Gimana Cara Mengerjakan Soal TPA Tipe Aritmetika?

Gimana Cara Mengerjakan Soal TPA Tipe Aritmetika?

Haloo.. kali ini gue mau ngebahas sedikit tips cara menjawab soal TPA SBMPTN yang tipe aritmetika, atau matematika yang dasaaar banget, yang sebenernya nggak butuh rumus apa-apa, tinggal lo pikirin dikit, langsung bisa jawab. Tapii, sebelum kita bahas tipsnya, gue mau nanya dulu nih.

Ada nggak di antara lo yang masih selalu ngitung perkalian yang lebih dari 1 digit dengan cara bersusun ke bawah? Pernah nggak nyobain cara lain dalam menghitung perkalian, pembagian, kuadrat, dll?

Nah, buat lo yang nggak pernah nyobain cara-cara lain dalam menghitung, lo sebaiknya buang sementara cara berhitung yang biasa lo lakuin, dan mulai latihan untuk nemuin cara lain dalam berhitung. Okee?! Di zenius.net ada kok video rekamannya Sabda PS yang ngajarin kita buat ngitung dengan kreatif, tanpa cara bersusun atau yang coret-coret mekanis lainnya. Lo bisa liat videonya di sini nih:

TPA-ARITMETIKA

Skill berhitung ini penting banget loh untuk lo kuasain karena dengan lo latihan untuk menghitung dengan cara kreatif terus-menerus, lama-lama lo bisa ngitung tanpa coret-coret lagi, dan pastinya itu bisa ngirit waktu banget. Mungkin awalnya buat lo yang belom biasa, lo merasa caranya lebih lambat dan susah, tapi nggak apa-apa, terusin aja. Di awal emang rada lama, tapi seperti biasa, dengan latihan terus lo bakal semakin lancar dan nantinya ngitungnya bakal ngebut banget.

Yang gue maksud dengan cara ngitung kreatif itu contohnya yang simpel-simpel gini:

Misalnya 12 x 25, kalo tanpa bersusun ke bawah, lo kan bisa bikin 25 nya jadi 100/4 di mana 12 dan 4 nya bisa lo coret, sama-sama lo bagi 4 dan langsung dapet hasilnya 300.

 \begin{align} 12 \times 25 &= 12 \times \frac{100}{4} \nonumber \\ &= 3 \times 100 \nonumber \\ &= 300 \end{align}

Yaa semacam itulah contohnya, ada lumayan banyak tuh latihannya di link video di atas. Buka deh, dan khatamin ya. Kalau udah lancar, kita lanjut. Di sini gue akan kasih beberapa contoh soal TPA jenis aritmetika. Sebelum kita lihat soal-soalnya, ada tips penting nih: Kunci supaya lo bisa cepet ngejawab soal mat di TPA adalah JELI! BUKAN TELITI ya, tapi JELI. Untuk tau apa maksudnya "jeli", kita lihat langsung aja nih soal-soalnya.

Contoh soal (1):

TPA aritmetika soal nomor 1

Sederhana banget nih soal. Biasanya, pas ngeliat pertama, tanpa mikir panjang, kita suka gatel buat langsung coret-coret untuk nyari cd-nya berapa. Baru nanti cd dikali dengan 639. Tapi, kalo lo jeli, lo nggak perlu melakukan itu dan bakal jauh lebih ngirit waktu. Lo liat deh. Coba kira-kira gimana caranya supaya kita bisa dapet jawabannya tanpa ngitung cd?

Kalo lo udah pengen liat jawabannya, lo klik tulisan ini:

KLIK TULISAN INI UNTUK LIHAT JAWABANNYA

JAWAB:

639 kan 3 kalinya dari 213. Jadi bisa dong langsung dapet tanpa harus nyari cd. Ya kan?

Kalo lo masih bingung, bisa liat pembahasannya di link ini, nomer 39. 

Contoh lagi nih. Contoh soal (2)

TPA Aritmetika soal nomor 2

Ini juga biasanya gatel pengen langsung ngitung, padahal dengan lo liatin aja, udah bisa langsung ketemu jawabannya. Hehe. Coba deh, lo pantengin soal ini tanpa coret-coret. Bisa ketemu jawabannya nggak?

KLIK TULISAN INI UNTUK LIHAT JAWABANNYA

JAWAB:

Yak jawabannya E.

Kita bisa tau dari soal kalo sudut B itu siku-siku, jadi sudut CAB dan ACB masing-masing PASTI <90˚. Yaudah deh kalo gitu sudut ACD sebagai pelurusnya pasti >90˚, dan satu-satunya pilihan jawaban yang membuat 4x jadi sudut tumpul adalah E. 🙂 

Yuk lagi.. Contoh soal (3)

TPA Aritmetika soal nomor 3

Nah, ini bisa nggak? Bisa dong ya, harusnya. Tinggal untuk yang atas, luas ½ lingkaran yang gede (yang diameternya AD) dikurangin luas ½ lingkaran yang kecil (diameternya AC), yang bawah juga gitu. Luas ½ lingkaran yang diameternya CE dikurang yang diameternya DE. Kalo udah, semuanya digabung deh. Tapi, apakah itu cukup mudah dikerjainnya? Coba lo langsung coret-coret. Pasti bakal ribet dan panjang banget.

"Gimana dong cara mengakalinya?"

Tips lagi nih. Kalo nemu soal mat di TPA yang ngitungnya panjang dan kusut gini, pasti ada cara yang jauh lebih sederhana. Intinya, lo harus males ngitung deh, biar nemu cara simpelnya gimana. Hehe. Udah bisa belom? Coba lo hayati sedikit lagi.

KLIK TULISAN INI UNTUK LIHAT JAWABANNYA

JAWAB:

Jawaban soal nomor 3

Biar nggak susah ngitungnya, kita bikin perbandingan aja nih. Di gambar atas, gue bikin permisalan kalo luas ½ lingkaran yang dimeternya DE (orange) adalah x. Dari situ, kita mulai bikin deh perbandingan luas ½ lingkaran lain terhadap x. Setelah itu, lo bakal dapet luas ½ lingkaran yang diameternya CE adalah 4x. Trus buat yang diameternya AC (ijo) juga 4x. Terakhir, buat ½ lingkaran yang diameternya AC luasnya adalah 9x.

Jadi jauh lebih simpel kan, tinggal kita itung deh daerah diarsir (liat spidol merah). Totalnya 8x. Kalo kita ita balikin ke awal, x= luas ½ lingkaran orange. Jadi tinggal dikali 8. Ketemu deh hasilnya. Bisa dimengerti? Kalo masih lo bingung di bagian bikin perbandingan, lo bisa latihan di sini.

Ada juga cara 1 lagi yang lebih gampang. Lo bisa masukin ½ lingkaran CDE ke atas, jadi gini deh.

Variasi soal nomor 3 TPA Aritmetika

Sama juga hasilnya 8x. Siip. 

Contoh soal no. (4)

TPA aritmetika soal nomor 4

Soal ini juga sekilas gak mungkin banget dong lo itung kan, bisa mabok. Jadi diapain nih coba? :p

KLIK TULISAN INI UNTUK LIHAT JAWABANNYA

 

JAWAB:

Kita bikin kotak-kotakan aja enaknya. Jadi, (99)99 gue kotakin. Terus jadi gini, deh,

Jawaban soal nomor 4

 

Terakhir, contoh (5)

TPA aritmetika soal nomor 5 keren

Sederhana, tapi kalo lo gak jeli bisa salah. Hehe. Coba lo kerjain deh. Yaa bolehlah ngitung-ngitung sedikit 🙂 kalo udah, lo bisa scroll lagi ke bawah ya.

KLIK TULISAN INI UNTUK LIHAT JAWABANNYA

JAWAB:

Kalo jawaban lo A atau B, lo masih salah nih. 🙂

Tapi, gue nggak mau bahas jawabannya yang mana. Coba deh lo diskusiin sama temen lo, atau lo kutak-katik lagi. Sebenernya nantinya pembahasannya akan ada juga di zenius.net, tapi sementara ini belom gue upload.

OKE! Jadi itu tadi ada beberapa contoh soal dan cara ngejawabnya. Yang perlu lo inget adalah lo harus jeli dan harus banget nemuin cara yang se-simpel mungkin. Karena inget loh, waktu ngerjain soal TPA dari tahun-tahun itu mepet banget, jadi jangan buang-buang waktu banyak-banyak. GOOD LUCK ya. Semoga membantu 🙂

btw buat lo yang penasaran sama pembahasan soal TPA Aritmetika dari tahun ke tahun, bisa lihat video pembahasannya di bawah ini:

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Kak Wilona tentang persiapan SBMPTN TPA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat kamu yang masih bingung gimana caranya belajar SBMPTN yang efektif, gua sangat menyarankan untuk belajar melalui zenius.net yang udah kita update dengan bahan materi SBMPTN yang paling lengkap sebagai senjata utama lo menghadapi SBMPTN 2016. Di website zenius.net, kamu bisa mendapatkan akses ke 41.000+ video pembahasan materi dan 2.500+ modul latihan soal, termasuk pembahasan soal UN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri dari beberapa Universitas ternama seperti SIMAK UI dan UTUL UGM.

CARA-BELI-VOUCHER3

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wilona adalah senior tutor TPA di Zenius Education. Wilona mengambil gelar S1 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Wilona at @wilonaarieta

  • imam fauzan

    teteh cantik no 5 nya gimana stuck mulu nih ehehe

    • shidqi

      hayangeun 😛

      • Wilona A. Gatraputri

        hehe jawabannya 5 kg 🙂

        • imam fauzan

          teteh caranya gimanaa, upload doang di zenius hehehe

  • Darien Theodric

    2 kg kan ya?

    • Wilona A. Gatraputri

      masih salah.. hehe jawannya 5 kg 🙂

      • Shabrina Mardhi Dalila

        Saya kira jawabannya 9 kg.
        10 kg = 90%(10kg) + berat non air
        Berat non air = 1 kg
        Yg kedua, kadar air menjadi 80%, berarti
        Berat air kedua = 80%(10kg) = 8 kg
        Berat total kedua = 8 kg + 1 kg = 9 kg

        Atau saya logika saja, jika kandungan air kedua adalah 80℅ dari berat pertama, maka berat total seharusnya di atas 8 kg. Bagaimana bisa mendapatkan 5 kg? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

        Btw bermanfaat sekali soal-soalnya 😀

  • faizalalhas

    5 . Berat total = Air + x
    10 = 90%(10) + x
    x = 1
    Sampai rumah :
    Berat total = 80%(Berat total) + x
    20%(Berat total) = 1
    Berat total = 5

    • sssss

      Ngaco

      • Wilona A. Gatraputri

        yup bener jawabannya 5 kg. 😀

        • Gilang Ardya

          Mungkin air di semangkanya menguap di perjalanan ya, hehe.
          ohya kak, di soal-soal TPA saya nemu model yang urutan itu, misal urutan orang cantik dan pintar yang dibuat dalam paragraf bukan tabel, subjeknya sampai 5 orang lagi. Dan saya merasa ngerjainnya nggak efektif banget dibanding soal TPA lain yang bisa jauh lebih cepet, ada saran kak?

    • Wilona A. Gatraputri

      siip 🙂

      • Surya Tresno

        oh gitu , Jadi kalo airnya tinggal 20% ,Berat semangka jadi 1,25 KG ya? 4a/5 = 1 ==> a=5/4 kg

    • Guest

      Bang itu 20% dari mana?
      Belum paham

      • idrus wandi

        awalnya 100%, jadi 100-80 = 20%

  • Nauvaldi Ryantama Rosyidi

    Kak request dong kak, blog selanjutnya ngebahas tentang ningkatin pede saat ngerjain soal sbmptn/cara biar punya mental yang oke saat ngadepin soal sbmptn hehe thanks kakkk

  • Alfredo Cardo

    menurut ane nih pembahasan no 5:

    awal:
    10 = 90%(10)+ x
    10 - 9 = x --> (massa kadar air awal = 9 kg)
    x =1

    akhir:
    berat akhir = 80%(kadar air awal) + x

    = 80%(9 kg) + 1 kg = 7,2 kg + 1 kg = 8,2 kg

    • Wilona A. Gatraputri

      nah masih salah nih. kalo lo ngitungnya gini brarti 80% nya dari 80 persen kadar air awal. padahal harusnya kan 80% itu dari total berat semangka seluruhnya 🙂 dikit lg bener ini. hehe

      • Fiana HruesJd OrgSukses

        berat awal semangka(s) yg tdk mengandung kadar air
        100%-90%= 10%×10(berat s)=1

        berat total s saat di rumah
        100%-80%=20%

        20%×(berat s dirmh)=1
        berat s dirmh= 1/20%= 5kg

  • Rizaldi Prasetya

    kak tutor zenius, mau usul. gmana kalo disetiap subbab/bab video zenius dicantumin durasi video di dalemnya. jadi -para pejuang SBMPTN- lebih bisa ngira2 waktu yg diperluin buat nguasain bab/subbab itu. (kalo bisa pembahasan soal jg dicantumin ini)
    thx a lot

    • pesjay

      up!! up!!

    • Glenn Ardi

      Nanti akan coba diusahakan yah, thanks atas masukannya

      • Sidik Mustofa

        belum juga ya kak. hehehe

    • Gita

      SETUJUUUUU

  • Annisa

    Mantap kak! 😀 Kak Wilona, mau req nih. Coba share trik ngerjain SIMAK UI dong, khususnya di IPS Terpadu. Jujur aja, gue blom dapet konsepnya. Makasih kak 🙂

  • andisyafrianda

    saya ragu... saya rasa jawabannya D
    karena Getaran akibat adanya gerakan, Berbau akibat adanya Kotoran
    tapi di pembahasan B, alasannya saya kurang paham
    mohon bantuan kk atau teman2

    soal TPA tahun 2012
    https://www.zenius.net/cg/202/pembahasan-tpa-snmptn-2012

    gerakan : … = kotoran : …

    (A) Diam - sapu
    (B) Dinamis - limbah
    (C) Putaran - tercemar
    (D) Bergetar - barbau
    (E) Berpindah - pupuk

  • ALJABAR

    nomor 5 . ga ada jawabannya ya?
    x=10kg -(10%*90%*10kg)
    x=9,1kg

    • Wilona A. Gatraputri

      jawabannya 5 kg 😀

  • Zahra

    apa jawabannya 2 kg ya kak?
    tolong segera di share ya kaak jawabannya. penasaran bgt nih :3

    • Wilona A. Gatraputri

      sorry br sempet bales.. jawabannya 5 kg 😀

  • RIFALDY FAJAR

    Hehehe

  • ogik

    nomor 5 itu 2 kg?

    • Wilona A. Gatraputri

      masih salah 🙂 tuh di atas ada yg udh bener jawabnya.. hehe

  • ddery

    90% berarti 9kg air 1kg padet
    Ternyata cuma airnya doang yg berkurang, jd 80%
    80% berarti 20% padet, karena padetnya tetep(cuma air yg berkurang), jadi 20% padet tuh 1 kg, jadi total berat 100/20*1=5kg

    Ato

    90% -> 90%air 10%padet
    80% -> 80%air 20%padet
    Karena cm airnya doang yg ilang berarti 20% tu nilai beratnya sama kyk 10%. 10% tu 1kg, 20% jg 1kg. Beratnya jadi 20/100=1/x
    x=5kg

  • arvin zk

    haha iya iya no.5 jawabannya 5 sob daritadi ngerjain baru aja ketemu, haha,
    keren soalnya... sepp dah

  • Adjidony

    kalo kak wilona jadi guru di sekolah,diajarin 18 jam masih kuat kayaknya.wakakakak

  • Banar

    logika aja sih,
    berat awal 10kg, kadar air 90% (daging buah 10%) artinya daging 1 kg, air 9kg

    waktu sampe rumah, air jadi 80%. daging buah secara kuantitas ngga ngurag, tapi persentase jadi 20%, which mean 1kg = 20%

    100% = 5kg

  • Goesty Randu

    kak TPA soal pola gambar masuk gk ya?

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    Kak Wilona, soal nomor 5, kalau diubah soalnya jadi

    Si Gendut membeli semangka di pasar dengan seberat 9 kg dengan kandungan air di dalamnya 75%

    Ketika sampai di rumah, kadar air dalam semangka tersebut berkurang menjadi 45 %

    Berapa Kg-kah berat semangka tersebut setelah sampai di rumah?

    ^
    ^
    ^
    Ini cara penyelesaiannya sama nggak dengan soal nomor 5?
    Terus kalau caranya sama, jawabannya berapa kak?

    • Mohamad Arif Pramarta

      kayaknya sama dah. kalo pas di pasar 9 kg dgn kandungan air 75% berarti 25% itu tidak mengandur air (diumpakan x). x = 1/4 x 9 kg = 9/4 kg

      saat sampai dirumah. kadar air menjadi 45% otomatis bagian yang tidak mengandung air sebanyak 55% = x

      55% = 9/4 kg
      110 % = 18/4 kg = 4,5 kg
      100 % = 4,09

  • Ina Inayah Fikriah

    10 = 90%.10 + x
    10 = 9 + x
    x = 1 Kg

    Berat Total 2 = 80%.Berat Total 2 + 1
    BT2 - 80%BT2 = 1
    20%BT2 = 1
    20BT2 = 100
    BT2 = 100/20 = 5 Kg
    Jadi, Berat Total Semangka nyampe rumah 5 Kg

    • April Nica

      thank you jawabannya. bisa ngerti krna cara ini

    • Khamad Ali

      Yang saya bingung -> 80% x berat total 2 , berat total akhir kn blm diketahui?
      Jadi -> berat total 2 = (80% x berat total 2) + (10% x berat total 2)
      Logisnya sih kn 80% air itu dari total awal 90% berkurang 10% dihitung dri berat total awal.
      Seharusnya kan -> berat total 2 = (80% x berat total 1) + (10% x berat total 1)

      Misal aja situ beli kelereng 10, kelereng besar 9 dan kelereng kecil 1. Sampe dirumah kelereng besar sisa 8, lah yg satu kemana? entah jatuh dsb. Nah total yg tadinya 100% jadi 90% berati berkurang 10% kan? Trus tgl hitung deh. total akhir berati 100% dri keseluruhan perolehan perhitungan tsb.
      CMIIW

  • kalo 10 kg dan isinya air semua 90 persen, artinya 1 kilo isi buah dan 9 lagi isinya air semua LOOOL
    Terus setiba nya di rumah, kadar airnya jadi 80 persen, maka jika kita ambil angka 100, maka setiap air yg adalah 4 dari 80. Ya udah tambahin aja 1+4 berarti daging semangka nya 5 kilo. Wkakak semangka apaan isinya air semua LOOOL

  • Erick Alexander

    kak, kayaknya nomor 5 kata -katanya rancu yg 80%
    mestinya tidak ada "menjadi"

  • Kevin Valentino Panjaitan

    Help Me Kak Wilonaaa.. 10% nya jadi Gas, atau apa?
    Mungkin kalau pertamanya 90% Es + 10% Buah masih masuk akal, karena dibawa pulang, mencair menjadi 80% Es + 10% Air + 10% Buah.

  • Kevin Valentino Panjaitan

    Help me kak wilona...
    Mungkin kalau diketahuinya 90% Mengandung Es + 10% Buah ( Emang ada Semangka isi Es? masukin freezer mungkin ? :v ) . Nah, sewaktu dibawa pulang...eh jadinya cuma mengandung 80% Es + 10% Air + 10% Buah, karena dibawa pulang esnya mencair...

    Yang gw bingung adalah, kalo gw bawa semangka beneran, 90% Air + 10% Buah, Menjadi 80% Air + 10% Buah ( yang diketahui kan, "Kadar air menjadi 80%", kesimpulan/logisnya berarti 80% Air + 10% Buah dong, ya ngga?, trus yg 10% lagi ngungsi kemana?, apa Mungkin 10%nya malah madet menjadi 20%? )

    Cobain/bayangin aja klo lu bawa semangka beneran yang kek gini, 10%nya ilang kemana @_@

    Kalo jawaban total gue setelah dibawa kerumah ada beberapa jawaban :
    1. kalau ditanya air doang ( 8kg )
    2. kalau ditanya buah doang ( 1kg )
    3. kalau ditanya total ( 9kg )

    Nah, yang ditanya Berat SEMANGKA Nih, berarti berat TOTAL yang ada didalam semangka kan?
    gw jawabnya 9Kg, ( tapi, ntah 1Kg itu Bocor atau gimana )

    Saya juga lihat nih dikomentar, jawabannya 5kg, itu berat TOTAL Yang ada didalam Semangka, Atau BUAHNYA Doang? atau Airnya Doang?
    Kalau 5kg Buahnya Doang, Berarti Perbandingannya 50% Buah:50% Air = 100% Semangka
    Kalau 5kg Airnya Doang, Berarti Perbandingannya tetep 50% Air : 50% Buah = 100% Semangka

    • Khamad Ali

      Ane setuju sama nt..
      Logisnya >>
      Berat Awal = 90% air (9kg) + 10% padat (1kg)
      Nah pas dibawa pulang airnya berkurang jadi 80%, karena totalnya 100% pertanyaannya hanya air yg berkurang yaitu 10% berati jadi 80%. Dalam kasus ini berati padat tetap 10% dong? Dimana ini hanya berkurang jadi 10% + 80% = 90%.
      Menghitung kandungan air -> 80% (air) x 10kg (berat total awal) = 8 kg (air)
      Menghitung padat -> 10% (padat) x 10kg (berat total awal) = 1kg (padat(tetap))

      Menghitung berat total keseluruhan -> 8kg (air) + 1kg (padat) = 9kg (total akhir)

      Tinggal kalikan 100% aja maka total tetap sama.

  • Megaria Palumpun

    kak, internetku lemot buka video ._. tapi aku mau nanya, itu yg soal nomer 5 caranya : 10kg kan 9 : 1, kalo x kg 8 : 2, disederhanain jadi 4:1, klo ditmbah 4+1=5 kg.. gitu kak?

  • Nisa Atul

    canggih 🙂

  • kak, https://www.zenius.net/c/825/inductive-reasoning-soal yg no 12-14,videonya g sesuai sama soalnya kak,tlg di revisi ulg ya kak, makasih:)

  • kak, video pembahasan no 13-15 kok beda sama soalnya ya? ini linknya https://www.zenius.net/c/955/algebra-and-arithmetics-soal-aljabar-1

  • Aulya S. Wataawa

    mba kalo ngitung persenan gmna ya mba? kayak misalnya 99% dari 0.121212 gitu.. caranya gmna?

  • cynthia

    Kak wilona, aku selalu bingung nih sama soal yg angkanya loncat2 gituu, boleh minta penjelasanya kak? 😀

  • emil ilyas

    ka contoh soal 1 ko ga ada 1278 ? bingung 🙁