Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia

Zenius Facebook Live adalah ajang di mana kamu dapat bertanya langsung ke tutor Zenius mengenai suatu topik khusus. Acara ini dikemas dalam format talk show dan diadakan secara Live melalui akun resmi Facebook Zenius Education. Artikel ZeniusBlog kali ini akan memberikan rangkuman dari Zenius Facebook Live: Tips Belajar SBMPTN Kimia. Diisi langsung oleh Kak Yoki (tutor pengisi konten Kimia di zenius.net) dan ditemani oleh Glenn (salah satu editor ZeniusBlog). Jika kamu tertarik untuk melihat video lengkap saat Zenius Facebook Live: SBMPTN TPA berlangsung, kamu bisa dilihat di sini.   

 

PENGENALAN KIMIA SBMPTN

Dulu, soal Kimia pada ujian masuk PTN memiliki tipe yang dari tahun ke tahun gak terlalu beda dan sebagian besar kesulitannya gak jauh beda dengan soal UN. Bahkan bisa ada 12 soal yang tingkat kesulitannya setara dengan soal UN. Jadi, dulu kalo bisa ngerjain soal UN KIMIA maka gak akan terlalu berat untuk ngejar materi supaya bisa ngerjain soal Kimia pada ujian masuk PTN.

Tapi.. model soal Kimia pada ujian masuk PTN beberapa tahun belakangan udah agak berubah jika dibandingkan soal-soal yang dulu. Menurut saya, soal-soal kimia sekarang sudah layak dikategorikan sebagai soal seleksi, yaitu soal-soal yang dibuat untuk menyaring orang-orang yang benar layak untuk lolos. Nah, biasanya soal-soal ujian seleksi akan berfokus pada hal berikut:

  • penguasaan konsep yang baik,
  • koneksi antara satu bab dengan bab lain,
  • daya analisa dan kreativitas.

Kalo kita hanya bermodalkan hafal rumus atau cara ngerjain tanpa memahami konsep dasarnya pasti akan kesulitan kalo ketemu soal model seleksi tersebut ,dan gak ngerti mesti diapain itu soal.. Supaya lebih kebayang, coba deh kerjain contoh soal tahun lalu ini:

Kalo kalian ngerjain soal tersebut hanya berdasarkan hafalan tentang sifat periodik dari energi ionisasi, di mana kalo dalam satu periode dari kiri ke kanan cenderung akan bertambah dan dalam satu golongan dari atas ke bawah akan cenderung berkurang, niscaya kalian gak akan bisa ngerjain soal di atas! Kalo penasaran dengan jawaban benarnya, coba tonton deh video di awal.

 

STRATEGI MENGHADAPI KIMIA SBMPTN YANG BERSIFAT SELEKSI

Pertama, jangan hanya menghafal rumus! Hal yang lebih penting adalah penguasaan konsep yang mantap. Analisis soal dulu, jangan langsung masukin rumus. Bisa jadi rumus yang kita ingat belom tentu dipake untuk menyelesaikan soal tersebut. Nah kalo kita ngerti konsepnya dengan baik, kita bisa aja nurunin rumus-rumus sendiri.

Keduabisa mengkoneksikan antara bab yang satu dengan bab lainnya. Ini juga ga kalah penting karena banyak siswa yang berpikiran antar bab itu gak ada hubungannya. Misalnya, bab Kesetimbangan Kimia merupakan dasar untuk bab Larutan Asam-Basa Lemah, Buffer, Hidrolisis Garam, dan Kelarutan. Bahkan kita bisa nurunin sendiri segala rumus atau persamaan dalam bab-bab tersebut kalo kita paham/ngerti konsep Kesetimbangan dengan baik.

Ketiga, melatih kreativitas dalam menyelesaikan soal. Untuk hal ini, ada latihannya:

  • Ketika kalian ngerjain soal dan udah dapet jawabannya, coba kalian gali lagi kira-kira ada cara lain gak untuk memecahkan soal tersebut. Kadang-kadang ada soal yang bisa dicari jawaban dengan sudut pandang yang berbeda-beda, tapi nanti hasilnya akan sama.
  • Kalo kalian udah ngerti suatu konsep bab tertentu, jangan pelit-pelit untuk ngajarin temen-temen kamu. Dengan ngajarin temen kalian, maka biasanya skill kamu akan meningkat. Selain itu, kalian juga bisa dapet feedback dan nemu cara dengan sudut pandang lain dalam ngerjain suatu soal…

Keempat, kemampuan matematika yang baik. Beberapa konsep di Matematika wajib kalian pahami agar bisa ngerti Kimia dengan baik, antara lain Perbandingan, Eksponen, hingga Logaritma. Ada saja soal yang sudah benar dikerjakan secara konsep, tinggal masalah hasilnya yang gak nemu cuma karna dasar matematika gak kuat. Contohnya ya, kita dah dapet tuh suatu larutan memiliki pH 4 – log 5, tapi masalahnya di pilihan jawaban gak ada. Padahal hitungan kita udah bener. Sebenernya kita tinggal mencari dari pilihan jawaban yang nilainya sama dengan 4 – log 5. Kalo dasar Matematika kita oke, tentu ini gak akan bermasalah:

Bahkan, konsep Vektor di Matematika pun dibutuhkan untuk menjelaskan Kepolaran Molekul (polar atau non-polar).

Nah, pada SBMPTN 2014, ada soal Kimia yang untuk bisa dikerjakan butuh suatu persamaan yang mungkin gak pernah kalian liat saat belajar Kima SMA. Untuk mendapatkan persamaan tersebut, butuh proses integral! Nih soalnya:

Pertama cari dulu persamaannya:

 

Pembahasan lengkapnya bisa buka di sini: SBMPTN KIMIA 2014 no 36

Saat ini, udah mulai sering muncul soal kimia SBMPTN yang cakupannya bukan lagi pengetahuan SMA, tapi materi tingkat kuliah. Sebenernya kalian jangan terlalu memikirkan gimana kalo ketemu soal-soal yang cakupannya di luar materi SMA, lebih baik mulai nyicil untuk bener-bener memahami konsep yang kalian dapet selama SMA.

Apa yang harus diperhatikan saat Hari-H?

  • Mood kalian harus bagus, hindari konflik dengan siapapun
  • Jangan lupa beberapa tetapan di Kimia, seperti tetapan Avogaro L = 6,02.1023 partikel / mol dan tetapan gas R = 0,082 atm L / mol K, karena kadang di soal tidak diberikan data tetapan tetapan tersebut
  • Alokasikan waktu untuk ngerjain soal kimia selama 20 menit

 

SESI TANYA JAWAB

Q1: Materi apa yang paling penting untuk dikuasai terlebih dahulu?

Materi-materi penting dalam Kimia bisa dibagi jadi 6 bab besar, yaitu:

  1. Struktur atom & ikatan kimia
  2. Stoikiometri
  3. Energetika dan kinetika reaksi
  4. Larutan
  5. Redoks & elektrokimia
  6. Kimia karbon

Kalian wajib memahami dengan bener konsep-konsep pada keenam bab besar di atas.

Sebenernya masih ada beberapa materi yang udah kita dapet pas SMA tapi gak tercakup dalam 6 bab besar itu, yaitu materi Kimia Unsur, Koloid, Kimia Lingkungan, dan Radioaktif. Keempat materi ini gak saya masukan ke dalam 6 bab besar karena keempat materi ini akan lebih mudah dipelajari dari latihan soal-soal, kalo kita udah bener-bener paham 6 bab besar tadi. Misalnya, materi tentang Kimia Unsur, akan lebih mudah dipahami kalo kita udah paham dulu bab Struktur Atom & Ikatan Kimia.

Oke sekarang kita urai cakupan materi dari 6 bab besar tersebut.

1. Struktur Atom dan Ikatan Kimia

Nah bab ini adalah pintu masuk untuk belajar kimia, dan bab ini dibagi jadi  4 subbab yaitu:

2. Stoikiometri

Bab ini merupakan nyawa dalam perhitungan kimia karna hampir semua materi kimia yang butuh perhitungan pasti melibatkan stoikiometri. Cakupan dari stoikiometri:

3. Energetika dan Kinetika Reaksi

Bab ini membahas energi/kalor yang menyertai suatu reaksi. Kenapa ada reaksi yang berjalan cepat dan ada juga yang lambat? Kenapa ada banyak reaksi yang tidak tuntas (reaksi seakan berhenti padahal reaktannya habis)? Cakupan dari bab ini:

4. Larutan

Nah cakupan dari bab ini cukup banyak

5. Redoks dan Elektrokimia

Subbab yang akan dibahas pada bab ini:

6. Kimia Karbon

Bab ini cakupannya juga lumayan banyak, yaitu:

Nah, bab apa yang mesti dikuasai terlebih dahulu? Jawabannya Struktur Atom dan Stoikiometri. Kedua bab ini adalah kunci untuk buka gerbang belajar bab-bab berikutnya di Kimia. Selain itu, jumlah soal kedua bab tersebut di SBMPTN cukup banyak. Jadi, kalo kalian udah menguasai kedua bab tersebut dengan baik, sekitar 5 soal udah bisa kamu kerjain.

Berikut ini distribusi topik topik kimia di soal SBMPTN 2011-2016.

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Stoikiometri22313314
Struktur atom, sistem periodik dan Ikatan kimia21222211
Kesetimbangan12231110
Termokimia2121118
Laju reaksi1111116
Larutan dan teori asam basa1201116
Sifat koligatif1111116
Elektrolisis1111105
Larutan Buffer0010113
Reaksi redoks1000113
Sel volta0101013
Senyawa turunan alkana1001103
Reaksi Senyawa Karbon0110013
Biomolekul1100103
Kimia unsur0101002
Hidrolisis garam0010001
Kelarutan dan reaksi pengendapan0001001
Hidrokarbon0000011
Koloid1000001
Benzena dan polimer0000000
Radioaktif0000000
Kimia lingkungan0000000

Q2 : Soal SBMPTN KIMIA lebih banyak hitungan atau yang gak hitungan ?

Maaf, pada video di awal (saat FB Live berlangsung), saya salah jawab. Harusnya jawabannya: ”Beberapa tahun belakangan ini, soal Kimia SBMPTN  lebih banyak yang hitungan”.

Q3 : Saya masih kelas 10, lebih baik fokus ke SBMPTN atau materi sekolah dulu?

Sebenernya gak masalah kalo kamu belajar materi sekolah dulu, tapi yang penting kamu belajarnya harus sampai ngerti konsep dan bikin diri kamu enjoy belajarnya. Pokoknya jangan berpikiran belajar untuk sekedar ngejar nilai aja, yang lebih penting adalah penguasaan konsep.

Q4 : Kapan kira-kira sebaiknya mulai belajar SBMPTN?

Sesegara mungkin! Karena udah banyak para pesaing kalian yang udah belajar begitu mereka naik kelas 12. Belum lagi pesaing kalian juga adalah anak-anak alumni SMA. Tentu mereka belajarnya akan lebih giat agar gak mengulangi kegagalan mereka di tahun sebelumnya.

Q5 :  Postulat Sabda bisa diterapkan di Kimia gak ?

Ya bisa aja, terutama dalam hal menurunkan persamaan/rumus di kimia..

Q6 : Gimana cara membedakan asam/basa kuat dengan asam/basa lemah?

Kalo soal hitungan sih gampang. Biasanya, asam/basa lemah akan ditampilkan nilai tetapan ionisasinya (Ka atau Kb). Tapi jangan berpikiran bahwa asam atau basa kuat gak punya nilai tetapan ionisasi. Nilai tetapan ionisasi dari asam basa kuat sangat besar, bahkan ada yang bernilai tak hingga dan biasanya gak perlu ditampilkan di soal.

****

Buat kamu yang ga mau ketinggalan Zenius Facebook Live selanjutnya, jangan lupa untuk Like akun resmi Facebook Zenius Education. Kamu akan mendapatkan notifikasi langsung jika Zenius Facebook Live sedang berlangsung. Kamu bisa pantengin acaranya dari awal sampe habis, plus bisa kasih komen dan bertanya langsung ke tutor pengisi acara. 

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo masih ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Kak Yoki tentang persiapan belajar SBMPTN Kimia, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Buat yang udah geregetan pengen langsung belajar Kimia, kamu bisa langsung buka bahan belajar Kimia yang udah disiapin Kak Yoki di zenius.net:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Tri Hastoyo (Kak Yoki) adalah Senior Tutor Kimia di Zenius Education. Yoki mengambil S1 Fakultas MIPA Jurusan Kimia di Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Yoki at @yoqi_m

  • Rifky Achong

    Kak, soal" spmb kimia tahun lalu cocok jadi bahan latihan ngak? soal" SBMPTN kan lebih susah dibanding soal" spmb, umptn dkk.

    • Yoki

      tetep bisa kok....

  • Oxlade

    Kak, saya bener2 lemah banget di kimia.
    Cuma beberapa materi yg bisa saya kuasai seperti Struktur atom, SPU, ikatan kimia, dan stoikiometri.

    Soal SBMPTN tentang stokiometri apakah harus paham konsep energitika kinetika reaksi, larutan, redoks dan kimia karbon kah?
    Soalnya saya gk sempet pelajari materi tersebut

    • Yoki

      kalo kamu emang bener bener bisa bab bab tsb paling gak 5 soal udah bisa kamu pegang....saran saya coba kamu tambah dengan termokimia,laju reaksi dan kesetimbangan

  • Oxlade

    Oh iya kak, soal Sistem Periodik artikel diatas pembahasannya ada dimana ya?

    Kalau di video awal pada detik ke berapa ya?

  • agus syafiie

    Kak kasih tips cara menjawab soal pernyataan dan sebab dong, masih agak bingubg antara berhubungan atau sebabnya, soalnya saya diajarkan oleh guru les katanya yang berhubungan (ngomongin hal yang sama) tapi saya juga pernah liat live video dari zenius katanya yg "menyebabkan" kira2 bagaimana ya kak? Terimakasih

    • Yoki

      biasanya jawaban A itu kalo sebabnya menjelaskan kenapa pernyataan di atasnya benar

  • klo nambah reviewan bab sekarang masih sempet gak ya?
    baru sampe kesetimbangan kk.

    • Yoki

      kalokamu dah ngerti banget tentang struktur atom dan ikatan kimia, stoikiometri, energetika dan kinetika reaksi kaya udah bisa dapet hampir 7-8 soal...
      kalo mo nambah bisa larutan atau redoks elektrokimia

  • Andre Saputra

    Kak kalo misalkan saya cuma mau nguasain 3 bab besar aja,dan skip larutan,redoks-elektrokim,dan karbon kira2 aman gak ya?

    • Yoki

      3 bab besarnya apa aja ? kalo ngerti banget tentang struktur atom dan ikatan kimia, stoikiometri, energetika dan kinetika reaksi kaya udah bisa dapet hampir 7-8 soal

  • Sarah Evangelista

    Zen, buat teori kimia ringkas dooog (kayak fisika) ?

  • Fahri

    kak yoki kalo belajar redoks dan elektrokimia duluan baru larutan nyambung ga sih? udah mepet abisnya, kalo mau ngejar larutan kayaknya agak kebanyakan materinya

    • Yoki

      gak masalah sih kalo belajar redoks dulu...tapi dasar larutannya jangan ditinggalin, kaya konsentrasi larutan,trus pengertian larutan asam basa...

  • Surya Tresno

    Tutor Kimia adalah tutor nomer 3 yang ane suka cara ngejelasinnya ,walaupun ane banyak skip materi kimia yang ane enek hehe

  • Aprisya putri

    Kalo download soal sbmptn itu gada kunci jawabannya ya kak ?

  • Yulia Sausan

    kak, mau nanya dong, kan tata nama senyawa turunan alkana ada versi yg blue book sama buku sekolah, nah yang mesti dipelajari yg mana ya? yg sering ada di sbm gitu kak. thanks semoga diliat sama kak yoki hehe