Pendiri Sumber Sejarah dan Runtuhnya Kerajaan Kediri

Pendiri, Sumber Sejarah, dan Runtuhnya Kerajaan Kediri – Materi Sejarah Kelas 10

Halo, Sobat Zenius! Elo pernah dengar nggak tentang Kerajaan Kediri? Sebagai salah satu kerajaan bercorak Hindu yang ada di Indonesia, kisahnya pun menarik untuk dibahas, nih. Kenapa? Soalnya, kisah Kerajaan Kediri ini nantinya akan berkaitan dengan kisah kerajaan-kerajaan Hindu lainnya, seperti Singasari dan Majapahit

So, bagaimanakah sejarah dari kerajaan yang sudah berdiri sejak abad ke-12 ini? Yuk, simak sampai selesai!

Sejarah Kerajaan Kediri

Berdirinya Kerajaan Kediri berawal dari pembagian kerajaan yang dilakukan oleh Raja Airlangga. Tujuannya yakni untuk menghindari pertikaian nih, guys! 

Raja Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian yakni Kerajaan Panjalu (Kediri) untuk Samarawijaya dan Kerajaan Jenggala (Kahuripan) untuk Mapanji. 

Nah, dari sini bisa dikatakan kalau Samarawijaya merupakan pendiri Kerajaan Kediri sekaligus raja pertamanya. 

Kerajaan Kediri sendiri terletak di dekat sungai Brantas meliputi Kediri dan Madiun, dan ibu kotanya disebut Daha. Sementara itu, kalau ibu kota Kerajaan Jenggala disebut Kahuripan.

Biar nggak bingung, coba deh elo lihat peta wilayah Kerajaan Kediri di bawah ini!

Peta Wilayah Kerajaan Kediri
Peta Wilayah Kerajaan Kediri. (Dok. Wikimedia Commons)

So, bagaimanakah dengan wilayah persebaran Kerajaan Kediri? 

Pada awalnya, Kerajaan Kediri hanya berpusat di daerah Kediri dan Madiun saja. Tapi, pada akhirnya wilayah Jenggala nanti juga akan dikuasai oleh Kerajaan Kediri nih, guys. Jadi, jangan heran ya, kalau nanti hampir seluruh wilayah Jawa Timur dikuasai oleh Kerajaan Kediri. 

Oke, sekarang lanjut ke sumber-sumber yang berkaitan dengan Kerajaan Kediri. 

Salah satu sumber sejarah Kerajaan Kediri yakni kitab Bharatayudha. Pada kitab ini diceritakan kalau Jenggala dan Kediri akan terus berkonflik. Alasannya yakni karena kedua kerajaan ini ingin menguasai wilayah satu sama lain. 

Kerajaan Kediri termasuk dalam materi Kerajaan Hindu Buddha. Kamu bisa pelajari sejarah kerajaan lainnya di sini: Daftar Kerajaan Maritim Hindu Buddha di Indonesia.

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri runtuh saat terjadinya Pertempuran Ganter pada tahun 1222 M. Peperangan ini merupakan perang antara Kertajaya melawan kaum Brahmana dan Ken Arok. Nah, menurut elo apa sih yang melatar belakangi terjadinya pertempuran ini?

Jadi, ini semua berawal dari keinginan Kertajaya yang ingin disembah layaknya Tuhan oleh para kaum Brahmana. Hal ini tentu saja memicu kemarahan kaum Brahmana. 

Seperti yang elo tahu, kaum Brahmana merupakan orang-orang yang mengerti tentang agama. Jadi nggak heran kan, kalau mereka nggak setuju dengan Kertajaya. Karena menurut kaum Brahmana yang pantas disembah adalah Tuhan, bukan malah Raja Kertajaya. Pada akhirnya, kaum Brahmana pun meminta pertolongan pada Ken Arok untuk melawan Kertajaya. 

Setelah melalui peperangan panjang, akhirnya Kerajaan Kediri pun runtuh. Kemudian, kaum Brahmana pun memberikan gelar raja kepada Ken Arok. So, inilah awal mula Ken Arok mendirikan Kerajaan Singasari. 

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Kediri
Ilustrasi (Dok. Pixabay)

Kehidupan Kerajaan Kediri

Lantas, bagaimana sih kehidupan agama dan ekonomi Kerajaan Kediri?

1. Kehidupan Agama Kerajaan Kediri

Kalau ngomongin kehidupan agama Kerajaan Kediri, sebenarnya bisa elo lihat dari peninggalannya. Peninggalannya itu bisa berupa candi, arca, dan lainnya. 

Beberapa candi yang lahir pada masa Kerajaan Kediri antara lain Gurah dan Tondowongso. Nah, kalau dilihat dari peninggalannya ini, banyak masyarakat Kerajaan Kediri yang menganut agama Hindu Siwa. 

Sebab, candi Gurah dan candi Tondowongso merupakan candi yang bersifat Hindu. Sehingga, bisa disimpulkan kalau mayoritas masyarakat Kerajaan Kediri beragama Hindu. 

Pelajari selengkapnya tentang Pengaruh Peradaban Hindu Buddha di Indonesia lainnya di artikel ini: Pengaruh Peradaban Hindu-Buddha di Indonesia di Berbagai Bidang.

2. Kehidupan Ekonomi Kerajaan Kediri

Terus, kalau kehidupan ekonomi Kerajaan Kediri kira-kira gimana, ya? Well, Kerajaan Kediri merupakan kerajaan yang bercorak agraris dan maritim. 

Banyak rakyat Kerajaan Kediri yang bekerja sebagai petani. Kenapa? Soalnya, seperti yang kita tahu, pulau Jawa itu terkenal dengan kesuburan tanahnya. 

Di sisi lain, masyarakat kerajaan yang tinggal di tepi pantai lebih memilih fokus pada sektor perdagangan dan pelayaran. 

Silsilah Kerajaan Kediri

Silsilah Kerajaan Kediri.
Silsilah Kerajaan Kediri. (Arsip Zenius)

Seperti yang elo lihat pada gambar di atas, raja pertama Kerajaan Kediri adalah Sri Samarawijaya. Kemudian, berlanjut ke Sri Jayawarsa dan ke Bameswara. Setelah masa pemerintahan Bameswara selesai, kemudian digantikan oleh Jayabhaya. 

Nah, pada masa pemerintahan Jayabhaya inilah Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaan. Kenapa?

Pertama, ia berhasil mempersatukan Kerajaan Jenggala dengan Kerajaan Kediri. 

Kedua, pada masa pemerintahan Jayabhaya Kerajaan Kediri mulai memiliki Angkatan Laut. 

Ketiga, yakni Jayabhaya fokus pada sektor agraris dan maritim sehingga menyebabkan sektor ekonomi meningkat.

Setelah masa pemerintahan Jayabhaya berakhir, kemudian digantikan oleh Kameswhara. Raja Kameswhara sempat menikah dengan Candrakirana yang merupakan putri keturunan Kerajaan Jenggala. Sehingga, menyebabkan kekuatan Kerajaan Kediri bertambah. 

Selain itu, pada masa pemerintahan Kameswhara seni sastra juga berkembang pesat, lho. Misalnya, banyak pujangga-pujangga yang lahir dan kebebasan dalam mengembangkan seni sastra. 

Lanjut, ke raja terakhir dari Kerajaan Kediri yakni Kertajaya. Pada masa pemerintahan Kertajaya, Kerajaan Kediri mengalami kemunduran nih, guys!

Sebab, gaya kepemimpinannya banyak ditentang oleh rakyatnya sendiri, terutama karena ia ingin disembah layaknya dewa atau Tuhan.


Materi Video Silsilah Kerajaan Kediri (Panjalu)

Buat yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, kamu bisa pelajari ulang mengenai Silsilah Kerajaan Kediri di web Zenius. Jangan lupa login dulu ya, buat mengaksesnya!


cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Soal Sejarah Kerajaan Kediri 

  1. Dalam pertempuran Ganter, kaum Brahmana dibantu oleh seorang tokoh yang nantinya menjadi raja Singasari, yaitu ….

A. Tohjaya
B. Ken Arok
C. Anusapati
D. Ken Dedes
E. Mpu Gandring

Jawaban:

Pertempuran ini terjadi di Desa Ganter di mana kaum Brahmana meminta bantuan Ken Arok. Pertempuran ini dimenangkan oleh Ken Arok dan kaum Brahmana, kemudian berakhir dengan berdirinya Kerajaan Singasari.

Jadi, jawabannya adalah B.

Itu dia guys, sejarah Kerajaan Kediri. Sekarang, elo udah paham kan bagaimana kehidupan Kerajaan Kediri, bagaimana perkembangan seni sastra pada masa Kerajaan Kediri, hingga kenapa Kerajaan Kediri runtuh.

Well, kalau elo mau tahu kelanjutan kisahnya atau ingin tahu kisah kerajaan lainnya, yuk tonton videonya di aplikasi Zenius dengan cara klik banner di bawah ini!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius

Bagikan Artikel Ini!