
  4. Procedure Text
  5. Modals and Passive Voice

Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9, elo akan belajar lebih banyak mengenai berbagai macam jenis teks dan juga buku fiksi dan nonfiksi. Berikut informasi dan daftar materi pelajaran SMP untuk Bahasa Indonesia yang akan elo pelajari di kelas 9. 

  1. Teks Laporan Percobaan
  2. Teks Cerita Pendek
  3. Teks Tanggapan
  4. Teks Diskusi
  5. Teks Cerita Inspiratif
  6. Buku Fiksi dan Nonfiksi

Nah, Sobat Zenius, itulah daftar untuk materi pelajaran SMP yang wajib elo pelajari selama tiga tahun. Buat elo yang mau mempelajari materi-materi di atas lebih lengkap dengan kelas interaktif yang seru, elo bisa ikut program Aktiva Sekolah dari Zenius. Caranya elo cukup klik banner di bawah ini ya!

Langganan Zenius

Seperti yang sudah gue bahas, mata pelajaran SMP kelas 7, kelas 8 sampai pelajaran kelas 9 SMP akan tetap sama di setiap tingkat kelasnya, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, namun, tentu saja dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Semoga informasi ini dapat membantu elo untuk mempersiapkan diri sebagai siswa SMP. 

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius

Originally published: December 22, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!