Panduan TPS UTBK – Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Panduan TPS UTBK – Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Halo Sobat Zenius, sudah siap menghadapi UTBK 2022? Biar persiapan elo makin maksimal, kali ini gue akan membahas materi Tes Potensi Skolastik (TPS), khususnya materi pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK. 

Tapi, ngomong-ngomong elo udah pada tahu belum apa itu PBM sebenarnya?

Kepanjangan PBM adalah Pemahaman Bacaan dan Menulis, materi ini adalah salah satu materi yang muncul pada soal TPS UTBK. 

Nah, kalau mengacu ke UTBK TPS 2021 kemarin. Secara garis besar, ada empat materi yang diujikan di TPS. Keempat materi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan Penalaran Umum (PU).
  2. Kemampuan Kuantitatif (PK).
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU). 
  4. Kemampuan Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM).

Selain membahas apa itu PBM, lo boleh baca-baca dulu nih artikel tentang Tes Potensi Skolastik ini: Panduan Belajar UTBK TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), TPS Penalaran Umum, dan TPS Pengetahuan Kuantitatif. Yah, itung-itung buat nambah referensi persiapan UTBK SBMPTN.

Nah, setelah elo paham mengenai Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, dan Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), sekarang waktunya elo memahami Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM).

Kalau gue boleh tanya, dari namanya elo tentu sudah bisa nebak kan apa itu PBM? 

Yap, betul sekali, PBM merupakan jenis soal yang membutuhkan kemampuan membaca dan menulis yang baik. 

Biasanya, tanda yang paling umum pada jenis ini, salah satunya ketika elo menemukan pertanyaan yang mengandung kalimat “Bacalah teks di bawah ini dengan seksama”.

Elo pasti pernah kan nemuin soal-soal dengan instruksi semacam itu? Contoh lainnya lagi ketika ada pertanyaan yang mengandung kalimat “Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas?”. 

Biasanya, pertanyaan semacam ini memerlukan pemahaman yang baik terhadap isi atau konteks bacaan.

Memang sih, soal PBM biasanya nggak jauh berbeda dengan PPU (yang ujung-ujungnya tetap membaca), tetapi soal PBM adalah soal yang memiliki ciri khasnya sendiri. 

Kalau PPU menggabungkan kemampuan membaca dan kemampuan logika, PBM lebih berfokus pada “teknik” dalam bahasa Indonesia. Singkatnya, PBM adalah soal yang isinya teori banget. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Kenapa PBM Harus Diujikan di UTBK?

Sebagian dari elo mungkin pernah punya pertanyaan semacam ini kan? Intinya soal-soal terkait materi pemahaman bacaan dan menulis adalah soal yang ditujukan untuk mempersiapkan calon mahasiswa, biar lebih terbiasa dengan mata kuliah di Kampus.

Karena berbeda dengan belajar di SMA, setelah elo menyandang status mahasiswa, elo bakal ketemu sama tugas-tugas yang menguji kemampuan teoritis.

Umumnya, tugas kuliah memerlukan jenis tulisan yang formal, lengkap dengan struktur kalimat yang benar, dan sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia (KBBI).

Karena PBM adalah soal yang memiliki struktur penulisan Bahasa Indonesia baku, penyelenggara UTBK menggunakan soal jenis ini untuk menilai lebih dalam kemampuan calon mahasiswa.

Tapi ingat, walaupun menguji kemampuan Bahasa Indonesia yang benar, soal PBM UTBK bukan berarti jenis soal yang diujikan seperti materi dasar Bahasa Indonesia, lho. 

Jenis dan tipe soal yang diujikan tetap merujuk pada tipe ujian masuk perguruan tinggi. Dan karena alasan inilah pemahamaan bacaan dan menulis elo harus meningkat supaya bisa menjawab soal-soal ini di UTBK nanti. 

Bagaimana Sobat Zenius, sampai di sini sudah paham kan? Nah, setelah memahami apa itu PBM, berikut ini adalah daftar teori bahasa Indonesia yang masuk PBM:

  1. Penentuan Judul
  2. Kata Ganti Penunjuk
  3. Penggunaan Istilah
  4. Imbuhan
  5. Kata Hubung
  6. Ejaan dan Tanda Baca
  7. Kalimat Baku

Nah, setelah elo tau materi PMB apa aja yang sering muncul, elo bisa langsung cek materi-materi tersebut dengan Zenius, berikut ini caranya:

  1. Buka apps atau web Zenius di zenius.net
  2. Pilih menu UTBK dari menu bar di atas
  3. Pilih TPS UTBK (buka di web) atau Teori TPS (buka di apps)
  4. Pilih Penalaran Verbal (PBM & PPU)

Taraaa… elo bakal nemuin materi PBM semacam ini. Kalo dibuka lebih detail, elo bakal nemuin contoh-contoh soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK juga. 

Jadi, tidak cuma materi. Oh ya, lebih lengkap dibahas di bawah, ya. Pastikan elo baca sampai selesai tulisan ini.

Contoh Soal Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) pada UTBK SBMPTN

Dibagian ini gue akan memberikan penjelasan mengenai contoh soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK. 

Fyi, contoh soal dari materi PBM ini dilansir dari tipe soal PBM yang muncul pada UTBK tahun-tahun sebelumnya, ya.

Oke, daripada penasaran, langsung cek aja contoh soalnya di bawah ini:

Mengetahui Alasan Penggunaan Sebuah Tanda Baca

Contoh soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK yang pertama adalah tipe soal yang berisi tanda baca. 

Tipe ini akan selalu elo temukan, dari soal di UN SD sampai UTBK, lho

Kenapa bisa ya? Iya soalnya karena kemampuan menulis ragam formal sangat berguna ketika kuliah nanti. 

Coba elo lihat contoh soal yang ditulis oleh Miss. K di bawah ini. Tipe soal ini nggak cuma bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian tanda baca yang benar, elo juga harus tahu alasan penggunaan tanda baca yang digunakan pada sebuah kalimat.

Contoh Soal Materi PBM 1: 

Dia juga meneliti bahwa para penonton yang berupaya untuk menjauhkan diri dari kebiasaan tersebut nyaris tidak ada yang bisa “sembuh”. 

Alasan penulis menggunakan tanda petik dua untuk mengapit kata sembuh adalah…

  • Untuk menyiratkan bahwa kegiatan menonton secara maraton adalah sebuah penyakit.
  • Untuk menyiratkan bahwa kegiatan menonton televisi menyebabkan ketergantungan.
  • Untuk menyiratkan bahwa kegiatan menonton secara maraton dapat memberikan dampak negatif.
  • Karena ketergantungan menonton TV bisa dianggap sebagai sebuah penyakit.
  • Karena menonton secara maraton bisa dianggap sebagai sebuah penyakit.

Kira-kira jawabannya apa, guys? Kalau kalian butuh materi mengenai tanda petik ini ataupun tanda baca lainnya untuk membantu menjawab contoh soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM), elo bisa dilihat di sini, ya!: Materi Pelajaran Ejaan dan Tanda Baca: Tanda Petik Dua

Menganalisis dan Memperbaiki Beberapa Ejaan dalam Satu Bacaan

Contoh soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK yang kedua berhubungan dengan menganalisis kesalahan ejaannya. 

Coba bacalah teks di bawah ini dengan seksama, setelah itu, elo bisa memutuskan apakah akan memperbaiki atau tidak memperbaikinya. 

Supaya lebih mengerti, coba deh lihat contoh soal yang dibuat oleh Uti berikut ini:

Contoh Soal Materi PBM 2:  

Petunjuk: 
Tulisan berikut diikuti dua butir pertanyaan. Pertimbangkan kata atau kalimat pada setiap nomor yang bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan yang tersedia (B, C, D, atau E). 

Bacalah Teks di Bawah Ini dengan Seksama:

Bagi wanita dari suku Mentawai, untuk memiliki wajah cantik harus memenuhi tiga kriteria. Pertama, memanjangkan telinga, kedua, menghias tubuh dengan (4) tatto, dan ketiga adalah meruncingkan gigi. Tradisi meruncingkan gigi ini dipercaya akan menambah tingkat kecantikan wanita di (5) suku Mentawai itu.

(04)

  1. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
  2. tato 
  3. ukiran
  4. gambar
  5. lukisan

(05)

  1. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
  2. Suku
  3. Bangsa
  4. bangsa
  5. Kaum

Pada soal di atas, lo harus mengetahui apakah kata tatto dan suku sudah memenuhi syarat ejaan yang benar berdasarkan PUEBI. 

Gue paham bahwa tidak mudah untuk memahami seluruh ejaan dalam waktu yang singkat. Walaupun begitu, gue juga percaya kalian sangat semangat untuk belajar! 

Oh, ya, ejaan yang benar dapat kalian pelajari di sini: Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis – Ejaan Bahasa Indonesia

Menggunakan Imbuhan

Contoh soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK yang ketiga akan berhubungan dengan cara penggunaan imbuhan. 

Coba perhatikan teks berikut. By the way, ini paragraf dari materi PBM ini. Ngomong-ngomong, gue singkat ya biar ga kepanjangan.

Contoh Soal Materi PBM 3:

Konon, Kawa Daun muncul akibat menindas kaum kolonial Belanda. Pada masa penjajahan, seluruh hasil panen buah kopi dari Ranah Minang diekspor ke luar negeri karena harga jual yang tinggi. 

Hal itu menyebabkan warga Minang tidak dapat menikmati seduhan biji kopi, sehingga mereka mengakali dengan menyeduh daun kopi yang dipercaya masih mengandung kafein seperti biji kopi. 

Muncullah kawa daun sebagai pengganti kopi saat itu. Sampai sekarang, minuman ini masih terjaga kehangatannya. Bahkan, banyak wisatawan ke Sumatera Barat untuk mencicipi cita rasa unik kopi rasa teh ini. (Diadaptasi dari: pesona.travel)

Imbuhan yang tidak tepat pada paragraf pertama adalah…

  1. menindas
  2. diekspor
  3. menikmati
  4. mengakali
  5. Menyeduh

Menurut elo jawabannya yang mana, nih?

Perlu elo ketahui sebenernya soal yang berasal dari materi PBM adalah soal yang sebenarnya gampang dijawab apabila elo sering membaca. 

Kenapa gue bilang seperti itu? Karena terkadang soal imbuhan dapat dijawab dengan logika. Ketika elo membaca dengan hati-hati, elo akan merasa bahwa ada satu imbuhan yang janggal. 

Itu dia, beberapa contoh gambaran soal PBM yang gue pelajari dari tahun 2019. Kuncinya, elo harus ingat soal dari materi PBM adalah soal yang mudah asal elo paham konsep kebahasaan bahasa Indonesia. 

Tips Belajar TPS UTBK – Soal Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Ilustrasi belajar pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK bareng Zenius.
Ilustrasi belajar pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK bareng Zenius. (Arsip Zenius).

Berbeda dengan jenis soal TPS lain, PBM UTBK adalah soal yang bisa dibilang sangat teoritis. 

Nah, karena sifatnya teoritis gue punya beberapa tips belajar TPS UTBK supaya elo bisa dapet skor maksimal di materi ini.

Banyak-Banyak Membaca 

Untuk melatih kemampuan pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK, elo bisa banyak-banyak membaca. Elo bisa banyak membaca teks yang bersumber dari:

  • National Geographic Indonesia
  • Kompas
  • Tirto
  • Katadata

Seringkali, sumber teks untuk soal SBMPTN (jaman dulu) dan UTBK (jaman now) bersumber dari media-media yang gue sebut di atas. 

Tidak menutup kemungkinan, bacaan bersumber dari media lainnya seperti Media Indonesia atau bahkan Mojok.com, dan sebagainya. 

Dengan demikian, akses yang elo dapatkan untuk melatih kemampuan membaca jadi luas banget, kan. Tinggal ambil smartphone, searching medianya, langsung pilih bacaan yang elo inginkan. 

Terus kalo gue udah dapat teks nya nih. Terus gimana caranya biar gue bisa baca ini dengan benar? Kalau teksnya panjang tapi waktunya singkat, gimana?”

Tenang! Yuk, lanjut ke tips berikutnya. 

Gunakan Teknik Membaca Teks yang Benar

Teknik membaca dalam menjawab soal pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK
Teknik membaca yang benar sangat krusial dalam pengerjaan materi PBM UTBK (dok. Andrea Piacquadio on Pexels).

Tips supaya bisa dapet pemahaman bacaan dan menulis (PBM) UTBK yang satu ini bisa dibilang susah-susah gampang. 

Ada namanya teknik membaca cepat yang bisa elo aplikasikan untuk PBM. Karena membaca juga ada tekniknya, lho. 

Nah, membaca cepat merupakan salah satu teknik dalam membaca dengan memperhatikan tujuan, yaitu memahami makna bacaan dengan efisien. 

Elo boleh baca blog Zenius yang ini: Teknik Membaca dan Memahami Makna Dalam Suatu Kata biar makin paham sama teknik membaca cepat. 

Ketika mengerjakan soal terkait materi PBM nanti, perlu elo ingat bahwa soal PBM memiliki beberapa soal yang meminta kita memilih judul teks, simpulan yang tepat, membuat pertanyaan, membuat pernyataan, dan sebagainya.

Ketika mengerjakan soal PBM nanti, perlu lo ingat bahwa soal PBM adalah soal yang memiliki beberapa soal yang meminta kita memilih judul teks, simpulan yang tepat, membuat pertanyaan, membuat pernyataan, dan sebagainya. 

Strategi apa yang bisa elo lakukan untuk tipe soal tersebut? Miss. K bakal ngasih tau strategi lengkapnya di sini: Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis – Strategi Membaca Teks

Jangan Remehkan Bahasa Indonesia

Tips PBM UTBK yang selanjutnya sebenernya terkait dengan mind set elo terhadap Bahasa Indonesia. 

Misalnya kalo elo sering kepikiran: “Ya elah, bahasa Indonesia, doang. Ini kan bahasa sehari-hari. Jadi santuy aja, lah”. 

Ya bener sih bahasa sehari-hari. Tapi, PBM adalah soal yang punya banyak jebakan, makanya elo perlu latihan untuk melakukannya.

“Iya, sih. Tapi karena bahasa Indonesia, gue bingung harus belajar apa, harus mulai dari mana?” 

Oke, kalau elo bingung harus memulai teori bahasa Indonesia dari mana, elo bisa mulai dengan hal yang paling dasar. Pelajari tata kata terlebih dahulu. 

Dengan mengetahui peran sebuah kata (kata benda, kata kerja, atau kata sifat), elo dapat mengerjakan soal imbuhan, melengkapi bagian rumpang, dan sebagainya dengan easy-peasy. 

Karena gue baik hati, nih link-nya untuk elo semua: Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis – Tata Kata

Kalau elo sudah memahami materi tata kata, elo boleh lanjut ke tahap ejaan dan tanda baca. Selain belajar dari PUEBI daring, Zenius juga punya materinya untuk membantu elo, langsung cek di sini: Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis – Ejaan

Nah, Sobat Zenius, itu dia pembahasan tentang Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) UTBK, lengkap dengan contoh soal yang sering keluar di UTBK SBMPTN. 

Gimana? Sekarang elo udah ngerti kan apa itu PBM UTBK? Kalau masih kurang paham mengenai PBM, elo bisa pake strategi lain yaitu dengan sering mengikuti try out UTBK.

Sekarang, nggak sulit kok nemuin penyedia try out online UTBK. Nah, sebagai bimbel intensif SBMPTN, Zenius juga punya kelas khusus persiapan UTBK SBMPTN. 

Zenius juga bakal sering mengadakan event TO online yang bisa elo manfaatin buat ningkatin nilai UTBK 2022. Ini dia fitur-fitur try out yang bisa elo dapetin di Zenius:

  • Try Out UTBK Zenius Lebih Mudah Diakses
  • Try Out Zenius Berkualitas (Bukan Hasil Daur Ulang Soal)
  • Try Out Punya Format yang Mirip dengan Soal UTBK Asli
  • Sistem Penilaian Try Out di Zenius sama dengan Sistem Penilaian UTBK
  • Zenius Memberikan Jawaban dan Penjelasan Try Out Lengkap dalam Bentuk Video 

Selain try out UTBK SBMPTN, setiap minggu juga ada Live Class yang bahas materi-materi UTBK. Di sana, elo bisa tanya langsung lewat kolom komentar. 

Kalo mau tau lebih lanjut gimana cara ikutan try out bareng Zenius, lo bisa baca artikel ini ya: Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Oke segitu dulu informasi yang bisa gue bagi terkait Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) UTBK.

Dan sebagai penutup, gak lupa gue cantumkan tips belajar materi UTBK TPS lain yang bisa nemenin elo persiapan UTBK TPS, langsung cek aja di bawah ini ya!

Panduan Belajar UTBK TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Panduan Belajar UTBK TPS Penalaran Umum

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Originally published: April 28, 2020
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!