Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia 33

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia

Perkenalan tipe soal SBMPTN Kimia serta tips belajar untuk menghadapi SBMPTN Kimia, disertai dengan urutan bab yang harus dipelajari.

Zenius Facebook Live adalah ajang di mana kamu dapat bertanya langsung ke tutor Zenius mengenai suatu topik khusus. Acara ini dikemas dalam format talk show dan diadakan secara Live melalui akun resmi Facebook Zenius Education. Artikel Zenius Blog kali ini akan memberikan rangkuman dari Zenius Facebook Live: Tips Belajar SBMPTN Kimia. Diisi langsung oleh Kak Yoki (tutor pengisi konten Kimia di zenius.net) dan ditemani oleh Glenn (salah satu editor Zenius Blog). Jika kamu tertarik untuk melihat video lengkap saat Zenius Facebook Live: SBMPTN TPA berlangsung, kamu bisa dilihat di sini.   

PENGENALAN SBMPTN KIMIA

Dulu, soal Kimia pada ujian masuk PTN memiliki tipe yang dari tahun ke tahun gak terlalu beda dan sebagian besar kesulitannya gak jauh beda dengan soal UN. Bahkan bisa ada 12 soal yang tingkat kesulitannya setara dengan soal UN. Jadi, dulu kalo bisa ngerjain soal UN KIMIA maka gak akan terlalu berat untuk ngejar materi supaya bisa ngerjain soal Kimia pada ujian masuk PTN.

Tapi.. model soal Kimia pada ujian masuk PTN beberapa tahun belakangan udah agak berubah jika dibandingkan soal-soal yang dulu. Menurut saya, soal-soal kimia sekarang sudah layak dikategorikan sebagai soal seleksi, yaitu soal-soal yang dibuat untuk menyaring orang-orang yang benar layak untuk lolos. Nah, biasanya soal-soal ujian seleksi akan berfokus pada hal berikut:

  • penguasaan konsep yang baik,
  • koneksi antara satu bab dengan bab lain,
  • daya analisa dan kreativitas.

Kalo kita hanya bermodalkan hafal rumus atau cara ngerjain tanpa memahami konsep dasarnya pasti akan kesulitan kalo ketemu soal model seleksi tersebut ,dan gak ngerti mesti diapain itu soal.. Supaya lebih kebayang, coba deh kerjain contoh soal tahun lalu ini:

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia 34

Kalo kalian ngerjain soal tersebut hanya berdasarkan hafalan tentang sifat periodik dari energi ionisasi, di mana kalo dalam satu periode dari kiri ke kanan cenderung akan bertambah dan dalam satu golongan dari atas ke bawah akan cenderung berkurang, niscaya kalian gak akan bisa ngerjain soal di atas! Kalo penasaran dengan jawaban benarnya, coba tonton deh video di awal.

STRATEGI MENGHADAPI SBMPTN Kimia YANG BERSIFAT SELEKSI

Pertama, jangan hanya menghafal rumus! Hal yang lebih penting adalah penguasaan konsep yang mantap. Analisis soal dulu, jangan langsung masukin rumus. Bisa jadi rumus yang kita ingat belom tentu dipake untuk menyelesaikan soal tersebut. Nah kalo kita ngerti konsepnya dengan baik, kita bisa aja nurunin rumus-rumus sendiri.

Keduabisa mengkoneksikan antara bab yang satu dengan bab lainnya. Ini juga ga kalah penting karena banyak siswa yang berpikiran antar bab itu gak ada hubungannya. Misalnya, bab Kesetimbangan Kimia merupakan dasar untuk bab Larutan Asam-Basa Lemah, Buffer, Hidrolisis Garam, dan Kelarutan. Bahkan kita bisa nurunin sendiri segala rumus atau persamaan dalam bab-bab tersebut kalo kita paham/ngerti konsep Kesetimbangan dengan baik.

Ketiga, melatih kreativitas dalam menyelesaikan soal. Untuk hal ini, ada latihannya:

  • Ketika kalian ngerjain soal dan udah dapet jawabannya, coba kalian gali lagi kira-kira ada cara lain gak untuk memecahkan soal tersebut. Kadang-kadang ada soal yang bisa dicari jawaban dengan sudut pandang yang berbeda-beda, tapi nanti hasilnya akan sama.
  • Kalo kalian udah ngerti suatu konsep bab tertentu, jangan pelit-pelit untuk ngajarin temen-temen kamu. Dengan ngajarin temen kalian, maka biasanya skill kamu akan meningkat. Selain itu, kalian juga bisa dapet feedback dan nemu cara dengan sudut pandang lain dalam ngerjain suatu soal…

Keempat, kemampuan matematika yang baik. Beberapa konsep di Matematika wajib kalian pahami agar bisa ngerti Kimia dengan baik, antara lain Perbandingan, Eksponen, hingga Logaritma. Ada saja soal yang sudah benar dikerjakan secara konsep, tinggal masalah hasilnya yang gak nemu cuma karna dasar matematika gak kuat. Contohnya ya, kita dah dapet tuh suatu larutan memiliki pH 4 – log 5, tapi masalahnya di pilihan jawaban gak ada. Padahal hitungan kita udah bener. Sebenernya kita tinggal mencari dari pilihan jawaban yang nilainya sama dengan 4 – log 5. Kalo dasar Matematika kita oke, tentu ini gak akan bermasalah:

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia 35

Bahkan, konsep Vektor di Matematika pun dibutuhkan untuk menjelaskan Kepolaran Molekul (polar atau non-polar).

Nah, pada SBMPTN 2014, ada soal Kimia yang untuk bisa dikerjakan butuh suatu persamaan yang mungkin gak pernah kalian liat saat belajar Kima SMA. Untuk mendapatkan persamaan tersebut, butuh proses integral! Nih soalnya:

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Kimia 36

Pertama cari dulu persamaannya:

SBMPTN Kimia

 

Pembahasan lengkapnya bisa buka di sini: SBMPTN KIMIA 2014 no 36

Saat ini, udah mulai sering muncul soal SBMPTN Kimia yang cakupannya bukan lagi pengetahuan SMA, tapi materi tingkat kuliah. Sebenernya kalian jangan terlalu memikirkan gimana kalo ketemu soal-soal yang cakupannya di luar materi SMA, lebih baik mulai nyicil untuk bener-bener memahami konsep yang kalian dapet selama SMA.

Apa yang harus diperhatikan saat Hari-H?

  • Mood kalian harus bagus, hindari konflik dengan siapapun
  • Jangan lupa beberapa tetapan di Kimia, seperti tetapan Avogaro L = 6,02.1023 partikel / mol dan tetapan gas R = 0,082 atm L / mol K, karena kadang di soal tidak diberikan data tetapan tetapan tersebut
  • Alokasikan waktu untuk ngerjain soal kimia selama 20 menit

SESI TANYA JAWAB

Q1: Materi apa yang paling penting untuk dikuasai terlebih dahulu?

Materi-materi penting dalam Kimia bisa dibagi jadi 6 bab besar, yaitu:

  1. Struktur atom & ikatan kimia
  2. Stoikiometri
  3. Energetika dan kinetika reaksi
  4. Larutan
  5. Redoks & elektrokimia
  6. Kimia karbon

Kalian wajib memahami dengan bener konsep-konsep pada keenam bab besar di atas.

Sebenernya masih ada beberapa materi yang udah kita dapet pas SMA tapi gak tercakup dalam 6 bab besar itu, yaitu materi Kimia Unsur, Koloid, Kimia Lingkungan, dan Radioaktif. Keempat materi ini gak saya masukan ke dalam 6 bab besar karena keempat materi ini akan lebih mudah dipelajari dari latihan soal-soal, kalo kita udah bener-bener paham 6 bab besar tadi. Misalnya, materi tentang Kimia Unsur, akan lebih mudah dipahami kalo kita udah paham dulu bab Struktur Atom & Ikatan Kimia.

Oke sekarang kita urai cakupan materi dari 6 bab besar tersebut.

1. Struktur Atom dan Ikatan Kimia

Nah bab ini adalah pintu masuk untuk belajar kimia, dan bab ini dibagi jadi  4 subbab yaitu:

2. Stoikiometri

Bab ini merupakan nyawa dalam perhitungan kimia karna hampir semua materi kimia yang butuh perhitungan pasti melibatkan stoikiometri. Cakupan dari stoikiometri:

3. Energetika dan Kinetika Reaksi

Bab ini membahas energi/kalor yang menyertai suatu reaksi. Kenapa ada reaksi yang berjalan cepat dan ada juga yang lambat? Kenapa ada banyak reaksi yang tidak tuntas (reaksi seakan berhenti padahal reaktannya habis)? Cakupan dari bab ini:

4. Larutan

Nah cakupan dari bab ini cukup banyak

5. Redoks dan Elektrokimia

Subbab yang akan dibahas pada bab ini:

6. Kimia Karbon

Bab ini cakupannya juga lumayan banyak, yaitu:

Nah, bab apa yang mesti dikuasai terlebih dahulu? Jawabannya Struktur Atom dan Stoikiometri. Kedua bab ini adalah kunci untuk buka gerbang belajar bab-bab berikutnya di Kimia. Selain itu, jumlah soal kedua bab tersebut di SBMPTN cukup banyak. Jadi, kalo kalian udah menguasai kedua bab tersebut dengan baik, sekitar 5 soal udah bisa kamu kerjain.

Berikut ini distribusi topik topik kimia di soal SBMPTN 2011-2016.

[table id=9 /]

Q2 : Soal SBMPTN KIMIA lebih banyak hitungan atau yang gak hitungan ?

Maaf, pada video di awal (saat FB Live berlangsung), saya salah jawab. Harusnya jawabannya: ”Beberapa tahun belakangan ini, soal Kimia SBMPTN  lebih banyak yang hitungan”.

Q3 : Saya masih kelas 10, lebih baik fokus ke SBMPTN atau materi sekolah dulu?

Sebenernya gak masalah kalo kamu belajar materi sekolah dulu, tapi yang penting kamu belajarnya harus sampai ngerti konsep dan bikin diri kamu enjoy belajarnya. Pokoknya jangan berpikiran belajar untuk sekedar ngejar nilai aja, yang lebih penting adalah penguasaan konsep.

Q4 : Kapan kira-kira sebaiknya mulai belajar SBMPTN?

Sesegara mungkin! Karena udah banyak para pesaing kalian yang udah belajar begitu mereka naik kelas 12. Belum lagi pesaing kalian juga adalah anak-anak alumni SMA. Tentu mereka belajarnya akan lebih giat agar gak mengulangi kegagalan mereka di tahun sebelumnya.

Q5 :  Postulat Sabda bisa diterapkan di Kimia gak ?

Ya bisa aja, terutama dalam hal menurunkan persamaan/rumus di kimia..

Q6 : Gimana cara membedakan asam/basa kuat dengan asam/basa lemah?

Kalo soal hitungan sih gampang. Biasanya, asam/basa lemah akan ditampilkan nilai tetapan ionisasinya (Ka atau Kb). Tapi jangan berpikiran bahwa asam atau basa kuat gak punya nilai tetapan ionisasi. Nilai tetapan ionisasi dari asam basa kuat sangat besar, bahkan ada yang bernilai tak hingga dan biasanya gak perlu ditampilkan di soal.

****

Buat kamu yang ga mau ketinggalan Zenius Facebook Live selanjutnya, jangan lupa untuk Like akun resmi Facebook Zenius Education. Kamu akan mendapatkan notifikasi langsung jika Zenius Facebook Live sedang berlangsung. Kamu bisa pantengin acaranya dari awal sampe habis, plus bisa kasih komen dan bertanya langsung ke tutor pengisi acara.

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo masih ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Kak Yoki tentang persiapan belajar SBMPTN Kimia, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Buat yang udah geregetan pengen langsung belajar Kimia, kamu bisa langsung buka bahan belajar Kimia yang udah disiapin Kak Yoki di zenius.net:

Nah lewat link di atas, kamu bisa download semua soal-soal persiapan SBMPTN Kimia dalam bentuk pdf, GRATIS! Kalo kamu ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma Kimia doang, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa kamu download secara GRATIS, mulai dari SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, USM STAN dan banyak lagi. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo kamu mau download soalnya, kamu bisa download aja di zenius.net ya!

P.S: Kamu bisa download PDF soalnya dengan mengklik tombol “Download Soal” di sisi kiri atas link soal di atas ya.

Bagikan Artikel Ini!